cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara
Published by Universitas Galuh
ISSN : 23562269     EISSN : 26142945     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmiah Dinamika merupakan media publikasi Karya Tulis Ilmiah di bidang Ilmu Administrasi Negara yang berada di lingkungan Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Galuh dengan ISSN: 2356-2269 (Print) dan eISSN: 2614-2945 (Online) yang mempublikasikan hasil penelitian mahasiswa dan dosen, dengan fokus kajian Ilmu Administrasi Negara. Jurnal ini terbit setiap tiga bulan sekali, yaitu: Maret, Juni, September, dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 4 (2017): Dinamika" : 17 Documents clear
KOLABORASI ANTAR INSTITUSI DALAM OPTIMALISASI PROGRAM “BANJAR CERDAS” PADA JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH DI KOTA BANJAR Tatang Parjaman
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 4, No 4 (2017): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v4i4.874

Abstract

Abstrak Upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia di Indonesia terus dilakukan oleh Pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Upaya tersebut direalisasikan melalui program wajib belajar di seluruh Indonesia untuk jenjang pendidikan dasar hingga jenjang pendidikan menengah. Pemerintah Kota Banjar  menindaklanjuti program wajib belajar yang diinstruksikan Pusat dengan menggulirkan program wajib belajar “Banjar Cerdas”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kolaborasi antar institusi dalam upaya optimalisasi program “Banjar Cerdas”. Terutama ingin menggambarkan inter-relasi antar institusi partisipan dalam program tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di Kota Banjar dengan situs penelitian adalah: Dinas Pendidikan, Kantor Kementrian Agama Kota, Dinas Keuangan dan Pengelolaan Aset Daerah, Bagian Kesejahteraan Sosial, Sekolah Penyelenggara,  dan Komite Sekolah. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Adapun analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles and  Huberman , yang dimulai dari proses:  data collection, data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas inter-relasi dalam kolaborasi optimalisasi program “Banjar Cerdas”, telah berjalan cukup baik. Namun apabila dilihat dari deskripsi praktik faktor-faktor penentu keberhasilan kolaborasi dalam program “Banjar Cerdas”, yakni: governance, administration, organizational autonomy, mutually, norms, dan leadership, terutama tiga faktor (governance, administration, organizational autonomy) belum optimal. Artinya ketiga faktor tersebut lebih menyerupai kegiatan koordinasi, bukan kolaborasi. Sebagai dampaknya, maka program “Banjar Cerdas” belum optimal, bisa dilihat dari rata-rata lama sekolah siswa di kota Banjar baru mencapai angka 8,12 tahun, padahal targetnya adalah 12 tahun.
ANALISIS POTENSI LAPANGAN KERJA MELALUI PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL Dendy Syaiful Akbar
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 4, No 4 (2017): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v4i4.885

Abstract

Pada tahun 2015 tingkat kemiskinan di Kabupaten Ciamis meningkat sebesar 0,54% dari tahun sebelumnya. Jumlah masyarakat miskin di Kabupaten Ciamis sampai tahun 2015 adalah mencapai 104,870 jiwa. Salah satu daerah di Kabupaten Ciamis yang masyarakat miskinnya masih dominan di Desa Mekarmukti. Sebanyak 40% masyarakatnya adalah masyarakat yang tergolong ke dalam masyarakat prasejahtera dan bermata pencaharian sebagai tukang dan buruh bangunan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi potensi sumberdaya ekonomi lokal yang berdaya tarik dan berdaya saing tinggi yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan serta mengidentifikasi sektor usaha unggulan dan menemukenali usaha ekonomi produktif dan produk unggulan di Desa Mekarmukti. Sementara itumMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data, menganalisis secara kritis atas data-data tersebut dan menyimpulkannya berdasarkan fakta-fakta pada masa penelitian berlangsung atau masa sekarang.Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan secara umum dapat disimpulkan bahwa potensi sumberdaya ekonomi lokal yang berdaya tarik dan berdaya saing tinggi yang dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat di Desa Mekarmukti adalah sebagai berikut: (1) Komoditas padi sawah dan buah duku memiliki potensi paling besar dengan sedikit hambatan atau kendala dalam upaya pengembangannya, sehingga komoditas ini menjadi sektor yang jika dikembangkan berpotensi sangat besar menciptakan lapangan pekerjaan; (2) Komoditas home industry memiliki potensi besar setelah padi sawah dan buah duku dengan beberapa hambatan atau kendala dalam upaya pengembangannya, sehingga komoditas ini menjadi sektor yang jika dikembangkan berpotensi besar menciptakan lapangan pekerjaan; (3) Komoditas peternakan ayam, bebek dan ikan air tawar memiliki potensi setelah kedua komoditas di atas dengan banyak hambatan dalam upaya pengembangannya, sehingga komoditas ini menjadi sektor yang jika dikembangkan dengan serius berpotensi menciptakan lapangan pekerjaan. Kata kunci: kemiskinan, sumberdaya lokal, ekonomi produktif dan unggulan
PENGARUH PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PELAYANAN PUBLIK DI DESA JALATRANG KECAMATAN CIPAKU KABUPATEN CIAMIS Erni Hendayani
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 4, No 4 (2017): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v4i4.887

Abstract

Substansi pelayanan publik selalu dikaitkan dengan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang, kelompok orang, atau instansi tertentu untuk memberikan bantuan dan kemudahan kepada masyarakat dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Pelayanan publik ini menjadi semakin penting, karena senantiasa berhubungan dengan masyarakat banyak, yang memiliki keanekaragaman kepentingan dan tujuan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendapat Surakhmad (2002:96) yang mengemukakan bahwa “Metode deskriptif merupakan metode yang memusatkan perhatian pada aspek-aspek tertentu yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan”. Indikator yang digunakan adalah Kompensasi dan Kinerja Pegawai. Dalam penelitian ini, jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Untuk mengumpulkan data primer dan sekunder peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari 13 orang informan, yaitu pegawai pada Pelayanan Publik di Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat diketahui bahwa: 1) Pengaruh Pemberian Kompensasi Pada Pelayanan Publik di Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis telah dilaksanakan dengan cukup. Artinya Pemberian Kompensasi Pada Pelayanan Publik di Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis telah dilaksanakan dengan baik. 2) Pengaruh Kinerja Pegawai Pada Pelayanan Publik di Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis telah dilaksanakan dengan baik. Artinya Kinerja Pegawai Pada Pelayanan Publik di Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis telah dilaksanakan dengan baik. Beberapa saran yang akan penulis sampaikan yaitu: 1) Untuk meningkatkan kinerja pegawai, maka pimpinan harus sering mengingatkan para pegawai agar bekerja dengan baik, disertai contoh dari pimpinan instansi, sehingga kinerja pegawai akan lebih baik. 2) Bagi pimpinan instansi diharapkan lebih memperhatikan kinerja para pegawainya dan berilah mereka apresiasi, sehingga para pegawai lebih giat dalam bekerja. 3) Untuk pegawai diharapkan bekerja lebih rajin, dan perbaikilah keahlian masing-masing dengan sering-sering berlatih di bidangnya. Kata Kunci: Kompensasi, Kinerja Pegawai, Pelayanan Publik
PENGEMBANGAN KAWASAN AGROPOLITAN DI WILAYAH UTARA KABUPATEN CIAMIS etih henriyani
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 4, No 4 (2017): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v4i4.878

Abstract

ABSTRAKKawasan Agropolitan Kabupaten Ciamis adalah wilayah utara yang meliputi 5 Kecamatan (Kecamatan Cihaurbeuti, Kecamatan Lumbung, Kecamatan Panjalu, Kecamatan Panumbangan dan Kecamatan Sukamantri). Adapun komoditas unggulannya meliputi : Padi sawah, Jagung, Cabe, Teh, Kopi, Albasia, Rimba campuran, Ayam ras, Domba, Sapi, Udang galah, Ikan gurame, dan Ikan nila. Namun sayangnya kawasan agropolitan tersebut belum berkembang karena terhambat beberapa faktor seperti :koordinasi kelembagaan antar pelaksana belum berjalan dengan baik, kurangnya sosialisasi, kualitas SDM masyarakat belum mendukung, kurangnya fasilitas, dan rendahnya komitmen pelaksana yang tercermin dari masih kurangnya kesadaran serta kesungguhan pelaksana karena tingginya sikap egosektoral antar dinas/instansi terkait.Kata Kunci : Pengembangan Kawasan Agropolitan
PEMIKIRAN POLITIK SOEKARNO, BUNG HATTA, DAN TAN MALAKA DALAM KEHIDUPAN POLITIK DI INDONESIA Agus Dedi
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 4, No 4 (2017): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v4i4.873

Abstract

Abstrak Fenomena politik tanah air saat ini banyak diwarnai dengan pemikiran-pemikiran tokoh politik. Lama. Pemikiran-pemikiran politik tersebut menjadi landasan filosofis dalam aktivitas kehidupan berbangsa dan bernegara dalam konteks politik tanah air. Menyadari pentingnya hal ini, tampaknya pengkajian tentang pemikiran politik beberapa tokoh di tanah air menjadi bagian yang sangat penting dan strategis guna mencermati fenomena politik yang berkembang di  Indonesia saat ini. Pemikiran politik yang dikembangkan oleh Soekarno, Bung Hatta, dan Tan Malaka menjadi sumbangsih berharga dalam konteks kekinian dinamika  politik di Indonesia dengan ditandai adanya konsep pemikiran politik yang mengedepankan filosofi politik ciri khas tokoh politik tersebut. Soekarno sangat mengedepankan konsep gotong royong dan berdikari. Bung Hatta memandang bahwa filosofi dari konsep kebersamaan itu tercermin dalam bentuk koperasi. Tan Malaka sangat mengedepankan konsep madilog (materislisme, dialektika, dan logika) dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam pandangannya tercermin bahwa kemajuan masyarakat Indonesia dapat dicapai melalui kemajuan cara berpikir masyarakatnya yang akan melahirkan ide-ide konstruktif dan alternatif  untuk mencapai masyarakat yang lebih sejahtera dan mampu bersaing dalam tataran global saat ini. Kata kunci: pemikiran politik, negara, dan kehidupan politik.
INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS ahmad juliarso
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 4, No 4 (2017): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v4i4.881

Abstract

AbstrakSebagai Lembaga  Pemerintah  yang berperan  mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintah di wilayah kerja kecamatan yang diperoleh dari pelimpahan kewenangan Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat, Kantor Kecamatan Cijeungjing juga berperan serta dalam setiap proses tahapan perumusan kebijakan tentang perencanaan pembangunan daerah. Berbagai upaya dilakukan guna meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, salah satunya dengan melakukan inovasi pelayanan. Sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah. Dalam Bab XXI bertajuk Inovasi Daerah, menjelaskan bahwa dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan dalam upaya meningkatkan kulaitas layanan, pemerintah daerah dapat melakukan inovasi. Adapun objek kajian dalam penulisan artikel ilmiah ini bertempat di Kantor Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Berdasarkan hasil penelitian,diketahui telah dilakukan beberapa inovasi pelayanan yang dilakukan di Kantor Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis,khususnya dalam upaya peningkatan kualitas layanan publik.Kata Kunci :Inovasi, Pelayanan Publik
PENERAPAN NILAI-NILAI ETIKA BAGI BIROKRASI PEMERINTAH DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DAN CLEAN GOVERMENT lina marliani
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 4, No 4 (2017): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v4i4.875

Abstract

ABSTRAK Birokrasi pemerintah mempunyai fungsi yaitu fungsi pelayanan, fungsi pengaturan atau regulasi dan fungsi pemberdayaan masyarakat. Dalam rangka melaksanakan fungsi tersebut semua aparatur birokrasi wajib mentaati nilai-nilai yang menjadi dasar/pedoman dalam pelaksanaan tugas, yakni taat pada Pancasila dan UUD 1945. Tugas dari birokrasi adalah melayani semua kepentingan masyarakat, bukan terbalik, justru para birokrat yang meminta untuk dilayani. Hal ini menyangkut etika, dimana etika ini  sangat terkait dengan moralitas dan mentalitas dari aparat birokrasi itu sendiri. Sehingga timbullah yang disebut patologi birokrasi, yang makin hari makin menjadi jadi. Penerapan nilai-nilai etika bagi aparatur birokrasi ini menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelayan masyarakat menjadi  pedoman, acuan, referensi agar tindakannya dinilai baik / tidak tercela. Nilai etika dapat dijadikan sebagai standar penilaian mengenai sifat, perilaku, dan tindakan birokrasi dalam rangka mewujudkan good governance dan clean government. Kata kunci : Etika, Moral, birokrasi, korupsi, good governance,  clean government
MEMAHAMI ADMINISTRASI NEGARA MELALUI PERSPEKTIF PERBANDINGAN Ari Kusumah Wardani
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 4, No 4 (2017): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v4i4.891

Abstract

AbstrakTulisan ini bermaksud untuk memperkenalkan Perbandingan Administrasi Publik / Negara sebagai salah satu perspektif atau kajian tersendiri dalam Ilmu Administrasi Publik / Negara. Secara khusus, bagi para akademisi Administrasi Publik / Negara, tulisan ini diharapkan menjadi salah satu acuan dalam mengimplementasikan penelitian dalam lingkup Administrasi Publik / Negara dengan basis perbandingan.Pada prinsipnya, tujuan akhir dari pendekatan Perbandingan Administrasi Negara adalah untuk memperpendek kesenjangan antara objek yang dibandingkan. Contohnya negara maju vs Negara berkembang, sentralisasi vs Desentralisasi, dll. Caranya adalah dengan mengenali dan menganalisis faktor yang menyebabkan satu satu objek tertinggal atau secara kualitas lebih rendah daripada yang lain atau begitupun sebaliknya. Tantangan terbesarnya adalah bagaimana hal tersebut agar menjadi meningkat setelah dibandingkan.Pendekatan ini sangatlah aplikatif dalam menjawab masalah-masalah dalam administrasi publik pada situasi yang spesifik, mengingat perbedaan khas pada konteks tiap institusi dan level dalam administrasi pemerintahan. Karena pendekatan ini berorientasi pada benchmarking / studi tolak ukur, maka secara positif dan signifikan berdampak pada perubahan & Reformasi Administrasi.  Kata Kunci: Perbandingan Administrasi Negara / Publik, Komparatif, Benchmarking.
PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS DISEKRETARIAT DPRD KABUPATEN CIAMIS Novie Achmad Qodar
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 4, No 4 (2017): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v4i4.890

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya pengelolaan arsip dinamis disekretarit DPRD Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif survei dengan jumlah informan sebanyak 6 orang yang terdiri dari 1 orang kabagmum, 1 orang kasubag umum dan kepegawaian, 1 orang kasubag perlengkapan, 1 orang kasubag program, 1 orang kasubag rapat dan risalah, 1 orang kasubag rapat dan perundang-undangan, dan 1 orang kasubag pembayaran dan pembukuan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data yang diinterpretasikan secara kualitatif yang bersumber dari hasil observasi dan wawancara.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Pelaksanaan pengelolaan arsip dinamis di Sekretariat DPRD Kabupaten Ciamis belum berjalan secara optimal, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis bahwa masih ditemukannya permasalahan permasalah seperti pengelolaan surat masuk, surat dinas, nota dinas dan ekspedisi surat masih bersifat manual, lamanya pencatatan surat masuk, surat keluar dan sulitnya surat ditemukan kembali pada saat dibutuhkan, tertumpuknya surat atau dokumen mengakibatkan hilangnya data dan informasi tidak dapat tersampaikan serta kesulitan untuk mencari keberadaan surat tersebut.Hambatan-hambatan yang ditemukan dalam pengelolaan arsip dinamis disekretariat DPRD Kabupaten Ciamis meliputi Sumber daya manusia masih minim, Belum memiliki depo arsip khusus, kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang serta fasilitas-fasilitas pendukung untuk mengelola arsip, kurangnya kesadaran dari pegawai dalam hal kearsipan, kurangnya kesadaran dan pemahaman pegawai dalam melaksanakan kegiatan kearsipan baik dalam hal penciptaan, pemeliharaan maupun penyusutan arsip. Upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan pengelolaan arsip dinamis disekretariat DPRD Kabupaten Ciamis meliputi pegawai yang bertugas sebagai Arsiparis diikutsertakan dalam program magang tata kelola kearsipan yang baik dan benar, mengajukan permohonan pembuatan gedung arsip khusus dan fasilitas pengelolaan kearsipan, mengajukan tambahan fasilitas pendukung dalam mengelola arsip, memberikan pemahaman kepada pegawai mengenai IT, meningkatkan kesadaran pegawai supaya lebih tahu pentingnya mengelola arsip dengan baik. Kata Kunci: Pengelolaan Arsip Dinamis 
PELAKSANAAN KEARSIPAN OLEH BAGIAN KESEKRETARIATAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN CIAMIS DELLA YORIANA
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 4, No 4 (2017): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v4i4.886

Abstract

ABSTRAKPenelitian Ini dilatarbelakangi oleh kurangnya Sumber Daya Manusia khususnya di Bidang Kearsipan, dan belum Memadainya Fasilitas Khusus untuk Kearsipan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan kearsipan oleh bagian kesekretarian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis?, 2) Bagaimana hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan kearsipan oleh Bagian Kesekretariatan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis?, 3) Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan guna mengatasi hambatan- hambatan dalam pelaksanaan kearsipan oleh Bagian Kesekretariatan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis?.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah informandan dokumen. Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, studi lapangan (observsi/wawancara), serta studi dokumentasi. Teknik pengolahan/analisis data yang digunakan adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification (verifikasi data).Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1)pelaksanaan kearsipan oleh bagian kesekretariatan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis belum berjalan secara optimal, 2) hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan kearsipan oleh bagian kesekretariatan berupa kurangnya pemahaman dan kepedulian pegawai terhadap arsip, terbatasnya ruangan serta fasilitas dan kelengkapan penataan arsip, serta belum adanya pegawai khusus untuk menangani arsip, 3) upaya yang dilakukan guna mengatasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan kearsipan berupa meningkatkan pemahaman dan kesadaran pegawai dalam pelaksanaan kearsipan, meningkatakan sarana dan prasarana serta fasilitas untuk menunjang penataan arsip, dapat dilakukan dengan memperluas ruangan. Kata Kunci:Pelaksanaan Kearsipan

Page 1 of 2 | Total Record : 17