Articles
28 Documents
Search results for
, issue
"Vol 5, No 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial"
:
28 Documents
clear
Kondisi Sosial Ekonomi dan Kualitas Hunia Rumah Tangga Nelayan di Desa Kuala Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas
Equanti, Dian;
Bayuardi, Galuh
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (379.768 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v5i1.854
Desa Kuala merupakan desa pesisir yang terletak di muara Sungai Selakau, dengan dominan aktivitas ekonomi nelayan tangkap tradisional, dan kegiatan ekonomi yang berkaitan. Jangkauan area tangkap nelayan tangkap yang sempit dan ketergangtungan yang besar pada kondisi alam menyebabkan penghasilan yang tidak menentu. Kondisi ini rentan terhadap pendapatan yang rendah dan hunian yang tidak layak. Untuk berkontribusi pada penyediaan data wilayah, penelitian ini bertujuan menggambarkan: satu, kondisi sosial ekonomi rumah tangga nelayan di Desa Kuala Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas; dua, kualitas hunian rumah tangga nelayan di Desa Kuala Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas. Hasil penelitian menunjukkan pertama, rendahnya pendapatan rumah tangga dengan komponen pengeluaran makanan lebih dari 50 persen dari total pendapatan, serta lebih dari 60 persen responden berpendidikan SD. Kedua, kualitas hunian masyarakat dalam kategori cukup, dengan 70 persen berdinding tembok, namun sebagian besar dengan air bersih dan sanitasi kurang layak.
Penggunaan Video Dikombinasikan dengan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MAN 2 Pontianak
Rina, Rina;
Anggela, Rika;
Veriansyah, Ivan
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (388.179 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v5i1.865
Tujuan penelitian untuk mendapatkan informasi secara jelas, objektif dan sistematis tentang penggunaan media video dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI IPS MAN2 Pontianak T.A. 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan secara partisipatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Pontianak. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI IPS 4 berjumlah 31 orang. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes, panduan observasi dan dokumentasi. Teknis analisis datadilakukan secara kualitatif untuk menggambarkan aktifitas siswa yang diakumulasikan melalui hasil observasi di setiap siklusdan rata-rata untukhasilbelajar. Hasil penelitian diketahui pengunaan media pembelajaran sudah baik, terlihat dari pelaksanaan pembelajaran siklus I,siklus II dan siklus III. Afektif siklus I yaitu 60%, siklus II yaitu 76%,siklus III yaitu 88%. Aspek psikomotorik hasil siklus I yaitu56%, siklus II yaitu 76% siklus III yaitu 92% dan hasil belajar siklus I yaitu 19%, siklus II yaitu 67%, siklus III yaitu 97%.
Persepsi Dosen Terhadap Penerapan Prinsip-Prinsip Demokrasi Dalam Pemilihan Ketua dan Sekretaris Prodi pada Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak
Rube'i, Muhammad Anwar;
Rohani, Rohani
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (371.799 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v5i1.860
Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi tentang persepsi dosen terhadap penerapan prinsip-prinsip demokrasi dalam pemilihan Ketua dan Sekretaris Prodi pada Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif analitis. Subyek dalam penelitian ini yaitu dekan dan dosen Fakultas IPPS.Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, studi literatur, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi dosen terhadap penerapan prinsip-prinsip demokrasi dalam pemilihan ketua dan sekretaris Program Studi pada Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial sudah berjalan dengan baik dan harus tetap dijaga, dipertahankan serta membudayakan prinsip-prinsip demokrasi pada setiap sistem pelaksanaan demokrasi pada IKIP PGRI Pontianak. Pelaksanaan prinsip-prinsip demokrasi yang dilaksanakan yaitu, (1) prinsip demokratis, (2) prinsip kebebasan, (3) prinsip partisipasi, (4) prinsip kesetaraan, (5) prinsip kejujuran, (6) prinsip saling menghargai dan menghormati.
Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak Tahun Ajaran 2017/2018
Marjito, Emusti Rivasintha;
Nurhalipah, Nurhalipah
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (303.74 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v5i1.855
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Bagaimanakah pembelajaran IPS di kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak 2). Bagaimanakah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas VIII MTs Mujahidin Pontianak 3). Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas VIII MTs Mujahidin Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya berupa teknik observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa itu ada dua yaitu faktor internal dan eksternal ditandai dengan pendapat guru mata pelajaran IPS faktor internal itu merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa karena dengan adanya bakat maka sikap yang ditunjukkan siswa terhadap belajar akan muncul dengan sendirinya, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu dari guru, media, metode dan waktu.
Peran Dosen Dalam Mengembangkan Karakter Mandiri pada Mahasiswa
Suhaida, Dada;
Azwar, Idham
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (385.68 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v5i1.866
Penelitian ini untuk memfokuskan pada Peran Dosen dalam Mengembangkan Karakter Mandiri pada Mahasiswa. Masalah umum penelitian tentang “Peran Dosen Prodi PPKn dalam Mengembangkan Karakter Mandiri pada Mahasiswaâ€. Masalah Khusus yakni; 1) Bagaimana dosen menyadari tugasnya dan meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan karakter mandiri pada mahasiswa, 2) bagaimana peran dosen dalam memberikan kontribusi untuk mengembangkan karakter mandiri mahasiswa. Subyek penelitian 2 orang dosen Prodi PPKn dan 5 orang mahasiswa PPKn. Tujuan dalam penelitian ini; 1) Mengetahui dosen menyadari tugasnya dan meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan karakter. Metodologi penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik dan alat pengumpul data yakni; observasi dengan alat pedoman observasi, wawancara dengan daftar pertanyaan, studi dokumentasi dengan foto dan kartu hasil studi. Teknik analisa data reduksi data, display/penyajian data, dan verifikasi data. Secara umum hasil penelitian mengungkapkan bahwa dosen sudah seoptimal mungkin dalam berupaya mengembangkan karakter mandiri. Secara khusus hasil penelitian menginformasikan bahwa, dosen sudah menyadari tugas dan meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan karakter mandiri mahasiswa, dan peran dosen dalam memberikan kontribusi untuk mengembangkan karakter mandiri mahasiswa cukup besar.
Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran IPS Terpadu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya
Sariani, Novita;
Oktaliana, Reni
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (335.148 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v5i1.861
Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar cetak efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan tindakan penggunaan media gambar cetak dalam pembelajaran IPS Terpadu untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan. Bentuk penelitian yang sesuai dengan metode penelitian adalah menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas (classroom action research).Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik observasi partisipatif, teknik wawancara, teknik pengukuran, dan teknik studi dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, soal tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media gambar cetak pada siswa kelas VII I di SMP Negeri 1 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya dalam 2 siklus, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan media gambar cetak siswa mengalami peningkatan.
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Siantan
Suwarno, Agus;
Supriati, Supriati
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (531.865 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v5i1.856
Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah? Dengan sub masalah yaitu: (1) Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah? (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah? (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian pre-exsperimental design. Berdasarkan hasil pengolahan data dan perhitungan statistik secara umum dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah yaitu berdasarkan perhitungan diketahui bahwa tHitung > tTabel.
Pengembangan Program Bimbingan Kelompok Tentang Kesiapan Berwirausaha pada Siswa SMA di Kabupaten Kubu Raya
Andriati, Novi
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (500.281 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v5i1.862
Tujuan penelitian yaitu menghasilkan program bimbingan kelompok tentang kesiapan berwirausaha siswa SMA. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa program bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kesiapan berwirausaha siswa. Penggunaan program bimbingan kelompok tentang kesiapan berwirausaha siswa sebaiknya dapat dimulai dengan mendiagnosa secara cermat kondisi objektif siswa yang akan dijadikan sebagai anggota kelompok sebagai dasar perlakuan mengandung nilai kebermanfaatan dan kebermaknaan bagi siswa SMA serta guru dapat menggunakan program bimbingan kelompok untuk meningkatkan karier siswa SMA.
Penerapan Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Keterampilan Penulisan Desain Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak
Anggela, Rika;
Suherdiyanto, Suherdiyanto;
Rina, Rina
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (354.181 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v5i1.857
Tujuan dalam penelitian ini untuk mendapatkan informasi secara jelas, objektif dan sistematis tentang penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dalam meningkatkan keterampilan penulisan desain penelitian pada mata kuliah Seminar Kuliah Geografi Semester VI IKIP PGRI Pontianak TA. 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan secara partisipatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penerapan Group Investigation pada siklus I dan Siklus II baik sekali. Persentase Ketuntasan kelas Keterampilan penulisan desain penelitian pada pra tindakan sebesar 38,9%, siklus I sebesar 66,1% dan siklus II sebesar 100%. Peningkatan kepercayaan diri mahasiswa mulai pra tindakan sampai pada siklus I sebesar 26,7% dan mulai siklus I sampai pada siklus II sebesar 33,4%.