cover
Contact Name
Brave A. Sugiarso
Contact Email
brave@unsrat.ac.id
Phone
+6282195447295
Journal Mail Official
ejournal.informatika@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Unsrat, Jl. Kampus Unsrat Bahu, Kec. Malalayang, Manado 95115
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
Jurnal Teknik Informatika
ISSN : 23018364     EISSN : 26856131     DOI : https://doi.org/10.35793/jti
Rekayasa Perangkat Lunak, IoT, Big Data, Cyber Security, Cloud Computing, Multimedia, Grafika Komputer
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 17 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Informatika" : 7 Documents clear
Analysis of User Experience in University Academic Portal Using System Usability Scale (A Case Study in INSPIRE Portal of Sam Ratulangi University) Merlin Florentina Blonteng; Alwin M. Sambul; Sary D.E. Paturusi
Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.17.3.2022.41270

Abstract

Usability atau kegunaan merupakan salah satu faktor yang bisa berpengaruh terhadap keberhasilan suatu website. Pengguna website juga membutuhkan kenyamanan ataupun kepuasan agar mendapat pengalaman yang baik selama berinteraksi dengan suatu sistem atau produk. Dengan hal itu, tentunya penting jika memiliki User Interface/User Experience (UI/UX) yang bagus. Karena User Experience (UX) adalah salah satu komponen penting, pengguna yang berinteraksi dengan suatu sistem harus merasakan kemudahan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengalaman pengguna Portal INSPIRE Universitas Sam Ratulangi menggunakan metode kuesioner SUS karena sangat cocok dipakai agar lebih efektif dan efisien serta mampu menunjukkan kepuasan dari suatu sistem yang subjektif sehingga proses evaluasi dan analisis berpotensi lebih singkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Analisa User Experience (UX) pada Portal INSPIRE Universitas Sam Ratulangi dapat dilakukan dengan mengevaluasi usability, dengan itu pengalaman pengguna dapat dilihat dari penerimaan pengguna berdasarkan perhitungan serta pengujian kuesioner dimana dari hasil perhitungan dan pengujian tersebut, Portal INSPIRE Universitas Sam Ratulangi termasuk dalam kategori Acceptable.
APLIKASI ANIMASI INTERAKTIF LAJU REAKSI KIMIA Jerly Refo Merentek; Brave A. Sugiarso; Sary D.E. Paturusi
Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.17.3.2022.42323

Abstract

Kimia merupakan mata pelajaran wajib di kelas XI SMA IPA Beberapa sub materi membutuhkan ilustrasi, visualisasi dan pemahaman rumus yang cepat dan mudah dipahami jika hanya menggunakan media pembelajaran buku terlihat monoton dan kurang menyenangkan.Penelitian bertujuan untuk membuat media pembelajaran aplikasi animasi interaktif pembelajaran Laju Reaksi Kimia berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan software MDLC (Multimedia Development Life Cycle) melalui 6 tahap. Berdasarkan  dari hasil penelitian melalui kuesioner menunjukan ada peningkatan hasil kuis jawaban benar setelah menggunakan aplikasi, dapat di simpulkan bahwa aplikasi Laju Reaksi Kimia memotivasi semangat belajar siswa dan mempermudah siswa memahami dan mengingat informasi yang disampaikan melalui media pembelajaran alternatif. 
Do the Informatics Freshmen Satisfied with Information Technology-assisted Learning? A Study During the Pandemic Era Daniel Febrian Sengkey; Feisy Diane Kambey; Pinrolinvic Duadelfri Kurnialimki Manembu; Heilbert Armando Mapaly; Kenneth Yosua Rumawas Palilingan; Arthur Morits Rumagit; Salvius Paulus Lengkong; Rizal Sengkey; Angelina Stevany Regina Masengi
Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.17.3.2022.44220

Abstract

Over three years after Patient 0 was identified, COVID-19 is still a scourge for the world. It has taken its toll in various aspects, including altering human day-to-day routines. Its impact on education forces classes to be held online in a synchronous virtual meeting or through asynchronous learning that utilizes a Learning Management System (LMS). This study addressed the satisfaction issue of freshmen, who just entered college and must be facing online learning held through an LMS.
Implementasi Sistem Informasi Geografis menggunakan ArcGIS pada Analisis Kondisi Tutupan Lahan terhadap Dampak Runoff Olivia M. Tumurang
Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.17.3.2022.47370

Abstract

Abstrak Salah satu dampak yang merugikan dari manajemen penggunaan lahan yang kurang baik adalah banjir di musim penghujan akibat dari sebagian besar air hujan menjadi aliran air permukaan (surface runoff) yang lebih besar dari daya tampung dan mengakibatkan terjadinya banjir. Pada daerah yang padat penduduk dan pembangunan di daerah perkotaan, jumlah resapan air ke dalam tanah mengalami pengurangan seperti pada kecamatan Wanea yang merupakan salah satu kecamatan penunjang perekonomian kota Manado dan memiliki laju pembangunan yang pesat dan beresiko memberikan dampak negatif dari runoff yang ditimbulkan akibat tutupan lahan yang terbentuk. Dalam menganalisa dampak dari perubahan lahan terhadap besaran runoff perlu memperhatikan luas daerah, elevasi rencana dan kondisi tanah yang akan dianalisis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan lahan terhadap runoff di kecamatan Wanea akibat adanya proses pengembangan wilayah perkotaan di Manado. Metodologi penelitian menggunakan teknik Geographic Information System (GIS) untuk melihat batas pola pengaliran, overlay data penggunaan lahan, dan untuk menganalisis besarnya runoff dari besarnya curah hujan wilayah rencana. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari berbagai sumber, seperti data curah hujan 25 tahun terakhir dari Stasiun BMKG Kota Manado dan data penggunaan lahan dari Bapelitbang Kota Manado. Dari hasil analisis diperoleh bahwa Potensi dampak dari runoff yang ditimbulkan akibat tutupan lahan yang ada di kecamatan Wanea berpotensi menyebabkan banjir yang disebabkan karena dimensi saluran tidak mampu menampungan debit limpasan permukaan. Kondisi tutupan lahan yang sangat berpengaruh terhadap dampak buruk dari runoff adalah kawasan permukiman dan tempat kegiatan dikarenakan aliran limpasan (runoff) langsung menuju ke saluran tanpa adanya infiltrasi atau penyerapan ke dalam tanah. Sedangkan untuk kondisi tutupan lahan yang tidak terlalu mempengaruhi dampak runoff adalah kawasan Perkebunan/ Taman. Debit aliran permukaan terbesar berasal dari Kelurahan Tingkulu yaitu 5,1190 m3/s. Hal ini juga dipengaruhi oleh kemiringan lereng dari Kelurahan Tingkulu yang menghasilkan kecepatan aliran dengan konsentrasi waktu yang sangat cepat. Kata Kunci: runoff, tutupan lahan, Geographic Information System (GIS), Wanea Abstract One of the adverse impacts of poor land use management is flood during the rainy season as a result of most of the rainwater turning into surface runoff which is greater than the carrying capacity and resulting in flood. In densely populated areas and development in urban areas, the amount of water infiltration into the ground has decreased as in the Wanea sub-district which is one of the sub-districts supporting the economy of the city of Manado and has a rapid development rate and is at risk of having a negative impact from runoff caused by land cover formed. To analyze the impact of the changes in land use and runoff, it is needed to know the amount of coverage or the area to be analyzed, elevation plans and soil condition. The pupose of this study is to analyze land use for runoff in Wanea sub-district due to the process of developing urban areas in Manado. The method that is used in this study using Goographic Information System (GIS) method and analyze the amount of runoff from the area plan rainfall. The study used the rainfall data of Manado in the past 25 years from BMKG Station in Manado and land use from research and development agency Manado. The analysis of result showed the impact of runoff caused by land cover in the Wanea sub-district has the potential to cause flooding due to the dimensions of the canal being unable to accommodate surface runoff discharge. Land cover conditions that greatly influence the adverse effects of runoff are residential areas and places of activity because runoff flows directly into canals without any infiltration or absorption into the soil. As for the condition of land cover that does not greatly affect the impact of runoff is the Plantation/Garden area. The largest surface runoff discharge comes from the Tingkulu Village, namely 5.1190 m3/s. This is also influenced by the slope of the Tingkulu Sub-District which produces a flow velocity with a fast time concentration. Keywords: runoff, Land cover, Geographic Information System (GIS), Wanea
Deteksi penggunaan masker menggunakan Kecerdasan Buatan Salvius P. Lengkong; Heilbert Mapaly; Yuri Akay
Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.17.3.2022.47649

Abstract

Abstract — Covid-19 is still declared a pandemic by the government. The government has taken various measures to prevent the spread of this disease. Starting from 3M, wearing masks, washing hands, maintaining distance and accelerating vaccinations. The use of masks has become a must if you want to go to public places. In this research, object detection using masks will be carried out using artificial intelligence. The detection system uses a yolov5 based algorithm. This ystem has been successfully created to automatically detect people who are wearing masks and not wearing masks at the Faculty of Engineering, Sam Ratulangi University. Key words—Covid19; Detection; Masker; Yolov5. Abstrak — Covid-19 masih dinyatakan pandemi oleh pemerintah. Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran penyakit ini. Mulai dari 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak hingga percepatan vaksinasi. Penggunaan masker sudah menjadi keharusan apabila ingin berpergian ke tempat umum. Pada penelitian ini dilakukan deteksi objek penggunaan masker menggunakan kecerdasan buatan. Sistem deteksi menggunakan algoritma berbasis yolov5. Sistem deteksi ini berhasil dibuat untuk mendeteksi secara otomatis orang yang menggunakan masker dan tidak menggunakan masker di Fakultas Teknik, Universitas Sam Ratulangi. Kata kunci — Covid19; Deteksi; Masker; Yolov5.
Sistem Informasi Penerimaan Siswa Sekolah Menengah Pertama Berbasis Web Kenneth Palilingan; Reynaldo Salaki; Valent Kainde Kainde
Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.17.3.2022.47662

Abstract

Abstract — In the era of increasingly rapid development of information technology, nowadays, people of all ages need digital media that is connected to the internet so that people can provide and receive information quickly. In the process of accepting new students at the Stella Maris Catholic Junior High School it is still manually, where students are still filling out forms manually and the school has to manually recap the data of hundreds or even thousands of students. Global Covid-19 schools also limit face-to-face meetings and crowds, but schools also need facilities so that prospective students can enroll in schools and that registration data and information regarding the new student admissions process are easy and fast to disseminate. The solution that can be done is to develop a web-based new student admission information system, where prospective new students can access the website anywhere and anytime so that they can receive information about the school quickly, accurately, and carry out the registration process as prospective students without having to come to the school. School, in software development in this study using the Agile UP development method. Key Words — acceptance of new students; Covid-19; registration; web; website Abstrak — Di era perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat saat ini setiap kalangan dari berbagai tingkat usia sangat membutuhkan media digital yang terhubung dengan internet sehingga masyarakat dapat memberikan dan menerima informasi dengan cepat. Dalam proses penerimaan siswa baru di SMP katolik stella maris masih secara manual, dimana siswa masih mengisi form secara manual dan pihak sekolah harus merekap data ratusan bahkan ribuan siswa secara manual itu merupakan masalah yang muncul ditambah lagi dengan kemungkinan kehilangan data atau duplikasi data dan dikarenakan pandemi global Covid-19 sekolah juga membatasi pertemuan tatap muka dan kerumunan, tetapi sekolah juga membutuhkan sarana agar calon siswa bisa untuk untuk mendaftar di sekolah dan data pendaftaran serta informasi terkait proses penerimaan siswa baru mudah dan cepat untuk disebarkan. Solusi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan sistem informasi penerimaan peserta didik baru berbasis web, dimana calon peserta didik baru dapat mengakses website tersebut dimanapun dan kapanpun sehingga mereka dapat menerima informasi tentang sekolah secara cepat, tepat, dan melakukan proses pendaftaran sebagai calon siswa tanpa harus datang ke sekolah, dalam pengembangan perangkat lunak pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan Agile UP. Kata kunci — Covid-19; pendaftaran; penerimaan peserta didik baru; web; website
Aplikasi Animasi Interaktif Pembelajaran Untuk Sekolah Dasar (SD) Brave A. Sugiarso; Arthur M. Rumagit; Pingkan A.K. Pratasis; Benefit S. Narasiang
Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.17.3.2022.48425

Abstract

Abstract — Textbooks are media that must be owned by educators and students. Books vary in size and mass and require more space and time than smartphones. Books also don't give the appearance of moving material (animation) and the use of attractive colors. In this study, an interactive animation application has been created which contains subject matter for elementary school (SD) students. This application was made to increase the attractiveness of students to study and make it easier for students to learn using smartphones. The software development method used is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC). The application was made to have multimedia and interactive elements by adjusting the subject matter for elementary school children in grades 5 and 6. Respondents stated that the multimedia elements were clear, and the appearance of this interactive application was very interesting. All respondents stated that this application could facilitate learning. The teacher gave answers on a very good rating scale. Keywords — Application; Animation; Interactive; Learning; Elementary school; Multimedia Development Life cycle,. Abstrak — Buku pelajaran merupakan media yang harus dimiliki oleh tenaga pendidik maupun anak didik. Buku memiliki ukuran dan masa yang bervariasi dan membutuhkan ruang dan waktu yang lebih jika dibandingkan dengan smartphone. Buku juga tidak memberikan penampilan materi yang bergerak (animasi) serta penggunaan warna yang menarik. Dalam penelitian ini, telah dibuat suatu aplikasi animasi interaktif yang berisi materi pelajaran untuk siswa Sekolah Dasar (SD). Aplikasi ini dibuat untuk menambah daya tarik siswa untuk belajar dan mempermudah siswa belajar menggunakan smartphone. Metode pengembangan software yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi dibuat memiliki unsur multimedia dan interaktif dengan menyesuaikan materi pelajaran anak sekolah dasar kelas 5 maupun kelas 6. Responden menyatakan bahwa unsur multimedianya jelas, dan tampilan aplikasi interaktif ini sangat menarik. Semua responden menyatakan aplikasi ini dapat mempermudah dalam belajar. Guru memberikan jawaban pada skala penilaian sangat baik. Kata kunci — Aplikasi; Animasi; Interaktif; Multimedia Development Life cycle, Pembelajaran; Sekolah Dasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 19 No. 04 (2024): Jurnal Teknik Informatika Vol. 19 No. 03 (2024): Jurnal Teknik Informatika Vol. 19 No. 02 (2024): Jurnal Teknik Informatika Vol. 19 No. 01 (2024): Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 4 (2023): Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 3 (2023): Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 2 (2023): Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 4 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol 16, No 4 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 3 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 4 (2020): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 2 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 15, No 1 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 14, No 4 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 3 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 1 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 4 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 3 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 2 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Teknik Informatika Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Teknik Informatika Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Teknik Informatika More Issue