Penelitian  ini  adalah  penelitian tindakan  kelas dengan menerapkan  Model Pembelajaran pemberian tugas individual .Metode pemberian tugas adalah suatu cara mengajar yang dicirikan oleh adanya kegiatan perencanaan antara murid dengan guru mengenai suatu persoalan atau problema yang harus diselesaikan/dikuasai oleh murid dalam jangka waktu tertentu yang disepakati bersama antara murid dan guru. Masalah yang  hendak  dipecahkan  dalam  penelitian  ini  adalah  apakah  dengan  model pembelajaran pemberian tugas individu dapat  meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SDN Paranggi.  Penelitian  ini  terdiri  dari dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari  empat  tahap  yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian  ini  melibatkan 18 siswa  dikelas III SDN Paranggi, yang  tediri  dari 10  siswa  laki-laki dan 8  siswa  perempuan Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  terjadi  peningkatan hasil belajar siswa seiring  dengan  diterapkannya  model pembelajaran pemberian tugas individu  yakni  dapat  dilihat  dari  hasil  observasi aktivitas siswa yang  diperoleh  pada  siklus I, yakni  56,25% dan  75,00%, serta aktifitas  siswa  dalam kategori cukup. Pada  siklus  II  diperoleh 75,00% dan 87,50% dengan  peningkatan aktifitas siswa berada dalam kategori sangat baik dan hasil belajar siswa pada siklus I yang diperoleh daya serap klasikal yaitu 70,56% dan pada siklus II daya serap klasikal 80,56%  Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian  menunjukkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas individu dapat meningkatkan hasil belajar siswa  di kelas III SDN  Paranggi. Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar Siswa; Metode Pemberian Tugas Individu
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017