cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE)
ISSN : 24610690     EISSN : 27149935     DOI : -
Publication media for Scientific Research of Software Engineering.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2021): IJSE 2021" : 12 Documents clear
Implementasi Metode Watterfall pada Aplikasi Marketplace Laundry Berbasis Android Dini Silvi Purnia; Yusi Herlina; Ratningsih Ratningsih
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 2 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i2.11188

Abstract

Abstrak Marketplace laundry ialah pemasaran jasa laundry secara online dengan melaksanakan kerja sama antara pihak marketplace dengan owner usaha jasa laundry. Bersamaan dengan pertumbuhan jaman, pada dikala ini banyak warga memakai smartphone android. Oleh sebab itu dicoba riset buat merangcang aplikasi jasa laundry berbasis android yang bisa mempermudah pelakon usaha bisnis jasa laundry serta konsumen buat bisa mengaksesnya dimana saja serta kapan saja. Bisnis jasa laundry ini berperan buat menolong warga dalam meringankan pekerjaannya. Dikala ini bisnis laundry mulai menurun sebab banyaknya persaingan antara sesama pengusaha jasa laundry. Buat itu dibutuhkan perancangan sistem marketplace laundry berbasis android buat mempermudah pelakon usaha dalam mempromosikan bisnis jasa laundry nya. Tata cara yang digunakan dalam perancangan sistem ini merupakan tata cara waterfall serta uml selaku perlengkapan bantu perancangan sistem. Hasil dari pengembangan sistem ini merupakan bisa menolong owner usaha jasa laundry dalam mempromosikan bisnisnya, serta bisa menolong pelanggan dalam mencari jasa laundry yang cocok dengan kebutuhan.               Kata kunci: Android, Laundry, Marketplace, Watterfall Abstract  Laundry Marketplace is an online marketing laundry services by doing cooperation between the marketplace with laundry service owner. Along with the changing times, at this time many people use Android smartphones. Therefore, research is conducted to design an Android based laundry service application that can facilitate laundry services business businesses and consumers to be able to access it anywhere and anytime. This laundry service business serves to assist the community in lightening their work. Now, laundry business is d.own because now many competition are amongst laundry service enterpreners. For it, requires an android based marketplace sytem design to make it easier for bussiness to promote laundry service. The method used in the design of this system is the waterfall method and uml as a system design tool. This results of developing this system is can help the laundry service owners to promote his businness, and can help customer in serach laundry service appropriate.Keywords: Android, Laundry, Marketplace, Watterfall
Sistem Pakar Pembagian Harta Waris Menurut Hukum Islam Berbasis Android Vadlya Maarif; Ina Maryani; Hidayat Muhammad Nur; Nuzul Imam Fadlilah; Sri Purwani Sungkono
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 2 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i2.11244

Abstract

AbstrakHarta oleh sebagian manusia dianggap sebagai barang yang sangat berharga sehingga sering menimbulkan perselisihan untuk mereka berebut atau menguasai harta warisan tersebut. Sengketa harta waris ini bisa membawa dampak buruk bagi para ahli waris yang ditinggalkan, karena berebut harta waris tersebut, hubungan kekeluargaan diantara ahli waris bisa rusak atau dapat memutuskan tali persaudaraan diantara mereka. Pada masyarakat sekarang, banyak orang Islam yang tidak lagi menggunakan sistem pembagian harta waris menurut syari’at Islam. Hal ini tentunya kurang sesuai dengan apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Selain itu penentuan siapa saja yang berhak mendapat harta waris juga banyak masyarkat yang bleum paham, kemudian tata cara pembagiannya masih menggunakan pihak ke 3 atau orang lain yang dianggap pakar dan masih dilakukan dengan cara manual. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis membuat aplikasi Sistem Pakar Pembagian Harta Waris Menurut Hukum Islam Berbasis Android. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi pustaka. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya mereka warga muslim dalam menentukan pembagian harta warisan. Untuk membuat program ini penulis menggunakan metode Forward Chaining. Aplikasi ini terdiri dari 4 menu utama yaitu hitung waris, info waris, tentang dan keluar. Kata kunci: Harta Waris, Forward Chainning, Android AbstractAssets by some people are considered very valuable items so that it often causes disputes for them to fight over or control the inheritance. This inheritance dispute can have a bad impact on the heirs who are left behind, because of fighting over the inheritance, family relations between the heirs can be damaged or can break the ties of brotherhood between them. In today's society, many Muslims no longer use the inheritance distribution system according to Islamic law. This is certainly not in accordance with what has been taught by the Prophet Muhammad. In addition to determining who is entitled to inherit property, many people do not understand, then the distribution procedure is still using 3rd parties or other people who are considered experts and is still done manually. Based on these problems, the author makes an Android-Based Android-Based Application for Inheritance Distribution Expert System. Data collection techniques used are interviews and literature study. This application is expected to help the community, especially Muslim citizens in determining the distribution of inheritance. To make this program the author uses the Forward Chaining method. This application consists of 4 main menus, namely calculating inheritance, inheritance information, about and exit.Keywords: Property Inheritance, Forward Chaining, Android
Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Penerima Beasiswa Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Di SMK Era Informatika Tangerang Selatan Yustina Meisella Kristania; Rousyati Rousyati; Dany Pratmanto; Sopian Aji
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 2 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i2.11311

Abstract

AbstrakSetiap tahun SMK Era Informatika memberikan beasiswa kepada siswa/siswi yang berprestasi, namun dalam proses seleksi siswa masih menggunakan cara konvensional, sehingga penyaluran beasiswa kurang tepat sasaran dan kurang terbukanya kesempatan bagi seluruh siswa untuk mendaftar sebagai calon penerima beasiswa yang mengakibatkan sering terjadi kecemburuan sosial diantara siswa yang tidak mendapatkan kesempatan tersebut. Pentingnya pengambilan keputusan yang tepat dalam memberikan beasiswa menjadi tantangan tersendiri untuk pihak sekolah. Pemanfaatan sistem penunjang keputusan sebagai salah satu solusi yang dapat digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dengan cepat, tepat dan mampu menghasilkan berbagai alternatif yang secara interaktif dalam memilih siswa sesuai kriteria yang diinginkan. Metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan penerima beasiswa ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode ini dipilih karena mampu memilih alternatif terbaik dari jumlah alternatif yang tersedia. Terdapat 6 kriteria yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan dalam seleksi penerimaan beasiswa di SMK Era Informatika yakni: kedisiplinan, nilai rapot, kelakuan, kerajinan, tanggungan orangtua, dan kerapihan. Dapat diketahui bahwa siswa yang berhak menerima beasiswa di SMK Era Informatika adalah Tari dengan nilai bobot sebesar 0,232 (23,2%) dan ika dengan nilai bobot sebesar 0,229 (22,9%).Kata kunci: Sistem Penunjang Keputusan, Pemilihan Penerima Beasiswa, Analytical Hierarchy ProcessAbstractEvery year the Era Informatics Vocational School provides scholarships to students who excel, but in the selection process students still use conventional methods, so that the distribution of scholarships is not well targeted and there are less opportunities for all students to register as prospective scholarship recipients, which results in frequent social jealousy among students. students who do not get this opportunity. The importance of making the right decision in providing scholarships is a challenge for the school. Utilization of decision support systems as a solution that can be used to assist decision making quickly, precisely and able to produce various alternatives that interactively select students according to the desired criteria. The method used in making the decision of this scholarship recipient uses the Analytical Hierarchy Process (AHP) method. This method was chosen because it is able to choose the best alternative from the number of alternatives available. There are 6 criteria that influence the decision-making process in the selection of scholarship recipients at the Era Informatics Vocational School, namely: discipline, report cards, behavior, crafts, parental dependability, and neatness. It can be seen that students who are entitled to receive scholarships at SMK Era Informatika are Dance with a weight value of 0.232 (23.2%) and Ika with a weight value of 0.229 (22.9%).Keywords: Decision Support System, Scholarship Recipient Selection, Analytical Hierarchy Process
Evaluasi E-learning Selama Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode Servqual dan Importance Performance Analysis Warjiyono Warjiyono; Husni Mubarok; Andrian Eko Widodo; Rousyati Rousyati; Fariqotun Nisa; Ria Rizqi Amalia
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 2 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i2.11213

Abstract

AbstrakPandemi COVID-19 di Indonesia mendadak mengubah pembelajaran tatap muka di Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Tegal menjadi pembelajaran online berbasis e-learning. Perubahan ini membuat pembelajaran banyak mengalami kendala baik teknis maupun non teknis. Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Tegal dalam pengajian pengkajian online berbasis e-learning hendaklah menyelenggarakan menakar tajuk pemenuhan mahasiswa. Penelitian bertujuan untuk memperkirakan tajuk menggunakan e-learning kepuasan mahasiswa di waktu pandemi COVID-19 dengan memerlukan metode Servqual dan Importance Performance Analysis. Hasil pengolahan servqual menyatakan atribut kualitas kegiatan belajar mengajar yang dianggap paling penting oleh mahasiswa adalah atribut Dosen manjawab pertanyaan mahasiswa sedangkan atribut Dosen kredibel pengampu dalam mengampukan kelas waktu pengajian pengkajian online. Berdasarkan perhitungan IKP didapat nilai sebesar 74,68% yang artinya mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika puas atas kinerja para dosen. Untuk itu dosen harus terus memperbaiki dan meningkatkan kinerja kegiatan belajar mengajar agar tingkat kepuasan mahasiswa pada http://elearning.bsi.ac.id/ dapat meningkat.             Kata kunci: COVID-19, IPA, e-learning, ServqualAbstractThe COVID-19 pandemic in Indonesia suddenly changed face-to-face learning at the Bina Sarana Informatika University, Tegal Campus, into e-learning-based online learning. This change makes learning experience many obstacles, both technical and non-technical. Bina Sarana Informatika University, Tegal Campus, needs to measure the level of student satisfaction in e-learning-based online learning. The purpose of this study was to measure the level of student satisfaction using e-learning during the COVID-19 pandemic using the Servqual and Importance Performance Analysis methods. The results of the servqual processing state that the attributes of the quality of teaching and learning activities that are considered the most important by students are the attributes of the lecturer who answer students' questions, while the attribute of the lecturer is reliable in managing the class during online learning. Based on the calculation of the IKP, a score of 74.68% was obtained, which means that the students of Bina Sarana Informatika University were satisfied with the performance of the lecturers. For this reason, lecturers must continue to improve and improve the performance of teaching and learning activities so that the level of student satisfaction at http://elearning.bsi.ac.id/ can increase.Keywords: COVID-19, IPA, e-learning, Servqual
Pengembangan Sistem Informasi Presensi Menggunakan Metode Waterfall Tri Wahyudi; Supriyanta Supriyanta; Husni Faqih
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 2 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i2.11091

Abstract

Abstrak Pemantauan kehadiran dalam instansi atau presensi sangat penting. Daftar hadir harus dibuat tertib, rapi dan up to date. Pada saat pandemi Covid-19, pegawai/pelajar/mahasiswa dikurangi jam kerjanya, dibagi ada yang Working From Office (WFO) atau Working From Home (WFH), pelajar/mahasiswa ada kegiatan belajar dari rumah. Presensi tetap dilakukan karena sangat penting. Sistem presensi konvensional yang mengharuskan hadir di tempat kerja harus diganti dengan sistem baru yang lebih fleksibel secara online sehingga presensi dapat dilakukan di kantor atau di rumah sesuai jadwal WFO atau WFH. Metode Pengembangan Perangkat Lunak dalam pengembangan Sistem Informasi Presensi ini menggunakan metode pengembangan software Waterfall.  Metode Waterfall dipilih karena tim project lebih mengutamakan kualitas aplikasi jika dibandingkan dengan jadwal dan biaya, karena dalam metode ini terdapat kontrol yang ketat pada siklus hidup project dan menggunakan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Presensi yang dikembangkan dengan metode pengembangan software Waterfall yang bertujuan untuk memberikan solusi permasalahan presensi karyawan dan siswa di masa pandemi Covid-19. Kata kunci : sistem informasi presensi, waterfall model Abstract Monitoring the presence or presence in an agency is very important. Attendance lists must be organized, neat and up to date. During the Covid-19 pandemic, employee/student working hours are reduced, divided into Working From Office (WFO) or Working From Home (WFH), students/students have learning activities from home. Attendance is still done because it is very important. The conventional attendance system that requires attendance at work must be replaced with a new, more flexible online system so that attendance can be done at the office or at home according to the WFO or WFH schedule. Software Development Method in the construction of this Attendance Information System using the Waterfall software development method. The Waterfall method was chosen because the project team prioritized application quality over schedule and cost, because in this method there is strict control over the project life cycle and the use of documentation. The result of this study is an Attendance Information System which was developed with the Waterfall software development method which aims to provide solutions to the problem of employee and student absenteeism during the Covid-19 pandemic. Keywords: attendance information system, waterfall model 
Sistem Informasi Sewa Jasa Porter Dan Peralatan Untuk Pendakian Gunung Berbasis Web Sutrisno Sutrisno; Ahmad Nouvel; Fendi Hidayat Saputra
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 2 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i2.11966

Abstract

AbstrakMendaki gunung adalah salah satu hobi yang banyak disukai orang, baik para pecinta alam maupun para pemula yang ingin mendekatkan diri dengan alam. Karena pendakian membutuhkan bayak kesiapan baik fisik, peralatan dan logistic yang di butuhkan untuk mendaki maka banyak pendaki yang membutuhkan jasa porter. Porter sangat mempunyai peran penting dalam pendakian untuk membawakan caril bawaan sekaligus sebagi teman dan pemandu gunung. Dengan adanya porter dapat memberikan rasa aman saat mendaki. Namun kurangnya informasi jasa porter dan tidak semua orang mempunyai peralatan pendakian membuat banyak orang kesulitan utuk memulai mendaki khususnya pendaki pemula. Oleh sebab itu dengan dibuatnya sistem informasi sewa jasa porter dan peralatan, mendaki gunung dapat memberikan kemudahan kepada para pendaki yang mencari sewa jasa porter dan peralatan pendakian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian air terjun (waterfall) dengan menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau terurut dimulai dari, analis, desain, pengkodean, pengujian dan tahap pendukung (support). Dengan dibuatnya sewa jasa porter dan peralatan pendakian maka akan menciptakan ruang lingkup antara admin dan user (penyewa) yang dimana terdapat aktor yaitu porter Kata kunci: sistem informasi, mendaki gunung, sewa jasa porter, peralatan pendakian, waterfall AbstractMountain climbing is one of the hobbies that many people like, both nature lovers and beginners who want to get closer to nature. Because climbing requires a lot of physical readiness, equipment and logistics needed to climb, many climbers need porter services. Porters have a very important role in climbing to bring caril luggage as well as friends and mountain guides. With the porter can provide a sense of security when climbing. However, the lack of information on porter services and not everyone has climbing equipment makes it difficult for many people to start climbing, especially beginner climbers. Therefore, with the creation of an information system for renting porter services and equipment, mountain climbing can provide convenience to climbers who are looking for rental of porter services and climbing equipment. In this study, the authors use the waterfall research method by providing a sequential or sequential software lifeflow approach starting from the analysis, design, coding, testing and support stages. With the rental of porter services and climbing equipment, it will create a scope between the admin and the user (tenant) where there are actors, namely porters.Keywords: information system, mountain climbing, porter rental, climbing equipment, waterfall
SI-PSBKU: Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web Pada SMK Al-Irsyad Kota Tegal Suleman Suleman; Aziz Setyawan Hidayat; Angga Ardiansyah
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 2 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i2.11281

Abstract

AbstrakSeiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, kini fungsi dari komputer tidak diragukan lagi dalam membantu tugas-tugas manusia dalam segala bidang, salah satunya dalam proses penerimaan siswa sekolah (PSB). Dalam perjalanan penulis melakukan riset di SMK Al Irsyad ditemukan adanya proses penerimaan siswa baru (PSB) saat ini masih dilakukan secara manual, sehingga masih kita temui beberapa kejadian, seperti: penginputan data PSB yang lambat, berkas PSB yang numpuk dan kadang hilang, dan ditemukan adanya antrian panjang dalam proses PSB. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu sistem yang dapat memudahkan dan membantu sekolah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yaitu dengan dibangunnya suatu sistem yaitu SI-PSBKU: Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web Pada SMK Al-Irsyad Kota Tegal sekaligus untuk mendukung sekolah untuk memberikan informasi secara cepat. Karena didukung dengan peran teknologi internet sebagai solusi untuk memecahkan permasalahan ini. Penulis membuat Sistem SI-PSBKU ini menggunakan Sublime Text 3 serta PHP dan MySQL. Bahasa PHP menyatu dengan script HTML yang sepenuhnya dijalankan dengan server. Hasil dari perancangan sistem ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi calon siswa baru untuk memperoleh semua informasi tentang pendaftaran siswa baru (PSB), dari proses awal sampai akhir pendaftran yang dapat diakses melalui website dari manapun dana kapanpun tanpa adanya batasan waktu.Kata Kunci: Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru, Perancangan Sistem, Server, WebsiteAbstractAlong with the development of technology and information, now the function of the computer is no doubt in helping human tasks in all fields, one of which is in the school admissions process (PSB). In the course of the author's research at Al Irsyad Vocational School, it was found that the new student admissions process (PSB) is currently still being done manually, so we still encounter several incidents, such as: PSB data input is slow, PSB files are piled up and sometimes lost, and found there is a long queue in the PSB process. To overcome these problems, we need a system that can facilitate and assist schools in providing services to the community, namely by building a system, namely SI-PSBKU: Web-Based New Student Registration Information System at Al-Irsyad Vocational School, Tegal City as well as to support schools to provide information quickly. Because it is supported by the role of internet technology as a solution to solve this problem. The author makes this SI-PSBKU system using Sublime Text 3 and PHP and MySQL. The PHP language integrates with HTML scripts that are fully run on the server. The results of this system design are expected to provide convenience for prospective new students to obtain all information about new student registration (PSB), from the initial process to the end of registration which can be accessed through the website from anywhere and anytime without any time limit.Keywords: New Student Registration information system, System Design, Server, Website
Analisa Dampak Penggunaan Sistem Conference Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Omar Pahlevi; Danny Ong; Imelda Sari
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 2 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i2.11398

Abstract

Abstrak Sistem Pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 merupakan mekanisme pembelajaran pendidikan yang diterapkan oleh hampir seluruh negara di dunia dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.Permasalahan yang dihadapai secara mayoritas adalah terkait effektivitas dan kualitas yang dapat diperoleh oleh anak didik selama mengikuti pembelajaran daring.Kesulitan, hambatan dan juga terkait masalah teknis seperti jaringan sering membuat pembalajaran menjadi tidak maksimal karena adanya perbedaan dari salah satu yang banyak dibahas yaitu daya tangkap setiap anak didik yang berbeda-beda dan juga antusiasme dalam pengawasan pembelajaran menjadi kendala yang harus diperhatikan. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisa Strength, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT) dan juga metode penilaian balance scorecard. Analisa yang digunakan memiliki tujuan utama untuk mengetahui seberapa besar parameter dari penilaian yang dilakukan memberikan hasil terkait dengan apakah ada kelebihan, kelemahan, peluang dan gangguan dari dilakukannya pembelajaran daring terhadap anak didik yang sudah berjalan selama pandemi COVID-19 serta melakukan akumulasi dari nilai ukur yang dilakukan dari kumpulan pertanyaan kuesioner yang diberikan kepada sejumlah anak dan orang tua untuk mengetahui suara hati dari peserta didik yang terlibat. Hasil dari analisis dilihat dari perhitungan analisa teknikal dan juga response yang mayoritas menunjukan angka diatas 4 dengan nilai maksimal adalah 5 telah menunjukan sebagian besar mayoritas anak didik tidak terbiasa dengan mekanisme proses pembelajaran daring karena berbagai hambatan seperti daya tangkap khususnya pelajaran yang bersifat praktek, waktu yang tidak sesuai hingga kondisi jaringan yang terputus dan ketika tersambung kembali pembelajaran sudah tertinggal dan self learning yang tidak berjalan effektif karena faktor lingkungan. Kata kunci: Sistem Pembelajaran Daring,SWOT, Balance Scorecard  Abstract Online Learning System in this era of Covid-19 pandemic is one of the learning mechanism adopted by majority education institute of all country in the world from the junior level until university. Much problem faced by majority is about effectivity and quality for the student who has faced this mechanism. Difficulty level, obstacle and also technical problem like network ofted make learning is not going to reach maximum level because every student have different comprehension and enthusiasm for learning monitoring become obstacle that must have attention to settle it. On this research, researcher is using Strenght, Weakness,Opportunities, Threats (SWOT) analyst method and also balance scorecard method for report calculation. This analyst have a main purpose to have knowledge about impact of parameter for assessment that have been done to give result if strength, weakness, opportunites and threat have a impact for student are going to this mechanism in the COVID-19 pandemic and do accumulation measuring value from the questioner that have been distributed to student and parents get involved in this research, this questioner will be mirroring sound from the heart inside of participants. The result of this analyst is to show majority of students is used to have learning offline and feel uncomfortable if have learning by online mechanism because many problem like comphrehension difference, frustation in the field like practice, time suitability until network lost problem and when back connected study is already going far and self learning doesn't run effective because of environment factorKeywords: Online Learning System, SWOT, Balance Scorecard
Implementasi Framework Laravel Dalam Perancangan Sistem Informasi Desa Sopian Aji; Dany Pratmanto; Angga Ardiansyah; Saifudin Saifudin
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 2 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i2.12050

Abstract

Instasi pemerintahan yang bertugas dalam mengatur, mengelola sumber daya di tingkat desa, serta memberikan pelayanan terhadap masyarakat ini merupakan suatu kewajiban dari tugas Pemerintahan Desa. Dalam hal tugas ini maka dibutuhkan sebuah sistem yang terkomputerisasi yang tidak bisa dilakukan secara manual, sehingga proses pelayanan dan pengolahan akan menjadi lambat dan kurang efisien. Dengan adanya sebuah sistem informasi dapat mampu mengatasi permasalahan yang saat ini terjadi, yakni dengan membuat sebuah sistem informasi desa dapat membantu memberikan alternatif pemecahan masalah pada pemerintahan desa. Sistem informasi desa pada penelitian ini dimana, proses pengolahan data master seperti kependudukan, perangkat desa, informasi kegiatan desa dan layanan desa dalam bentuk pengajuan berkas atau administrasi kependudukan yang diajukan oleh  masyarakat  kepada perangkat desa. Dalam pengembangan sistem informasi desa berbasis website pada berorientasi objek dengan Software Development Life Cycle (SDLC) metode Waterfall. Perancangan sistem informasi menggunakan tools desain United Modelling languange (UML) dengan perancangan use case diagram, activity diagram dan sequence diagram, sedangkan perancangan database menggunakan tools desain Logical Record Structure (LRS) dan Entity Relationship Diagram (ERD)
Penerapan Metode MVC Pada E-Commerce Creativestoreid Renny Oktapiani; Dicki Prayudi; Febrizal Ariandi; Fikri Muhammad RF; Calista Zakiya; Ria Indriawati
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 2 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i2.11326

Abstract

Kebutuhan akan informasi penjualan saat ini sangat penting dalam proses jual ataupun beli untuk itu membutuhkan aplikasi untuk membantu proses penjualan. Creativestoreid yang bergerak dalam bidang penjualan saat ini belum memiliki aplikasi berbasis web yang dapat membantu untuk proses penjualan setiap harinya dari mulai pencatatan data transaksi, data pemesanan barang, data produk, data pengiriman barang, data pembeli dan juga mencakup data laporan penjualan yang pada dasarnya merupakan data-data penting yang harusnya dapat dikelola dengan sebaik-baiknya agar memberikan kemudahan pada saat proses penjualan karena persaingan penjualan online yang begitu pesat maka mau tidak mau harus mengikuti pekembangannya dengan baik apalagi dimasa pandemi seperti ini kebanyakan pembeli lebih nyaman membeli secara online, dalam penelitian ini menggunakan metode MVC sebagai pilihan untuk mengembangkan aplikasi program website untuk memilah-milah bagian yang merupakan pengontrol, model, dan tampilan. Aplikasi yang dibuat dalam bentuk web e-commerce yang memiliki dashboard bagi admin dan halaman utama bagi user, penggunaan konsep e-commerce untuk lebih meningkatkan penjualan dan pemasaran produk yang akan memberikan manfaat dalam mengembangkan penjualan creativestoreid.

Page 1 of 2 | Total Record : 12