cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis
ISSN : 1412632X     EISSN : 26146789     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis" : 13 Documents clear
Pengaruh Penanganan Komplain Dan Komunikasi Efektif Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Biro Administrasi Akademik Universitas Buddhi Dharma (Survei Mahasiswa Program Studi Manajemen) Suhendar Janamarta; Tjong Se Fung; Fidellis Wato Tholok
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.495 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh penanganan komplain dan komunikasi efektif Biro Administrasi Akademik berpengaruhterhadap kepuasan mahasiswa Universitas Buddhi Dharma Tangerang. Penelitian yang dilakukan adalah dengan menyebarkan kuesioner, sedangkan untuk metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode deskriptif. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan Analisis koefisien korelasi, Analisis regresi linear berganda dan uji F serta uji t. Dari analisis di peroleh hasil sebagai berikut. Dari analisis linier berganda diperoleh persamaan Y = 5.888 + 0.526 X1 + 0.358 X2 dimana artinya setiap peningkatan atau penurunan penanganan komplain sebesar 1 point maka kepuasan mahasiswa akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0.526. Pada komunikasi efektif, setiap peningkatan atau penurunan 1 point maka kepuasan mahasiswa akanmengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0.358. Dari analisis hubungan koefisien korelasi ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi penanganan komplain0.750 mendekati 1, dan nilai koefisien korelasi komunikasi efektif 0.805 mendekati 1, maka hubungannya sangat kuat dan memiliki hubungan positif terhadap kepuasan mahasiswa. Dari hasil uji F model 1 didapat nilai 126.212 dan untuk model 2 adalah 89.509 dimana ke dua nilai tersebut lebih besar dari Ftable sebesar 3.09 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Pada uji t diketahui hasil, Pada kolom t diketahui bahwa t hitung untuk penanganan komplain (X1) adalah sebesar 8,253 sedangkan thitung untuk komunikasi efektif (X2) adalah 4,862 dengan menggunakan tabel distribusi normal t dan menggunakan tingkat esalahan (α) sebesar 5% serta derajat kebebasan (degree of freedom), maka diperoleh nilai distribusi tabel t adalah 1,984. Oleh karena thitung penanganan komplain dan komunikasi efektif > dari tabel t yaitu 1,984, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Strategi Digital Leadership menurut Pendekatan Kepemimpinan Situasional Canggih Gumanky Farunik
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.448 KB)

Abstract

Industri informasi digital mengubah pola bisnis dari pasar konvensional ke pasar digital. Kewirausahaan digital akan mengarah pada kepemimpinan digital, dengan bantuan pengetahuan luas untuk berbagai penggunaan teknologi informasi digital. Tetapi transisi dari paradigma digital semacam ini menyisakan beberapa masalah besar, ketika pemimpin atau pengikut dalam industri bisnis baru dapat beradaptasi dengan teknologi semacam ini, namun terus berkembang maju sepanjang waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat strategi untuk kepemimpinan digital berdasarkan pendekatan situasional kepemimpinan. Alasannya adalah karena pendekatan situasional menawarkan fleksibilitas gaya kepemimpinan dengan menentukan tingkat kesiapan pengikut.
Analisa Disparitas Pendapatan Antar Kabupaten Di Provinsi Banten Pieter T Resi; Sabam Simbolon
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.407 KB)

Abstract

Penelitian ini diberi judul Analisa Disparitas Pendapatan pada Kabupaten di Provinsi Banten. Penelitian ini merupakan untuk mendapatkan gambaran terkaitdengan pendapatan di kabupaten yang ada dalam provinsi Banten dalam kurun waktu 2012-2016. Masalah penelitian ini adalah bagaimana kesenjangan pendapatan dari lihat dari analisis Indeks William dan Indeks Entropy Theil di kabupaten dalam provinsi Banten. Data penelitian adalah data sekunder yaitu data statistic dari BPS provinsi Banten dan Kabupaten dalam provinsi Banten,dan diolah dengan cara tabulasi.Hasil penelitian menunjukkan tingkat pertumbuhan penduduk kabupaten Pandeglang dari 0,476 % tahun 2012 turun menjadi 0,47 % tahun 2016,kabupaten Serang tahun 1,01 % tahun 2012 menjadi 0,69 % tahun 2016,kabupaten Lebak dari 0,85 % tahun 2012 menjadi 0,76 % tahun 2016,dan kabupaten Tangerang dari 3,03 % dari Tahun 2012 menjadi 3,17 % tahun 2016. Sedangkan tingkat pertumbuhan penduduk provinsi Banten adalah 2,17 % tahun 2012 menjadi 2,07 % tahun 2016. Tingkat pertumbuhan PDRB masing-masing kabupaten dan provinsi mengalami penurunan dari tahun 2012 ke tahun 2016. Kabupaten Pandeglang dari 7,86 % tahun 2012 menjadi 8,49 % tahun 2016. Kabupaten Serang dari 8,36 % tahun 2012 menjadi 7,34 % tahun 2016,dan kabupaten Tangerang dari 7,49 % tahun 2012 menjadi 4,19 % tahun 2016. Tingkat provinsi juga menunjukkan penurunan dari 9,23 % tahun 2012 menjadi 4,19 % tahun 2016.Analisi Indeks William menunjukkan bahwa indeks dibawah 50 % yaitu kisaran 290% dan 30 %,yang artinya adanya pemerataan pendapatan diantara kabupaten dalam provinsi Banten. Sedang menurut Indeks Entropy Theil menunjukkan angka 1 lebih yang berate bahwa disparitas pendapatan dalam kabupaten Pandeglang, Lebak, Serang dan Tangerang sangatlah tinggi. Hal ini bisa diakibatkan konsisi geografis,pertumbuhan penduduk, dan investasi modal, serta kebijakan pembangunan yang berbeda diantara daerah tersebut. Simpulannya adalah bahwa tingkat pendapatan pada kabupaten Pandeglang, Lebak,Serang dan Tangerang memnurut Indeks Wlliam tidak masih sangat besar namun menuju pemerataan,sedangkan menurut analisis indeks Entopy Theil bahwadisparitas pendapatan diantara kabupaten dalam provinsi Banten masih tinggi.
Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Hargen Nusantara Ignasius Irvan Widjaya
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (873.005 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan kualitas layanan purna jual terhadap kepuasanpelanggan di PT. Hargen Nusantara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan sektor bisnis yang sudah membeli genset di PT. Hargen Nusantara. Sampel ditetapkan dengan menggunakan teknik simple random sampling, dan pengumpulan datanya dengan kuesioner. Analisis datanya menggunakan model kausalitas atau pengaruh, untuk menguji hipoPenelitian yang diajukan dalam penelitian ini, teknik analisis datanya menggunakan SPSS (Statistical Program Social Science). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk, persepsi harga dan kualitas layanan purna jual berpengaruh signifikan dan simultan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Hargen Nusantara. Selain itu, persepsi harga juga mempunyai pengaruh paling dominan dibanding kualitas produk ataupun kualitas layanan purna jual.
Pengaruh Strategi Manajemen Laba dan Resiko Investasi Terhadap Volume Perdagangan Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia) Yopie Chandra
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.831 KB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh Strategi Manajemen Laba, dan Resiko Investasi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap Volume Perdagangan Saham Perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara partial pertama strategi manajemen laba tidak berpengaruh terhadap volume perdagangan saham, kedua risiko investasi berpengaruh terhadap volume perdagangan saham, ketiga pengaruh strategi manajemen laba, risiko investasi terhadap volume perdagangan saham secara simultan. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan khasanah ilmu pengetahuan khususnya untuk kajian ilmu manajemen keuangan. Dapat digunakan sebagai referensi bagi peneliti lanjutan yang ingin meneliti kemungkinan variabel faktor-faktor lain yang dapat berpengaruh terhadap volume perdagangan saham.
Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Cepat Saji Gregorius Widiyanto; Sugandha Sugandha
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.814 KB)

Abstract

McDonald khususnya Singosaren McDonald di Surakarta hari demi hari menghadapi persaingan ketat terutama di restoran cepat saji. Pesaing terutamaproduk franchise telah mengisi pasar Indonesia. Persaingan perdagangan bebas ASEAN dalam industri makanan cepat saji akan meningkatkan aspek kualitas dan kuantitas. Untuk menghadapi persaingan itu, McDonald sebagai produsen yang merupakan salah satu produk terbaik adalah ayam goreng harus tahu faktor-faktor apa yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen ketika mereka membeli McDonald's. Kami fokus pada bauran pemasaran yang memengaruhi pembuatan keputusan konsumen. Bauran pemasaran adalah alat pemasaran praktis yang digunakan oleh perusahaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji variabel bauran pemasaran yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen ketika mereka membeliMcDonald's. Hasil penelitian ini menunjukkan setiap variabel dalam bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat dan promosi memiliki pengaruh signifikanterhadap pengambilan keputusan konsumen untuk membeli produk Mc Donald. Koefisien regresi terbesar yang skor 0,613 0,329 adalah tempat dan terkecil dengan nilai koefisien regresi 0,329 tempat. Alat untuk tes ini adalah analisis regresi Yang mana penelitian ini, McDonald's dapat mengembangkan strategi lanjutan untuk memuaskan pelanggan agar pelanggan McDonald's mendapatkan loyalitas. Dengan loyalitas pelanggan, McDonald's dapat hadir dalam persaingan yang ketat dan memenangkan persaingan.
Pengaruh Stres Kerja Dan Konflik Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pada PT. Media Bernas Jogja Fx. Pudjo Wibowo; Georgius Listen
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.029 KB)

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh stres kerja dan konflik kerja terhadap produktivitas karyawan pada PT. Media Bernas Jogja. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuensioner, sedang metode penelitian dengan menggunakan Simple Random Sampling. Uji t diperoleh bahwa nilai t hitung stress kerja 6.548 > ttabel 1.665 dan .000 < 0.05 dan nilai t hitung konflik kerja 2.373. > ttabel 1.665 dan .000< 0.05 sehingga hipotesis yang menyatakan stress kerja dan konflik kerja berpengaruh positif secara parsial terhadap produktivitas karyawan pada Perusahaan PT.Media Bernas Jogja.Uji F , didapat F hitung > F tabel atau 194.529 > 3.12 atau tingkat signifikasi (sig) 0.000 <0.05 sehingga hipotesis yang menyatakan stress kerja dan konflik kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap produktivitas karyawan pada Perusahaan PT.Media Bernas Jogja dan R Square (R2) menunjukkan koefisien determinasi yang berarti persentase kontribusi variabel independen. koefisien korelasi angka 0,842, menunjukkan ada hubungan antara stres kerja dan konflik kerja sangat kuat. Besarnya pengaruh stres kerja dan konflik kerja adalah 84,2% sedangkan sisanya 15,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI KONDISI FINANCIAL DISTRESS BANK YANG GO PUBLIK Etty Herijawati; Dian Anggraeni
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.736 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Z Score Altman, Springate dan Zmijewski dalam menganalisis kondisi Financial Distressberdasarkan kinerja keuangan bank yang go publik untuk periode penelitian tahun 2010 -2017. Penelitian ini menggunakan data yang diambil dari www.idx.co.iddengan metode deskriptif komparatif dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Hasil penelitian yang didapat berbeda antara ketiga model yang digunakan yaitu Menurut Model Altman tidak terdapat bank dalam kondisi sehat melainkan berada dalam kondisi grey area dan terindikasi bangkrut. Dalam Model Springate hasil yang didapat menunjukkan bahwa semua bank yang terdapat dalam periode penelitian berada dalam kondisi terindikasi Bangkrut sedangkan Model Zmijewski, hasil yang didapat menunjukkan bahwa semua bank yang terdapat dalam periode penelitian berada dalam kondisi Sehat.
Pengaruh Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Pilar Guna Usahatama Pujiarti Pujiarti
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.764 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara faktual dan konseptual tentang pengaruh kompetensi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi atau survei dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner) terhadap karyawan PT. Pilar Guna Usahatama. Daftar pertanyaan dibuat secara terstruktur dengan menggunakan Skala Likert. Sampel yang diambil sebanyak 52 responden. Hasil survei dan hasil pengolahan data yang dilakukan dengan SPSS diperoleh hasil-hasil penelitian sebagai berikut : secara simultan variabel kompetensi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan memiliki pengaruh R2 (R Square) sebesar 0,875 atau 87,5% yang berarti bahwa sinergi faktor kompetensi (X1) dan faktor kompensasi (X2) mampu secara simultan mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja karyawan sebesar 87,5%, sedangkan sisanya sebesar 12,5% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model. Secara parsial faktor kompetensi memiliki pengaruh R2 (R Square) sebesar 0,511 (0,715)2 terjadi hubungan yang cukup kuat sebesar 51,1%. Pengaruh yang cukup kuat tersebut secara langsung terjadi secara signifikan, perhatikan uji individual dimana thitung yang dihasilkan lebih besar tprobability sig atau 7,559 > 0,000 (α < 0,01). Secara parsial faktor kompensasi memiliki pengaruh R2 (R Square) sebesar 0,518 (0,720)2 terjadi hubungan yang cukup kuat sebesar 51,8%. Pengaruh yang cukup kuat tersebut secara langsung terjadi secara signifikan, perhatikan uji individual dimana thitung yang dihasilkan lebih besar tprobability sig atau 7,663 > 0,000 (α < 0,01). Secara parsial faktor kepuasan kerja memiliki pengaruh R2 (R Square) sebesar 0,326 (0,571)2 terjadi hubungan yangrelatif lemah sebesar 32,6%. Pengaruh yang relatif lemah tersebut secara langsung terjadi secara signifikan, perhatikan uji individual dimana thitung yang dihasilkan lebih besar tprobability sig atau 6,067 > 0,000 (α < 0,01)
Studi Komparatif Budidaya Ikan Konsumsi Air Tawar Antara Sawangan – Bogor, Mekar Kondang – Tangerang, Dan Baros –Pandeglang Studi Kasus Ikan Gurami Limajatini Limajatini; Suryadi Winata; Agus Kusnawan; Rina Aprilyanti
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.283 KB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang latar belakang, aktivitas budidaya ikan konsumsi air tawar-gurami. Penelitian ini memberikan suatu telaah kerangka dasarkeputusan bisnis untuk petani pembudidaya yang menggambarkan aspek bisnis yang memotivasi pada peluang transfer ikan gurami antara daerah dengan hasil penjualan yang lebih menguntungkan. Meskipun bidang budidaya ikan konsumsi air tawar-gurami sudah umum diteliti oleh peneliti-peneliti dari institusi bidang pendidikan pertanian, penelitian ini lebih fokus pada bidang yang lebih spesifik dengan maksud pengembangan sistem perhitungan hasil usaha bagi para petani pembudidaya ikan konsumsi air tawar-gurami pada estapet perdagangan yang berbeda di antara desa-desa yang berbeda juga.Budidaya gurami yang dapat dilakukan secara estapet, memungkinkan petani pembudidaya dapat melakukan penjualan pada tahap tertentu dalam guramibudidaya. Dengan demikian petani dapat memperoleh keuntungan budidaya dalam jangka pendek. Bila terjadi tingkat keuntungan yang lebih tinggi di desa tertentu, maka harus ada pengalihan atau ransfer gurami dari daerah surplus ke daerah minus. Sebaliknya bila surplus di daerah tertentu yang harganya lebih murah, maka dilakukan transfer ke daerah yang lebih menguntungkan dari segi harga. Secara kolektif keuntungan budidaya bertambah dalam jumlah cukup material. Penelitian ini mendapat dukungan inkubator bisnis Universitas Buddhi Dharma dalam rangka pengembangan Tridarma Pendidikan Tinggi, khususnyaaspek pengabdian kepada guramiyarakat di desa Mekar Kondang - Sukadiri, kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, dan desa Riung Gunung, kecamatanBaros, Kabupaten Pandeglang, provinsi Banten. Ucapan terimakasih disampaikan pada petani pembudidaya ikan gurami di desa Ciseeng, kabupaten Bogor.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol. 23 No. 3 (2025): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 23 No. 2 (2025): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 23 No. 1 (2025): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 22 No. 3 (2024): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 22 No. 2 (2024): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 22 No. 1 (2024): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 21 No. 2 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 21 No. 1 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 20 No. 3 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 20 No. 2 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 2 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 1 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 19 No 3 (2021): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 19 No 2 (2021): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 19 No 1 (2021): Primannomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 19 No. 1 (2021): Primannomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 18 No 3 (2020): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 18 No 2 (2020): PRIMANOMICS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Vol 18 No 1 (2020): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 17 No 3 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 17 No 2 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 16 No 3 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 16 No 2 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 16 No 1 (2018): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue