Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 11, No 2 (2016): Agustus

Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Peningkatan Efektivitas Pendampingan Guru IPA di SMP se-Kota Gorontalo

Arief, Afriani ( Dinas Pendidikan, Kota Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah peningkatan efektifitas pendampingan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memilih dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Penelitian Tindakan dilaksanakan di SMP se-kota Gorontalo, dan  sebagai sampel penelitian adalah 4 guru IPA di empat SMP di kota Gorontalo. Hasil observasi awal terhadap kondisi objek penelitian menunjukkan bahwa penelitian sebelum peningkatan efektivitas pendampingan 89,75% guru hanya memakai buku sebagai sumber belajarnya, atau 10,25% telah memanfatkan lingkungan. Metode pengumpulan data untuk memperoleh informasi yang diperlukan dengan cara memberikan kuisioner, observasi secara langsung baik produk RPP maupun proses pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh pada siklus I guru yang memanfaatkan lingkungan meningkat sangat signifikan yaitu 79,2%.  Pada siklus II kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar meningkat lagi menjadi 95,8%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...