Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2016)

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MATERI POKOK MENGANALISIS ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DIMUKA BUMI PADA SISWA KELAS X-C SMA NEGERI 7 KENDARI

Asmira, Asmira (Unknown)
La Ode Amaluddin, La Ode Amaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2017

Abstract

"> Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan aktifitas siswa, meningkatkanaktifitas mengajar guru, meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajarangeografi melalui penerapan metode demonstrasi. Jenis penelitian ini yaitu PTK yangtelah dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaaan tindakan,observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-C SMAN 7Kendari pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 28. Teknik analisis datapenelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil-hasil analisisdata penerapan metode demonstrasi diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Aktivitas siswamengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yang dilihat dari skor rata-rata aktivitasyang diperoleh pada siklus I sebesar 2,32 (cukup), mengalami peningkatan pada siklusII menjadi 3,65 (baik); 2) Aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan dari siklus Ike siklus II yang dilihat dari skor rata-rata aktivitas yang diperoleh pada siklus I sebesar2,57 (cukup), mengalami peningkatan pada siklus II Menjadi 3,57 (baik); 3) Hasilbelajar Geografi siswa kelas X-C SMA Negeri 7 Kendari meningkat setelah menerapkanmetode demonstrasi pada materi Menganalisis Atmosfer. Pada siklus I siswa yang tuntas64% mencapai nilai KKM yang ditentukan sekolah yaitu ≥ 75 dan pada siklus IImengalami peningkatan menjadi 89%.Kata Kunci :Penerapan Metode , Pokok Bahasan, Hasil Belajar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...