cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi" : 8 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Berbantu Media Teka-Teki Silang (TTS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMK Negeri 6 Surakarta Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Tahun Pelajaran 2018/2019 Affifah Nurul Aini; Soetarno Joyoatmojo; Jonet Ariyanto Nugroho
BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
Publisher : Department of Economics Education, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/bise.v5i1.65491

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMK Negeri 6 Surakarta pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments Affifah N. A., Soetarno Joyoatmojo, Jonet Ariyanto N. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol.5 No. 1 (TGT berbantu media Teka-Teki Silang (TTS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) Pengamatan atau Observasi; dan (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 6 Surakarta dengan jumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan: (a) wawancara, (b) observasi dan (c) dokumentasi. Validitas data dengan triangulasi sumber data, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu media teka-teki silang (TTS) dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti pada saat pra siklus, persentase keaktifan peserta didik sebesar 30,30%. Pada siklus I saat diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments berbantu media teka-teki silang (TTS) keaktifan peserta didik meningkat dengan tingkat pencapaian sebesar 75,76%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan ketercapaian persentase keaktifan siswa sebesar 93,94%. Kesimpulan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantu media teka-teki silang (TTS) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 6 Surakarta pada mata pelajaran ekonomi bisnis tahun pelajaran 2018/2019.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dipadu Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa SMK Batik 1 Surakarta pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Tahun Pelajaran 2018/2019 Agnes Indah Pratiwi; Soetarno Joyoatmojo; Jonet Ariyanto Nugroho
BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
Publisher : Department of Economics Education, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/bise.v5i1.63526

Abstract

The purpose of this study was to improve the student learning activeness of SMK Batik 1 Surakarta on Business Economics subjects through the Jigsaw cooperative learning model combined with Talking Stick. This study is a Classroom Action Research (CAR) conducted in 2 cycles. Each cycle consists of 4 stages, namely: (1) Action planning; (2) Implementation of Actions; (3) Observation or Observation; and (4) Reflection. The subjects of this study were students of class X OTKP 1 of SMK Batik 1 Surakarta with a total of 42 students. Data collection techniques are carried out through activities: (a) interviews; (b) observation; and (c) documentation. Data validity with source triangulation and method triangulation. Data analysis techniques with qualitative and quantitative data analysis. The results showed that through the application of the Jigsaw type cooperative learning model combined with the Talking Stick can increase student activity from pre-cycle to cycle I and from cycle I to cycle II. This is evident in the pre cycle, the percentage of student activity is 28.57%. The percentage of student learning activeness increased to 73.80% in the first cycle after the Jigsaw type cooperative learning model was applied combined with Talking Stick. The percentage of student learning activeness returns increased in the second cycle to 92.86%. The conclusion of class action research by applying the Jigsaw type cooperative learning model combined with the Talking Stick can increase the learning activeness of class X OTKP 1 students of SMK Batik 1 Surakarta on The Business Economic subjects in The school year 2018/2019.
Pengaruh Kemampuan Guru Mengajar dan Kemandirian Siswa terhadapPPrestasiPBelajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 Gestiyani Dewi Firgiyanti; Baedhowi Baedhowi; Salman Alfarisy Totalia
BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
Publisher : Department of Economics Education, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/bise.v5i1.65477

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah kurang optimalnya prestasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh kemampuan guru mengajar dan kemandirian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Surakarta; (2) ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemandirian siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Surakarta; (3) ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan guru mengajar dan kemandirian siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X BDP di SMK Negeri 1 Surakarta dengan jumlah 106 siswa. Sampel penelitian sebanyak 84 siswa dengan propotionate stratified random sampling. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Berganda dan menggunakan program SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukan persamaan regresi berganda sebesar Y = 2,796+ 0,185X1 + 0,564X2 .Maka dapat disimpulkan (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan guru mengajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas di SMK Negeri 1 Surakarta (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Surakarta (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan guru mengajar dan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Surakarta.
Pengaruh Prestasi Belajar Pengajaran Mikro, Prestasi Belajar Magang Kependidikan 3 dan Keterampilan Mengajar terhadap Kesiapan menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS Angkatan 2015 Annisa Nurul Latifa; Harini Mpd; Budi Wahyono
BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
Publisher : Department of Economics Education, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/bise.v5i1.63528

Abstract

The purpose of this study were (1) to know the effect of micro teaching on the readiness to become teachers of 2015 Economic Education students (2) to find out the effect of micro teaching on 2015 Economic Education students' teaching skills (3) to know the effect of teaching internships 3 on readiness to become teachers 2015 class Economic Education students (4) knew the effect of education internship 3 on the teaching skills of 2015 Economic Education students (5) knowing the effect of teaching skills on the readiness to become a 2015 Economic Education student teacher.In this research quantitative descriptive method was used. The object of this study is the 2015 class of economic education students as many as 60 people. Data collection using questionnaires. The data analysis technique used is Path Analysis. The results of this study (1) micro teaching has a directly effect on the readiness to become a teacher of 2015 Economic Education students (2) micro teaching has a directly effect on the teaching skills of 2015 Economic Education students (3) education internship 3 has a directly effect the readiness to become a teacher of 2015 Economic Education students (4) education internship 3 has a directly effect on the teaching skills of students of the 2015 Economic Education (5) teaching skills directly effect on the readiness to become 2015 Economic Education student teacher.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh pengajaran mikro terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS angkatan 2015 (2) mengetahui pengaruh pengajaran mikro terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS angkatan 2015 (3) mengetahui pengaruh magang kependidikan 3 terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS angkatan 2015 (4) mengetahui pengaruh magang kependidikan 3 terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS angkatan 2015 (5) mengetahui pengaruh keterampilan mengajar terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS angkatan 2015.Penelitian ini menggunakkan metode kuantitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 sebanyak 60 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis). Simpulan dari penelitian ini (1) pengajaran mikro berpengaruh secara langsung terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS angkatan 2015 (2) pengajaran mikro berpengaruh secara langsung terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS angkatan 2015 (3) magang kependidikan 3 berpengaruh secara langsung terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS angkatan 2015 (4) magang kependidikan 3 berpengaruh secara langsung terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS angkatan 2015 (5) keterampilan mengajar berpengaruh secara langsung terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS angkatan 2015.Kata Kunci: Prestasi Belajar Pengajaran Mikro, PrestasiBelajar Magang Kependidikan3, Keterampilan Mengajar, Kesiapan menjadi Guru 
Pengaruh Kecanduan Game Online dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar (Studi Pada Siswa Kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018) Isa Jati Nusa; Kristiani Kristiani; Budi Wahyono
BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
Publisher : Department of Economics Education, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/bise.v5i1.65489

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh kecanduan game online terhadap prestasi belajar siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2017/2018; (2) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2017/2018; (3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 138 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampel jenuh. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik kuesioner untuk data kecanduan game online, gaya belajar dan motivasi belajar, serta teknik dokumentasi untuk data prestasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah Path Analysis dengan taraf signifikansi 5%, data diolah dengan bantuan program aplikasi pengolahan data AMOS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara kecanduan game online terhadap prestasi belajar siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2017/2018, selain itu terdapat pengaruh tidak langsung melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar; (2) terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X II SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2017/2018, selain itu terdapat pengaruh tidak langsung melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2017/2018.
Pengaruh Kreativitas, Berpikir Kritis, dan Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 Chania Hasna Afifah; Trisno Martono; Sudarno sudarno
BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
Publisher : Department of Economics Education, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/bise.v5i1.63530

Abstract

This study aims to determine whether or not there is (1) the effect of creativity on the learning process in Economics Class XI IPS subjects in SMA Negeri 6 Surakarta, (2) the influence of critical thinking on the learning process in Economics Class XI IPS subjects at SMA Negeri 6 Surakarta, (3 ) the effect of creativity on learning outcomes in Economics Class XI IPS subjects in SMA Negeri 6 Surakarta, (4) the influence of critical thinking on learning outcomes in Economics Class XI IPS subjects in SMA Negeri 6 Surakarta. (5) the effect of the learning process on learning outcomes in Economics XI IPS subjects in SMA Negeri 6 Surakarta.The method used in this research is descriptive quantitative research method. The population in this study amounted to 175 students of class XI IPS in SMA Negeri 6 Surakarta. The sample in this study amounted to 117 students with the sampling technique used was proportional random sampling. Data collection was carried out using a questionnaire technique. The data analysis technique used is the analysis prerequisite test using SPSS version 23.0 and to test the hypothesis with path analysis using Lisrell 8.80.Based on the results of the study it can be concluded that (1) creativity directly affects the learning process by 71%, (2) critical thinking directly influences the learning process by 20%, (3) creativity directly influences the learning outcomes 25%, (4 ) critical thinking directly affects the learning outcomes of 21%, (5) the learning process directly affects the learning outcomes of 62%.
Pengaruh Penggunaan Smartphone dan Kecanduan Smartphone terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X dan XI SMA Islam 1 Surakarta Aditya Febrian Hadi; Kristiani Kristiani; Budi Wahyono
BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
Publisher : Department of Economics Education, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/bise.v5i1.65490

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta; (2) pengaruh penggunaan smartphone terhadap kecanduan smartphone siswa kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta; (3) pengaruh kecanduan smartphone terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi siswa kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta sebanyak 81 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik kuesioner untuk data penggunaan smartphone dan kecanduan smartphone, serta teknik dokumentasi untuk data prestasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah Path Analysis dengan taraf signifikansi 5%, data diolah dengan bantuan program aplikasi pengolahan data IBM AMOS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang tidak signifikan positif antara variabel penggunaan smartphone terhadap variabel prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan oleh nilai estimasi yang diperoleh sebesar 0,181 (p = 0,87 > 0,05) dan tidak terdapat pengaruh tidak langsung melalui variabel kecanduan smartphone yang ditunjukkan dengan nilai -0,047 (p = 0,405 > 0,05); (2) terdapat pengaruh yang signifikan positif antara variabel penggunaan smartphone terhadap variabel kecanduan smartphone siswa kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan oleh nilai estimasi yang diperoleh sebesar 2,176 (p = 0,000 < 0,05); (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kecanduan smartphone terhadap variabel prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan oleh nilai estimasi yang diperoleh sebesar -0,022 (p = 0,405 > 0,05).
Pengaruh Keterampilan Berwirausaha Terhadap Niat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta Firsha Jorgie Umarupen
BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
Publisher : Department of Economics Education, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/bise.v5i1.65057

Abstract

The purpose of the authors writing this research is (1) to find out whether there is a positive and significant influence between entrepreneurship skills on attitudes, subjective norms and behavioral control perceptions of Sebelas Maret University economic education students (2) and to find out whether there is a positive and significant influence between attitudes, subjective norms and perceived behavioural control toward the intention of entrepreneurship students of Sebelas Maret University economic education.

Page 1 of 1 | Total Record : 8