Minyak bumi merupakan materi yang memiliki 3 karakteristik yaitu makroskopik, mikroskopik dan simbolik. Faktor yang menjadi permasalahan di MA Ad Diinul Qayyim Gunungsari yaitu dalam pembelajaran kimia sampai saat ini masih kurang memadai dan masih menggunakan buku-buku seadanya. Alternatif solusi yang dianggap efektif adalah pengembangan perangkat pembelajaran CTL berbasis Entrepreneurship yang diharapkan dapat membantu guru Kimia kelas XI dalam mewujudkan pembelajaran kimia yang menarik serta memupuk daya kreativitas dan inovasi sehingga menumbuhkan semangat/jiwa berwirausaha bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan: 1) Desain karakteristik pembelajaran CTL Berbasis Entrepreneurship untuk meningkatkan Motivasi belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi untuk SMA/MA Kelas XI. 2) Kelayakan perangkat pembelajaran CTL Berbasis Entrepreneurship untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi minyak bumi untuk SMA/MA Kelas XI. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahap-tahap  pengembangan ini antara lain: tahap Analisys (analisis), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), tahap Implementation (implementasi) dan tahap Evaluation (evaluasi). Dalam penelitian pengembangan ini tidak sampai pada tahap implementasi dan evaluasi dengan beberapa penyesuaian berdasarkan kebutuhan pengembangan. Perangkat ajar hasil pengembangan divalidasi oleh 2 orang validator ahli yaitu dosen prodi pendidikan kimia dengan menggunakan instrumen validasi berupa angket serta uji praktisi kepada seorang guru kimia dan uji terbatas kepada 13 orang siswa MA ad Diinul Qayyim. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa rata-rata persentase kelayakan dari 2 validator yaitu (90%) dengan kategori layak,  rata-rata persentase kelayakan dari praktisi sebesar (92%) dengan kategori  layak, dan 13 orang siswa rata-rata yaitu (83,01%) dengan kategori layak sedangkan hasil motivasi belajar siswa  menunjukan hasil dengan presentasi 77,3%  dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar cetak CTL berbasis Entrepreneurship dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 0000