cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : 2579891X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil (JATS) E-ISSN 2579-891X, memuat tulisan tentang aplikasi dibidang Teknik Sipil. Aplikasi ini boleh berasal dari semua cabang ilmu teknik sipil baik itu struktural, geoteknik, manajemen konstruksi, hidrologi, transportasi, dan informatika teknik sipil. Sehingga aplikasi ini tidak hanya mengenai urusan pembangunan sebuah proyek bangunan, tetapi juga memungkinkan untuk memodelisasi sebuah bentuk dengan bantuan software.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 1 (2023)" : 11 Documents clear
Analisis Profil Hollow Steel Plate Girder (HFSPG) Sebagai Alternatif Profil Baja Canai Dingin Muhammad Syamsu Bachri; Budi Suswanto
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 21, No 1 (2023)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v21i1.14938

Abstract

Hollow Flange Steel Plate Girder (HFSPG) merupakan profil-I baja yang berbentuk persegi berlubang pada bagian sayap dan pelat pada bagian badan. Proses pembentukan profil ini memerlukan proses cold-formed. Sambungan antara bagian badan dengan sayap menggunakan sambungan las yang berfungsi mengurangi terjadinya kegagalan sambungan antara bagian badan dengan sayap. Profil tersebut memiliki kekakuan torsi yang baik, sehingga dapat meningkatkan kapasitas lentur dan material ini dapat diaplikasikan secara efektif dalam bentang panjang (Perera et al., 2018). Profil baja sayap berlubang diharapkan memiliki nilai kekakuan dan kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan baja canai dingin, karena letak geografis Negara Indonesia yang rawan bencana alam, sehingga profil tersebut tidak mudah mengalami local buckling. Dalam penelitian ini, akan dilakukan studi numerik (finite element method) mengenai profil Hollow Steel Plate Girder. Berdasarkan studi numerik akan ditinjau mengenai kapasitas momen profil, kurva histerisis, daktilitas, pola kegagalan profil, dan sambungan antar profil baja sayap berlubang. Parameter pengujian menggunakan hasil penelitian dari Perera et al. (2018) yang akan dikembangkan sesuai dengan pemodelan yang dibutuhkan.
Eksplorasi Analysis Structural Equation Modelling – (SEM PLS) untuk Faktor Berpengaruh dalam Penerapan Green Retrofitting Industri Beton di Indonesia Albert Eddy Husin; Mohammad Kholis Ardiansyah
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 21, No 1 (2023)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v21i1.14590

Abstract

Industri beton berperan penting pada proses konstruksi sebagai pemasok material beton. Peranan industri beton mempunyai dampak buruk terhadap lingkungan. Penerapan konsep green, masalah yang timbul adalah konsekuensi kenaikan biaya green retrofitting yang dikeluarkan oleh pemangku kepentingan agar industri atau bangunan menjadi ramah lingkungan, industri beton, konsep green, value engineering(VE) merupakan komponen utama yang berpengaruh nyata terhadap peningkatan kinerja biaya penerapan konsep green retrofitting pada industri beton di Indonesia, dengan menggunakan analisa Structural Equation Model- Partial Least Square (SEM-PLS). Penelitian ini mempunyai keterbaruan terkait konsep green retrofitting pada industri beton di Indonesia dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap biaya gren retrofitting dengan SEM PLS. Hasil dari penelitian ini diperoleh “10 faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja biaya green retrofitting pada industri beton ” yaitu comitment management, energy & climate, water efficiency, secondary material, air quality, economic & financial avaibility, legal compliance & regulation, aturan pendukung, functional analysis, dan environmental Management.
EFISIENSI DAYA DUKUNG TIANG DALAM GRUP MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISA FEM 3D ROHMAT ALI MUHSIN; Indrasurya B. Mochtar; Mohamad Khoiri
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 21, No 1 (2023)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v21i1.15348

Abstract

Besar kecil nilai efisiensi pada pondasi tiang dalam grup terjadi karena pengaruh overlapping persebaran tegangan. Beberapa rumus untuk menghitung efisiensi hanya menggunakan tipe pondasi end bearing capacity. Padahal ada tipe pondasi pondasi friction bearing capacity. Yudiawati (2019) mengamati efisiensi full friction didapatkan bahwa kelompok tiang yang lebih dalam memiliki nilai efisiensi lebih rendah. Metode penelitian tersebut dilakukan aktual sehingga biaya dan waktu dihabiskan besar dan variasi diuji sedikit. Sehingga perlu  metode lebih efektif yakni Finite Element Method  3D (FEM 3D). Dengan FEM 3D jumlah variasi yang diujikan bisa lebih banyak dan waktu yang digunakan juga relatif singkat. FEM 3D dipilih karena memiliki karakteristik yang paling mendekati dengan yang aktual. Hasilnya efisiensi pada FEM 3D menunjukkan bahwa tipe pondasi pondasi mempengaruhi besar kecil nilai efisiensi. Tipe pondasi full friction memiliki 40% nilai efisiensi lebih kecil dibandingkan tipe end bearing capacity. Selain itu Semakin panjang kedalaman tiang maka semakin kecil nilai efisiensi. Pada tipe pondasi end bearing capacity pengaruh kedalaman tidak terlalu signifikan hanya sebesar 1-5%. Sedangkan pada tipe full friction pengaruh kedalaman terhadap nilai efisiensi bisa mencapai 5-10%. Pada penelitian ini Nilai efisiensi pada tipe End bearing adalah berkisar antara 0,45-0,9. Sedangakan untuk tipe full friction berkisar antara 0,23-0,65.
Penilaian Risiko Banjir dengan Pendekatan Rasio Frekuensi dan AHP di Sub-DAS Jompo, Jember Jawa Timur Entin - Hidayah
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 21, No 1 (2023)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v21i1.14670

Abstract

Daerah rawan risiko banjir sangat perlu dilakukan identifikasi untuk mengurangi tingkat risiko banjir. Tingkat risiko banjir merupakan fungsi dari bahaya dan kerentanan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai risiko banjir berdasarkan hasil analisis spasial dengan Sistem Informasi Geografis (SIG). Peta bahaya banjir dibangun dari data berbasis penginderaan jauh berupa model elevasi digital (DEM), penggunaan lahan, curah hujan harian historis, jaringan sungai, dan data citra satelit yang diterapkan dengan teknik bobot rasio frekuensi (FR). Peta kerentanan dihasilkan dari data sosial, ekonomi, fisik, dan lingkungan yang diterapkan melalui teknik overlay berbobot menggunakan proses hierarki analitik (AHP). Peta risiko yang dihasilkan menunjukkan bahwa 21,93% dan 6,40% dari tota wilayah berada pada tingkat risiko banjir yang sangat tinggi dan tinggi. Penilaian risiko banjir menjadi acuan dalam pengambilan tindakan mitigasi bencana banjir secara struktural dan non-struktural.
Analisis Potensi Pemanenan Air Hujan Dalam Area Perumahan Untuk Mereduksi Banjir Pada Perumahan Sutorejo, Surabaya Jagad Dhita Kustyaningrum; Umboro Lasminto
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 21, No 1 (2023)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v21i1.15521

Abstract

Meningkatnya jumlah penduduk menyebabkan pelayanan air baku belum terpenuhi dengan baik dan mempengaruhi pembangunan yang terjadi, sehingga banyaknya tutupan lahan kedap air. Hal ini menyebabkan air hujan tidak dapat mengalir ke saluran drainase atau menyerap ke dalam tanah sehingga munculnya genangan banjir. Maka dilakukan pemanenan air hujan untuk mengumpulkan air hujan dari atap bangunan dan dimanfaatkan sebagai sumber air baku, serta untuk mengurangi banjir tanpa merubah drainase. Tujuannya yaitu menganalisis ketersediaan air, penggunaan tampungan, serta efektivitas PAH terhadap banjir. Hasil yang diperoleh yaitu ketersediaan air baku per orang 0,1178 m3/org/hari, jika satu rumah terdapat 4 orang maka kebutuhan air untuk satu rumah 0,471 m3/hari. Untuk desain PAH dimana air hujan yang jatuh di atap akan ditampung pada tampungan dengan skenario volume 8m3, 3,375 m3, dan 1m3. Efektivitas sistem PAH terhadap genangan banjir yaitu untuk skenario 1 sebesar 12,66% - 80,16%, skenario 2 sebesar 8,463% - 33,82%, skenario 3 sebesar 1,58%-10,02%.
Pengaruh Kinerja Kontraktor dan Konsultan Pengawas terhadap Keberhasilan Proyek Jalan Nasional Berbasis Kontrak Long Segment di Provinsi Jambi, Indonesia Ajahar Hasibuan; Agus Suroso
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 21, No 1 (2023)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v21i1.14069

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kontraktor dan konsultan pengawas terhadap keberhasilan proyek pemeliharaan jalan nasional berbasis kontrak segmen panjang di Provinsi Jambi, Indonesia. Data yang dikumpulkan dianalisis dan secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja kontraktor berdampak 52,4% terhadap keberhasilan proyek pemeliharaan jalan nasional berbasis kontrak long-segment di Provinsi Jambi. Sedangkan konsultan pengawas memiliki pengaruh lebih rendah yaitu sebesar 30,3%. Namun demikian, dampak keseluruhan kinerja kontraktor dan konsultan pengawas terhadap keberhasilan proyek pemeliharaan jalan nasional berbasis kontrak long-segment adalah sebesar 56,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keduanya merupakan faktor penting dalam keberhasilan proyek jalan nasional di Provinsi Jambi.
Implementasi Uji Geolistrik Dan Uji Geoteknik Dalam Penentuan Nilai Faktor Keamanan Daerah Rawan Longsor di Desa Kemiri Kabupaten Jember Indra Nurtjahjaningtyas
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 21, No 1 (2023)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v21i1.14720

Abstract

Landslides are natural disasters that often occur in Indonesia. Landslides have occurred in Kemiri Village, Jember Regency. Kemiri Village is a densely populated area and there is a bustling agro-tourism area. This study aims to analyze the level of vulnerability to landslides using geoelectric tests and geotechnical tests. Geoelectric test is carried out to determine the lithological conditions at the site, geotechnical testing to obtain soil parameters as a determinant of the safety factor value of the research location. The results obtained from the geoelectric test showed a range of resistivity values between 0.72 to 267 and were types of silt to sandstone soils. The factor of safety obtained is between 1.042 - 1.862 which means the value of the factor of safety is relatively low. The value of this factor of safety indicates that in the research location there are still frequent land shifts which are feared landslides will occur.
Peningkatan Performasi Aspal Penetrasi 60/70 dengan Penambahan Serbuk Limbah UPVC Rohmatul Maghfiroh; Ervina Ahyudanari
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 21, No 1 (2023)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v21i1.15994

Abstract

Kegiatan pembangunan infrastruktur di Indonesia yang tidak lepas dari penggunaan material berbahan plastik UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride) terus bertambah. Hal ini menyebabkan jumlah kebutuhan dan produksi material tersebut pun semakin meningkat. Karakeristik fisik dari UPVC yang tahan terhadap bahan kimia, cuaca, sifat elektrik dan aliran air dapat dimanfaatkan sebagai zat aditif pada campuran aspal penetrasi 60/70 agar setara dengan campuran aspal PG 70. Penambahan serbuk limbah UPVC dalam campuran dilakukan dengan metode basah (wet process) menggunakan variasi: 0%, 2%, 4%, 6%, 8% dan 10% terhadap berat aspal. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pengujian karakteristik aspal dari nilai penetrasi, daktilitas, titik lembek, titik nyala dan titik bakar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persentase optimum penambahan UPVC terhadap aspal penetrasi 60/70 sebesar 6% dengan hasil penetrasi 68,80 mm, daktilitas 138 cm, titik lembek  65°C serta titik nyala dan titik bakar 251°C dan 272°C.
Pengaruh Tata Guna Lahan Terhadap Hidrograf Aliran Di Sub-Sub DAS Keyang-Slahung-Tempuran Menggunakan Model SWAT M. Khuzaimy Rurroziq Basthoni; Mahendra Andiek Maulana; A.A.Ngr. Satria Damarnegara
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 21, No 1 (2023)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v21i1.14257

Abstract

Generally, area development leads land use changing that may cause surface runoff increases. These alterations are responsible for flood and inundation in certain areas. Soil and Water Assessment Tool (SWAT) can be used to perform rainfall-runoff model. Hence, the flow change can be estimated comprehensively. To ensure the reliability of the model, calibration and validation are required. The calibration and validation stages were conducted using SUFI-2 (Sequential Uncertainty Fitting Version 2) method to determine the most influential or sensitive parameter. Meanwhile, the reliability test was assessed using the , NSE, and PBIAS methods. The reliability test for the calibration and validation provides a good result. In advance, this research shows that the increase of forest area may decreases the peak flow during flood occurrence.
Analisa Kinerja Biaya Green Pada Bangunan Utama Flour Mill Plant Berbasis Value Engineering Dan Life Cycle Cost Analysis Albert Eddy Husin; Iwan Kurniawan
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 21, No 1 (2023)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v21i1.14988

Abstract

In accordance with the mission of the Suistainebale Development Goals 2030, that by 2030 the new building will have a green concept of 100% and an excising building of 60%. With the Value Engineering and Life Cycle Cost Analysis methods, the application of the green concept to the Main Building of the Flour Mill Plant is used for analysis using Structural Equation Modelling – Part Least Square (SEM-PLS). The result of this study is that there are "10 factors that affect the cost performance of the Green project on the Main Building of the Flour Mill Plant", namely Project Manager Performance, Energy Efficiency, Technical Specifications, Provision of Parking Lots, Management Commitments, Water Sources, Analysis Functions, Waste Handling Systems, Selection of Alternative Materials and Energy Costs. The Value Engineering method resulted in cost savings of 14.21% of Green costs, LCCA showed a payback period with time = 3.11 years ≈ 3 years 11 months for the application of the Green concept to the main flour mill plant building.Sesuai misi dari Suistainebale Development Goals 2030, bahwa pada tahun 2030 banguan baru berkonsep hijau sebesar 100% dan bangunan ekisting sebesar 60%. Dengan metode Value Engineering dan Life Cycle Cost Analysis, penerapan konsep green pada Bangunan Utama Flour Mill Plant digunakan analisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling – Part Least Square (SEM-PLS). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat “10 faktor yang berpengaruh kepada kinerja biaya pada proyek Green pada Bangunan Utama Flour Mill Plant” yaitu Project Manager Performance, Efisiensi Energi, Spesifikasi Teknis, Penyediaan Lahan Parkir, Komitmen Manajemen, Sumber Air, Fungsi Analisis, Sistem Penanganan Sampah, Pemilihan Material Alternatif dan Biaya Energi. Metode Value Engineering menghasilkan penghematan biaya sebesar 14,21% dari biaya Green, LCCA menunjukkan pembayaran kembali (Payback Period) dengan waktu = 3,11 Tahun ≈ 3 Tahun 11 Bulan untuk penerapan konsep Green pada bangunan Utama Flour Mill Plant.

Page 1 of 2 | Total Record : 11