JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Matematika

PROFIL KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SOAL LINGKARAN BERDASARKAN KECERDASAN EMOSIONAL

Mahmudah, Mahmudah (Unknown)
Lestariningsih, Lestariningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kecerdasan emosional dalam mendukung pembelajaran pemecahan masalah matematika di kelas IX. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif, untuk mendiskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal keliling dan luas lingkaran berdasarkan kecerdasan emosional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tampilan emosi mempunyai konsekuensi langsung atas pengaruh yang ditimbulkannya. Dalam hal ini peranan kecerdasan emosional dapat digunakan untuk pembelajaran pemecahan masalah. Berdasarkan segi keterlaksanaannya di kelas, pada prasurvei peneliti, hasil tes tulis, angket kecerdasan emosional dan wawancara bahwa ada kesesuaian antara kecerdasan emosional dengan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika.

Copyrights © 2015