cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
ISSN : 20883226     EISSN : 26208210     DOI : -
Core Subject : Education,
MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman (ISSN Print: 2088-3226|ISSN Online: 2620-8210) adalah jurnal yang memuat tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, review buku baru, studi naskah di bidang Keislaman, Keilmuan, dan Kemanusiaan, dengan konsentrasi pada disiplin ilmu Tarbiyah, Syari’ah, Ushuluddin, dan Dakwah. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, Juni dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2015): Madania" : 6 Documents clear
MENGENAL NEO-MODERNISME ISLAM; Sebuah Essay Pemikiran Fazlur Rahman tentang Pendidikan Islam Imam Hanafi
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 5, No 1 (2015): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.829 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v5i1.4786

Abstract

Tulisan ini mendeskripsian pandangan Fazlur Rahman sebagai tokoh pembaharu Islam yang mempunyai gambaran tentang perjalanan sejarah pendidikan. Juga menggambarkan pandanganya tentang fenomena kegagalan pemaknaan al-Qur’an dan Sunnah oleh umat Islam. Menurutnya, al-Qur’an dan Sunnah lebih cenderung dibaca sepanjang versi mufassir. Karena itu al-Qur’an dan Sunnah gagal pula ditempatkan sebagai sumber otentik pengembangan pemikiran teoritis atau pun praktis bagi panduan (hudan) kehidupan dunia. Berawal dari pandangan yang demikian, Fazlur Rahman menekankan pentingnya etika yang dipetik dari al-Qur’an untuk dijadikan fundamen pengembangan pemikiran dan praktik pedidikan. Rahman juga berpartisipasi dalam memformat strategi, tujuan, metode dan kurikulum pendidikan Islam yang  up to date.
PENDIDIKAN ISLAM: Sebuah Tantangan dalam Kebobrokan Mulyadi Mulyadi
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 5, No 1 (2015): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.284 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v5i1.4791

Abstract

Tulisan ini menganalisis bagaimana lemahnya sistem pendidikan Islam yang selama ini sudah dan sedang berlangsung. Kelemahan yang mecolok adalah out put atau out come yang diperoleh pendidikan Islam masih jauh dari harapan. Oleh Karena itu, penting untuk merekontruksi kembali model pendidikan Islam, yaitu dimulai dari metodologi, profesionalisme guru, perhatian pemerintah yang sepenuh hati dan ikhlas, sanggup menghadapi tantangan perubahan masa sekarang ini serta segenap masyarakat untuk senantiasa memberikan kontribusi yang nyata terharap pendidikan. Jika tidak, jangan diharapkan banyak pendidikan.
KEBIJAKAN PEMERINTAH terhadap PENETAPAN KURIKULUM NASIONAL; Analisis Kurikulum Muatan Lokal Zulkifli Muhammad Nuh
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 5, No 1 (2015): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.509 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v5i1.4787

Abstract

Tahun ajaran 2006/2007 ini muncul kurikulum baru yaitu KTSP (kurikulum tingkat satuan pelajaran). KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun, dibuat oleh sekolah yang mengacu pada standar isi yang diterbitkan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) yang dilaksanakan oleh setiap pendidikan berdasarkan potensi dan kebutuhan satuan pendidikan di daerah masing-masing. Dalam kurikulum baru ini, pihak sekolah memiliki hak dan wewenang membuat dan mengembangkan kurikulum tersebut. Hal ini tentu para guru yang harus aktif dan kreatif dalam menentukan langkah-langkah pembuatan dan pengembangan kurikulum tersebut. Karena dalam KTSP, guru yang berhak sepenuhnya menentukan penilaian kepada anak didik
ISLAM dalam KONTEKS NEGARA-NEGARA MODERN Said Masykur
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 5, No 1 (2015): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.696 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v5i1.4788

Abstract

Sebagai akibat dari modernitas, Islam dan masyarakat Islam berhadapan dengan negara-negara modern dengan berbagai budaya modernitasnya. Akibatnya, mayaoritas umat Islam yang mengalami kolonialisasi menganggap bagian-bagian dari modernitas itu sebagai bentuk kolonialisme modern. Oleh karena itu, berbagai kebangkitan pemikiran umat Islam dalam merespon itu semua menjadi sangat plural. Salah satunya adalah pandangan bahwa Negara Islam bukanlah tujuan. Tujuannya adalah mewujudkan masyarakat yang setia dan memaksimalkan firman-firman Allah.
MEMAHAMI HAKIKAT PEMBELAJARAN dalam ISLAM Sebuah Model-Model dan Metode Sri Mawarti
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 5, No 1 (2015): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.684 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v5i1.4789

Abstract

Dalam pendidikan Islam, sesungguhnya banyak sekali metode pembelajaran yang bisa dikembangkan. Karena pada prinsipnya pendidikan Islam adalah berusaha menumbuh-kembangkan, mendidik, merawat, membesarkan setiap potensi yang diberikan Allah kepad peserta didik. Tulisan ini, mendeskripsikan beberapa metode dan pendekatan pembelajaran dalam pendidikan Islam. Diantaranya adalah Dialog Qurani dan Nabawi; kisah Qurani dan Nabawi; Mauizah; Keteladanan; dan Targhib dan Tarhib.
KOMUNIKASI dan DAKWAH : Ihtiar Integrasi Keilmuan dan Urgensi Kekinian Imror Rosyidi
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 5, No 1 (2015): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.4 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v5i1.4790

Abstract

Secara normatif, kajian dakwah menghendaki terjadinya perubahan yang evolutif menuju tataran beradab (civilized) dalam sebuah komunitas muslim yang berdasarkan sendi-sendi religiutas keagamaan yang kokoh. Keilmuan Dakwah perlu dipelajari dan didiskusikan secara mendalam oleh para sarjana karena gerak modernitas yang kencang  menuntut  adanya perubahan metode  atau cara-cara di dalamnya. Dengan demikian,  metodologi Dakwah  yang mapan mampu mengurangi kelemahan pembinaan lapangan dakwah yang seringkali terabaikan oleh para sarjana muslim dan juru dakwah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6