JPF : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 6, No 3 (2018): PENDIDIKAN FISIKA

Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Gelombang Bunyi

Retty Miraza (universitas jambi)
Jufrida Jufrida (Unknown)
Haerul Pathoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengetahui persepsi siswa terhadap pengembangan media e-learning berbasis edmodo dengan pendekatan saintifik pada materi gelombang bunyi SMA kelas XII. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model 4D. Penelitian ini melalui tahap pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran, namun peneliti membatasi penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Adapun yang menjadi subjek penelitian dalam pengembangan media ini yaitu siswa-siswi kelas XII MIA SMAN 2 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi media dan materi serta angket persepsi siswa. Teknik analisis data yang berupa saran dari validator dilakukan secara deskriptif kualitatif. Sedangkan skor angket persepsi siswa dilakukan secara statistik deskriptif. Media e-learning berbasis edmodo telah selesai dikembangkan berupa media elektronik. Skor hasil persepsi siswa terhadap media e-learning berbasis edmodo yaitu 45,48 untuk aspek media termasuk kategori amat baik dan 20,02 untuk aspek materi dan termasuk kategori amat baik.Kata kunci: e-learning, gelombang bunyi The purpose of this research was producing and knowing the students perception toward the development of e-learning media based edmodo with scientific approach on  sound wave. This research was research and development with 4D model. This research  use the stage with definition, design, development, and dissemination, but the researcher limit this research only up to development stage. Subject this research were XII IPA SMAN 2 Kota Jambi. An instrument used were survey validations media, survey matter and survey students perceptions. Analysis technique of this research were deskriptive qualitative. While survey  of the students perception conducted was deskriptive statistics. E-learning media based edmodo with scientific approach has been completed as the electronic media. Scores students  perception for e-learning media was 45,58 for the aspect of media was in a very good  category and 20,02 for the material aspect was in a very good category.Keywords: e-learning, sound waves

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan fisika. Hasil Penelitian yang dimuat pada jurnal ini berasal dari tenaga pengajar, alumni pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar serta hasil penelitian dari ...