cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
ISSN : 14125889     EISSN : 26140578     DOI : https://doi.org/10.30651/didaktis.v24i1
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 3 (2020)" : 10 Documents clear
Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik di SDN Kebondalem Mojosari Revita Putri Cahyani; Via Yustitia; apri irianto
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 20, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v20i3.4789

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis karakter yang terjadi di masyarakat. Salah satu krisis karakter disebabkan oleh rendahnya cinta terhadap negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi dan kendala yang dialami dalam memperkuat karakter cinta untuk negara melalui kegiatan ekstrakurikuler tari di SD Negeri Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data adalah informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru tari ekstrakurikuler, dan siswa, kegiatan, tempat, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah model Miles and Huberman. Teknik validitas data adalah triangulasi sumber dan waktu. Hasil dari penelitian ini adalah tidak semua siswa kelas I-III mengikuti tarian ekstrakurikuler dengan baik, sedangkan siswa yang dipilih mencoba mengikuti tarian ekstrakurikuler dengan baik sesuai dengan indikator cinta yang ada di tanah air. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan penguatan karakter cinta tanah air melalui kegiatan ekstrakurikuler tari di Tenggilis Mejoyo 1 SDN Surabaya berjalan sesuai dengan indikator yang ditetapkan dan kendala yang dialami tidak terlalu besar.
Nilai Aksiologis Kebijakan Covid-19 Zumrotin Firdaus; Tri Susilowati; Markhamah Markhamah
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 20, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v20i3.5178

Abstract

Penelitian seputar pandemik Covid-19 dari dunia medis sedang terus berlangsung (L & Shindo, 2020). Penelitian tentang wabah ini juga dilakukan dari perspektif sosial secara lebih luas (Long, 2020). Ada beberapa kebijakan di berbagai sektor, antara lain kebijakan di bidang pendidikan, kebijakan di bidang ekonomi, kebijakan di bidang kesehatan, dan kebijakan di bidang sosial sebagai bidang yang terdampak dari adanya Covid-19. Tujuan makalah ini adalah mengetahui nilai aksiologi kebijakan pencegahan covid-19. Nilai aksiologis pada sector pendidikan adalah Untuk UN yang ditiadakan memberikan manfaat bagi para siswa bahwa tidak hanya dengan patokan angka mereka bisa lulus dari sekolahnya. Nilai aksiologis pada sector ekonomi adalah Dengan adanya prioritas belanja pada APBN, pemerintah dapat menghemat banyak dana dari anggaran yang tidak begitu penting untuk dialokasikan langsung kepada rakyat yang membutuhkan. Nilai aksiologis dibidang kesehatan adalah mengimpor alat-alat kesehatan,memberikan insentif bagi tenaga kesehatan. Nilai aksiologis dibidang sosial adalah Toleransi dan kepekaan soaial yang semakin terasah.
Kreativitas Pemecahan Masalah Tes Potensial Skolastik (TPS) Numerikal Siswa Brits Indonesia Ditinjau Dari Kemampuan Number Sense Rudy Setiawan; Zuni Mitasari; Elita Mega Selvia Wijaya
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 20, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v20i3.4900

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa Brits Indonesia terhadap pemecahan masalah Tes Potensial Skolastik (TPS) Numerikal ditinjau dari kemampuan number sense yang mereka miliki. Tes Potensial Skolastik adalah tes yang wajib diikuti oleh peserta UTBK. Permasalahan terhadap tes ini cukup serius. Subjek penelitiannya adalah Brits Indonesia Malang Gap year tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. dengan objek penelitian sebanyak 6 siswa dengan rincian 2 siswa dalam kategori number sense tinggi, 2 siswa dalam kategori number sense sedang, dan 2 siswa dalam kategori number sense rendah. Penelitian tersebut diawali dengan menyusun instrumen yang valid dan memberikan instrumen tes awal dan tes perlakuan untuk mengukur kreativitas siswa terhadap soal TPS Numerikal. Selain itu juga dilakukan wawancara dan triangulasi data untuk membuktikan keabsahan hasil tes. Hasil penelitian menyatakan kreativitas dalam pemecahan masalah TPS Numerikal yang dimiliki oleh seseorang berbanding lurus dengan kemampuan number sense yang mereka miliki.
Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Muhamad Erik Setiadi; Muhammad Abdul Ghofur
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 20, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v20i3.5187

Abstract

Dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik pada materi Bank sentral dan  sistem pembayaran maka penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berupa mobile learning berbasis android. Media dibangun dengan pendekatan kontekstual yang dianggap lebih sesuai dengan peserta didik. Research and Development mengadaptasi model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, & Dissiminate). Uji coba secara terbatas menggunakan subyek penelitian 20 peserta didik. Hasil uji coba yang diperoleh melalui perbandingan pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan gain score dan uji beda. Uji ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis android dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Media yang dikembangkan telah selesai dan siap diujicobakan pada subyek yang lebih luas untuk memperbaiki kelemahan atau menambah fitur yang dibutuhkan.
Analisis Pemahaman Matematis Pada Materi Permutasi dan Kombinasi Dewi Wulandari; Heni Pujiastuti
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 20, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v20i3.4794

Abstract

Pemahaman matematis adalah kemampuan siswa dalam mengintepretasikan masalah dalam bentuk model matematis dan menghubungkannya dengan pengetahuan yang dimilikinnya. Kombinatorika merupakan cabang ilmu pengetahuan matematika yang sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pemahaman matematis merupakan hal yang penting untuk menyelesaikan masalah pada materi permutasi dan kombinasi karena memerlukan penafsiran untuk merepresentasikan soal yang berupa cerita pada materi tersebut. Pemahaman yang dimaksud dalam hal ini adalah mampu mengubah masalah kedalam model matematika, mengintrepretasikan masalah ke dalam sesuatu yang berbeda, menghubungkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan menganalisis sejauh mana pemahamanan matematis siswa terhadapa materi kombinasi dan permutasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini siswa dalam kategori sedang, dimana siswa hanya menghafal rumus bukan mengerti konsep dari materi permutasi dan kombinasi. Siswa belum bisa merencanakan penyelesaian masalah sehingga tidak dapat mengaitkan pemahaman yang dimiliki dengan gagasan baru akibatnya permasalahan yang diselesaikan hanya sebatas penyelesaian soal bukan penyelesaian masalah kehidupan sehari-hari. Pemahaman yang dimiliki juga belum membuat siswa menentukan alternatif dalam menyelesaikan masalah dengan kata lain siswa belum dapat menyelesaikan lebih dari satu masalah dalam sebuah mekanisme tunggal.
Pengembangan Game UCC (Uno Coins Card) Sebagai Media Pengayaan Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Erlyn Rohmani; Joni Susilowibowo
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 20, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v20i3.5122

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui proses dan kelayakan media yang dikembangkan dengan menghasilkan produk media pengayaan berupa Game UCC (Uno Coins Card). Kegiatan pengayaan merupakan program tambahan untuk siswa yang memiliki kemampuan lebih unggul dalam belajar, dengan tercapainya kriteria ketuntasan minimal. Pentingnya kegiatan pengayaan bagi siswa bertujuan untuk memberikan kesempatan dalam menambah wawasan dan memperdalam pemahaman terhadap suatu materi yang telah dipelajari secara optimal. Untuk mendukung kegiatan tersebut, banyak ragam bentuk aktivitas yang bisa digunakan salah satunya yaitu melalui media permainan. Penggunaan media permainan dapat menjadikan peserta didik lebih aktif, menarik dan pengalaman baru yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE namun pada tahap implementasi dan evaluasi tidak dilakukan. Instrumen yang digunakan berupa lembar telaah serta validasi dari para ahli materi dan media. Hasil validasi yang didapat dari ahli materi dengan presentase 89,3% sangat layak, dan presentase dari ahli media sebesar 95,7% sangat layak. Maka produk yang dihasilkan dalam penelitian ini dinyatakan sangat layak sebagai media pengayaan mata pelajaran akuntansi dasar.
Analisis Kesulitan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Pythagoras Annisa Restianingsih; Heni Pujiastuti
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 20, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v20i3.4915

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciruas tentang pemahaman konsep Pythagoras pada aspek memahami dan aspek menerapkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes dan wawancara. Tes yang digunakan mencakup indikator pada aspek memahami dan aspek menerapkan. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciruas. Penelitian diawali dengan pemberian 3 buah soal Pyhtagoras kepada siswa. Selanjutnya dilakukan pengelompokkan antara jawaban lembar kerja siswa, baru dilanjutkan dengan dipilihnya 3 siswa untuk sesi wawancara kemudian akan dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian ini berdasarkan aspek memahami dan aspek menerapkan ditemukan kesulitan pada siswa berkemampuan tinggi ialah pada saat menjelaskan alasan, kesulitan yang dialami oleh siswa berkemampuan sedang pada saat mengkategorikan dan kesulitan yang dialami oleh siswa berkemampuan rendah pada saat menafsirkan, menjelaskan, mengkategorikan dan mengimplementasikan. Penguasaan materi yang baik akan mampu membawa siswa dalam memproduksi penyelesaian yang baik pula.
Pengaruh Porogapit Card Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika di SDN 02 Sukoanyar Pakis Rio Febrianto Arifendi; Natasha Pramudita Irianti
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 20, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v20i3.4899

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daripenggunaan porogapit card untuk meningkatkan minat belajar matematika terutama pada topik pembagian, dengan melihat perspektif siswa selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D), terbatas hingga tahap implementasi, menggunakan metode eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol postest only. Instrumen kuesioner yang dimodifikasi oleh Mathew Mitchell, dengan melihat aspek perhatian dan perasaan senang. Populasi yang digunakan adalah semua kelas 5 SDN 02 Sukoanyar yang terdiri dari dua kelas. Satu kelas terdiri dari 28 siswa untuk menjadi kelas eksperimen dengan menggunakan porogapit card, dan yang lainnya terdiri dari 26 siswa untuk kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah kuisioner dan postes minat belajar. Dari percobaan, ada 14 siswa dengan minat tinggi (64,13 ≤ x <71,33) dan 14 siswa dengan kriteria sangat tinggi (71,33 ≤ x). Hasil ini didukung dengan korelasi data postes. Berdasarkan analisis data, pembuatan porogapit card layak digunakan di tingkat SD kelas 5 untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa.
An Overview of Video Lecturer on Practical Subjects During the COVID-19 Pandemic Umi Budi Rahayu
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 20, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v20i3.5092

Abstract

The COVID-19 pandemic also had an impact on educational aspects, especially the teaching system in lectures. The purpose of this paper was to find an overview of lectures in online using video media at the Practice of Manipulation Therapy Subject during the COVID-19 pandemic. Observational study with a structured questionnaire related a description of practical lectures for 73 students of Physiotherapy Department that distributed via Google Form. Online teach techniques using google.meet displayed lecturer’s explanations related to teaching materials in accordance with the teaching plan on the video media about an application of manipulation therapy that have been made by previous lecturers. An overview of the results was displayed as a percentage and described descriptively. The results showed 84.9% of students agreed that online practice lectures using video media. Specifically for the practice manipulation therapy subject was 97.3% of students agreed to use video media. Regarding the understanding of material that enough and can understand were 60.3% and 23.3% respectively. There were obstacles so that the percentage of students who state not easy and easy to practice at home were 68.5% and 24.7%, respectively. There were 95.9% of students stated that video media made it easier to understand because it could be played back, even though some students revealed signal difficulties. Even so, 100% of students still want practice lectures to be done offline. The conclusion showed an overview of online lectures with video media for practical subjects during the COVID-19 pandemic as an option under the choice of offline practice learning.
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Chusnal Ainy; Umi Arifah
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 20, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v20i3.6104

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa di dalam proses pembelajaran serta belum tercapainya ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya dengan menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah. Hasil penelitian diperoleh 1) terdapat peningkatan aktifitas belajar  siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu yang aktif meningkat 16,67 %, yang cukup aktif meningkat 8,33 %. Sedangkan yang kurang aktif menurun dari 29,17 % tinggal 4,17%. Atau menurun 25 %. Ini berarti yang kurang aktif menjadi cukup aktif atau aktif. 2) Hasil belajar siswa, menunjukkan nilai awal yang tuntas hanya 66,67 %, pada siklus I meningkat menjadi 87,5 %dan pada siklus II meningkat menjadi 95,83 %. Artinya hasil belajar siswa meningkat setelah melalui pembelajaran berdasarkan masalah. Aktifitas guru sudah menunjukkan aktifitas yang sangat baik dan respon siswa terhadap pembelajaran berdasarkan masalah sangat setuju.

Page 1 of 1 | Total Record : 10