cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains
ISSN : 25483447     EISSN : 25484176     DOI : -
Core Subject : Education,
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains is a national journal which published by the Institute of Islamic Studies (IAIN) of Ponorogo managed by Its PGMI department. Ibriez journal, has been publishing both online and print since December 2016. The journal published to facilitate publication of the research result to improve quality and quantity of science. Ibriez journal publishes in twice a year around June and December. This journal also invites the Author who has opus which focus on education, Islam and science to submitted the research result.
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2022)" : 1 Documents clear
STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI Shaifudin, Arif; Nugrawiyati, Jepri
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 7 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Kiai Ageng Muhammad Besari Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21154/ibriez.v7i1.242

Abstract

Anak memiliki dunianya sendiri yang sangat berbeda dengan dunia orang dewasa. Tumbuh kembang mereka sangat dipengaruhi tentang bagaimana penciptaan kondisi lingkungan yang sesuai dengan karakteristik mereka sebagai anak. Fenomena mengajar pada anak usia dini yang hanya normatifterhadap perencanaan pembelajaran sangat berbahaya terhadap pengembangan potensi anak. Pendidik seakan lupa bahwa rencana pembelajaran yang telah disusun dan bahkan telah disahkan oleh kepala sekolah tetaplah sebuah rencana yang bersifat prediktif. Tidak tepat jika rencana tersebut dipaksakan dalam proses pembelajaran real di kelas tanpa menerapkan prinsip dinamis sesuai kebutuhan belajar berdasar kondisi anak. Suasana belajar anak yang mudah, indah, santai dan menyenangkan dapat direalisasikan jika pendidik menggunakan strategi pembelajaran, yaitu strategi pembelajaran yang mampu secara bersamaan melibatkan seluruh potensi anak dan kehendak anak dalam proses pembelajaran. Di antara strategi pembelajaran anak yang dapat diimplementasikan adalah strategi pembelajaran sains, yaitu dengan mengamati, bertanya, mengumpulkan, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 1