Di perusahaan manufaktur, peramalan permintaan pasar merupakan aktivitas penting yang perlu dilakukan untuk memprediksi permintaan konsumen di masa mendatang. PT. Adiperkasa Anugrah Pratama menghasilkan berbagai jenis produk sparepart kendaraan bermotor merk Honda, dan memiliki peluang pasar yang besar untuk penjualan motor, namun masih belum dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan sering mengalami keterlambatan pengiriman barang ke tangan konsumen, permasalahan ini disebabkan karena permintaan konsumen yang fluktuatif dan ini sangat mempengaruhi kinerja perusahaan sehingga perlu dilakukan analisis peramalan permintaan konsumen untuk masa yang akan datang. Penelitian ini dilaksanakan dengan membandingkan antara metode single moving average, exponential smoothing dan winter untuk didapatkan peramalan yang mendekati nilai akurasi terbaik dan lebih aktual. Penelitian dimulai dari pengambilan data historis, pengujian data, penentuan metode peramalan, perhitungan peramalan, pemilihan peramalan dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengujian didapati metode yang paling sesuai digunakan dalam menganalisis data dengan tingkat kesalahan paling kecil adalah metode winter dengan hasil peramalan untuk tahun 2017 sebesar 19 untuk mean absolute persentage error, 4394 untuk mean absolute deviation, dan 32.308.737 untuk mean squared deviation.
Copyrights © 2018