JPI
Vol 2, No 1 (2018)

Kreativitas Anak Usia Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Menggambar

Desy Kartika Sari (PGSD UPI Kampus di Sumedang)
J. Julia (Universitas Pendidikan Indonesia)
Regina Lichteria Panjaitan (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Pentingnya kegiatan menggambar adalah untuk melatih anak agar berpikir secara kreatif sehingga dapat meningkatkan kreativitas anak. Dengan adanya sanggar menggambar, dapat mewadahi kreativitas anak khususnya anak usia sekolah dasar sehingga dapat membantu anak dalam meraih prestasi dan menyalurkan minat dan bakatnya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian fenomenologi, dengan tujuan untuk memberikan gambaran mengenai fenomena/peristiwa yang sedang terjadi yaitu mengenai kreativitas anak dalam pembelajaran menggambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan catatan lapangan, sehingga data yang diperoleh memberikan gambaran mengenai fenomena yang sedang terjadi. Proses pembelajaran menggambar yang dilakukan anak usia sekolah dasar yaitu pengajar memberikan materi kepada anak, kemudian anak mencoba mengggambarnya sesuai dengan bimbingan dan arahan dari pengajar. Pembelajaran dilakukan dengan metode secara bertahap sesuai dengan perkembangan anak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di sanggar Happy Panda Batununggal, Kota Bandung, diperoleh hasil yaitu gambaran mengenai kreativitas anak usai sekolah dasar dalam proses pembelajaran menggambar.

Copyrights © 2018






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...