Articles
529 Documents
Search results for
, issue
"Vol 7 No 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)"
:
529 Documents
clear
Faktor-Faktor Yang Memberikan Kontribusi Pada Affective Resident Commitment Warga Kota Bandung
Adella Nilam Ayu Anjani;
Yadi Ernawadi
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i3.8649
The Indonesia Most Livable City Index assessment for Bandung City of 71 in 2022 is ranked 6th out of 25 top tier cities in Indonesia. The purpose of this study is to examine the effect of place image on affective resident commitment mediated by place attachment of Bandung residents. The survey method with convenience sampling technique was used to determine a sample of 120 respondents. The data analysis technique used is structural equation modeling (SEM) using SmartPLS version 3.0. Of the thirteen research hypotheses proposed, seven of them are supported by empirical data. The results showed that physical appearance and ambient and community service were found to have a positive effect both directly and indirectly on affective resident commitment. The results of this study are expected to provide benefits for further research and the Bandung City government regarding the design of strategies relevant to improving the quality of these attributes.
Faktor yang Mempengaruhi Sikap dan Niat Warga Negara Indonesia untuk Menggunakan Open Government Data
Sephia Ayu Permatasari;
Diah Hari Suryaningrum
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i4.6274
Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh dari delapan faktor terhadap sikap warga negara terhadap open government dan government 2.0, dan apakah sikap ini mempengaruhi niat mereka untuk menggunakan Open Government Data di Indonesia, yang merupakan salah satu negara pendiri Open Government Partnership (OGP). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif memakai sumber data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah warga negara Indonesia. Peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 292 sampel. Teknik yang dipakai untuk analisis data adalah partial least square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiga faktor, yaitu kemudahan penggunaan, kegunaan, dan kompetensi internet memiliki pengaruh terhadap sikap warga negara terhadap open government dan government 2.0, dan sikap ini mempengaruhi niat warga untuk menggunakan Open Government Data (OGD). Hasil pada penelitian ini berkontribusi dengan memberikan informasi yang bermanfaat sehingga pembuat kebijakan pemerintah dapat mengarahkan inisiatif open government, mendidik warga tentang nilai dan kegunaan pemerintahan elektronik, dan lebih melibatkan masyarakat untuk berkontribusi dalam kontrol sosial.
Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Dari Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBB-P2) Terhadap Pendapatan Asli (PAD) (Survei pada 35 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah Pada Tahun 2014-2018)
Alifiya Sandyah Putri;
Priyo Hari Adi
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i4.3312
Wewenang pemerintah daerah dalam mengatur PBB-P2 diatur dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah. Pemerintah mewajibkan per tahun 2014 agar semua kabupaten dan kota di Indonesia melaksanakan kewajibannya untuk mengatur PBB-P2. Pengalihan PBB-P2 dari pajak pusat menjadi pajak daerah ini guna meningkatkan otonomi daerah. Karena adanya pengalihan maka secara langsung menambah sektor penerimaan bagi PAD. PAD merupakan salah satu sektor penunjang belanja daerah, maka dari itu antara PBB-P2, PAD, dan belanja daerah saling terkait. Penelitian ini menggunakan 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah pada periode tahun 2014 – 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan kontribusi PBB-P2 terhadap PAD serta pengaruhnya terhadap belanja daerah setelah adanya pengalihan menjadi pajak daerah. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan serta laporan daerah dalam angka. Keywords (Kata Kunci) : Efektivitas PBB-P2, Kontribusi PBB-P2, PAD, Belanja Daerah
Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2019 – 2022)
Rafly Muhammad Musthofa;
Batara Daniel Bagana
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i4.7084
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah likuiditas, leverage, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan kebijakan dividen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 41 perusahaan dan jumlah data yang digunakan sebanyak 164 data. Pada saat mengolah data, terdapat beberapa data perusahaan yang harus di outlier. Setelah dilakukan outlier, total sampel yang diperoleh sebanyak 94 data. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas dan kebijakan dividen berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Leverage, profitabilitas, dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Dividen, dan Nilai Perusahaan
Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Dengan Kualitas Audit Sebagai Variabel Moderasi
Nofita Dwi Rustiyani;
Maria Goreti Kentris Indarti
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i4.7114
Manajemen laba merupakan fenomena penting dalam lingkungan bisnis saat ini. Meskipun dapat memberikan manfaat jangka pendek, perusahaan harus mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang bagi keberlanjutan dan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh corporate governance terhadap manajemen laba dengan kualitas audit sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data sekunder dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2021. Metode purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian. Setelah proses seleksi, terdapat 271 data yang memenuhi kriteria sampel yang ditentukan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil pengujian menunjukkan bahwa komite audit dan kualitas audit berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, sedangkan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan pengujian efek moderasi menunjukkan bahwa kualitas audit tidak mampu memperkuat hubungan negatif antara komisaris independen dan komite audit terhadap manajemen laba. Dua variabel kontrol yaitu leverage dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Kata kunci: manajemen laba, komisaris independen, komite audit, kualitas audit
Analisis Motivasi Kerja Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan Umkm Toko Coco Ban
Muhamad Ridwan Prasetya;
Budi Rismayadi;
Neni Sumarni
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i4.7311
Tujuan dilakukannya Penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi kerja dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan UMKM Toko Coco Ban. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik triangualasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilik UMKM Toko Service Coco Ban sudah melakukan penerapan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan dengan memberikan gaji/upah yang sesuai dengan beban kerja yang dilakukan oleh karyawan, membuat peraturan yang fleksibel dan tidak mengekang serta penindak lanjutan pada pelanggaran yang dilakukan, menjalin hubungan yang harmonis antara pemilik dengan karyawan serta antara sesama karyawan, memberikan penghargaan kepada karyawan saat target yang diinginkan berhasil di capai. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya motivasi kerja dalam konteks UMKM dan memberikan rekomendasi praktis bagi pemilik UMKM Toko Coco Ban dan pemilik UMKM lainnya dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan dan mengoptimalkan kinerja mereka
Pengaruh Perceived Fit, Perceived Novelty, Dan Customer Attitude Terhadap Purchase Intention Dalam Strategi Co-Branding
Arum Ranandhyta Isra Widjayanti Rahadjeng
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i4.7777
Merek mengkomunikasikan kualitas dan menciptakan gambaran atau karakteristik yang bermakna di benak konsumen yang membantu mereka dalam mengambil keputusan pembelian. Merek yang memiliki kekuatan yang signifikan mampu membentuk representasi yang menarik dalam persepsi konsumen, memengaruhi keputusan pembelian, dan mendorong loyalitas pelanggan. Co-branding telah menjadi strategi populer dalam persaingan pasar yang sengit. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data dari konsumen yang sudah mengenal merek Indomie dan Indofood Ice Cream serta produk Choc Rocks Cone Indomie, namun belum pernah membeli produk Choc Rocks Cone Indomie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived fit berperan penting sebagai mediator antara sikap pelanggan terhadap merek dan produk co-branding. Selain itu, sikap pelanggan terhadap produk co-branding, perceived fit, dan perceived novelty memiliki pengaruh positif pada keinginan pembelian produk co-branding. Meskipun perceived novelty memiliki pengaruh positif, tidak menjadi mediator yang signifikan. Oleh karena itu, perusahaan yang ingin meluncurkan produk co-branding perlu memahami peran penting perceived fit dalam memengaruhi sikap pelanggan dan keinginan pembelian.
Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Koperasi Produksi Gapoktan Srimulya Desa Tegalsari Cilamaya Wetan Tahun 2018-2022
Mayasuri Mayasuri;
Sihabudin Sihabudin;
Robby Fauzi
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i4.7829
Rasio keuangan sangat diperlukan oleh koperasi untuk mengetahui kinerja keuangan pada setiap periodenya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan dan kinerja keuangan Koperasi Produksi Gapoktan Srimulya di Desa Tegalsari Cilamaya Wetan ditinjau dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio profitabilitas (rentabilitas) selama 5 tahun terakhir (2018 Sampai 2022). Jenis penelitian yang dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu mengumpulkan, mengolah dan menginterprestasikan data yang diperoleh. Adapun sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan berupa neraca dan laba rugi antara tahun 2018 sampai 2022. Populasi dan sampel penelitian ini adalah laporan keuangan Koperasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Produksi Gapoktan Srimulya di Desa Tegalsari Cilamaya Wetan. Teknik analisis data yang digunakan adalah rasio keuangan dengan kriteria berdasarkan SK Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 06/Per/Dep.6/III/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan koperasi menggunakan rasio likuiditas pada Koperasi Produksi Gapoktan Srimulya selama lima tahun yang dilihat berdasarkan current ratio dikategorikan buruk karena memiliki rasio rata-rata 365,67% dan cash ratio dikategorikan buruk karena memiliki rasio rata-rata 9,38%. Berdasarkan rasio solvabilitas selama lima tahun dilihat dari asset to debt ratio dikategorikan baik karena memiliki rasio rata-rata 46,40% dan debt to equity dikategorikan sangat baik karena memiliki rasio rata-rata 12,99%. Sedangkan berdasarkan rasio rentabilitas (profitabilitas) selama lima tahun menggunakan return on asset dikategorikan cukup baik karena memiliki rata-rata rasio 5,31%, return on equity dikatakan sangat baik karena memiliki rata-rata 21,58%, dan net profit margin dikategorikan sangat baik karena memiliki rasio rata-rata 50,52%.
Pengaruh Pelatihan Akuntansi, Tingkat Pendidikan Dan Lama Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Subang
Siti Nurpadillah;
Fista Apriani Sujaya;
Devi Astriani
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i4.7852
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelatihan akuntansi, tingkat pendidikan dan lama usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi pada usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data yang diambil berupa data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM pada tahun 2021 dengan jumlah 229,215 pelaku usaha. Teknik pengambilan sampel mengguakan metode provosive sampling maka sampel dalam penelitian ini dengan kriteria- kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner. Aplikasi yang digunakan untuk membantu menyelesaikan analisis data yang diajukan menggunakan SPSS 26 . Berdasarkan dengan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti ini menunjukan bahwa Pelatihan akuntansi secara parsial tidak berpengaruh dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. Tingkat pendidikan secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. Lama usaha secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. Pelatihan akuntansi, tingkat pendidikan dan lama usaha secara bersama-sama (simultan) memiliki hubungan yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu penggunaan informasi akuntansi.
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan Dan Ikatan Emosional Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Di Koperasi BMT UGT Nusantara
Achmad Farid Hidayatullah;
Nihayatu Aslamatis Solekah
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i4.7950
Koperasi BMT UGT Nusantara Sidogiri yang merupakan Koperasi keuangan jasa terbesar di Indonesia. Untuk meningkatkan jumlah nasabah lembaga keuangan jasa harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk terjalinnya loyalitas setiap nasabah, dan juga dengan citra yang baik lembaga keuangan jasa diharapkan bisa membuat nasabah untuk loyal, serta dengan ikatan emosional yang baik antara nasabah dengan lembaga keuangan jasa bisa memperkuat loyalitas nasabah terhadap lembaga keuangan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 130 nasabah BMT UGT Nusantara Capem Wonoasih, dengan memenuhi beberapa persyaratan minimal telah melakukan 3kali transaksi pada BMT. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan random sampling, sedangkan untuk teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan software SemPLS 3.0. hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh langsung loyalitas nasabah, citra perusahaan dan ikatan emosional berpengaruh langsung terhadap loyalitas nasabah, dan kemudian kepuasan nasabah tidak mampu memediasi antara kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas, dan kemudian ikatan emosional bersama-sama mempengaruhi loyalitas dengan kepuasan nasabah.