cover
Contact Name
Anggri Sartika Wiguna
Contact Email
jurnal_smartics@unikama.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal_smartics@unikama.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
SMARTICS Journal
ISSN : -     EISSN : 24769754     DOI : -
SMARTICS Journal's aims is to disseminate research on applied computer science or information technology by publishing the original articles. The scope of SMARTICS are electrical, electronics, controls, information system, and applied technology.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2: SMARTICS Journal (Oktober 2017)" : 5 Documents clear
SELEKSI NOTIFIKASI SERANGAN BERBASIS IDS SNORT MENGGUNAKAN METODE K-MEANS Ahmadi Yuli Ananta
SMARTICS Journal Vol 3 No 2: SMARTICS Journal (Oktober 2017)
Publisher : Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (873.208 KB) | DOI: 10.21067/smartics.v3i2.1954

Abstract

Berkembangnya teknologi saat ini diikuti juga dengan berkembangnya serangan untuk merusak teknologi tersebut khususnya didalam jaringan komputer seperti DOS attack, port scanning, sniffer dll. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang bisa mendeteksi serangan secara realtime. Penyeleksian notifikasi serangan pada jaringan komputer berbasis IDS snort menggunakan metode k-means adalah sistem yang mendeteksi serangan jaringan berdasarkan data log pada snort dengan cara mengelompokkan data log tersebut menjadi 2 jenis serangan, bahaya dan tidak bahaya. Kemudian sistem ini akan mengirimkan notifikasi berupa SMS lewat aplikasi SMS gateway untuk serangan yang berjenis bahaya ke ponsel administrator jaringan. Sistem ini mendeteksi jenis serangan dengan proses pengelompokkan dari 100 data training yang diambil secara acak dari rules yang ada di snort. Proses pengelompokkan jenis serangan ini menggunakan metode k-means karena metode ini dapat mengelompokkan data dengan ukuran besar dengan cepat. Tentunya metode ini sangat ditentukan oleh pembangkitan centroid awal yang di ambil secara acak.
Aplikasi Chatbot Objek Wisata Jawa Timur Berbasis AIML Dhebys Suryani; Eka Larasati Amalia
SMARTICS Journal Vol 3 No 2: SMARTICS Journal (Oktober 2017)
Publisher : Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (832.506 KB) | DOI: 10.21067/smartics.v3i2.1961

Abstract

Pariwisata Jawa Timur memiliki potensi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Namun pengembangan informasi pariwisata yang ada saat ini dirasa belum efektif dan efisien. Dalam penyampaian informasinya masih secara manual, seperti pemberian brosur, pamflet, dan poster bagi wisatawan yang mengunjungi obyek wisata. Karena itu, peneliti mencoba mengembangkan aplikasi chatbot berbasis AIML (Artificial Intelligence Markup Language). Dengan aplikasi ini nantinya wisatawan bisa mendapatkan informasi objek wisata dengan melakukan tanya jawab kepada sistem layaknya sebuah model diskusi. Aplikasi tersebut menggunakan bahasa sehari-hari atau bahasa alami (natural language) yang merupakan media yang digunakan manusia untuk berkomunikasi.
IMPLEMENTASI FUZZY C-MEANS UNTUK PREDIKSI PERILAKU MAHASISWA BERDASARKAN JUMLAH KETIDAKHADIRAN Ridwan Rismanto; Imam Fahrur Rozi; Arief Prasetyo
SMARTICS Journal Vol 3 No 2: SMARTICS Journal (Oktober 2017)
Publisher : Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1030.675 KB) | DOI: 10.21067/smartics.v3i2.1965

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi, mahasiswa dituntut tertib dalam melaksanakan perkuliahan. Sebagai syarat agar mahasiswa dapat melanjutkan ke semester berikutnya adalah jumlah kehadiran dan indeks prestasi. Dalam pelaksanaannya, selalu ada mahasiswa bermasalah yang melakukan pelanggaran yaitu jumlah ketidakhadiran yang melebihi batas sehingga harus diterbitkan Surat Peringatan, atau bahkan putus studi. Tujuan surat peringatan ini adalah agar mahasiswa mengetahui status akademiknya sekaligus memunculkan efek jera agar kesalahan yang serupa tidak diulangai lagi. Namun pada prakteknya, masih ada saja mahasiswa yang melanggar meskipun sudah pernah mendapatkan surat peringatan. Kecenderungan yang terjadi adalah mahasiswa yang memiliki jumlah ketidakhadiran cukup banyak selama beberapa semester, pada semester berikutnya jumlah ketidakhadirannya pun akan banyak lagi. Hal ini juga berdampak pada indeks prestasi semesternya. Dalam penelitian ini akan dibuat sebuah sistem yang dapat mengklasifikasikan mahasiswa berdasarkan jumlah ketidakhadiran mahasiswa selama dua semester. Metode klasifikasi yang digunakan adalah clustering dengan Fuzzy C-Means. Hasil klasifikasi digunakan untuk memprediksi perilaku mahasiswa di semester berikutnya. Diharapkan penelitian ini akan bermanfaat untuk proses pembinaan mahasiswa dalam menempuh kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi.
PERAMALAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI OBYEK WISATA BEDUGUL MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY TIME SERIES I Nyoman Purnama; Anak Agung Ayu Putri Ardyanti
SMARTICS Journal Vol 3 No 2: SMARTICS Journal (Oktober 2017)
Publisher : Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.672 KB) | DOI: 10.21067/smartics.v3i2.2014

Abstract

Bali merupakan salah satu primadona wisata di Indonesia. Hal ini disebabkan Bali memiliki budaya, adat istiadat dan kesenian yang beraneka ragam. Tabanan merupakan salah satu kabupaten di Bali yang memiliki ikon daya Tarik wisata yang cukup menarik. Kabupaten Tabanan sering disebut miniaturnya Bali. Karena karakter provinsi Bali secara umum terdapat di Tabanan. Adapun beberapa daya Tarik wisata yang ada di kabupaten Tabanan yakni Danau Beratan, Bedugul, Jatiluwih, Batukaru dan Bedugul. Bedugul merupakan salah satu ikon pariwisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik Kunjungan wisatawan domestik ke obyek wisata Bedugul mengalami jumlah kunjungan yang tidak menentu setiap tahunnya. Pada penelitian ini dikembangkan sistem peramalan kunjungan wisatawan menggunakan Fuzzy time series Ruey Chyn Tsaur. Data kunjungan ke objek wisata Bedugul akan dikumpulkan dari Badan Pusat Statistik dari tahun 2003- 2014. Fuzzy Time series merupakan konsep baru yang dikenal dengan istilah kecerdasan buatan yang digunakan untuk meramalkan masalah dimana data historis tersebut dibentuk dalam nilai-nilai linguistik dan menghasilkan peramalan yang lebih akurat. Dari hasil penelitian didapatkan nilai AFER sebersar 1.33 persen.
KEPUASAN PENGGUNA MEDIA APLIKASI INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DI UNIVERSITAS MAJALENGKA Ii Sopiandi
SMARTICS Journal Vol 3 No 2: SMARTICS Journal (Oktober 2017)
Publisher : Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.468 KB) | DOI: 10.21067/smartics.v3i2.2169

Abstract

Keberhasilan sebuah Perguruan Tinggi di Fakultas Teknik salah satunya ditentukan oleh fasilitas dan kualitas media pembelajaran baik secara Hardwere ataupun Softwere dan Dosennya yang bermutu. Melihat perilaku mahasiswa dizaman modern sekarang tidak dipungkiri diperlukan Terobosan baru dalam segi pembelajaran. Media aplikasi Interaktif E-Lerarning untuk Skala Universitas ini hadir untuk menjembatani itu semua, antara Dosen dengan mahasiswa, yang diharapkan agar mahasiswa bisa lebih terbantu dan lebih efektif dalam pembelajaran karena setiap mahasiswa bisa mengakses materi dan tugasnya jika mahasiswa terjadi halangaan diakibatkan sakit atau keperluan jadi tidak tertinggal dari teman-temannya. Model pengembangan Sistem pada penelitian ini menggunakan pengembangan sistem Extreme Programming (XP) salah satunya mengembangkan perangkat lunak lebih sederhana dan bisa diterima oleh pengguna yang lain. Penelitian ini terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama meliputi Pengembangan dan Implementasi e-learning dan tahap kedua meliputi pengukuran, evaluasi berupa pembuatan model dan instrumen pengukuran. Adapun model dan instrumen pengukuran pada penelitian ini didasarkan pada model Customer Information Satisfaction (CIS), di mana setelah dilakukan pemilihan dan pengujian diperoleh 5 dimensi pengukuran yaitu customer service, security, ease of use, information content, dan innovation. Selanjutnya, berdasarkan 5 dimensi ini disusun instrumen pengukuran yang terdiri dari 14 butir ditambah satu butir yang mengukur kepuasan pengguna secara keseluruhan. Sedangkan survey dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke semua program studi secara proposional tergantung jumlah mahasiswa aktif tahun akademik berjalan

Page 1 of 1 | Total Record : 5