cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
JURNAL SERAMBI ILMU
ISSN : 16934849     EISSN : 25492306     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere
Arjuna Subject : -
Articles 29 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU" : 29 Documents clear
UPAYA PENGEMBANGAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING Oktaviani, Coryna; Nurmaliah, Cut; Mahidin, Mahidin
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (787.91 KB) | DOI: 10.32672/si.v20i2.1454

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan psikomotorik peserta didik melalui implementasi problem based learning pada materi laju reaksi. Data penelitian ini dikumpulkan pada bulan oktober 2018 di SMAN 4 Banda Aceh melalui pre-experimental one-group pretest-posttest design. Pemilihan sampel secara purposive diperoleh peserta didik kelas XI IA-3 yang berjumlah 30 orang dari populasi 5 kelas XI IA. Lembar observasi psikomotorik peserta didik yang telah disiapkan sebagai instrumen dinilai oleh observer berjumlah enam orang, selanjutnya dianalisis dengan rumus perbandingan untuk memperolah data dalam bentuk nilai. Nilai yang diperoleh dari 10 item penilaian lembar psikomotorik menujukkan bahwa didapatkannya nilai yang sempurna dengan kategori sangat baik yaitu 4, seperti menuliskan kajian teoritas, rumusan masalah, prosedur kerja, dan bentuk fisik. Sedangkan item lainnya mendapatkan nilai di sekitaran 3,5; 3,7; 3,8; dan 3,9 yang masih dikategorikan rata-rata sangat baik juga. Berdasarkan hasil dari pengolahan data enam kelompok keseluruhan diperolehlah bahwa psikomotorik peserta didik mengalami peningkatan yaitu sebesar 95 dengan kategori sangat baik. Sehingga untuk penelitian lanjutan dapat disarankan melakukan penilaian psikomotorik berbasis mutiple intelligence dengan Problem Based Learning dengan menyiapkan lembar rubrik yang sesuai.
PENGEMBANGAN KINERJA PERGURUAN TINGGI MELALUI MANAJEMEN BERBASIS INSTITUSI (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDikti 13 Aceh) Ansari, Bansu Irianto; AG, Burhanuddin
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.593 KB) | DOI: 10.32672/si.v20i2.1452

Abstract

Pendidikan tinggi sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan serta teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan pemberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan. Oleh sebab itu peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi merupakan sesuatu yang tidak bisa diabaikan dan mendesak untuk segera dilakukan dengan jalan merubah subsistem yang sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola perguruan tinggi yang baik, GuG (Good University Governance). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh profil kepemimpinan PTS yaitu kompetensi individu, gaya kepemimpinan demokratis, lingkungan yang sinergis dan komitmen pimpinan PT terhadap tata kelola pengembangan Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Penelitian ini menggabungkan dua metode penelitian yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik wawancara, kuisioner dan survey. Subyek sampel penelitian ini para Rector dan Pembantu Rector Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Provinsi Aceh. Pada Studi awal penelitian ini, subjek sampelnya berjumlah 10 pimpinan, terdiri dari dua Universitas, dua Sekolah Tinggi dan satu Akademi. Instrumen yang digunakan adalah borang penilaian Pimpinan Perguruan Tinggi, serta instrument penelitian Kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berdasarkan prinsip-prinsip GuG. Semua instrument penelitian dan borang penilaian melalui tahapan validasi dan reliabilitas. Hasil temuan dalam studi awal ini adalah tingkat keterpakaian borang sekitar 94%, dan pengaruh Profil kepemimpinan PTS terhadap Kinerja PTS bidang akademik sekitar 59,3% dan bidang non akademik sekitar 59,1%.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) Aryani, Irma; Maulida, Maulida
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (868.692 KB)

Abstract

Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi proses berpikir kritis, kreatif, logis, reflektif, dan metakognitif. Berdasarkan tujuan kurikulum 2013, soal-soal matematika harus mengintegrasikan HOTS. Soal kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS) adalah berbasis permasalahan kontekstual yang menuntut siswa berpikir kreatif dan kritis dalam mengkreasi ide atau gagasan, memecahkan masalah, mengambil keputusan, mengevaluasi, dan menganalisis dengan cara yang bermakna. Adapun indikator untuk mengukur kemampuan HOTS adalah siswa dapat menggunakan keterampilan berpikir analisis, evaluatif, kreatif, kritis, dan berpikir logis untuk memecahkan masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengalisis kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes dan wawancara yang disusun berdasarkan indikator HOTS. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa melakukan kesalahan-kesalahan yang beranekaragam dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS, meliputi kesalahan dalam memahami perintah soal, kesalahan dalam mengaitkan menghubungkan suatu fakta dari satu konsep ke konsep lain, kesalahan dalam menulis, mengkonstruksi, mengkreasi ide, konsep, rumus, atau cara menyelesaikan masalah, dan tidak (kesalahan) menarik kesimpulan. Penyebab kesalahan tersebut diantaranya adalah sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan keterampilan berpikir tingkat tingginya.
STRATEGI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MATLAB Nurbaiti, Nurbaiti
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.375 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan aktifitas peserta didik dalam proses pembelajaran pada kelas VIII-8 MTsN Model Banda Aceh melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan software MATrix Laboratory (MATLAB) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Tes hasil belajar diberikan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, sedangkan Lemabar observasi aktivitas siswa untuk melihat keaktivan peserta didik dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu rumus persentase. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 63,89%, hasil yang diperoleh pada siklus II sebesar 72,22%, dan siklus III sebesar 83,33%. Sehingga terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II dan III. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan software MATLAB dapat meningkatkan hasil belajar meteri Sistem Persamaan Dua Variabel siswa kelas VIII-8 MTsN 1 Model Banda Aceh.
KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SEKOLAH DASAR Amirzan, Amirzan; Ilyas, Ilyas
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (806.32 KB) | DOI: 10.32672/si.v20i2.1460

Abstract

Kepala sekolah dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara efektif, apabila ia menguasai manajemen dengan baik, sehingga pada akhirnya dapat mencapai produk pendidikan yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan fenomena-fenomena tentang: Kemampuan konseptual, kemampuan teknis dan kemampuan hubungan manusiawi yang dimiliki oleh kepala sekolah, dengan metode deskriptif. Sedangkan untuk memperoleh data kualitatif ditempuh dengan tehnik wawancara, dokumentasi dan observasi terhadap subjek penelitian yakni Kepala Dinas , Pengawas TK/SD dan para Kepala sekolah Dasar di Wilayah Kecamatan Kota Sigli. Pengolahan atau analisis data dengan tahapan reduksi data, display data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan konseptual kepala sekolah sudah baik, hal ini ditandai dengan kemampuan Kepala sekolah dalam menetapkan prioritas, sistem perencanaan, merumuskan program, visi dan misi sekolah. Selanjutnya kemampuan teknis kepala sekolah dasar juga sudah memadai karena mereka telah mampu mengimplementasikan berbagai program ke kondisi yang real. demikian pula kemampuan hubungan manusiawi yang dilakukan oleh kepala sekolah sudah terlihat ke arah yang semakin baik, karena kenyataan di lapangan membuktikan para kepala sekolah dasar mampu bekerja sama, mengindentifikasi perbedaan karakteristik serta telah memotivasi para guru dan staf sekolah agar bersungguh-sungguh dalam bekerja.
KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE Junaidi, Junaidi; Taufiq, Taufiq
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1040.299 KB) | DOI: 10.32672/si.v20i2.1461

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menelaah pengaruh pencapaian dan peningkatan dari pembelajaran melalui pembelajaran kontekstual dan strategi think-talk-write terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Desain penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pretes dan postes. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran kontekstual dan strategi think-talk-write dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Sigli Kabupaten Pidie Provinsi Aceh dengan sampel penelitian siswa kelas VIII sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposif. Analisis data dilakukan secara kuantitatif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dan strategi think-talk-write secara statistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dan strategi think-talk-write secara statistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil kemampuan pemecahan masalah matematis menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran kontekstual dan strategi think-talk-write lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis yang mendapat pembelajaran kontekstual dan strategi think-talk-write, korelasi termasuk dalam katagori tinggi.
PELAKSANAAN MGMP DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Fakrurridha, Fakrurridha; Nurdin, Nurdin
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.157 KB) | DOI: 10.32672/si.v20i2.1456

Abstract

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan wadah asosiasi atau perkumpulan bagi para guru mata pelajaran yang berada di suatu sanggar, sekolah kabupaten/kota yang berfungsi sebagai sarana untuk saling berkomunikasi, sarana silaturrahmi antar guru, dan bertukar pikiran dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja guru sebagai praktisi/pelaku perubahan reorientasi pembelajaran di kelas. Kenyataan yang ditemui di lapangan, saat ini kiprah MGMP khususnya MGMP tingkat Madrasah Tsanawiyah secara umum belum berjalan secara optimal sebagaimana yang diharapkan. Bahkan dibeberapa tempat khususnya pada tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi, hal ini tidak berjalan sama sekali, padahal wadah ini sebagai suatu wadah untuk menyatukan semua perpsepsi di antara guru dan kepala madrasah. Penelitian ini ditujukan untuk memperoleh gambaran tentang: Pelaksanaan musyawarah guru mata pelajaran Agama Islam/MGMP yang sesuai dengan kebutuhan peningkatan profesionalisme dan kinerja mengajar guru mata pelajaran, pengaruh musyawarah guru mata pelajaran/MGMP terhadap peningkatan profesionalisme guru, dan pengaruh musyawarah guru mata peiajaran/MGMP terhadap peningkatan kinerja mengajar guru pada tingkat MTs Kota Langsa. Teknik pengumpulan data yaitu obsevasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan program peningkatan kemampuan profesional guru melalui MGMP berorientasi pada panduan dan juga berdasarkan kebutuhan dilapangan, disamping itu juga diinovasikan untuk menyesuaikan program dengan tuntutan-tuntutan pembaharuan pendidikan. Dalam materi kegiatan yang disusun sudah mencantumkan hal-hal baru yang memenuhi syarat sebagai suatu perencanaan yang baik, faktual, rasional, fleksibel, komitmen dan komprehensif. Pelaksanaan MGMP PAI pada MTs Kota Langsa telah berjalan sesuai dengan jadwal serta berjalan dengan lancar.
SURFACE STRATEGY TAXONOMY ON FOREIGN LANGUAGE WRITING: A STUDY ON VERB TENSE USAGE Rusmiati, Rusmiati
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.688 KB) | DOI: 10.32672/si.v20i2.1453

Abstract

This study is aimed at analyzing errors of verb tense usage found in the learners? writing production. The second semester students of English Department, STAIN Gajah Putih Takengon enrolled in Writing II course were taken as the participants in this investigation. Eight narrative paragraphs were scrutinized closely to detect errors pertaining to verb tense. In this case, a classification of errors proposed by Dulay, Burt, and Krashen (1982 in Ellis and Barkhuizen, 2005) called Surface Strategy Taxonomy is applied. It comprises four sorts of errors: addition, omission, misformation, and misordering. The finding reveals that the learners? errors encompass three types of four aforementioned above, i.e. addition, omission, and misformation. Among those, misformation is found to be the most prevalent type commited by the learners, as many as 62 errors making up 72.94 % of all. It was subsequently followed by omission and addition which were 13 errors (15.29 %) and 10 errors (11.77 %) successively. Whereas misordering was not identified among the learners? errors on paragraph composition. Eventually, a pedagogical implication as a result of this research was made. English instructors are expected to accentuate more on likely-to-produce-errors items to the learners prior to composing a paragraph.
PENDIDIKAN UNTUK MASYARAKAT TENTANG BAHAYA PEWARNA MELALUI PUBLIKASI HASIL ANALISIS KUALITATIF PEWARNA SINTETIS DALAM SAUS Adriani, Azmalina; Zarwinda, Irma
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1045.162 KB) | DOI: 10.32672/si.v20i2.1455

Abstract

Keberhasilan dari konsep analisis kualitatif pewarna ini sangat ditentukan oleh proses penerapan ilmu dalam bidang analisis farmasi dan makanan, untuk diaplikasikan kepada masyarakat, dalam hal pewarna sintetis, yang merupakan pewarna yang diizinkan yang ditambahakan dalam produk pangan, Pewarna sintetis yang diizinkan seperti Tartrazine, Sunset yellow FCF, Ponceau 4R, Eritromisin, Brillint Blue FCF, Fast green FCF, Brown HT, dan pewarna sintetis yang tidak diizinkan seperti Rhodamin B dan Methanil Yellow. Pewarna sintetis pada makanan dapat mengakibatkan iritasi pada saluran pencernaan dan mengakibatkan gejala keracunan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kualitatif pewarna sintetis serta dapat membantu dalam pengawasan saus yang beredar di Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dan sampel dianalisis menggunakan metode kromatografi lapis tipis dengan menggunakan dua eluen yang berbeda yang dideteksi dengan lampu UV pada 254nm. Adapun yang menjadi hasil penelitian ini adalah satu sampel positif mengandung Rhodamin B sedangkan ketiga sampel mengandung Ponceau 4R.
STRATEGI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MATLAB Nurbaiti Nurbaiti
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/si.v20i2.3488

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan hasil belajar matematika danaktifitas peserta didik dalam proses pembelajaran pada kelas VIII-8 MTsNModel Banda Aceh melalui penerapan model pembelajaran Problem BasedLearning (PBL) berbantuan software MATrix Laboratory (MATLAB) padamateri Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Tes hasil belajar diberikan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, sedangkan Lemabar observasi aktivitas siswa untuk melihat keaktivan peserta didik dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu rumus persentase. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar  63,89%, hasil yang diperoleh pada siklus II  sebesar 72,22%, dan  siklus III sebesar 83,33%. Sehingga terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II dan III. Berdasarkan  hasil  penelitian  dan  pembahasan  dapat  disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuansoftware MATLAB dapat meningkatkan hasil belajar meteri Sistem Persamaan Dua Variabel siswa kelas VIII-8 MTsN 1 Model Banda Aceh.

Page 1 of 3 | Total Record : 29


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 24, No 2 (2023): Jurnal Serambi Ilmu Vol 24, No 1 (2023): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 1 (2022): Serambi Ilmu Vol 23, No 1 (2022): Jurnal Serambi Ilmu Vol 22, No 2 (2021): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 22, No 1 (2021): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 21, No 2 (2020): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 21, No 1 (2020): Jurnal Serambi Ilmu Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 1 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Serambi Ilmu Vol 30, No 2 (2018) Vol 30, No 1 (2018) Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 28, No 1 (2017) Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 3 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 1 (2016): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 17, No 1 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 2 (2014) Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2013) Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 1 (2012): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 13, No 1 (2012): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 2 (2011): Jurnal Serambi Ilmu Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 1 (2010): Jurnal Serambi Ilmu More Issue