JOURNAL OF KOMODO SCIENCE EDUCATION
Vol 1 No 01 (2018): Science Education in 21st century (NOVEMBER)

Comparison of Learning Outcomes Students between Guided Inquiry and Discovery Learning Models

Permatasari, Indah (Unknown)
Sesunan, Feriansyah (Unknown)
Wahyudi, Ismu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara Model Guided Inquiry dan Discovery Learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara model guided inquiry dan discovery learning pada materi tekanan zat cair siswa SMPN 8 Bandar Lampung. Desain eksperimen pada penelitian menggunakan bentuk Quasi Eksperimental Design dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa antara model guided inquiry dan discovery learning, hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen I sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen II sebesar 0,57 dengan kategori sedang. 

Copyrights © 2018