cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pendekar.ummat@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram Jln. KH. Ahmad Dahlan, No. 1, Pagesangan, Kota Mataram, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
ISSN : -     EISSN : 26151421     DOI : 10.31764/pendekar
Core Subject : Education,
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah lainnya di bidang pendidikan. Adapun cakupannya meliputi hasil penelitian di bidang matematika dan ilmu alam, teknologi informasi dalam pembelajaran, sosio geografis, agama dan budaya, bahasa dan sastra, serta humaniora. Terbit dua kali setahun yakni bulan April dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2022): Desember" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 9 BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH MALAWILI KABUPATEN SORONG Mu’arief Hasanah; Syams Kusumaningrum; Indri Anugrah Ramadhani
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 5, No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v5i4.12333

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring Suite 9 berbasis android pada pembejaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah Malawili Kabupaten sorong. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring Suite 9 berbasis android pada pembejaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah Malawili Kabupaten sorong. (3) Mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring Suite 9 berbasis android pada pembejaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah Malawili Kabupaten sorong. Penelitian ini menggunakan metode peneltian dan pengembangan (R & D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model ini terdiri atas lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Malawili Kabupaten Sorong yang berjumlah 13 peserta didik untuk skala kecil dan 20 orang untuk skala besar. Tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android dinyatakan dinyatakan layak karena nilai rata-rata uji kelayakan oleh guru kelas rata 4,4 yang berada pada interval >4,2 - 5,0 dengan kategori sangat baik. Tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android dinyatakan dinyatakan layak karena hasil ujicoba skala kecil pada 13 peserta didik dikelas V memperoleh presentase nilai 87,87% katergori sangat baik kemudian dilanjutkan ujicoba skala besar pada 20 peserta didik dengan memperoleh presntasi nilai 89,11% kategori sangat baik. Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis android sangat valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.Abstract: This study aims to (1) Find out the development of interactive learning media using android-based iSpring Suite 9 in class V science learning at Muhammadiyah Malawili Elementary School, Sorong Regency. (2) Knowing the feasibility of interactive learning media using android-based iSpring Suite 9 in class V science learning at Muhammadiyah Malawili Elementary School, Sorong Regency. (3) Knowing the effectiveness of using interactive learning media using android-based iSpring Suite 9 in class V science learning in Sekolas Dasar Muhammadiyah Malawili Sorong Regency. The development model used in this study is the ADDIE model. This model consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects in this study were class V students of SD Muhammadiyah Malawili, Sorong Regency, totaling 13 students for small scale and 20 for large scale. The feasibility level of android-based interactive learning media was declared feasible because the average score of the feasibility test by the grade teacher averaged 4.4 which was at intervals of >4.2 - 5.0 with excellent categories. The feasibility level of android-based interactive learning media was declared feasible because the results of a small-scale trial in 13 students in class V obtained a percentage value of 87.87% very good category then continued with a large-scale trial in 20 students by obtaining a score of 89.11% in the excellent category. Thus android-based interactive learning media is very valid and effectively used in the learning process.
EVALUASI IMPLEMENTASI PEMANFAATAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBELAJARAN DARING Sri Rejeki; Saddam Saddam; Zedi Muttaqin
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 5, No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v5i4.13077

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pemanfaatan  bahan ajar PPKn dalam pembelajaran daring guru-guru peserta PPG dan guru pamong Program PPG Angkatan 1 PPKn Universitas Muhammadiyah Mataram. Adanya pandemic ini memberikan dampak kepada proses dan model pembelajaran kepada siswa. Perubahan proses pembelajaran dari luring ke model daring dan juga blanded learning, berpengaruh kepada model pembelajaran dan implementasi penggunaan bahan ajar. Di dalam kondisi pandemic sekarang ini menuntut guru untuk merubah mindeset dalam model pembelajarannya termasuk dalam pemanfaatan bahan ajar dalam pembelajaran daring yang semula terbiasa memberikan materi dalam bentuk buku teks, modul dan power point kepada siswa untuk dipelajari. Oleh karena itu, penelitian ini menjadi urgen, dan saat yang tepat untuk mengevaluasi implementasi pemanfaatan bahan ajar selama masa pandemic dalam pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi , menggunakan model CIPP (Contexs, Input, Proses, Product). Berdasarkan analisis data guru merubah RPP menjadi RPP blanded learning, Materi tidak hanya berbasis buku teks, tetapi sudah memanfaatkan produck teknologi seperti dari IG ,Youtube, Oke Zone, Google dan lain-lain. Dalam pembelajaran dilaksanakan secara blanded learning dan hasil pembelajarannya bisa diakses siswa melalui google classroom ataupun web sekolah. Kemampuan guru dalam persiapan dan implementasi bahan ajar dalam pembelajaran daring sudah baik. Hal yang masih diperlukan adalah pengayaan dalam materi dan sumber belajarnya.Abstract: The purpose of this study was to determine the implementation of the use of PPKn teaching materials in online learning of PPG participating teachers and PPG Program pamong teachers Batch 1 PPKn University of Muhammadiyah Mataram. The existence of this pandemic has an impact on the learning process and model for students. The change in the learning process from offline to online models and also blanded learning, affects the learning model and the implementation of the use of teaching materials. In the current pandemic conditions, teachers are required to change their mindeset in their learning model, including in the use of teaching materials in online learning who were originally accustomed to providing material in the form of textbooks, modules and power points to students to learn. Therefore, this research is urgent, and the right time to evaluate the implementation of the use of teaching materials during the pandemic in online learning. This research is an evaluation study, using the CIPP model (Contexs, Inputs, Processes, Products). Based on the analysis of teacher data, changing rpp to rpp blanded learning, the material is not only textbook-based, but has utilized technology products such as from IG, Youtube, Oke Zone, Google and others. Learning is carried out in blanded learning and the learning results can be accessed by students through google classroom or the school web. The ability of teachers in the preparation and implementation of teaching materials in online learning is good. What is still needed is enrichment in the material and learning resources.
UTILIZING YOUTUBE VIDEO AS MEDIA IN TEACHING STUDENTS’ WORD STRESS PRONUNCIATION Maspufah Maspufah
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 5, No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v5i4.12287

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan video YouTube  dapat meningkatkan kemampuan pelafazan word stress dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Tujuh belas orang mahasiswa dipilih menjadi sample. Data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Data kuantitatif dianalisis dengan menghitung skor tes, sedangkan data kualitatif direduksi, ditampilkan, dan disimpulkan. Hasil analisis menunjukkan pemanfaatan video dari YouTube sebagai media ajar meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melafazkan word stress. Faktor yang mempengaruhi peningkatan tersebut yaitu pemanfaatan video dari YouTube sebagai media ajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Video YouTube dapat memberikan hasil yang positif bagi mahasiswa dalam melafazkan word stress.Abstract:  The research aimed to identify how good the utilizing of YouTube video as teaching media to improve students’ word stress pronunciation and explain the factors influenced it. The research used action research method. Seventeen students were taken as sample. Quantitative data were from tests, while qualititative data were from interview, observation, and field note. Quantitative data were analysed by scoring test, while qualitative data were reducted, displayed, and concluded. The result showed that the utilizing YouTube Video improved students’ word stress pronunciation. The factors affecting the improvement were the utilizing of YouTube video as teaching media. It can be concluded that the utilizing of YouTube video provided a positive result in students’ word stress pronunciation. 
ANALISIS KESULITAN MAHASISWA MENULIS KARYA ILMIAH DI STKIP MUHAMMADIYAH SUNGAI PENUH Ria Agustina; Al Ikhlas
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 5, No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v5i4.11565

Abstract

Abstrak: Pada umumnya mahasiswa yang sedang menulis skripsi sering mengalami kesulitan. Kesulitan yang dihadapi sangatlah beragam, mulai dari kurang memahami permasalahan yang akan diteliti, terbatasnya referensi, kurang menguasai teori, belum memiliki keinginan untuk memulai menulis, sibuk bekerja,dan sebagainya. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis kesulitan mahasiswa semester VII dalam menulis karya ilmiah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester VII atau tingkat akhir yang sedang bimbingan skripsi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Angket kesulitan diberikan kepada mahasiswa yang sedang menulis skripsi. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase dan selanjutnya dideskripsikan. Hasil penelitian secara umum diperoleh informasi mahasiswa mengalami kesulitan dalam menuangkan ide ke dalam tulisan ilmiah yakni sekitar 58,47 %. Penggunaan ilmu statistik dalam pengolahan data yakni dengan persentase 41,64%, serta menarasikan hasil penelitian yani dengan persentase 54,17 %. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan, informasi dan referensi kepada seluruh mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh sehingga faktor-faktor kesulitan mahasiswa dalam penyelesaian skripsi akan bisa diatasi.Abstract: Generally most of the students had difficulties in writing their  thesis. They had various difficulties such as lack of knowledge in understanding their research problems, lack of related literature, lack of understanding of the theory. They also didn’t have motivation in writing their thesis. Further, some of them were also busy with their job so they didn’t have enough time to finish their thesis, and others reasons that made it difficult for them in writing their thesis. The aimed of this research is to analyze the difficulties that faced by VII Semester students in writing their thesis. This research was a descriptive qualitative research. The participants of this research were the VII grade students who were in process of writing their thesis. In collecting the data the researcher used questionnaire as the research instrument. It was given to the students who were in process of writing their thesis. Moreover in analyzing the data, the researcher used percentage technique, and then describes the result descriptively. The result of this research showed that 58,47% of the students had difficulties in writing their ideas in the thesis.  Others 41,64% had difficulties in using statistic to analyze the data. Further, 54,17% had difficulties in describing their research result. Hopefully, the research of this research could be an input, information, and reference for all of STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh students. It could help them to reduce the difficulties they faced in writing a thesis.
STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA FOKUS BERTANYA SECARA LISAN DALAM WEBINAR Anggia Puteri; Wulandari Wulandari
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 5, No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v5i4.11566

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi kesantunan berbahasa Indonesia fokus bertanya. Penelitian kualitatif ini memiliki data penelitian yang beragam dianalisis dengan mentranskipsikan, menginventarisasikan, mengidentifikasikan, mengklasifikasikan, merumuskan dan menjelaskan, serta menyimpulkan dan memverifikasi data. Temuan penelitian: (1) tindak tutur bertanya dalam Webinar; (2) cara-cara yang digunakan oleh penutur dalam Webinar untuk membentuk tindak tutur bertanya yang santun. Ada dua jenis tindak tutur bertanya, tindak tutur bertanya total dan parsial. Strategi kesantunan berbahasa fokus bertanya dalam Webinar ditentukan dengan menganalisis tuturan berdasarkan maksim. Dengan mematuhi 6 maksim kesantunan disertai atau tidak disertai pengutamaan maksim, tindak tutur bertanya itu sudah digolongkan santun.Abstract: This study aims to explain politeness strategies in Indonesian with a focus on asking questions. This qualitative research has various research data analyzed by transcribing, inventorying, identifying, classifying, formulating and explaining, as well as concluding and verifying the data. Research findings: (1) speech acts asking questions in the Webinar; (2) the methods used by speakers in the Webinar to form polite questioning speech acts. There are two types of questioning speech acts, total and partial questioning speech acts. Language politeness strategies that focus on asking questions in the Webinar are determined by analyzing speech based on maxims. By obeying the 6 maxims of politeness with or without prioritizing maxims, the speech act of asking is classified as polite.
PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP APLIKASI TELEGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KANJI DASAR Linna Meilia Rasiban; Adhellayani Adhellayani; Renariah Renariah; Neneng Sutjiati
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 5, No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v5i4.10314

Abstract

Abstrak: Penggunaan mobile learning pada masa pandemi Covid-19 semakin meningkat karena sangat membantu menyampaikan materi saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi Telegram sebagai media pembelajaran kanji dasar. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah peserta Akari Kanji Course yang berjumlah 12 orang terdiri dari kalangan mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, dan guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Telegram dalam pembelajaran kanji dasar menghasilkan respon yang positif dari peserta dan peserta merasa terbantu dalam belajar kanji. Abstract:  The use of mobile learning during the Covid-19 pandemic is increasing because it is accessible in conveying material during studying. This study aims to investigate student responses of the Telegram application as a media learning for basic kanji. The research subjects of this study were the 12 participants of the Akari Kanji Course are students, employees, housewifes, and teachers. This study uses qualitative research methods with data collection techniques using questionnaires and interviews. The results showed that the use of the Telegram application in learning basic kanji resulted in a positive response from the participants then the participants found it helpful in learning kanji.

Page 1 of 1 | Total Record : 6