cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Nonformal
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 1 (2023): Maret 2023" : 6 Documents clear
Kemitraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Pengelolaan Pendidikan Nonformal di Kota Yogyakarta Tohani, Entoh; Suharta, RB.
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 18, No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um041v18i12023p45-55

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemitraan yang dilakukan oleh PKBM dalam pengelolaan pendidikan nonformal di Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemitraan sangat penting dilakukan sebagai suatu fungsi pengelolaan lembaga untuk mendapatkan sumber daya dari luar lembaga yang mendukung keberhasilan pencapaian tujuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey eksploratori. Data diperoleh dengan menggunakan angket tertutup secara online dengan google form yang disebarkan kepada 28 pengelola PKBM yang melaksanakan kemitraan selama 5 tahun terakhir. Analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan kategori jawaban, mencari presentasi tanggapan dan menginterprestasikan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam lima tahun terakhir PKBM melakukan kemitraan dengan baik dengan lembaga-lembaga terkait dalam rangka melaksanakan kegiatan pendidikan nonformal walau masih perlu dioptimalkan baik dalam bentuk, cara, dan hasil kemitraan. Oleh karena itu, kemampuan menjalin kemitraan perlu dioptimalkan oleh pengelola PKBM dengan menyelenggarakan upaya pengembangan berkelanjutan.
Implementasi Experiental Learning Untuk Mengembangkan Kompetensi Kepemimpinan Peserta Didik Di Provider Outbound Scarf Pasuruan Sholeh, Muhammad Ismail; Widodo, Widodo; Soedjarwo, Soedjarwo
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 18, No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um041v18i12023p1-11

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu hal yang tidak bisa lepas dari dunia pendidikan. Pentingnya penguatan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan tentunya diharapkan mampu mengatasi kerusakan moral remaja yang sampai saat ini masih terjadi di beberapa daerah. Pentingnya pendidikan karakter juga telah menjadi filosofi pendidikan nasional yang disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara, yaitu ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Penguatan pendidikan karakter khususnya kepemimpinan, selain bisa dilakukan dalam lingkup pendidikan formal, juga bisa dilakukan dalam lingkup pendidikan non formal melalui outbound training. Outbound training ialah suatu program pelatihan di alam terbuka dengan menjalankan prinsip experiental learning atau belajar melalui pengalaman langsung yang disajikan dalam bentuk permainan, diskusi, simulasi dan petualangan sebagai media penyampaian materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model implementasi experiental learning untuk pengembangan kompetensi kepemimpinan peserta didik di provider outbound scarf, Pasuruan Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi partisipan dan wawaancara mendalam. Tahap analisis data dilakukan dengan koleksi data, reduksi data, display data, verifikasi data dan simpulan. Keabsahan data menggunakan kredibilitas. Member check, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferbilitas. Hasil penelitian menunjukan proses dalam melakukan implementasi experiental learning melalui outbound training yang dimulai dari proses perencanaan, pelaksaan dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, terdapat empat sesi yang dilakukan, yaitu sesi pengenalan diri, sesi penguatan potensi diri, sesi pengukuhan pengalaman dan sesi tindak lanjut.
Penguatan Kapasitas Inovasi Masyarakat Dalam Mewujudkan Desa Wisata Berkelanjutan Kusumawardani, Erma; Sujarwo, Sujarwo; Prasetyo, Iis
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 18, No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um041v18i12023p12-23

Abstract

Abstrak Sektor pariwisata menjadi salah satu pendukung dalam kegiatan pembangunan di Indonesia. Di samping itu sektor pariwisata memberikan banyak dampak positif untuk masyarakat dari upaya pemanfaatan potensi alam maupun budaya. Namun, proses rintisan, pengelolaan hingga upaya pengembangan desa wisata belum semua terarah pada terbentuknya desa wisata berkelanjutan. Salah satu kendalanya terkait sumber daya manusia sebagai subyek pengembang wisata tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam mewujudkan desa wisata berkelanjutan. Metode penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Prosedur ini melibatkan warga masyarakat atau warga masyarakat sebagai pelaksana PAR. Partisipan dalam penelitian ini 30 yang terdiri dari anggota Pokdarwis, Pendamping Desa dan Pemuda. Adapun siklus yang dilakukan dikenal dengan istilah KUPAR (to Know, to Understand, to Plan, to Action dan to Reflection). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada partisipan dapat mendorong anggota pokdarwis untuk melakukan inovasi dengan diskusi dengan pakar yang di inisiasi oleh kelompok tersebut. Sehingga inovasi dapat dimunculkan melalui motivasi internal lebih dapat menginternalisasi upaya dalam melakukan pengembangan desa wisata utama nya di desa semoyo yang menjadi setting penelitianAbstractThe tourism sector is one of the supporters in development activities in Indonesia. In addition, the tourism sector provides many positive impacts for the community from efforts to exploit natural and cultural potential. However, the piloting process, management and efforts to develop tourist villages are not all directed towards the formation of sustainable tourism villages. One of the obstacles is related to human resources as the subject of the tourism developer. So this study aims to analyze efforts to increase the capacity of human resources in realizing a sustainable tourism village. The Participatory Action Research (PAR) method is used in this study. This method involves community members or members of the community acting as PAR implementers. There were 30 participants in this study consisting of Pokdarwis members, Village Facilitators and Youth. The cycle that is carried out is known as KUPAR (to Know, to Understand, to Plan, to Action and to Reflection). The results of this study indicate that through the education and training activities provided to participants, Pokdarwis members can be encouraged to innovate through discussions with experts initiated by the group. So that innovation can be raised through internal motivation to be more able to internalize efforts in developing the main tourism village in Semoyo village which is a research setting.
Pekerja Anak dan Pendidikannya Di Masa Depan Hamdani, Febri; Nooraeni, Rani; Lumaksono, Adi
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 18, No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um041v18i12023p24-35

Abstract

Child labour has an impact not only on health but also on education in the future. Being a child labour, the minimum consequence is the disruption of the child's time to go to school and in some cases, the child cannot go to school at all. This study uses data from the Indonesia Life Family Survey (IFLS) where the individuals studied are the same for each IFLS period. The results show that there is a difference between those who have worked as child workers in the past, who have a lower level of education than those who were not child laborers. The difference can be seen 14 years later. This is reinforced by the results of statistical tests with Logistic Regression where there is a strong relationship between child labour and the level of final education. Those who are child workers have a greater chance of only graduating from elementary and junior high school compared to those who are notĀ childĀ laborers.
Komponen Pembelajaran pada Transfer Pengetahuan Pewarisan Bisnis Keluarga Industri Pandai Besi Choiro, Umu Da'watul; Rahma, Rezka Arina
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 18, No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um041v18i12023p36-44

Abstract

Blacksmithing is a life skill based on local wisdom to support people's lives. Transfer of knowledge in the blacksmith industry takes place informally through learning while working. The purpose of this study was to determine the learning components of the blacksmith's knowledge transfer. This research uses a qualitative case study approach with interview and observation methods. The learning components in the knowledge transfer of the blacksmith industry include panjak as students, masters and senior panjak as educators. The aim of learning is to produce panjaks that master a series of skills ranging from basic, intermediate, to advanced skills, as provisions for work and even the skills of trying to open their own pande. The media used are the same as the equipment and materials for the production process. Pande and the master's house as a place to study. Study time is the same as pande production time. Learning methods include nuntui, nuturi, practice and question and answer. Evaluation of learning in the learning process runs naturally through observations of panjak performance.
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) selama masa Pandemi Covid-19 di Lingkungan Pondok Pesantren Redjeki, Endang Sri; Rahmawati, Windi Chusniah
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 18, No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um041v18i12023p56-70

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Desember tahun 2021, di dalam lingkungan pondok-pondok pesantren di wilayah kecamatan Kedung Kandang, Sukun, Lowokwaru, Klojen dan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, dengan tiap kecamatan tersebut dipilih 1 sampel lokasi pondok. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan ketersediaan fasilitas pendukung protokol kesehatan di lingkungan pondok pesantren, mendiskripsikan PHBS santri di masa pandemi Covid-19 dan menganalisis korelasi pemahaman tentang Covid-19 yang memberikan kontribusi terhadap PHBS para santri. Data penelitian ini diperoleh melalui survey dengan responden acak dengan instrumen angket yang sebelumnya sudah dilakukan uji validitas. Analisis korelasi dilakukan dengan hasil menunjukkan bahwa sebagian santri sudah mengenal informasi seputar Covid termasuk perilaku untuk pencegahan penularannya. PHBS santri terkait dengan Covid-19 belum maksimal karena fasilitas pendukung protokol kesehatan di pondok belum sepenuhnya memadai. Terdapat korelasi antara PHBS, PHBS di masa pandemi dengan pemahaman santri tentang Covid-19. Saran dari hasil penelitian ini ditujukan kepada Kebijakan Pemerintah tentang pembatasan kegiatan masyarakat juga terus dilaksanakan, sejalan dengan ketentuan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri, untuk memastikan lingkungan dan asrama/laboratorium aman dari Covid-19, Harus diproduksi untuk memenuhi standar protokol kesehatan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6