JPF : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 5, No 1 (2017): PENDIDIKAN FISIKA

Pengaruh Pendekatan Multiple Intelligences Melalui Model Pembelajaran Langsung Terhadap Sikap Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar

Ana Dhiqfaini Sultan (Unknown)
Hartono Bancong (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2017

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan multiple intelligences melalui model pembelajaran langsung berpengaruh terhadap sikap dan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Makassar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui besarnya korelasi antara sikap dan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI IPA setelah diajar dengan pendekatan multiple intelligences melalui model pembelajaran langsung di SMA Negeri 11 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian true eksperimen dengan desain posttest only group design. Lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 11 Makassar. Variabel dalam penelitian terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (pendekatan pembelajaran) dan variabel terikat (sikap dan hasil belajar Fisika). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes sikap dan hasil belajar. Tes ini akan diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pembelajaran selesai. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan sikap dan hasil belajar peserta didik yang diperoleh. Selanjutnya, statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk sikap siswa terhadap Fisika diperoleh nilai sig. = 0,001 sig.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan fisika. Hasil Penelitian yang dimuat pada jurnal ini berasal dari tenaga pengajar, alumni pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar serta hasil penelitian dari ...