cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia
ISSN : 14128152     EISSN : 25801007     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Administrasi Pendidikan (JAP) published on 2003 with the ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 and issued by Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. JAP is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research articles in the scope of Educational Administration including Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Facilities and Infrastructure, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and Organization.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2007): APRIL 2007" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN PROFESI GURU TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SEBUAH KENISCAYAAN Dadang Suhardan
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2007): APRIL 2007
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.716 KB) | DOI: 10.17509/jap.v5i1.6178

Abstract

Jabatan profesi merupakan jabatan pengabdian yang dilaksanakan sepanjang hayat, karena merupakan pekerjaan yang menjadi sumber kehidupan Untuk itu dituntut penddikan profeoional, yang merupakan persyaratan prerequsi. Pengernbangkan diri menjadi tuntutan professonal supaya sanggup meningkatkan pelayanan sesuai dengan tutrtutan kebutuhan pihak yang dilayaninya dan menjalankan kode etik untuk meilindunginya. Penembangan profesi dapat  dilakukan ditempat kerja maupun luar baik perorangan maupun terogarnisasi, sebagai komitmen profes: dalan mempertajam keahliannya. Kesadaran pengembangan diri yang lebih baik manakala datang dari dirinya sendiri dan tidak boleh dilakukan hanya sekedar memenuhi persayaratan administraf(kenaikan pangkat).
PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL STAF ADMINISTRASI TERHADAP UPAYA PENINGKATAN KUALITAS ADMINISTRASI SEKOLAH DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS KOMPUTER (Studi Pada SMK Negeri Dan Swasta Se-Kota Bandung) Nurdin Nurdin
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2007): APRIL 2007
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.132 KB) | DOI: 10.17509/jap.v5i1.6185

Abstract

Upaya peningkatan kualitas administrasi sekolah diantaranya dapat dilihat melalui penetapan Masyarakat Telematika Nusantara berbasis pengetahuan di tahun 2020 dan dengan menggalakan sistem informasi untuk pendidikan pada tahun 2010. Metode deskriptif dan assosiatif kuantitatif digunakan untuk menganalisis hipotesis melalui uji regresi dan korelasi. Dengan menggunakan Stratified Cluster Sampling didapat 23 sekolah dari populasi sebanyak 39 sekolah kelompok Teknologi Industri, Bisnis dan Manajemen dan Pariwisata, Seni dan Kerajinan yang ada di Kota Bandung. Temuan penelitian ini menginformasikan bahwa pengaruh kemampuan manajerial staf administrasi sekolah dalam pemanfaatan teknologi informasi berbasis komputer akan membantu dan berpengaruh positif dan signifikan terhadap upaya meningkatkan kualitas administrasi sekolah.
EVALUASI KINERJA GURU DAN UPAYA PENJAMINAN MUTU SEKOLAH Cepi Triatna
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2007): APRIL 2007
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (816.854 KB) | DOI: 10.17509/jap.v5i1.6182

Abstract

Pencapaian kinerja sekolah salah satunya ditentukan oleh kinerja guru dalam melakukan peran, tugas, dan tanggungjawabnya sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen khususnya pasal 20 poin a dan b. lebih jauh dari itu, evaluasi kinerja guru dapat dijadikan sebagau upaya untuk penjaminan mutu sekolah, yang dilakukan dengan mengembangkan suatu instrumen yang valid dan reliable terkait dengan aspek (1) pengembangan pribadi, (2) pemelajaran, (3) peningkatan kemampuan profesional, dan (4) interaksi sosial dengan stakeholder. Namun alat dan hasil yang didapat tidak akan menambah percepatan dan perbaikan kinerja sekolah, manakala tidak ditindaklanjuti dengan program capacity building bagi guru.
GURU SEBAGAI PROFESI Mohammad Fakry Gaffar
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2007): APRIL 2007
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jap.v5i1.6177

Abstract

Posisi dan peran guru dalam proses pendidikan di Indonesia merupakan permasalahan pendidikan nasional yang penuh kontroversi dan tidak pernah selesa dai masa ke masa. Apakah posisi dan peran guru dalam proses pendidikan nasional Indonesia itu sentral sehingga menentukan mutu dan keberhasilan proses pendidikan nasional? Kalau memang sentral, apakah tugas guru itu merupakan tugas profesional yang tidak dapat d iceijakan oleh siapa saja? Kalau tugas itu menuntut persyaratan professional tertentu, apakah guru diakui sebagai sebuah profesi yang menuntut penghargaan sebagaimana layaknya sebuah profesi penting dalam upaya mencerdaskan bangsa?
SERTIFIKASI SEBAGAI JAMINAN MUTU Eka Prihatin
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2007): APRIL 2007
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jap.v5i1.6188

Abstract

Proses Sertifika1; merupakan sebuah .an nan mutu pemeritah pada pendidikan, karena sertikat merupakan legitimasi profesional dari kompetensi dan kualifikasi yang harus dimiliki oleh tenaga pendidik. Guru/tenaga pendidik merupakan ujung tombak dari sebuah proses pendidikan sehingga tinggi rendahnya mutu has. pendidikan akan berhubungan dengan tingkat keprofe. onaian guru. Guru yang profesional harus mempunyai sertifikat sebaga wujud formal, dimana di dalamnya include dengan kualifikasi dan kompetens yaitu kompetensi pedagogi, kompetens. kepribad i an, kompetens sosial dan kompetensi profesional yang diperoleh melalu pendidikan profesi. Tuntutan professional dan tenaga pendidik akan mencitakan suatu pendidikan yang “ di teuteup ti hareup sieup, di titik ti gigir lengik, di sawang ti tukang lenjang ”. Sempurna!
PROFESIONALISASI DAN SERTIFIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Darman Hermawan
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2007): APRIL 2007
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jap.v5i1.6179

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan, salah satunya adalah mutu dan profesionalitas guru. Upaya yang dilakukan untuk meiningkatkan profesional dan mutu guru yakni dengan peningkatan kualifikasi dan kompetensi guru. Kualifikasi guru harus memenuhi persyaratan minimal sarjana. Kualifikasi dan kompetensi guru yang memenuhi persyaratan dan kriteria yang dipersyaratkan akan memperoleh sertifikat yang dihargai oleh pemerintah dengan adanya tunjangan profesi guru. Dengan diberikannya tunjangan profesi kepada guru bertujuan agar terjadi peningkatan mutu pendidikan yang terus-menerus (continous quality improvement) dalam setiap jenjang dan satuan pendidikan.
MODEL PROSEDUR SERTIFIKASI GURU Abubakar Abubakar
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2007): APRIL 2007
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jap.v5i1.6183

Abstract

Program sertifikasi profesi bagi guru berimplikasi pada berbagai aspek. Dari 2,7 guru di negara kita baru 900 ribu yang memenuhi kualifikasi dan sisanya 1,8 juta masih belum berkualifikasi. 900 ribu guru yang sudah berkualifikasi (S 1/D4) belum memiliki sertifikasi profesi. Bagaimana model prosedur sertifikasi profesi. Depdiknas melalui Diijen Profesi memberikan informasi tentang mekanisme penyelenggaran, rekruitmen dan pendaftaran, kuota, pembiayaan, dan LPTK penyelenggara. Untuk tahun anggaran 2007, rencananya ada 190.450 guru yang akan mengikuti program sertifikasi profesi. Sedangkan materi sertifikasi menyangkut: ilmu pendidikan, ICT, Psikologi, Sosiologi, Antropologi, dan Sains.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2007 2007


Filter By Issues
All Issue Vol 21, No 2 (2024): OCTOBER 2024 Vol 21, No 1 (2024): APRIL 2024 Vol 20, No 2 (2023): OCTOBER 2023 Vol 20, No 1 (2023): APRIL 2023 Vol 19, No 2 (2022): OCTOBER 2022 Vol 19, No 1 (2022): APRIL 2022 Vol 18, No 2 (2021): OCTOBER 2021 Vol 18, No 1 (2021): APRIL 2021 Vol 28, No 3 (2021): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN: Volume 28 Special Issue: Forum ASN Internasiona Vol 27, No 2 (2020): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVII NO.2 OKTOBER 2020 Vol 27, No 1 (2020): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVII NO.1 APRIL 2020 Vol 17, No 2 (2020): OCTOBER 2020 Vol 17, No 1 (2020): APRIL 2020 Vol 26, No 2 (2019): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVI NO.2 OKTOBER 2019 Vol 26, No 1 (2019): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVI NO.1 APRIL 2019 Vol 16, No 2 (2019): OCTOBER 2019 Vol 16, No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018 Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018 Vol 25, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.1 APRIL 2018 Vol 25, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.1 APRIL 2018 Vol 15, No 2 (2018): OCTOBER 2018 Vol 15, No 1 (2018): APRIL 2018 Vol 24, No 2 (2017): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXIV NO.2 OKTOBER 2017 Vol 21, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.2 Oktober 2014 Vol 12, No 1 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.1 April 2010 Vol 24, No 1 (2017): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.I April 2017 Vol 24, No 1 (2017): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.I April 2017 Vol 14, No 2 (2017): OCTOBER 2017 Vol 14, No 1 (2017): APRIL 2017 Vol 23, No 2 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.2 Oktober 2016 Vol 23, No 2 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.2 Oktober 2016 Vol 23, No 1 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.1 April 2016 Vol 13, No 2 (2016): OCTOBER 2016 Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016 Vol 22, No 2 (2015): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.2 Oktober 2015 Vol 22, No 1 (2015): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.1 April 2015 Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015 Vol 12, No 1 (2015): APRIL 2015 Vol 21, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.2 Oktober 2014 Vol 21, No 1 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.I April 2014 Vol 21, No 1 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.I April 2014 Vol 11, No 2 (2014): OCTOBER 2014 Vol 11, No 1 (2014): APRIL 2014 Vol 17, No 1 (2013): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XVII No.1 April 2013 Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013 Vol 14, No 1 (2012): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIV No.I April 2012 Vol 9, No 1 (2012): APRIL 2012 Vol 14, No 2 (2011): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIV No.2 Oktober 2011 Vol 13, No 1 (2011): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIII No.1 April 2011 Vol 8, No 2 (2011): OCTOBER 2011 Vol 8, No 1 (2011): APRIL 2011 Vol 12, No 2 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.2 Oktober 2010 Vol 12, No 2 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.2 Oktober 2010 Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010 Vol 7, No 1 (2010): APRIL 2010 Vol 9, No 1 (2009): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.IX No.1 April 2009 Vol 6, No 2 (2009): OCTOBER 2009 Vol 6, No 1 (2009): APRIL 2009 Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol VIII No 2 Oktober 2008 Vol 7, No 1 (2008): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.VII No.1 April 2008 Vol 5, No 2 (2008): OCTOBER 2008 Vol 5, No 1 (2008): APRIL 2008 Vol 5, No 1 (2007): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.V No.1 April 2007 Vol 4, No 1 (2007): APRIL 2007 Vol 3, No 1 (2005): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.III No.1 April 2005 Vol 3, No 2 (2005): OCTOBER 2005 Vol 3, No 1 (2005): APRIL 2005 Vol 2, No 1 (2004): OCTOBER 2004 Vol 1, No 1 (2003): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.I No.1 April 2003 Vol 1, No 1 (2003): APRIL 2003 More Issue