cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
ISSN : 20883226     EISSN : 26208210     DOI : -
Core Subject : Education,
MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman (ISSN Print: 2088-3226|ISSN Online: 2620-8210) adalah jurnal yang memuat tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, review buku baru, studi naskah di bidang Keislaman, Keilmuan, dan Kemanusiaan, dengan konsentrasi pada disiplin ilmu Tarbiyah, Syari’ah, Ushuluddin, dan Dakwah. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, Juni dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2018): Madania" : 6 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA dengan MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK-PAIR-SHARE Neliwati Neliwati
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 8, No 1 (2018): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.824 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v8i1.5117

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biologi pokok bahasan sistem peredaran darah dengan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share pada siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 27 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan posttes pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 5,44 atau meningkat sebesar 6,50 dari nilai awal; ranah afektif = 24,315 (termasuk kategori kurang berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 7,34 atau meningkat sebesar 0,8 dari siklus I; ranah afektif = 34,315 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat dari siklus I)). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif pada siklus III = 8,47 atau meningkat sebesar 1,13 dari siklus II; ranah afektif 40,525 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 6,21 dari siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tipe TPS (Think-Pair-Share) meningkatkan hasil belajar biologi pada pokok bahasan sistem peredaran darah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 27 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI untuk MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA Afnan Afnan
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 8, No 1 (2018): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.098 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v8i1.5118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor Siswa X TKR ( Teknik Kendaraan Ringan ) di SMK Tunas Karya Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek  penelitian adalah siswa kelas X TKR ( Teknik Kendaraan Ringan )  SMK Tunas Karya dengan jumlah 34 orang siswa yang terdiri dari 30 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Data penelitian berupa hasil belajar yang didapatkan dari tes dan aktivitas siswa yang diperoleh melalui observasi oleh observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ekspositori  berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh strategi tersebut terhadap ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 52,94 % dan meningkat menjadi 88,23 % pada siklus II. Sedangkan aktifitas siswa hanya mencapai kategori rendah dengan skor  115 pada siklus I dan meningkat menjadi 200 dengan kategori tinggi pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar fisika sekaligus aktivitas Siswa Kelas X TKR ( Teknik Kendaraan Ringan ) di SMK Tunas Karya Pekanbaru
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS RUMAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 TAPUNG MEGA PRIHATINI
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 8, No 1 (2018): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.365 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v8i1.5346

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar PKn siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Tapung tahun pelajaran 2016/2017 setelah penerapan pembelajaran pemberian tugas rumah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Tapung yang berjumlah 38 orang siswa yaitu 23 orang siswa putra dan 15 orang siswa putri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil analisis data deskritif tentang hasil belajar siswa diperoleh bahwa pada siklus I hasil daya serap peserta didik sebelum PTK yaitu 74.5. Setelah PTK pada siklus I sebesar 83.2. Pada siklus II sebesar 85.8. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran pemberian tugas rumah dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Tapung tahun pelajaran 2016/2017.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IX-B SMP NEGERI 4 TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR Pharada Kresna
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 8, No 1 (2018): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.528 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v8i1.5382

Abstract

This research was conducted in order to know the results learning of IX-B grade students learn IPA SMP Negeri 4 Tapung Hulu academic year 2015/2016 with the implementation of cooperative learning. This research is a classroom action research, which was implemented in October and November 2015. The subjects were students of class IX-B SMPN 4 Tapung Hulu amounts to 34 students consist of 16 male dan 18 female. The data collection in this study using descriptive data analysis. Descriptive analysis of data on student learning outcomes obtained for result learning students. Result observation for result learning students, learners absorption before PTK is 73.8, after the first cycle is 83.8. Cycle II learning result is 87,9. From these data it can be concluded that the application of cooperative learning method can result learning outcomes IPA class IX-B SMPN 4 Tapung Hulu academic year 2015/2016.
ISBAT RAMADHAN in THE PERSPECTIVE of AL-QUR'AN Ade Jamrudin
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 8, No 1 (2018): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.843 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v8i1.5425

Abstract

The Qur'an revealed by Allah is not only to be read textually, but the Qur'an to be understood, lived and practiced in social life of society. The Qur'an revealed to the Muhammad is to elevate the human level from the valley of darkness to a brightly lit world. History proves that jahiliyyah society which has no civilization and direction and purpose of life successfully brought by the Muhammad to the new life of a more advanced civilization, the life of the illuminated light of faith and respect for the dignity of humanity. Differences determining the beginning of fasting and syawwal, it turns out that the difference is just on the determination of criteria. According to the experts the cause of the difference is not the difference between the method of calculation and observation, but more because of differences in understanding the provisions written in the holy book of the Qur'an and the hadith of Muhammad
PENGARUH KESADARAN DAN KEPERCAYAAN POLITIK TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DHARMASRAYA PADA PILKADA 2015 Anggraini Merry; Asrinaldi Asrinaldi; Aidinil Zetra Zetra
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 8, No 1 (2018): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.043 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v8i1.5676

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh kesadaran politik terhadap partisipasi masyarakat Kabupaten Dharmasraya. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh kesadaran dan kepercayaan politik terhadap tingkat partisipasi politik masyarakat Kabupaten Dharmasraya. Faktor kesadaran dan keprcayan politik mempengaruhi tingkat partisipasi politik masyarakat Kabupaten Dharmasraya pada Pilkada Serentak Tahun 2015. Hasil peneitian menunjukan bahwa tingkat kesadaran politik dan kepercayaan terhadap sistem pemerintahan masyarakat Kabupaten Dharmasraya cukup tinggi. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji Kendall Tau diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,462. Kesadaran politik dan kepercayaan terhadap sistem pemerintahan memiliki hubungan positif dengan partisipasi politik masyarakat pada Pilkada Serentak di Kabupaten Dharmasraya Tahun 2015

Page 1 of 1 | Total Record : 6