cover
Contact Name
Nuristiqamah Awaliyahputri B
Contact Email
jurnaltazkiya@uinsu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltazkiya@uinsu.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan (Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, 20731)
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 20864191     EISSN : 28073959     DOI : 10.30829
Core Subject : Religion, Education,
Focuses on providing opportunities for researchers in the field of education, especially the results of research and research that are relevant to Islamic Education to be published. As for the scope of Islamic Education that is meant is: Islamic Education Islamic Education Management History of Islamic Education Islamic Education Curriculum Islamic Education Institutions Islamic Educational Psychology Character Education in Islam Learning Process Etc.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2025): Januari - Juni 2025" : 4 Documents clear
PEMANFAATAN TEKNOLOGI PRESENTASI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUSDA PERBAUNGAN Hijra Utami, muharima; Nirmalasari, Susanti; Irwansyah, Irwansyah
Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam Vol 14, No 1 (2025): Januari - Juni 2025
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/taz.v14i1.4738

Abstract

                                                    ABSTRAK  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: 1. Pemanfaatan Teknologi presentasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Musda Perbaungan. 2. Respons siswa terhadap penggunaan teknologi presentasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Musda Perbaungan. 3. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan teknologi presentasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Musda Perbaungan.. Jenis penelitian ini adalah kulitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pemanfaatan teknologi presentasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Musda Perbaungan.memberikan dampak positif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Guru memanfaatkan teknologi presentasi seperti PowerPoint untuk menyajikan materi dengan cara yang lebih menarik dan interaktif, terutama dalam menyampaikan materi yang membutuhkan visualisasi seperti kisah-kisah dalam sejarah Islam dan konsep-konsep ibadah. 2. Respons siswa terhadap penggunaan teknologi presentasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Musda Perbaungan menunjukkan bahwa teknologi ini memiliki dampak positif terhadap keterlibatan dan pemahaman siswa. Teknologi presentasi berhasil membuat materi ajar lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. 3. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan teknologi presentasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Musda Perbaungan yaitu dukungan infrastruktur, kesiapan guru, dan motivasi siswa adalah faktor kunci yang mendukung implementasi teknologi. Sedangkan faktor yang menghambat misalnya masalah teknis, keterampilan guru, distraksi siswa, dan integrasi dengan kurikulum 
KONTRIBUSI FILSAFAT ILMU DALAM PENGEMBANGAN METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED NAQUIB AL-ATTAS Lidia, Fika Sofiatul; Sopingi, Imam
Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam Vol 14, No 1 (2025): Januari - Juni 2025
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/taz.v14i1.4114

Abstract

Penelitian ini membahas kontribusi filsafat ilmu menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dalam pengembangan metodologi penelitian pendidikan Islam. Tujuan utamanya adalah menjembatani kesenjangan antara idealisme teori pendidikan Islam dan realitas implementasi di lapangan melalui pendekatan integratif berbasis adab. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif-analitis, penelitian ini menganalisis konsep-konsep kunci seperti Islamisasi ilmu, epistemologi tauhid, dan kritik terhadap sekularisme ilmu pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metodologi berbasis filsafat Al-Attas dapat memperkaya pendekatan ilmiah dengan mengintegrasikan wahyu, akal, dan pengalaman empiris. Kontribusi utama penelitian ini adalah menawarkan kerangka konseptual baru yang relevan untuk pendidikan Islam, meskipun terbatas pada studi pustaka dan membutuhkan validasi lebih lanjut secara empiris.  
PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN SENI TK BELLA DI DESA ULU GAJAH Mancar, Mancar; Pasaribu, Ermis; Marito, Sendi; Khairunnisa, Fadillah; Habibah, Resti
Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam Vol 14, No 1 (2025): Januari - Juni 2025
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/taz.v14i1.4795

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan seni di TK Bella Desa Ulu Gajah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 3 guru, 4 siswa, dan 3 orang tua sebagai informan. Objek penelitian ini adalah pengembangan kreativitas siswa melalui kegiatan seni. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kreativitas anak melalui kegiatan seni seperti melukis, menari, bernyanyi, dan kerajinan tangan berjalan efektif meskipun sarana terbatas. Guru memanfaatkan bahan lokal dan memberikan kebebasan berekspresi, sehingga anak-anak menunjukkan peningkatan kreativitas, rasa percaya diri, keberanian, serta keterampilan sosial-emosional. Dukungan orang tua dan penggunaan media kontekstual semakin memperkuat efektivitas pembelajaran seni. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa kegiatan seni merupakan sarana penting dalam pendidikan anak usia dini untuk menumbuhkan kreativitas dan kemampuan kognitif, sosial, serta emosional secara holistik.Kata kunci: Kreativitas Siswa, Kegiatan Seni 
STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SD NEGERI 0205 BINANGA DESA SIBORIS DOLOK Hayati, Nur; Sari, Nur Ilma; Yenisa, Yenisa; Syawalina, Nur; Hayani, Nur; Arjuna, Siti
Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam Vol 14, No 1 (2025): Januari - Juni 2025
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/taz.v14i1.4794

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SD NEGERI 0205 BINANGA Desa Siboris Dolok. Latar belakang penelitian ini adalah adanya keragaman kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa yang menimbulkan kesenjangan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan 8 informan yang terdiri atas kepala sekolah, 4 guru kelas, dan 3 siswa kelas IV, V, dan VI. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan diferensiasi pada konten, proses, dan produk pembelajaran, misalnya melalui variasi materi, penggunaan media konkret, dan tugas bertingkat yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Strategi ini terbukti membantu meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa, meskipun masih terdapat kendala pada keterbatasan sarana dan pemahaman guru yang belum merata.Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, kesulitan belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 4