Jurnal Sekolah Dasar
Vol 15, No 2 (2006): Tahun 15, Nomor 2, November 2006

PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF MELALUI PENDEKATAN PROSES DI SEKOLAH DASAR

Sri Nuryati (Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.)



Article Info

Publish Date
28 May 2013

Abstract

Pembelajaran menulis kreatif bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam mengungkapkan pikiran, perasaan, dan imajinasinya berdasarkan obyek yang diminati dalam bentuk prosa maupun puisi. Berdasarkan pengamatan awal, pembelajaran menulis berorientasi pada hasil akhir, siswa tidak mendapatkan kebebasan untuk memilih topik yang diminati. Pembelajaran menulis dapat mengintegrasikan dalam bentuk permainan, sehingga terjalin  adanya kerjasama antara siswa-siswa, atau siswa dengan guru. Dengan kata lain strategi yang digunakan guru belum menampakkan kreativitas siswa dalam menulis. Strategi pembelajaran berdasar pada proses dapat menumbuhkan kreativitas siswa dalam menulis kreatif.

Copyrights © 2006