cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JET (Journal of Electrical Technology)
ISSN : 25023624     EISSN : 25981099     DOI : -
Merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UISU Medan, yang memuat artikel ilmiah tentang Ilmu Teknik Elektro dan Informatika, berupa karya ilmiah maupun hasil penelitian. JET ini terbit tiga kali setahun yaitu periode Februari, Juni dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2018): JET Edisi Juni" : 8 Documents clear
Analisis Kopling Elektromagnetik Pada Transmisi Tegangan Tinggi 150 KV (Aplikasi: PT.PLN Persero Unit Tragi Sei Rotan) Yusmartato, Yusmartato; Nasution, Ramayulis; Hasibuan, Abdurrozzaq
JET (Journal of Electrical Technology) Vol 3, No 2 (2018): JET Edisi Juni
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jet.v3i2.549

Abstract

Parameter-parameter saluran transmisi antara lain adalah: resistansi, induktansi, kapasitansi, dan konduktansi. Salah satu parameter yang dibahas kali ini adalah mengenai induktansi. Beban induktansi terjadi, apabila suatu penghantar dialiri arus listrik, maka pada penghantar itu akan menimbulkan medan magnet. Pada penghantar itu sendiri timbul 2 macam fluks, yaitu fluks internal yang menggandeng seluruh bahagian penghantar dari titik pusat hingga titik terluarnya, dan mengimbaskan (menginduksikan) suatu tegangan  pada penghantar itu, tegangan imbas (induksi) yang ditimbulkan oleh kopling atau gandengan fluks internal tersebut merupakan suatu drop tegangan atau rugi-rugi transmisi, dan rugi-rugi ini disebut induktansi internal. Fluks yang ditimbulkan berikutnya adalah fluks eksternal yang terjadi di luar penghantar tersebut, apabila terdapat 2 buah penghantar yang jaraknya berdekatan, maka medan magnet berupa fluksi-fluksi eksternal yang ditimbulkan masing-masing penghantar akan saling melingkupi, proses ini disebut sebagai kopling fluks eksternal, dan rugi-rugi yang diakibat oleh kopling fluks eksternal, dinamakan induktansi eksternal. Peristiwa elektris yang menyertai terjadinya induktansi ini merupakan suatu hal yang umum yang sering terjadi dalam suatu rangkaian listrik dan peristiwa ini mempunyai pengaruh yang cukup penting bagi keseimbangan beban rangkaian listrik tersebut. Hal yang sama juga tejadi pada sistem penyaluran daya contohnya sistem penyaluran daya PLN, yang dapat memepengaruhi keseimbangan beban pada sistem penyaluran daya ke pusat-pusat  beban atau konsumen. Namun dengan menerapkan suatu perhitungan terhadap kondisi yang terjadi maka pengaruh kopling elegtromagnetik ini dapat diketahui secara jelas, dan dapat dipergunakan dalam menganalisa suatu sistem penyaluran daya khususnya yang diakibatkan oleh beban yang terdapat pada saluran transmisi tegangan tinggi.
Analisa Tegangan Jatuh pada Jaringan Distribusi 20 kV PT.PLN Area Rantau Prapat Rayon Aek Kota Batu Suprianto, Suprianto
JET (Journal of Electrical Technology) Vol 3, No 2 (2018): JET Edisi Juni
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jet.v3i2.544

Abstract

Electrical voltage is one of the magnitude of electricity that very influential on a power system as well as a determinant factor  inelectrical power system quality. Over voltage, under voltage and voltage stability, they are the main problem in the elecrical voltage problem, this research aims to evaluate the voltage drop in medium voltage distribution system 20 kV in PT.PLN Area Rantau Prapat Rayon Aek Kota Batu this research is expected to be a reference to make improvement the voltage drop and increasing  quality of electrical power service better. This research was conducted on a radial network of primary distribution systems where voltage drop was observed  at three types of buses in the system ie the main buses, the sub ofmain buses and the lateral buses. The data collection is done according to the data that needed  in analyzing the voltage drop with load flow simulation using Electrical Transient Analysis Program software, the result that obtained then validated by comparing the simulation result with the manual calculation according to related formulas and applicable for the calculation of voltage drop, from the simulation results show that the greatest voltage drop when outside of peak load time is 91,52% or in the magnitude of the voltage is 18,303 kV, this means the voltage drop is 8,49%. For the peak load time the greatest voltage drop is 83,9%, or in the voltage magnitude is 16,779 kV, this means the voltage drop of 16,11% exceeds the standard limit for the maximum allowable drop voltage of 10%. This is likely due to the line cableis loaded for power flow at maximum load,  the quality of line cables is bad or the junction of cable  is lax.
Metode Baru Robot Pengantar Menu Makanan Menggunakan Android dengan Kendali PID Berbasis Mikrokontroler Lubis, Zulkarnain
JET (Journal of Electrical Technology) Vol 3, No 2 (2018): JET Edisi Juni
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jet.v3i2.550

Abstract

Perkembangan teknologi dan otomasi industri mendorong manusia untuk memenuhi kebutuhannya dengan cepat. Sehingga dikembangkan teknologi robotika untuk membantu dan meringankan pekerjaan manusia di masa depan. Robot pengantar makanan line follower merupakan robot yang diciptakan untuk menggantikan peran seorang pelayan di restoran. Robot ini memiliki kemampuan untuk mengantarkan makanan secara otomatis. Robot pengantar menu makanan ini menggunakan konsep Line Follower, yaitu mengikuti lintasan menuju meja-meja yang telah ditentukan. Penulisan kode program menggunakan Arduino IDE 1.6.5 serta menggunakan program bahasa Basic4Android untuk pengontrolan robot. Robot ini menggunakan 2 roda dan 1 roda bebas yang diletakkan di bagian depan. Sensor yang digunakan yaitu sensor photodioda sebagai 6 buah sensor sebagai navigasi robot dan robot ini hanya dikontrol dengan android. Dengan demikian secara keseluruhan sistem pada robot pengantar makanan ini dapat berfungsi dengan baik.
Pengaturan Kecepatan Putaran Motor Induksi 3 Fasa Menggunakan Programmable logic controller Evalina, Noorly; H, Abdul Azis; Zulfikar, Zulfikar
JET (Journal of Electrical Technology) Vol 3, No 2 (2018): JET Edisi Juni
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jet.v3i2.545

Abstract

Motor induksi adalah motor yang paling banyak digunakan saat ini, karena memiliki konstruksi yang sederhana, relatif murah, lebih ringan dan memiliki efisiensi yang tinggi serta mudah dalam pemeliharaannya dibandingkan dengan motor DC. Namun dalam hal pengaturan kecepatan dan torsi motor induksi bukanlah suatu permasalahan yang mudah untuk dIlakukan, dengan berkembangnya Teknologi sistem kontrol salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan  Inverter satu fasa dan frekuensi 50 Hz untuk digunakan mengatur kecepatan  motor induksi tiga fasa.   Pengaturan frekuensi tegangan motor induksi dapat dilakukan dengan menggunakan inverter. Inverter mengkonversikan sumber tegangan AC 3 fasa maupun sumber tegangan AC 1 fasa yang memiliki frekwensi 50 Hz konstan menjadi sumber tegangan AC 3 fasa yang frekuensinya dapat diatur antara 0 – 50 Hz. Pada penelitian ini program Ladder diagram dirancang menggunakan CX-Programmer pada Programmable Logic Controller (PLC) yang digunakan sebagai pengendali kecepatan motor induksi tiga fasa melalui inverter. Frekuensi yang dikendalikan mulai dari 5 Hz sampai 60 Hz dan putaran yang dihasilkan 124 rpm sampai dengan 1441 rpm.  Semakin besar data frekuensi yang disetting ke PLC, maka kecepatan putaran motor induksi akan berubah semakin cepat.
Kontribusi Konversi Mobil Konvensional Ke Mobil Listrik Dalam Penanggulangan Pemanasan Global Parinduri, Luthfi; Yusmartato, Yusmartato; Parinduri, Taufik
JET (Journal of Electrical Technology) Vol 3, No 2 (2018): JET Edisi Juni
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jet.v3i2.551

Abstract

Pemanasan global adalah peristiwa proses meningkatnya suhu rata-rata pada lapisan atmosfer dan permukaan bumi yang disebabkan oleh peningkatan konsentrasi gas rumah kaca yang diakibatkan oleh aktivitas manusia itu sendiri. Pengurangan emisi gas rumah kaca yang dibutuhkan untuk membatasi pemanasan global hingga kurang dari 20 C kemungkinan tidak dapat tercapai tanpa kontribusi besar dari sektor transportasi. International Energy Agency menunjukkan bahwa sektor transportasi global harus memberikan kontribusi sekitar seperlima dari keseluruhan pengurangan emisi gas rumah kaca dari penggunaan energi pada tahun 2050. Mobil listrik diharapkan dapat menjadi solusi yang tepat dalam mengurangi emisi gas rumah kaca di bidang transportasi. Mobil listrik ini dipandang sebagai penyumbang utama tujuan pengurangan emisi gas rumah kaca karena meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi intensitas CO2 .Perkembangan mobil listrik di dunia pun berkembang signifikan.Sektor transportasi menyumbang emisi gas yang cukup besar, yaitu sebesar 23 % dari total emisi gas rumah kaca. Konversi mobil konvensional ke mobil listrikditargetkan dapat mengurangi setengah dari total emisi gas rumah kaca yang dihasilkan pada tahun 2013 sebesar 33 Gigaton.
Analisis Kualitas Daya Akibat Beban Reaktansi Induktif (XL) di Industri Putri, Maharani; Pasaribu, Faisal Irsan
JET (Journal of Electrical Technology) Vol 3, No 2 (2018): JET Edisi Juni
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jet.v3i2.546

Abstract

Pemakaian daya reaktif di perindustrian sangatlah tinggi sehingga menyebabkan faktor daya menurun. Rendahnya faktor daya mengakibatkan rugi-rugi daya pada pemakaian energi listrik di Industri. Rugi daya ini disebabkan oleh peralatan-peralatan listrik di Industri yang menggunakan daya reaktif induktif (XL), sehingga daya listrik akan tertekan dan daya kerja menurun serta arus pemakaian menjadi meningkat dalam melakukan usaha. Pemakaian daya reaktif yang tinggi mengakibatkan faktor daya menjadi rendah, efek dari faktor daya yang rendah, daya kerja akan menurun. Pada penelitian ini jaringan listrik dengan daya yang tersedia S = 1745 KVA, memiliki faktor daya Cosφ = 0.726, daya yang dapat disuplai dengan faktor daya tersebut adalah = 1274 KW, persentase daya yang disuplay sebesar 73%. Setelah diberi kapasitor bank sebesar 1200 KVAR, faktor daya naik menjadi 0.99, besar daya yang dapat disuplai dengan faktor daya tersebut adalah 1600 KW. Kenaikan daya yang dapat dibangkitkan setelah faktor daya ditinggikan menjadi Cosφ =0.99 adalah sebesar 333 KW dan % kenaikan daya dari 1274 KW menjadi 1600 KW sebesar 21%. Jadi  Dengan aplikasi kapasitor bank faktor daya dapat dinaikan dan daya yang disuplai akan semakin tinggi dan kualitas daya menjadi lebih baik.
Perbandingan Nilai Distorsi Harmonisa pada Tiga Buah Laptop yang Berbeda Siregar, M. Fadlan; Hidayat, Jhoni; Bahri, Syamsul
JET (Journal of Electrical Technology) Vol 3, No 2 (2018): JET Edisi Juni
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jet.v3i2.547

Abstract

Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor AC yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Laptop merupakan salah satu perangkat elektronika penghasil harmonisa, harmonisa yang timbul dapat menyebabkan gelombang arus yang sinusoidal menjadi terdistorsi atau tidak sinusiodal. Harmonisa adalah gelombang yang terdistorsi secara periodik yang terjadi pada gelombang tegangan, arus, atau daya terdiri dari gelombang-gelombang sinus yang frekuensinya merupakan kelipatan bulat  frekuensi sumber. Efek dari harmonisa yang ditimbulkan dapat menyebabkan panas yang berlebih pada perangkat elektronika yang dimilikinya,  dari pengukuran yang dilakukan dengan menggunakan tiga jenis beban (laptop) dengan merek berbeda pada laptop tersebut, harmonisa yang dihasilkan oleh laptop tidak sesuai dengan standarat IEC, dengan harmonisa yang dihasilkannya berbeda–beda, dimana THD mencapai 175 % dengan THDi yang beragam.
Penggunaan Sensor Infrared Switching Pada Motor DC Satu Phasa Yusniati, Yusniati
JET (Journal of Electrical Technology) Vol 3, No 2 (2018): JET Edisi Juni
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jet.v3i2.548

Abstract

Penggunaan peralihan sensor infrared (IR) pada motor adalah sebuah aplikasi yang umum digunakan dalam industri, antara lain untuk mengontrol motor dan kecepatan hidup dan mati. Sistem ini terdiri dari sensor infra merah yang dirancang dan berfungsi untuk mendeteksi posisi dan kecepatan motor, Sensor adalah sebuah komponen yang terdiri dari pemancar infra merah dan output logika transistor photo dalam bentuk pulsa yang terhubung ke mikrokontroler, mikrokontrolel yang digunakan adalah jenis AT-89551 yang berfungsi sebagai prosessor atau sistem kontrol adalah dengan cara membaca sensor dan kontrol kecepatan motor dengan switching pulsa. Untuk mengendalikan motor, sistem juga dilengkapi dengan rangkaian driver yang berfungsi untuk memperkuat aliran agar dapat menjalankan motor, komponen yang digumakan dalam rangkaian ini adalah mosfet IRF- Z 3205 

Page 1 of 1 | Total Record : 8