cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : -     EISSN : 24075302     DOI : -
Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan Sosial.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial" : 8 Documents clear
ANALISIS SOAL HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER Ivan Veriansyah Veriansyah; Ihsan Nurhakim
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 2 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v8i2.3083

Abstract

Berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir yang sangat penting dalam cabang ilmu geografi. Pada dasarnya dalam menyelesaikan permasalahan geografi mahasiswa di tuntut untuk berpikir, oleh itu kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan, jelaskan pada makna kemampuan berpikir kritis sendiri, yakni berpikir kritis merupakan kemampuan pikiran untuk menganalisis, mengidentifikasi, menemukan serta mengambil keputusan untuk menarik kesimpulan terhadap apa yang di yakini. Kemampuan berpikir penting dalam menyelesaikan soal geografi dalam bentuk HOTS, karena geografi dalam bentuk Hots ini memiliki tingkat C4 kemampuan untuk berpikir kritis, sangat diperlukan dalam menyelesaikan soal ini karena sifatnya memancing agar mahasiswa bepikir lebih berkembang dalam menyelesaikan soal. Kemamampuan berpikir setiap individu tentunya berbeda-beda baik individu dengan individu lainnya, sehingga harus ada perhatian khusus untuk membantu mahasiswa mencapai keberhasilan dalam pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa laki-laki dalam menyelesaikan soal SDA materi pembahasan yang ditinjau dari perbedaan gender kelas A Pagi semester VI Prodi geografi, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal materi SDA yang ditinjau dari perbedaan gender A Pagi semester VI Prodi geografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi Penelitian Prodi Geografi IKIP PGRI Pontianak dengan Obyek Penelitian Kelas A Pagi semester VI. Data yang diperoleh berupa data dari observasi, tes tulis dan wawancara. Data dari hasil tes yang diperoleh dari hasil analisis pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal SDA materi pencemaran yang dikemukakan oleh Ennis yaitu memberikan penjelasan sederhana, membuat penjelasan lanjut, menentukan strategi dan menyelesaikan masalah, dan membuat simpulan.inferensi (menyimpulkan) yang masing-masing mendapat skor 61%.(2) Mahasiswa perempuan yang memiliki presentase paling tinggi terdapat pada indikator yang memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lebih lanjut yaitu memperoleh skor 85%, sedangkan jumlah mahasiswa perempuan yang memiliki presentase baik dan jelas. baik terdapat pada indikator strategi dan taktik memperoleh skor 80% dan menyimpulkan masing-masing hanya memperoleh skor 73%.
UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS 9C SMP NEGERI 2 TERIAK Meidardus Doni
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 2 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v8i2.3419

Abstract

Dalam penelitian ini guru dapat menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran, dengan menggunakan metode diskusi diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan mutu dan mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur penelitian: a) perencanaan, b) pelaksanaan tindakan, c) observasi, d) refleksi. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Pada penelitian siklus I nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 73,22 dan ketuntasan belajar sebesar 67,74%. Dan dilanjutkan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 81,29 dan ketuntasan belajar meningkat menjadi 90,32%. Sehingga penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Teriak telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Dengan hasil belajar siswa yang lebih baik, pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IX C SMP Negeri 2 Teriak.
ANALISIS PENERAPAN ETIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn DI KELAS VIII SMPN 2 MONTERADO Elias Elias
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 2 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v8i2.3421

Abstract

Berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir yang sangat penting dalam cabang ilmu geografi. Pada dasarnya dalam menyelesaikan permasalahan geografi mahasiswa di tuntut untuk berpikir, oleh karena itu kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan, seperti di jelaskan pada makna kemampuan berpikir kritis sendiri, yakni berpikir kritis merupakan kemampuan akal pikiran untuk menganalisa, mengidentifikasi, mengevaluasi serta mengambil keputusan untuk penarikan kesimpulan terhadap apa yang di yakini. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam menyelesaikan soal geografi dalam bentuk HOTS, karena soal geografi dalam bentuk Hots ini mempunyai tingkat C4 kemampuan berpikir kritis memang sangat diperlukandalam menyelesaikan soal ini karena sifatnya memancing agar mahasiswa bepikir lebih berkembang dalam menyelesaikan soal. Kemamampuan berpikir setiap individu tentunya berbeda-beda baik individu satu dengan individu lainya, sehingga harus adanya perhatian khusus untuk mengantarkan mahasiswa mencapai keberhasilan dalam menempuh pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa laki-laki dalam menyelesaikan soal SDA materi pencemaran yang ditinjau dari perbedaan gender kelas A Pagi semester VI Prodi geografi, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa perempuan dalam menyelesaikan soal SDA materi pencemaran yang ditinjau dari perbedaan gender A Pagi semester VI Prodi geografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Prodi Geografi IKIP PGRI Pontianak  dengan obyek penelitian kelas A Pagi semester VI. Data yang diperoleh berupa data dari observasi, tes tulis dan wawancara. Data dari hasil tes tulis diperoleh dari hasil analisis pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal SDA materi pencemaran yang berdasarkan indikator yang dikemukakan oleh Ennis yaitu memberikan penjelasan sederhana, membuat penjelasan lanjut, menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah, dan membuat simpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa (1) Mahasiswa laki-laki yang memiliki presentase paling tinggi terdapat pada indicator memberikan penjelasan sederhana (Elementary clarification) dengan skor 89%, sedangkan jumlah mahasiswa laki-laki yang memiliki presentase cukup baik  terdapat pada indikator strategi dan taktik,  serta indicator inference (menyimpulkan) yang masing-masing mendapat skor 61%.(2) Mahasiswa perempuan yang memiliki presentase paling tinggi terdapat pada indikator memberikan penjelasan sederhana dan membuat penjelasan lebih lanjut yaitu memperoleh skor 85%,  sedangkan jumlah mahasiswa perempuan yang memiliki presentase baik dan cukup baik terdapat pada indikator strategi dan taktik memperoleh skor 80% dan menyimpulkan yang masing-masing hanya memperoleh skor 73%.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI UUD 1945 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI KELAS 7 SMPN 3 BENGKAYANG Purwanti Purwanti
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 2 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v8i2.3436

Abstract

Penelitian ini berjudul Peningkatan Prestasi Belajar Materi UUD 1945 Dengan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Kelas VII SMPN 3 Bengkayang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini diambil karena ada beberapa indikator, antara lain: 1) siswa sangat pasif dalam mengeksplorasi berbagai sumber belajar; 2) kemampuan mengkritisi berbagai informasi sangat rendah; 3) pengetahuan umum tampak sangat dangkal; 4) kurangnya rasa hormat atau kepekaan terhadap berbagi peristiwa yang terjadi; 5) kurang berani mengungkapkan pendapat dan gagasannya; 6) prestasi belajar tidak berkembang; dan 7) motivasi belajar sangat rendah dalam belajar. Kemudian munculnya kebosanan selama pembelajaran ini antara lain disebabkan oleh strategi pembelajaran yang monoton yang digunakan oleh guru yaitu dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, mereview buku dan media improvisasi, hal ini berakibat pada prestasi belajar siswa PKn Kelas VII di kelas VII. pertengahan semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 sangat rendah. rendah yaitu rata-rata 60, sedangkan KKM PKn 70. Penelitian dengan model pembelajaran inkuiri merupakan proses yang dilakukan siswa untuk memecahkan masalah, merencanakan eksperimen, melakukan eksperimen, mengumpulkan dan menganalisis data, serta menarik kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian PTK dengan 2 siklus, akhirnya diperoleh hasil peningkatan nilai yang signifikan, melalui tes awal dengan nilai rata-rata 60,69, nilai rata-rata tes akhir 72,93.
ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI MASA PANDEMIC MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK Hendra Sulistiawan; Kamaruzzaman Kamaruzzaman
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 2 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v8i2.3497

Abstract

Sejak pandemic melanda negeri yang diakibatkan dari wabah covid 19, hubungan antar manusia seakan berubah menjadi 180 derajat. Komunikasi yang terjadi tidak biasa. Kebudayaan ketimuran yang mencerminkan karakter bangsa, tidak berjalan sebagaimana mestinya. Budaya senyum, sapa, salam yang selalu diperkuat dalam tatanan komunikasi tidak lagi digunakan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengungkap keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Melalui penelitian diharapkan dapat diketahui secara jelas mengenai keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa.. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal mahasiswa di masa pandemic mahasiswa IKIP PGRI Pontianak termasuk kategori tinggi.
ANALISIS PEMAHAMAN KESADARAN HUKUM MASYARAKAT DALAM KEPEMILIKAN AKTA PERKAWINAN DI DUSUN NEK INDONG DESA TEMPOAK KECAMATAN MENJALIN KABUPATEN LANDAK Yuliananingsih Yuliananingsih; Rohani Rohani; Astuti Astuti
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 2 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v8i2.3498

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi serta kejelasan mengenai analisis pemahaman kesadaran hukum masyarakat dalam kepemilikan akta perkawinan di Dusun Nek Indong Desa Tempoak Kecamatan Menjalin Kabupaten Landak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan bentuk deskriptif. Berdasarkan hasil bahwa Analisis Pemahaman kesadaran hukum masyarakat dalam kepemilikan akta perkawinan diDusun Nek Indong Desa Tempoak Kecamatan Menjalin Kabupaten Landak masih tergolong rendah. Hal ini dapat terlihat dari pandangan masyarakat terhadap pengetahuan tentang hukum dan pengetahuan tentang akta perkawinan yang kurang memahami sehingga banyaknya masyarakat tidak memiliki Akta perkawinan.
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN E-MARKETING TERHADAP SKILL ENTREPRENEURSHIP MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI Suharto Suharto
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 2 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v8i2.2950

Abstract

Pertumbuhan enterpreneur di Perguruan Tinggi masih belum signifikan diakibatkan dari penerapan pembelajaran yang masih berorientasi pada aspek kognitif dan teori saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan pembelajaran e-marketing terhadap skill enterpreneurship mahasiswa di Perguruan Tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk yang menempuh mata kuliah Praktek Kewirausahaan dan diambil menggunakan teknik purposing sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui efektifitas metode yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran e-marketing efektif terhadap peningkatan skill enterpreneurship mahasiswa. Beberapa skill yang mengalami peningkatan diantaranya adalah self knowledge, imagination, practical knowledge, search skill, foresight, computation skill, dan communication skill. Penggunaan e-marketing seperti facebook, instagram, youtube, Market Place, dan website juga mengalami peningkatan dalam upaya mengembangkan usaha yang dimiliki.
PEMERTAHANAN KESENIAN RUDAT SASAK DI LOMBOK Hary Murcahyanto; Bambang Eka Saputra; Muchamad Triyanto; Lalu Mas’ud; RR. Sri Setyawati Mulyaningsih; Syukron Hamdani; Abdul Rasyad
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 2 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v8i2.2811

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya pergeseran dan mengetahui bentuk upaya kelompok Rudat Sasak Lombok Timur dalam pemertahanan kesenian Rudat tersebut.  Di samping itu peneliti ingin mengetahui upaya masyarakat Desa Padamara dalam mempertahankan kesenian Rudat tersebut. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kajian pustaka. Analisis data dilakukan melaui tahapan reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pergeseran kesenian Rudat Sasak Lombok Timur yang ada di Desa Padamara terjadi sebagai akibat perubahan zaman dan perubahan pola pikir masyarakat. Pemertahanan Rudat Sasak Tunggal Kayun dilakukan melalui mengumpulkan dan membina generasi muda, mengubah alur pementasan, membina hubungan intern dan ekstern, mengupayakan pementasan Rudat Sasak dalam setiap acara masyarakat. Menanamkan rasa memiliki, dan membangun hubungan yang baik antara para senior dan generasi muda dalam menjaga dan pemertahanan kesenian.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 1 (2025): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 11 No. 3 (2024): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 11 No. 2 (2024): Sosial Horizon ( Jurnal Pendidikan Sosial) Vol. 11 No. 1 (2024): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 10 No. 3 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 10 No. 2 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 10 No. 1 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 10, No 1 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 9 No. 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 1 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 2 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 1 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 7, No 2 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL Vol 7, No 1 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL Vol 6, No 2 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 2 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 2 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 1 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 1 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 2 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 2 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 1 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 1 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 1, No 1 (2014): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 1, No 1 (2014): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial More Issue