cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia
ISSN : 14128152     EISSN : 25801007     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Administrasi Pendidikan (JAP) published on 2003 with the ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 and issued by Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. JAP is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research articles in the scope of Educational Administration including Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Facilities and Infrastructure, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and Organization.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2011): OCTOBER 2011" : 8 Documents clear
PENGARUH NILAI KINERJA DAN MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS PEGAWAI Sudaryat Nurdin Akhmad
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): OCTOBER 2011
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.207 KB) | DOI: 10.17509/jap.v14i2.6419

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh informasi nilai kinerja, motivasi, dan produktivitas, serta besarnya pengaruh nilai kinerja dan motivasi terhadap produktivitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Provinsi Wilayah XXVI Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan explanatory survey. Penelitian ini menggunakan sampel total, sebanyak 24 orang pegawai UPPD Provinsi Wilayah XXVI Garut. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi serta dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai kinerja dan produktivitas pegawai Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Provinsi Wilayah XXVI Garut termasuk kategori tinggi, sementara itu motivasi kerjanya termasuk kategori sedang; (2) nilai kinerja pegawai berhubungan positif signifikan dengan produktivitas; (3)) motivasi berhubungan positif signifikan dengan produktivitas; dan (4) nilai kinerja dan motivasi, secara bersama- sama, berhubungan positif signifikan dengan produktivitas. Implikasinya, untuk meningkatkan produktivitas, prioritas upaya yang perlu dilakukan adalah meningkatkan motivasi karena motivasi berpengaruh lebih kuat terhadap produktivitas dibandingkan dengan nilai kinerja. Dengan kata lain, pegawai yang memiliki nilai kinerja baik sebagaimana tampak dalam daftar penilaian pekerjaan Pegawai (DP3), berpeluang memiliki produktivitas tinggi asal motivasi kerjanya kuat
DAMPAK LEARNING ORGANIZATION TERHADAP PRODUKTIVITAS PEMBELAJARAN Nurdin Nurdin
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): OCTOBER 2011
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.383 KB) | DOI: 10.17509/jap.v14i2.6409

Abstract

Sekolah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan formal bertanggung jawab menghasilkan sumber daya manusia berkualitas. Pendidikan formal sekolah tidak hanya dapat membentuk kemampuan berpikir, penalaran dan logika tetapi hendaknya mampu membentuk pengertian, pandangan, dan pemahaman siswa terhadap dirinya serta menilai dirinya setelah melakukan interaksi secara total dalam lingkungan sosial baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Pendidikan di sekolah tidak hanya terbatas pada hasil belajar peserta didik tetapi juga mencakup karakteristik personal seperti gambar diri dan kepercayaan diri. Dalam meningkatkan produktivitas pembelajaran yang merupakan perbandingan input pendidikan di sekolah dengan output pendidikan melalui leaming organization akan semakin memperkuat ketercapaian mutu pendidikan secara maksimal. Produktivitas pembelajaran pada sekolah menjadi hal yang penting dalam proses pendidikan karena berdampak terhadap hasil pendidikan tersebut
PENGARUH PROFESIONALITAS GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PADA SMA DI KOTA BANDUNG Asep Priatna
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): OCTOBER 2011
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.674 KB) | DOI: 10.17509/jap.v14i2.6415

Abstract

Era global menuntut SDM yang bermutu tinggi dan siap berkompetisi, baik dalam tataran nasional, regional, maupun internasional. Peningkatan kompetensi kualifikasi guru dan sertifikasi dimaksudkan untuk mendorong organisasi pembelajaran, dedikasi, loyalitas dan profesionalitas guru, yang diharapkan akan berpengaruh positif pada kinerja dan prestasi kerjanya pada era globalisasi ini. Prestasi kerja tersebut akan terlihat dari kualitas lulusan satuan pendidikan sebagai SDM yang berkualitas, produktif dan kompetitif. Dalam menghadapi era globalisasi yang penuh dengan persaingan dan ketidakpastian, dibutuhkan guru visioner dan mampu mengelola proses belajar mengajar secara efektif dan inovatif. Persaingan yang makin ketat serta tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kualitas sekolah menjadi daya pendorong untuk terus menerus meningkatkan kompetensi guru. Upaya mencapai visi dan misi yang mengamanatkan kualitas peserta didik. Disamping identifikasi tataran nyata yang dihadapi sekolah dalam mencapai mutu yang diharapkan menjadi referensi pentingnya kompetensi guru.
STUDI DESKRIPTIF PENCAPAIAN INDEK PENDIDIKAN DALAM KOMPOSIT IPM JAWA BARAT TAHUN 1993-2006 Iik Nurul Paik
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): OCTOBER 2011
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.219 KB) | DOI: 10.17509/jap.v14i2.6410

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi kinerja pencapaian komposit IPM di Jawa Barat pada periode 1993-2006. Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis pencapaian IP sebagai salah satu komposit pembentuk IPM (AMH, RLS, ILS, IP,) di Jawa Barat pada periode tahun 1993- 2006. Penelitian ini bersifat analisis ex-post facto evaluation. Metode yang dipergunakan adalah analisis forcastlng dengan menggunakan teknik proyeksi. Data yang dikaji merupakan data sekunder yang dipublikasikan secara resmi oleh BPS.Hasil penelitian bahwa selama periode 1993-2006:1) RLS bertambah 1,25 tahun; pencapaiannya 7,80 tahun/tahun; pertumbuhannya 2,37% (0,18486/tahun). 2) AMH bertambah 6,96%; pencapaiannya sebesar 95,07%; pertumbuhannya 0,50% (0,475385%/tahun); buta hurup tersisa 4,27%. 3) AHH bertambah 7,23 tahun (68,28 tahun); pencapaiannya 67,70/tahun; pertumbuhannya 0,54% (0,36558 tahun). 4) IP bertambah 7,47 poin; pencapaiannya 80,9 poin/tahun; pertumbuhannya 0,91%/tahun (0,73 poin).Secara keseluruhan akselerasi pencapaian RLS di daerah Kota lebih tinggi dibandingkan daerah Kabupaten. Fenomena ini sekaligus merefleksikan masih terjadinya ketimpangan antara daerah perkotaan dan nonperkotaan sekaligus menunjukan pula bahwa perlakuan pembangunan masih belum merata.
GAYA PENGASUHAN ORANG TUA AUTHORITATIVE DAPAT MENUMBUHKAN MOTIF BERPRESTASI PADA DIRIISELF ANAK DAN REMAJA HM. Engkos Kosasih
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): OCTOBER 2011
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.219 KB) | DOI: 10.17509/jap.v14i2.6416

Abstract

Perolehan tinggi rendah Nilai ujian Nasional (NUN) siswa SMA/remaja, dipengaruhi, diantaranya, oleh faktor internal siswa, dalam hal ini adalah faktor motivasional yaitu faktor motivasi berprestasi. Adanya motivasi berprestasi pada diriIself anak dan remaja, dikarenakan adanya motif berprestasi pada derajat yang tinggi dalam diri/se/f-nya. Motif berprestasi, atau kebutuhan berprestasi (N- Ach), adalah suatu keinginan untuk menjadi unggul dengan derajat tinggi, yang tefdapat pada dmlself anak dan remaja. Bagaimana terbentuk dan meningkatkan motif berprestasi pada diriIself anak dan remaja, artikel ini mencoba memaparkannya.
STUDI DAMPAK SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU MADRASAH Suryadi Suryadi
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): OCTOBER 2011
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.828 KB) | DOI: 10.17509/jap.v14i2.6411

Abstract

Purpose of doing of this study to know giving impact of educator certificate to teacher in each education ladder of madrasah public/private ( Ml, MTS, and MA). Solution is more focussed at performance to teach teacher madrasah which has owned educator certificate, achievement of student at madrasah which has owned teacher is certified, and construction program of teacher madrasah post certificated. Study about impact certificated to this madrasah teacher performance methodologically is done by using evaluation research method through step (1) formulation phase; ( 2) exploration and confirmation; ( 3) input and data processing; and (4) reporting. All the research phases done in range of time five months. Study stages;steps done that is: (1) specifies and defines study focus, ( 2) determines study focus indicator, ( 3) compilation of instalment, ( 4) data source stipulating, ( 5) data collecting, ( 6} data analysis, ( 7) validation result of data processing, and ( 8) compilation of report Kesimpulan result of study has not fully depicts comprehensive and hilly condition about impact of certificate to performance teachs teacher in area madrasah because location of study and number of responders still very limited.However, result of study has can give image of public which able to be made input to all policy taker in the management of certificate programe teacher in coming, and studies furthermore about impact to improvement of performance teachs teacher madrasah.
LAYANAN INFORMASI DAN KEMBANG ANAK KARTU PELATIHAN PEMANFAATAN (KKA) SEBAGAI DETEKSI DINI GANGGUAN PERKEMBANGAN PADA ANAK Riksma Nurahmi R.A
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): OCTOBER 2011
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jap.v14i2.6418

Abstract

Tumbuh kembang anak mencakup dua peristiwa yang sifatnya berbeda tetapi saling berkaitan dan sulit dipisahkan. Pertumbuhan beriritan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran, atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu. Perkembangan lebih menitik beratkan aspek perubahan bentuk atau fungsi pematangan organ ataupun individu, termasuk perubahan aspek sosial atau emosional akibat pengaruh lingkungan (Markum,1996).Kartu Kembang Anak (KKA) atau lembar pemantauan perkmbangan bayi balita merupakan alat sederhana untuk deteksi dini penyimpangan atau gangguan perkembangan anak yang meliputi aspek-aspek perkembangan motorik kasar, motorik halus, komunikasi pasif, komunikasi aktif, kecerdasan dan kemampuan sosialisasi secara bertahap mulai dari 0 bulan sampai 72 bulan
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP MUTU SEKOLAH DI SMP NEGERI DAN SWASTA WILAYAH KOTA BANDUNG Cucun Sunaengsih
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): OCTOBER 2011
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jap.v14i2.6412

Abstract

Persoalan tentang kepemimpinan belum berjalan secara profesioanal akibat masih banyaknya kepala sekolah yang masih menjadi instrumen kepala dinas (persoalan the man behind Ihe gun), adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai penulis yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai hubungan transformasional kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap mutu sekolah. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan transfomasional kepala sekolah dan budaya sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap mutu sekolah. Ada pun rekomendasi yang ingin disampaikan penulis yaitu agar kepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat memberikan dampak yang nyata, maka kepala sekolah lebih aktif memberikan pembinaan terhadap warganya dan aktif menggali informasi terbaru. Begitu pun supaya budaya sekolah dapat lebih kondusif, maka guru dan staff TU untuk lebih menyesuaikan diri dengan sistem sekolah yang terus mengarah pada arah perbaikan. Dengan begitu maka sekolah bermutu akan mudah terwujud.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2011 2011


Filter By Issues
All Issue Vol 21, No 2 (2024): OCTOBER 2024 Vol 21, No 1 (2024): APRIL 2024 Vol 20, No 2 (2023): OCTOBER 2023 Vol 20, No 1 (2023): APRIL 2023 Vol 19, No 2 (2022): OCTOBER 2022 Vol 19, No 1 (2022): APRIL 2022 Vol 18, No 2 (2021): OCTOBER 2021 Vol 18, No 1 (2021): APRIL 2021 Vol 28, No 3 (2021): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN: Volume 28 Special Issue: Forum ASN Internasiona Vol 27, No 2 (2020): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVII NO.2 OKTOBER 2020 Vol 27, No 1 (2020): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVII NO.1 APRIL 2020 Vol 17, No 2 (2020): OCTOBER 2020 Vol 17, No 1 (2020): APRIL 2020 Vol 26, No 2 (2019): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVI NO.2 OKTOBER 2019 Vol 26, No 1 (2019): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVI NO.1 APRIL 2019 Vol 16, No 2 (2019): OCTOBER 2019 Vol 16, No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018 Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018 Vol 25, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.1 APRIL 2018 Vol 25, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.1 APRIL 2018 Vol 15, No 2 (2018): OCTOBER 2018 Vol 15, No 1 (2018): APRIL 2018 Vol 24, No 2 (2017): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXIV NO.2 OKTOBER 2017 Vol 21, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.2 Oktober 2014 Vol 12, No 1 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.1 April 2010 Vol 24, No 1 (2017): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.I April 2017 Vol 24, No 1 (2017): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.I April 2017 Vol 14, No 2 (2017): OCTOBER 2017 Vol 14, No 1 (2017): APRIL 2017 Vol 23, No 2 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.2 Oktober 2016 Vol 23, No 2 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.2 Oktober 2016 Vol 23, No 1 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.1 April 2016 Vol 13, No 2 (2016): OCTOBER 2016 Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016 Vol 22, No 2 (2015): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.2 Oktober 2015 Vol 22, No 1 (2015): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.1 April 2015 Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015 Vol 12, No 1 (2015): APRIL 2015 Vol 21, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.2 Oktober 2014 Vol 21, No 1 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.I April 2014 Vol 21, No 1 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.I April 2014 Vol 11, No 2 (2014): OCTOBER 2014 Vol 11, No 1 (2014): APRIL 2014 Vol 17, No 1 (2013): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XVII No.1 April 2013 Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013 Vol 14, No 1 (2012): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIV No.I April 2012 Vol 9, No 1 (2012): APRIL 2012 Vol 14, No 2 (2011): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIV No.2 Oktober 2011 Vol 13, No 1 (2011): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIII No.1 April 2011 Vol 8, No 2 (2011): OCTOBER 2011 Vol 8, No 1 (2011): APRIL 2011 Vol 12, No 2 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.2 Oktober 2010 Vol 12, No 2 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.2 Oktober 2010 Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010 Vol 7, No 1 (2010): APRIL 2010 Vol 9, No 1 (2009): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.IX No.1 April 2009 Vol 6, No 2 (2009): OCTOBER 2009 Vol 6, No 1 (2009): APRIL 2009 Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol VIII No 2 Oktober 2008 Vol 7, No 1 (2008): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.VII No.1 April 2008 Vol 5, No 2 (2008): OCTOBER 2008 Vol 5, No 1 (2008): APRIL 2008 Vol 5, No 1 (2007): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.V No.1 April 2007 Vol 4, No 1 (2007): APRIL 2007 Vol 3, No 1 (2005): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.III No.1 April 2005 Vol 3, No 2 (2005): OCTOBER 2005 Vol 3, No 1 (2005): APRIL 2005 Vol 2, No 1 (2004): OCTOBER 2004 Vol 1, No 1 (2003): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.I No.1 April 2003 Vol 1, No 1 (2003): APRIL 2003 More Issue