Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 4 (2017): Jurnal Kreatif Online

Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Alat Transportasi Dengan Media Pembelajaran Miniatur di Kelas I SD Inpres 1 Tanamodindi

Hasnatan, Hasnatan (Unknown)
Nurdin, Musdalifah (Unknown)
Efendi, Efendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Inpres 1 Tanamodindi, Kota Palu pada bulan Desember 2013. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa pada tema alat transportasi dengan  penggunaan media pembelajaran miniatur di kelas 1 di Sekolah Dasar Inpres 1 Tanamodindi.  Subjek penelitian ini adalah guru pengajar sekaligus sebagai peneliti dan siswa kelas 1 A dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Partisipan dalam penelitian ini sebagai pengamat/observator adalah   guru mitra di SD Inpres 1 Tanamodindi sebanyak 3 orang dengan  rincian 1 (satu)  orang yang melakukan observasi terhadap aktivitas guru pengajar dan 2 (dua) orang yang melakukan observasi terhadap aktivitas siswa. Penelitian ini  dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap  yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil Penelitian siklus I menunjukkan capaian Nilai Rata-rata (NR) aktivitas guru adalah 70,8%,  Nilai rata-rata aktivitas siswa 60,4%, Daya Serap Klasikal (DSK) 75,3 % dan Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) adalah 73,3%. Pada siklus II, capaian Nilai rata-rata aktivitas guru adalah 100%, aktivitas siswa 93,8%,  Capaian Daya Serap Klasikal  88 % dan Ketuntasan Belajar Klasikal  83,3 %. Daya Serap Klasikal dan Ketuntasan Belajar  Klasikal yang dicapai pada siklus II, lebih tinggi dibandingkan dengan nilai yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni masing-masing 75% dan 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran miniatur pada tema “Alat Transportasi” nyata meningkatkan aktivitas  hasil belajar kelas 1 SD Inpres 1 Tanamodindi yang tercermin dari meningkatnya aktivitas guru dari 70,8% menjadi 100% atau meningkat 29,2% dan aktivitas siswa dari 60,4% menjadi 93,8% atau meningkat 33,4%.

Copyrights © 2017