Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 13, No 1 (2018): Februari

Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Soal Tes Open Ended Problem Pada Materi Elektrokimia di SMA Negeri 1 Telaga

Jumi, Wa ( Prodi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Suleman, Nita ( Universitas Negeri Gorontalo)
Tangio, Julhim S. ( Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Telaga dengan menggunakan tes Open Ended Problem pada materi elektrokimia: mengetahui tanggapan guru terhadap soal Open Ended Problem yang diujikan dan mengetahui tanggapan siswa terhadap soal open ended yang diujikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini 42 siswa kelas XII MIA dan 4 orang guru kimia di SMA Negeri 1 Telaga. Data pada penelitian ini berupa data hasil tes kemampuan berpikir kreatif pada setiap aspek serta hasil tanggapan angket mengenai model soal yang digunakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada aspek fluency sebesar 61,54% dalam kategori baik, aspek flexibility sebesar 57,85% dalam kategori cukup dan pada aspek originality mencapai 55,12% dengan kategori cukup. Hasil tanggapan angket guru terhadap model soal Open Ended Problem yang digunakan sebesar 100%. Hasil tanggapan angket siswa yang diberikan sebesar 80%  siswa memberikan respon positif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII SMA Negeri 1 Telaga menggunakan soal tes Open Ended Problem termasuk dalam kategori Baik; (2) Tanggapan guru terhadap penggunaan soal Open Ended Problem yaitu dapat memudahkan guru untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa; (3) Tanggapan siswa mengenai soal tes Open Ended Problem yang digunakan yaitu siswa lebih mudah mengeluarkan pendapatnya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...