J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 3 No 1 (2018): Juni

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN PRODUK-PRODUK USAHA KECIL BINAAN POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN

Ida Suriana (Unknown)
Hasto Finanto (Unknown)
Asri Setiarini (Unknown)
Saiful Ghozi (Unknown)
Totok Ismawanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2018

Abstract

Pengelolan buah naga menjadi produk-produk yang khas dan memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani warga Karang Joang RT 19 KM 12 Balikpapan utara sudah cukup lama namun kelompok ini masih belum memiliki pengetahuan yang baik tentang bagaimana memasarkan produk yang mereka hasilkan dengan tepat sehingga mereka dapat mengenalkan produk mereka kepada masyarakat dan meningkatkan penjualan produknya.Berdasarkan hasil observasi permasalahan mitra pada kelompok tani warna Karang Joang RT 19 dapat diidentifikasi sebagai berikut: 1) Bagaimana memasarkan produk agar lebih dikenal oleh masyarakat luas baik melalui media offline maupun menggunakan media sosial, 2) Bagaimana desain produk agar masyarakat mengenal hasil olahan buah naga.Solusi yang ditawarkan berdasarkan uraian permasalahan mitra yang sedang dihadap diantaranya yaitu: 1) Pembekalan pengetahuan dasar tentang pemasaran, 2) pendampingan pemasaran baik secara offline mau menggunakan media sosial. Keywords:  peningkatan penjualan dan strategi pemasaran

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

j-dinamika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal J-DINAMIKA ini berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu, diantaranya pertanian, manajemen, teknologi informasi, sosial humaniora, kesehatan, dan semua bidang ilmu lainnya. Bentuk kegiatan pengabdian yang dipublikasikan dapat berupa penerapan ...