Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 1 No 2 (2016): Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika Volume 01 Nomor 02, Desember 2016

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MATERI FLUIDA STATIS

Z, Rahmi Putri (Unknown)
-, Jufrida (Unknown)
-, Darmaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis Problem Based Instruction (PBI) materi fluida statis kelas X SMA yang valid dan layak digunakan dan untuk mengetahui persepsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Penelitian ini hanya sampai pada tahapan Develop. Adapun tahap pengembangan pada penelitian ini terdiri dari analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, membuat spesifikasi tujuan, membuat rancangan awal LKS sesuai dengan jenis LKS dan format yang dipilih, validasi ahli, dan uji pengembangan. Hasil penelitian ini adalah lembar kegiatan siswa berbasis Problem Based Instruction (PBI). Spesifikasi yang terdapat di LKS berbasis Problem Based Instruction (PBI) yaitu judul, petunjuk belajar, KD dan indikator, informasi pendukung, langkah-langkah kegiatan sesuai dengan pada Problem Based Instruction (PBI) (Permasalahan, Hipotesis, Penyelidikan, Membuat Laporan dan Menyajikan Karya, Analisis dan Evaluasi). Setelah dilakukan validasi maka dinyatakan valid dan layak digunakan. Hasil uji persepsi siswa terhadap aspek desain pembelajaran 79,14% (baik), aspek materi 80,49% (baik), aspek keterbacaan LKS 84,05% (sangat baik) , dan visualisasi LKS 77,96% (baik). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Problem Based Instruction (PBI) materi fluida statis kelas X SMA valid dan layak digunakan. Untuk melihat keefektifan dari LKS yang telah dikembangkan, diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan uji coba penggunaan LKS di kelas.   Kata Kunci: LKS, PBI, Fluida Statis

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

EDP

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Edufisika Journal is a forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods ...