Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan kualitas catatan siswa sebagai media guru untuk mengevaluasi kemajuan belajar termokimia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Batudaa sebanyak 22 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Sampling jenuh, dimana seluruh anggota populasi digunakan untuk sampel, dengan sampel penelitian yaitu 22 orang. Instrumen penelitian berupa tes autentik atau rubrik yang terdiri dari 5 indikator dan tes essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas catatan lengkap dengan persentase 13,63%, kualitas catatan cukup lengkap dengan persentase 63,64%, dan kualitas catatan kurang lengkap dengan persentase 22,73%, dengan indikator penilaiannya yaitu (1) kelengkapan catatan, yang mendapat nilai empat 18,18%, nilai tiga 63,64%, nilai dua 18,18%, (2) penyajian ilustrasi atau gambar, yang mendapatkan nilai dua dengan persentase 36,36%, nilai satu 22,73%, (3) kesesuaian bahasa yang mendapatkan nilai tiga dengan persentase 90,90%, nilai dua 9,10%, (4) originalitas, yang mendapatkan nilai empat dengan persentase 31,82%, nilai tiga 22,73%, nilai dua 45,45%, (5) rapi, yang mendapatkan nilai tiga dengan persentase 59,10%, dan nilai satu 40,90%, adapun hasil belajar yang diperoleh 3 siswa mendapatkan nilai 38-39, 14 siswa mendapatkan nilai 20-29, dan 5 siswa mendapatkan nilai 12-16.
Copyrights © 2016