cover
Contact Name
Nurhayati
Contact Email
smartpaud@uho.ac.id
Phone
+6285341614860
Journal Mail Official
smartpaud@uho.ac.id
Editorial Address
Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia Tel / HP : 085341614860, email : smartpaud@uho.ac.id
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Smart PAUD
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 25990144     EISSN : 26141248     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/jspaud
Core Subject : Education,
Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, education policy.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1: Januari 2020" : 7 Documents clear
Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Anak Melalui Kegiatan Peta Pikiran Menggunakan Media Gambar Risnajayanti, Risnajayanti; Fitriani, Ani
Jurnal Smart PAUD Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.618 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v3i1.10207

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan daya ingat anak melaui kegiatan peta pikiran dengan menggunakan media gambar pada anak di kelompok B RA Al-Mu’minin Kota Kendari Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian adalah guru dan anak pada Kelompok B RA Al-Mu’Minin Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan. Prosedur penelitian pada setiap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh menggunakan metode observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I, dan siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan daya ingat anak di kelompok B RA Al-Mu’minin Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari sebelum pelaksanaan tindakan yang diperoleh hasil anak mencapai 40%, siklus I sebesar 60%, dan siklus II sebesar 86,67%. Keseimpulan dari hasil penelitian ini bahwa melalui kegiatan peta pikiran menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan daya ingat anak
Analisis Penggunaan Media Pasir Berwarna Pada Anak Kelompok B Salma, Sitti; Jumarni, Lili
Jurnal Smart PAUD Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.502 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v3i1.10213

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menstimulasi semua aspek perkembangan anak menggunakan media pasir di PAUD Ummusshabri Kendari. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei tanggal 6-10 tahun 2019 dengan subjek 23 peserta didik. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan kegiatan yang diamati. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat diterapkan di PAUD Ummusshabri Kendari dengan kegiatan penggunaan media pasir warna melalui kegiatan seperti menulis di atas pasir warna dengan jari tangan, membuat rumah dan menara dari pasir, dan mencetak pasir dengan cetakan bergambar dapat menstimulasi semua aspek perkembangan anak. Anak didik di PAUD Ummusshabri Kendari mampu mengikuti kegiatan pembelajaran penggunaan media pasir warna dengan baik dan dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari anak. Selain itu juga kita dapat mengetahui bahwa anak didik sangat suka dengan kegiatan-kegiatan yang diterapkan dalam penggunaan media pasir warna
Komersialisasi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Kota Kendari Hewi, La
Jurnal Smart PAUD Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (773.362 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v3i1.9337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembiayaan di lembaga pendidikan anak usia dini yang berada di kota Kendari masuk pada kategori komersialisasi atau tidak. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data yang komprehensif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan interactive model dari Miles dan Huberman dengan langkah-langkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik credibility (derajat kepercayaan) yakni, triangulasi member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan pendidikan anak usia dini di kota Kendari berasal dari berbagai pihak mulai pemerintah, yayasan pendiri satuan PAUD dan orang tua peserta didik sebagai penerima layanan. Pembiayaan PAUD di kota Kendari bervariasi mulai dari pembiayaan jutaan sampai puluhan ribu bahkan ada pula yang membebaskan semua biaya pendidikan. Jadi pembiayaan PAUD di Kota Kendari belum masuk pada komersialisasi pendidikan. 
The Correlation Between Work Ethic And Teacher Performance Chairilsyah, Daviq
Jurnal Smart PAUD Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.014 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v3i1.9394

Abstract

Rendahnya gaji yang diterima belum sesuai dengan upah minimum dan masih ada guru yang memperoleh gaji kurang pantas adalah fenomena guru PAUD di Kota Rengat, Provinsi Riau. Kondisi ini sangat memprihatinkan, namun guru-guru menunjukkan disiplin kerja yang tinggi, membuat bahan pembelajaran tepat waktu dan selalu menunjukkan semangat mengajar di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tingkat etos kerja guru PAUD. 2) Untuk mengetahui tingkat kinerja guru PAUD. 3) Untuk mengetahui hubungan antara etos kerja dengan kinerja guru PAUD. Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi digunakan dalam metode penelitian ini. Penelitian menggunakan teknik random sampling berjumlah 97 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Analisis data menggunakan metode uji korelasi dari pearson product moment. Kesimpulan penelitian ini adalah hubungan antara kinerja dengan etos kerja guru berada pada kategori sangat kuat dan memberikan kontribusi pada kategori tinggi
Penerapan Permainan Playdough Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usman, Usman; Fiana, Wa
Jurnal Smart PAUD Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.873 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v3i1.10206

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan playdough pada kelompok B PAUD Sinar Surya Kab. Muna  Barat. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Sinar Surya Kabupaten Muna Barat pada Tahun 2019 berjumlah 20 anak didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan kognitif anak yang dicapai keseluruhan anak didik menunjukan hasil semakin meningkat dari pra tindakan, siklus 1 dan siklus 2. Hal itu berdasarkan hasil pra tindakan dalam kemampuan kognitif anak yang tuntas berjumlah 5 anak atau dengan persentase 25%. Kemudian meningkat pada tindakan siklus I menjadi 65% dengan jumlah 13 anak, dan pada siklus II menjadi 90% dengan jumlah 18 anak. Berdasarkan hal itu maka melalui permainan playdough dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk ukuran dengan standar ketentuan secara klasikal 75%.
Sampul Depan, Dewan Redaksi, Kata Pengantar, Daftar Isi, & Sampul Belakang ., Editorial
Jurnal Smart PAUD Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1685.445 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v3i1.11065

Abstract

.
Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Pola Warna Melalui Metode Bermain Kooperatif Nurlina, Nurlina; Hasanah, Uswatun
Jurnal Smart PAUD Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.046 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v3i1.10214

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengurutkan pola warna pada anak kelompok B TK Presiden Kelurahan Watubangga Kecamatan Baruga Kota Kendari. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas kelas ini terdiri dari dua siklus dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan 15 anak didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan peningkatan dari kegiatan evaluasi siklus I dan siklus II. Pada evaluasi siklus I anak yang mencapai ketuntasan belajar persentase ketercapainnya yaitu 7 orang anak atau sekitar 47%, sedangkan pada siklus II anak yang mencapai ketuntasan belajar mengalami peningkatan persentase ketercapaiannya yaitu 12 orang anak atau sekitar 80%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan mengurutkan pola warna pada anak kelompok B TK Presiden Kelurahan Watubanga Kecamatan Baruga Kota Kendari meningkat

Page 1 of 1 | Total Record : 7