Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This journal is for academics, practitioners, and educational stakeholders who want to publish and develop research results and thoughts for the progress of education.
Articles
19 Documents
Search results for
, issue
"Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021"
:
19 Documents
clear
Pencitraan dalam Buku Antologi Puisi Mengagumi dalam Diam Siswa SMPN 43 Bandung
Bagus Satrio, Moh. Nurman;
Hermawan, Agus
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (244.36 KB)
|
DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i2.356
Sastra bagian dari ciptaan manusia yang melibatkan aspek nilai rasa /ide yang terdapat dalam benaknya dengan memanfaatkan bahasa sebagai alatnya. Di dalan sastra tidak hanya terdapat tulisan yang bersifat menghibur, tetapi ternyata terdapat makna yang sangat mendalam dan bisa menambah pengalaman kehidupan manusia. Pengetahuan pada karya sastra tidak hanya di pahami dari unsur intrinsik tetapi juga di pahami dari segi ekstrinsik. Semua yang terjadi pada karya sastra bias juga terjadi dalam dunia nyata. Begitu pula pencitraan puisi dalam menikmatinya ada beberapa indra perasa yang dipakai dalam buku antologi puisi†Mengagumi dalam Diam “ Puisi karya siswa SMP 43. Peneliti menganalisis pencitraan didalam puisi tersebut untuk lebih memahami dan menikmati puisi.
Upaya Mempromosikan Aktivitas Fisik dan Pendidikan Jasmani via Sosio-Ekologi
Ardiyanto, Dedi;
Mustafa, Pinton Setya
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (228.443 KB)
|
DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i2.331
Model sosio-ekologi sangat penting untuk memeriksa tingkat multipel faktor yang mungkin menjadi penentu aktivitas fisik dan pendidikan jasmani. Model sosio-ekologi berfokus pada hubungan timbal balik antara individu dan sosial, lingkungan fisik dan kebijakan. Mempromosikan pendidikan jasmani dan aktivitas fisik melalui sosio-ekologi menjadi sangat penting karena dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berinteraksi dengan lingkungan. Sehingga jika kegiatan promosi dilakukan melalui rancangan lingkungan fisik di sekitar maka akan lebih mudah tersampaikan. Dalam pendekatan sosio-ekologi di bidang pendidikan dan pembelajaran memberikan peluang bagi siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar secara optimal. Diharapkan dengan adanya model sosial-ekologi dapat menjadikan individu terutama anak-anak lebih efektif dalam melakukan aktivitas fisik maupun dalam pendidikan jasmani disekolah. Supaya tingkat kesehatan anak-anak terjaga dengan baik.
Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Penggunaan Internet of Things (IoT) dalam Menunjang Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 di SDN 3 Ngantru Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek
Sudirman, Sudirman
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (169.283 KB)
|
DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i2.341
Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) mengakibatkan perubahan besar dalam pembelajaran. Pengalihan pembelajaran ke pembelajaran berbasis online, dengan demikian berbagai akses sumber daya penting bagi segala aspek baik sumber daya manusia yang harus dimiliki guru maupun aspek utama lainnya yakni internet, perangkat komunikasi dan data. Dengan perkembangan teknologi dewasa ini menjadikan IoT sangat tepat diterapkan dalam dunia pendidikan baik dalam segi kurikulum maupun pembelajaran, bahkan lebih tepat jika dilaksanakan selama pandemi. Adapun permasalahan dalam penelitiaan ini adalah bagaimanakah implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan penggunaan Internet Of Things (IoT) dalam menunjang pembelajaran selama pandemi Covid-19 Di SDN 3 Ngantru Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek?. Berdasat rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan penggunaan Internet Of Things (IoT) dalam menunjang pembelajaran selama pandemi Covid-19 Di SDN 3 Ngantru Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Strategi pemecahan masalah yang dipilih oleh peneliti adalah supervisi akademik hal ini dilakukan dengan alasan : permasalahan yanng dihadapi guru adalah terkait dengan tugas pokok guru yang harus disesuaikan dengan adaptasi kebiasaan baru dengan melaksanakan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar siswa berbasis IoT sebagai dampak dari pembelajaran jarak jauh. Setelah pelaksanaan supervisi akademik sebagai best practice kepaala sekolah SDN 3 Ngantru Kecamatan Trenggalek, kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan supervisi akademik yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan berbagai aspek yang menjadi permasalahan dalam pembelajaran di sekolah ini
Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Menganalis Bentuk-Bentuk Kerjasama Mengunakan Model Student Team Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas VII A di SMP Negeri 1 Gandusari
Sukini Sukini
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (177.933 KB)
|
DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i2.342
Proses belajar-mengajar Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Gandusari masih monoton dan jauh dari harapan. Permasalahan yang sering di hadapi saat kegiatan belajar mengajar berlangsung antara lain: 1) masih rendahnya motivasi siswa untuk belajar Pendidikan Kewarganegaraan, 2) belum ada metode pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang dapat membuat siswa tertarik pada pembelajaran tersebut, 3) siswa menganggap bahwa Pendidikan Kewargenagaraan merupakan pelajaran yang tidak penting dan membosankan, 4) masih rendahnya kemampuan siswa untuk mengintegrasikan beberapa disiplin ilmu yang dimiliki. Jalannya proses belajar mengajar antara guru dengan siswa tidak sesuai dengan sistem cara belajar siswa aktif, dimana guru sebagai fasilitator sedangkan siswa aktif sendiri untuk menemukan permasalahan-permasalahan dan siswa juga diharapkan mampu menemukan jawaban-jawaban yang jadi pokok masalah. Akibat yang ditimbulkan dari hal-hal tersebut adalah rendahnya hasil belajar PPKn pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Gandusari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn materi menganalisis bentuk-bentuk kerja sama menggunakan model pembelajaran Model Student Team Achievement Divison (STAD) pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Gandusari. Tujuan penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar PPKn materi menganalsis bentuk-bentuk kerja sama menggunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VIIA SMPN 1 Gandusari Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing melalui empat tahapan, yaitu: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap observasi, (4) tahap refleksi. Instrumen pennelitian menggunakan tes tulis uraian. Teknik penelitian dengan menyelenggarakan tes tulis. Teknik analisa data dengan membandingkan ketuntasan yang didapat dengan KKM yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan model Model Student Team Achievement Divison (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar PPKn materi keberagaman dalam masyarakat Indonesia siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Gandusari semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes siklus I, yaitu 73,85 dan siklus II 85,38 berarti ada peningkatan. Selain itu, ketuntasan belajar pada siklus I, yang tuntas 61,54% atau 16 siswa sedangkan yang tidak tuntas, 38,46% atau 10 siswa. Siklus II siswa yang tuntas mencapai 100% .
Pengembangan Media Tiga Dimensi Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
Enis Ana Wulandaningrum
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (293.54 KB)
|
DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i2.354
Permasalahan pendidikan di era modern ini salah satunya adalah ketakbermaknaan siswa dalam menerima pembelajaran, selain itu setiap individu juga dituntut untuk selalu siap menghadapi tantangan global. Saat ini dalam dunia pendidikan, siswa sangat lemah dalam hal mengetahui penemuan suatu konsep. Salah satu penyebabnya adalah belum adanya media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menemukan suatu konsep. Media yang diharapkan peneliti adalah media yang dapat membantu siswa dalam menemukan suatu konsep baru bagi siswa. Tentu media yang dimaksud berbeda dengan yang telah ada, karakteristik media dalam pengembangan ini adalah media berbasis pembelajaran kontekstual. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa media tiga dimensi mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran kontekstual untuk siswa kelas VI sekolah dasar dan sekaligus mengetahui pengaruh penggunaan produk yang dihasilkan tersebut terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menemukan konsep debit. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Hasil penelitian ini, yaitu (1) produk berupa media tiga dimensi memperoleh rata – rata persentase kelayakan 85,53%; (2) RPP penerapan media tiga dimensi yang memperoleh rata – rata persentase kelayakan 87,08%; (3) Soal post test memperoleh rata – rata persentase 86,06%; (4) nilai rata-rata post test kelas penerapan media tiga dimensi memperoleh skor rata-rata 90,56. Hal ini lebih baik 23,96 daripada kelas kontrol yakni 66,60.
Peningkatan Mutu Guru dalam Proses Pembelajaran melalui Implementasi Supervisi Klinis Kepala Sekola di SDN Dandong 01
Ana Wulandaningrum, Enis
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (146.538 KB)
|
DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i2.352
Hasil penelitian telah ditemukan permasalahan bahwa kualitas pendidikan masih jauh dari apa yang diharapkan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti sekaligus kepala sekolah melakukan pembinaan kepada guru melalui supervisi klinis. Tindakan ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu guru dalam proses pembelajaran melalui implementasi supervisi klinis kepala sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan dua siklus. Hasil penelitian diperoleh persentase ketuntasan mutu guru dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang dicapai pada siklus I sebesar 69% dan pada siklus II sebesar 94%, hasil persentase ketuntasan mutu guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang dicapai pada siklus I sebesar 57% dan pada siklus II sebesar 82%, hasil persentase ketuntasan mutu guru dalam kompetensi kepribadian dan sosial guru yang dicapai pada siklus I sebesar 82% dan pada siklus II sebesar 94%, dan hasil persentase ketuntasan yang dihitung melalui tes formatif saat pratindakan sebesar 38%, siklus I sebesar 62% dan siklus II sebesar 88%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi supervisi klinis dapat meningkatkan mutu guru dalam proses pembelajaran di SDN Dandong 01tahun pelajaran 2018/2019 Kabupaten Blitar
The Importance of the Role of Teacher Professionalism in the 21st Century Education Process at SD Segoroyoso Bantul Yogyakarta
Muzfirah, Suci
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (212.74 KB)
|
DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i2.334
Education is currently in the era of education 4.0 or can be called 21st century education. Where the educational process changes so rapidly with the help of technology. Teachers play an important role in carrying out functions and realizing national educational objectives. The purpose of this research is to see how and to what extent teacher self-reflection has contributed to educational development efforts in the 21st century as a professional teacher. This study involved 2 teachers at SD Segoroyoso Bantul. Where the 2 teachers are already certified and some are not yet certified. The method used is descriptive qualitative method with data retrieval using interviews and documentation. The results of the study can be stated that to become a professional teacher does not have to be certified first. Important components to becoming a professional teacher are 24 teacher administration, 4 teacher competencies (pedagogic, personality, professional, social), understanding the role of the teacher profession, and also understanding learning in the 21st century (education era 4.0).
Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Selalu Berhemat Energi dengan Media Video pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sukosari
purwati, endang
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (321.797 KB)
|
DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i2.339
Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & Mc. Taggart dan terdiri dari dua siklus tindakan. Topik bahasan disesuaikan dengan materi pelajaran tematik Selalu Berhemat Energi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah tindakan pembelajaran dengan media vidio di mana nilai rata-rata kelas terus mengalami peningkatan dari 58,52 pada kondisi awal menjadi 68,52 pada siklus pertama, dan pada akhir siklus kedua menjadi 75,56 dengan tingkat ketuntasan belajar yang juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu 7 orang siswa (25,93%) pada kondisi awal, menjadi 59,26% atau 16 siswa, dan pada siklus terakhir menjadi 92,59% atau 25 siswa dari 27 siswa, Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Sukosari Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek.
Peningkatan Kemampuan Pukulan Forehand dan Backhand Tenis Meja melalui Teknik Modeling pada Siswa Kelas VI Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020 di SDN 1 Petung Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek
Suyatun Suyatun
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (158.825 KB)
|
DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i2.344
Penelitian ini untuk mengatahui gambaran objektif tentang Peningkatan Kemampuan Pukulan Forehand dan Backhand Tenis Meja Melalui Teknik Modeling Pada Siswa Kelas VI Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020 di SDN 1 Petung Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas dengan subjek 17 siswa. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrumen yang digunakan berupa back board test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian pada pra siklus terdapat 29,41% atau 5 siswa menjadi 52,94% atau 9 siswa dan pada akhir siklus II menjadi 94,12% atau 16 siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan teknik modeling dapat meningkatkan kemampuan pukulan forhand dan Backhand tenis meja pada siswa kelas VI SDN 1 Petung Kecamatan Dongko semester I Tahun Pelajaran 2019/2020
Penerapan Metode Sugesti-Imajinatif dengan Menggunakan Media Gambar Fotografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi
Isroyati Isroyati;
Fitri Senny Hapsari;
Aliffia Teja Prasasty
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (280.277 KB)
|
DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i2.353
Masalah yang diteliti yaitu menguji keefektifan metode sugesti-imajinatif dengan media gambar fotografi dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode sugesti-imajinasi dan media gambar fotografi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) keefektifan Metode sugesti-imajinatif dengan media gambar fotografi dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi, (2) hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode-sugesti imajinatif dengan media gambar fotografi.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain kelas kontrol pretes-postes berpasangan yang dilakukan di SMK Dwiguna Depok tahun pelajaran 2019/2020. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan hasil penelitian ini adalah teknik pemberian tes, observasi, dan angket. Hasil uji hipotesis menunjukan penerapan metode sugesti-imajinatif dengan media gambar fotografi secara signifikan dapat lebih meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa dibandingkan dengan pembelajaran dengan metode metode konvensional. Ini dibuktikan berdasarkan perhitungan statistik untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol, t hitung yang didapat yaitu diperoleh thitung sebesar 9,38 dan dengan menggunakan taraf signifikan 0,05 (tingkat kepercayaan 95%) serta derajat kebebasan 58 diperoleh t tabel sebesar 2.00 terbukti t hitung (9,38) > t tabel (2,00). Karena t hitung > t tabel, maka dapat dikatakan bahwa perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan hasil kelas kontrol.