JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 363 - 482"
:
12 Documents
clear
THE INFLUENCE OF ENVIRONMENTAL FACTORS AND SHOPPING STIMULI ON IMPULSE BUYING AT INDOMARET KAUDITAN
Tirayoh, Gleadys
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 363 - 482
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (473.849 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i3.9439
Increasing consumption of goods and services creates the rapid growth of retail business in Indonesia. As the proof, according to APRINDO, in 2015, Indonesian retail industry experiences 15% growth. Therefore, the objective of this research is to identify the influence of Environmental Factors and Shopping Stimuli on Impulse Buying. This research is a quantitative research, uses questionnaires to collect primary data and uses multiple regressions to analyze the data. The population in this research refers to the consumers of Indomaret Kauditan while sample size in this research is 100 respondents. The results show that Environmental Factors and Shopping Stimuli have significant effect on Impulse Buying simultaneously. Moreover, Environmental Factors and Shopping Stimuli also have significant effect on impulse buying partially. As the recommendation of this research, Indomaret Kauditan is expected to pay attention to the environmental factors such as the parking area, the layout of products, and shopping atmosphere to increase buying intention of shoppers in order to improve Impulse Buying. Keywords: environmental factors, shopping stimuli, impulse buying
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN AGROINDUSTRY YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2012
Legiman, Fachreza Muhammad;
Tommy, Parengkuan;
Untu, Victoria
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 363 - 482
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (391.112 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i3.9411
Return saham merupakan hasil yang diperoleh dari investasi. Harapan untuk memperoleh return juga terjadi dalam asset financial. Suatu asset financial menunjukkan kesediaan investor menyediakan sejumlah dana pada saat ini untuk memperoleh sebuah aliran dana pada masa yang akan datang sebagai kompensasi atas faktor waktu selama dana ditanamkan dan risiko yang ditanggung. ROA menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba atas aktiva yang dipergunakan. ROE atau profitabilitas adalah suatu pengukuran dari penghasilan atau income yang tersedia bagi pemilik perusahaan atas modal yang mereka investasikan di dalam perusahaan. Debt to equity ratio (DER) adalah rasio utang yang diukur dari perbandingan utang dengan ekuitas (modal sendiri). Tujuan penelitian untuk mengetahui ROA, ROE, DER pengaruhnya terhadap return saham. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah perusahaan agroindustry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009 sampai 2012 yaitu sebanyak 15 perusahaan dan diambil 10 perusahaan sebagai sampel. Hasil penelitian menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi return saham berpengaruh pada perusahaan agroindusrty. Manajemen perusahaan agroindustry sebaiknya menurunkan jumlah utang sehingga dapat memperbaiki kinerja keuangan perusahaannya dan memperhitungkan setiap resiko yang akan dihadapi. Kata kunci : return saham, roa, roe, der
GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI BAGIAN ADMINISTRASI UMUM SEKRETARIAT DAERAH KAB. KEPULAUAN SIAU TAGULANDANG BIARO
Jacob, Resa R.;
Nangoy, Sientje C.;
Tumbel, Altje L.
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 363 - 482
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (369.34 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i3.9410
Kepemimpinan adalah salah satu faktor penting dalam meningkatkan Kinerja Pegawai. Begitu juga dengan motivasi kerja yang merupakan daya penggerak yang dihasilkan dari keinginan individu untuk memuaskan kebutuhan sehingga mereka mau melakukan pekerjaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja pengaruhnya terhadap Kinerja Pegawai bagian Administrasi UmumSekretariat Daerah Kab. Kepulauan. Siau Tagulandang Biaro. Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Populasi di dalam penelitian ini sebanyak 31 orang pegawai bagian administrasi umum sekretariat daerahdan seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian (Sensus). Teknik sampling yang digunakan sampling jenuh. Analisis yang digunakan adalah Regresi Berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja baik secara simultan maupun parsial berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai bagian Administrasi Umum. Pimpinan pada Sekda di Kab. Kepulauan. Siau Tagulandang Biaro sebaiknya meningkatkan Leadership skillnya sehingga lebih dapat diterima oleh para bawahan dalam pelaksanaan pekerjaan karena hasil penelitian menunjukan variabel kepemimpinan lemah menurut responden. Kata kunci: gaya kepemimpinan, motivasi, kinerja
THE EFFECT OF MOTIVATION AND COMPENSATION TOWARD JOB SATISFACTION IN PT. SIG ASIA BITUNG
Bawoleh, Vergina Sheren;
Pangemanan, Sifrid S.;
Tielung, Maria V. J.
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 363 - 482
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (427.228 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i3.9440
Employees are important assets to reach organizational goals and employee job satisfaction is very important. To attain job satisfaction, employee must be motivated in doing their jobs first. Lack of motivation can also lead to high job turnover in the company and will increase the cost of training and hiring new employees. Besides motivation, job satisfaction of employees is also influenced by compensation. The objective of this research is to know the significant effect of motivation and compensation on job satisfaction simultaneously, partially. This research uses quantitative method and the Multiple Regression Analysis. The population observed is the employees of PT. SIG Asia with 30 respondents as the sample size and simple random as sampling method was used. The result of this research is there is significant effect of motivation and compensation on job satisfaction partially and simultaneously. The management of this company is expected to keep paying attention to motivation and compensation that could encourage employees to increase their performance. Keywords: job satisfaction, motivation and compensation.
THE INFLUENCE OF PRICE DISCOUNT, BONUS PACK, AND IN-STORE DISPLAY ON IMPULSE BUYING DECISION IN HYPERMART KAIRAGI MANADO
Waani, Rivie C. T.;
Tumbuan, Willem J.F. Alfa
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 363 - 482
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (462.083 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.9432
Impulse buying is an unplanned purchase or spontaneous behavior which a shopper makes but has not planned in advance. This happens in consumers who will shop which carry out the purchase decision of goods in the store without planned it. Impulse buying can be affected from any kind of promotion conducted by a retail store. This research object is to know the influence of price discount, bonus pack, and in-store display on impulse buying decision. The sample of this research is consumers who make shopping in Hypermart Kairagi Manado on weekend around 2pm–9pm, as many as 90 respondents. The method used is Multiple Regression Analysis. Ftest and ttest used to determine simultaneous influence and  partial influence of all independent variables to dependent variable. The result shows that price discount, bonus pack, and in-store display have significant influence on impulse buying decision simultaneously. Bonus pack and in-store display have significant influence partially on impulse buying decision while price discount has partial influence but no significant on impulse buying decision. Hypermart Kairagi Manado should maintain and improve the marketing strategies which is sales promotion in terms of promotional tools especially to price discount in order to attract more consumers make an impulse buying.  Keywords: price discount, bonus pack, in-store display, impulse buying
PENGARUH WORD OF MOUTH, DAYA TARIK IKLAN, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI MOTOR SUZUKI SATRIA FU PADA PT. SINAR GALESONG MANDIRI
Kalele, Billiclinton;
Oroh, Sem G.;
Sumarauw, Jacky
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 363 - 482
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (586.361 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.9434
Manajemen perusahaan otomotif saat ini sedang berupaya untuk meningkatkan penjualan kendaraan bermotor kepada para konsumen untuk itu potensi pasar dan pembelian menjadi sangat penting bagi perusahaan. Melalui informasi yang positif dari konsumen, iklan yang menarik perhatian dengan kreatifitas dari perusahaan, harga yang dapat dijangkau dengan kualitas dari produk yang tinggi tidak menutup kemungkinan akan menarik keinginan membeli dari konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth, Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli motor Suzuki Satria Fu di PT. Sinar Galesong Mandiri. Metode yang digunakan adalah asosiatif. Sampel yang digunakan sebanyak 97 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Word of Mouth, Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga dan Kualitas Produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli konsumen. Secara parsial Word of Mouth, Daya Tarik Iklan dan Kualitas Produk mempunyai pengaruh yang positif terhadap Minat Beli akan tetapi Persepi Harga mempunyai pengaruh yang negatif terhadap Minat Beli konsumen. Manajemen PT. Sinar Galesong Mandiri sebaiknya memperhatikan penetapan harga pada produk karena hasil penelitian menunjukkan harga bagi responden masih kurang kompetitif. Kata kunci: word of mouth, daya tarik iklan, persepsi harga kualitas produk, minat beli
ANALYZING THE EFFECT OF STRESS AND TASK CONFLICTS TOWARD EMPLOYEE PERFORMANCE AT PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK. MANADO
Agustian, Desberini Enestha
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 363 - 482
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (403.094 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.9424
Nowadays, employee often face Stress and Task Conflicts, because there will always be people or things that make them uncomfortable; and it includes people with different opinion whether it as at home or workplace. The researcher did this research in PT. Bank Negara Indonesia (BNI Bank) Persero Tbk. Manado. The purpose of this study is to analyze the effect of Stress and Task Conflicts on Employee Performance. In this research the researcher uses Associative method with Multiple Regression Analysis technique with the population is the permanent employees of BNI Bank Manado and the sample size is 30 permanent employees by using convenience sampling method. The result shows that Stress and Task Conflicts have a strong association to employees. Stress and Task Conflicts have no significant effect to Employee Performance, it means that in that workplace have no Stress and Task Conflict. Stress and Task Conflicts can be occur to an employee but can not be influence to the all employees at BNI Bank Manado. BNI Management has to keep the existing performance and create the good work environment to make the employees spared from Stress and Task Conflicts in order to produce best performance. Â Keywords: stress, task conflicts, employee performance
GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, KETERLIBATAN KERJA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BANK SYARIAH MANDIRI CABANG MANADO
Muarif, Munazar R.;
Tewal, Bernhard;
Sendow, Greis M.
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 363 - 482
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (471.477 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i3.9409
Keberhasilan suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh kinerja karyawanya. Telah menjadi hal yang pasti bahwa perusahaan akan selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja karyawan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, dan Keterlibatan Kerja berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja karyawan pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, yaitu mengambil seluruh sampel sebanyak 38 responden. Metode penelitian adalah metode Asosiatif, Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Keterlibatan Kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Secara parsial hanya Keterlibatan kerja yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Pimpinan Bank Syariah Mandiri cabang Manado sebaiknya dapat memperhatikan keterlibatan kerja yang dapat meningkatkan kinerja karyawan sehingga target yang di tetapkan dapat tercapai. Kata kunci: gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, keterlibatan kerja, kinerja karyawan
PERENCANAAN PAJAK UNTUK BIAYA NATURA KEPADA PEGAWAI PERUSAHAAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGEFISIENSIKAN PAJAK PT. TIGA KARYA WENANG MANADO
Tekkay, Alfons Adenansi
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 363 - 482
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (452.059 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i3.9433
Pajak merupakan salah satu tumpuan sektor penerimaan negara, dalam rangka menjamin kelangsungan pembiayaan pembangunan nasional. Bagi dunia usaha pajak merupakan sumber biaya tanpa menerima imbalan langsung. Oleh sebab itu, diperlukan suatu cara bagi perusahaan untuk menemukan cara untuk mengefisiensikan pajak, dan salah satu cara yang digunakan yaitu melalui perencanaan pajak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana perencanaan pajak untuk biaya natura dapat mengefisienkan beban pajak pada PT. Tiga Karya Wenang Manado. Jenis penelitian adalah Deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pajak untuk biaya natura kepada pegawai perusahaan dapat mengefisiensikan jumlah pajak yang terutang, dari perusahaan dengan mengakui biaya natura sebagai beban operasional perusahaan. Manajemen PT Tiga Karya Wenang Manado sebaiknya mengaplikasikan tax planning untuk biaya natura dalam mengefisiensikan operasional perusahaan. Kata kunci: perencanaan pajak, biaya natura, efisiensi perusahaan
THE EFFECT OF EMPLOYEE MORALE AND FACILITIES TOWARD EMPLOYEE EFFICIENCY OF PT ASTRA INTERNATIONAL TBK – DAIHATSU MANADO
Wantania, Yohana I.;
Lapian, Stanss L.H.V. Joyce
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 363 - 482
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (521.286 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.9430
Automotive industries in Indonesia are in a fierce competition to win consumers’ choice. It is shown by discount competition which triggered by over production. Thus, the companies always try their best to maximize the performance of its employees in order to achieve their targeted goals to survive and compete in the industry. The objective of this research is to identify the effect of Employee Morale and Facilities toward Employee Efficiency. In this research, the population refers to the employees of Astra International Daihatsu Martadinata Manado which equals to the sample size that are 68 respondents. This research used associative method by using questionnaires and Multiple Regression analysis for data analysis. Result show that Employee Morale and Facilities have significant effect on Employee Efficiency simultaneously and partially. To maximize the efficiency of employees, employees must feel satisfied, happy and accepted with the company supported with high level of work ethic. A company needs to improve the way a company treats their employees, in term of the salary, recognition, rewards, and facilities. Keywords: employee morale, facilities, employee efficiency