Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Kreatif Online

Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Inpres II Sidondo Pada Pelajaran PKn

Suciati, Suciati (Unknown)
Harun, Abduh H. (Unknown)
Imran, Imran (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III SD Inpres 2 Sidondo pada pelajaran PKn. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas rancangan penelitian model Kurt Lewin. Penelitian dilakukan selama 2 siklus, dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Sidondo pada mata pelajaran PKn, yaitu: siklus I rata-rata 66,47, ketuntasan klasikal 64,71%, meningkat pada siklus II mencapai rata-rata 85,29 dan ketuntasan klasikal mencapai 88,24%. Keberhasilan penelitian didukung oleh aktivitas guru pada siklus I dengan kategori baik, siklus II kategori sangat baik  dan aktivitas siswa siklus I kategori cukup dan siklus II kategori baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres 2 Sidondo pada pelajaran PKn. Kata Kunci: Hasil Belajar; Metode Diskusi

Copyrights © 2018