cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas
Published by Universitas Esa Unggul
ISSN : 24068365     EISSN : 28289935     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas" : 19 Documents clear
PENINGKATAN KETERAMPILAN MANAJEMEN PROSES PEMBELAJARAN INOVATIF DAN INTERAKTIF DI SMP St. ANDREAS, JAKARTA Susanto, Ratnawati
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThe problems of national education which are the focus of the Community Service Program (AbdiMas) to schools are based on: (1) the tendency of learning on teacher activities, (2) identical use of lecture and demonstration methods in teacher activities, and (3) learning materials that emphasize more on concepts rather than competencies. So it is needed the skills of management of innovative and interactive learning process as teacher pedagogic competence.. Implementation of training is given to educators at SMP St. Andreas, Jakarta. using presentation methods, lectures, and active participation of participants in discussions, questions and answers, demonstrations and practices and simulations. The data presentation is done by using quantitative and qualitative analysis. By using Talent Search Matrix the results show that: (1) 62.5% of teachers are in a position to exceed the standard / exceed expectations in building innovative and interactive learning in total from the overall dimensions of social constructivism as well as the use of teaching methods and tools; (2) 25% of teachers have occupied the position of meeting the potential standards and performance of innovative and interactive learning process through the dimension of social constructivism, the use of teaching methods and tools; (3) 12.5% of teachers are in sufficient position to facilitate innovative and interactive learning. The conclusion is that partner schools are ready to design future roles in innovative and interactive learning. Keywords: management skills process learning, innovative, interactive AbstrakPermasalahan pendidikan nasional yang menjadi fokus program Pengabdian bagi Masyarakat (AbdiMas) kepada sekolah berdasar pada: (1) kecenderungan pembelajaran atas aktifitas guru, (2) identiknya penggunaan metode ceramah dan demonstrasi dalam aktifitas guru, dan (3) materi pembelajaran yang lebih menekankan pada konsep daripada kompetensi. Proses pembelajaran ini berlangsung menjadi sebuah warisan budaya sebuah ruang kelas. Maka sangat dibutuhkan keterampilan manajemen proses pembelajaran inovatif dan interaktif sebagai kompetensi pedagogik guru. Pelaksanaan pelatihan diberikan kepada para pendidik di SMP St. Andreas, Jakarta. dengan menggunakan metode presentasi, ceramah, dan partisipasi aktif peserta dalam diskusi, tanya jawab, demonstrasi serta praktek dan simulasi. Penyajian data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif . Dengan menggunakan Talent Search Matrix diperoleh hasil bahwa: (1) 62,5% guru menempati posisi melampaui standar/melebihi harapan dalam membangun pembelajaran yang inovatif dan interaktif secara total dari keseluruhan dimensi konstruktivisme sosial maupun penggunaan metode dan alat pengajaran; (2) 25% guru telah menempati posisi memenuhi standar potensi dan kinerja proses pembelajaran yang inovatif dan interaktif melalui dimensi konstruktivisme sosial, penggunaan metode dan alat pengajaran; (3) 12,5% guru berada pada posisi cukup dalam memfasilitasi pembelajaran inovatif dan interaktif. Kesimpulan yang diperoleh adalah sekolah mitra siap untuk merancang peran masa depan dalam pembelajaran inovatif dan interaktif. Kata kunci : keterampilan manajemen proses pembelajaran, inovatif, interaktif
PENGUATAN USAHA MELALUI PERLUASAN JARINGAN PEMAARAN DAN INOVASI PRODUK KUE KERING DAN SNAK PADA KELOMPOK UP2K KELURAHAN GISIKDRONO, KECAMATAN SEMARANG BARAT, KOTA SEMARANG Indarto, Indarto; Santoso, Aprih; Santoso, Joko
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractBusiness activities that are members of UP2K - PKK mostly are food business. This is reasonable because the people inu very master the field. The previous IbM proponent team has provided assistance to UP2K-PKK in Kelurahan Gisikdrono, but is still general, not yet focused on each group. In general, all implementing groups of UP2K PKK Gisikdrono have high spirit and determination to move forward and develop. problems encountered and undertaking business development efforts, among others: (a) to provide input and guidance for improvement of quality, appearance and packaging of pastry products; (b) conducting Counseling on product and packaging development and innovation; (c) Provide counseling in building marketing and partnership networks; and (d) Assist group members to innovate both product, packaging and marketing network. The result of community service is the business group has been motivated to apply various extension materials that have been given in the framework of product development and marketing development of cake products and various snacks produced for the improvement of product quality and competitiveness Keywords: innovation, packaging, marketing Abstrak Kegiatan usaha yang digeluti anggota UP2K – PKK kebanyakan adalah usaha makanan. Hal ini wajar karena kaum inu sangat menguasai bidang tersebut. Tim pengusul IbM sebelumnya telah melakukan pendampingan terhadap UP2K-PKK di Kelurahan Gisikdrono ini, tetapi masih bersifat umum, belum terfokus pada tiap – tiap kelompok. Secara umum, semua kelompok pelaksana UP2K PKK Gisikdrono memiliki semangat dan tekad yang tinggi untuk terus maju dan berkembang. permasalahan yang dihadapi dan melakukan upaya – upaya pengembangan usaha, antara lain : (a) memberi masukan dan pembinaan untuk perbaikan kualitas, penampilan dan kemasan produk kue kering; (b) mengadakan Penyuluhan mengenai pengembangan dan inovasi produk maupun kemasan; (c) Memberi penyuluhan dalam membangun jaringan pemasaran dan kemitraan; dan (d) Membantu anggota kelompok untuk melakukan inovasi baik produk, kemasan dan jaringan pemasaran. Hasil pengabdian kepada masyarakat adalah pelaku kelompok usaha telah termotivasi menerapkan berbagai materi penyuluhan yang telah diberikan dalam rangka pengembangan produk dan pengembangan pemasaran dari produk kue kering dan aneka snack yang dihasilkan demi peningkatan kualitas dan daya saing produk Kata kunci : inovasi, kemasan, pemasaran
PENINGKATAN KETRAMPILAN ENTREPRENEURSHIP IBU-IBU PKK GRAND BINTARO ASRI SAWAH LAMA CIPUTAT TANGSEL Hapsari, Nia Puspita; Gantino, Rilla; Oktoria S, Sabrina; Ruswanti, Endang; Januarko, M. Unggul
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractImproving the skills of mothers needs to be improved in line with technological progress. Especially mothers who already have a cake and catering business, so that always follow the development of consumer desire required entrepreneurship training. The problem of community service is PKK mothers who are engaged in snack, catering, laundry, beverage not yet registered in BPOM, have no brand, no bookkeeping yet, new way of marketing using contact whatsapp so that only consumers who live in the complex. For that community service needs to be done in the complex of Grand Bintaro Asri, Sawah Lama, Ciputat-Tangerang Selatan. The purpose of community service is to help mothers PKK Grand Bintaro Asri to be more advanced in entrepreneurship both management and marketing of products give the brand name to be easily recognized and distinguish with similar products. Through this entrepreneurial training, it is expected that mothers can add management and financial insight and able to make their product brand and able to market their products effectively. Skills that have been implemented are entrepreneurial knowledge, financial management, marketing management, create a brand name and have product innovation skills. Keywords: entrepreneurship skills, financial management, marketing AbstrakKetrampilan ibu-ibu perlu ditingkatkan seiring dengan kemajuan perkembangan teknologi. Terutama ibu-ibu yang sudah memiliki bisnis kue dan catering, sehingga agar selalu mengikuti perkembangan keinginan konsumen diperlukan pelatihan kewirausahaan. Masalah pengabdian masyarakat adalah ibu-ibu PKK yang bergerak dalam kewirausahaan snack, catering, laundry, dan minuman belum terdaftar di BPOM, belum memiliki merek, belum ada pembukuan, cara pemasaran baru menggunakan contact whatsapp sehingga konsumen hanya yang tinggal di komplek tersebut. Untuk itu pengabdian masyarakat perlu dilakukan di komplek Grand Bintaro Asri, Sawah Lama, Ciputat-Tangerang Selatan. Adapun tujuan pengabdian masyarakat adalah untuk membantu ibu-ibu PKK Grand Bintaro Asri agar lebih maju dalam berwirausaha baik manajemen maupun pemasaran produk memberi nama merek agar mudah dikenal dan membedakan dengan produk sejenis. Melalui pelatihan kewirausahaan ini diharapkan ibu-ibu dapat menambah wawasan manajemen dan keuangan serta mampu membuat merek produknya dan mampu memasarkan produknya dengan efektif. Ketrampilan yang telah dilaksanakan adalah pengetahuan kewirausahaan, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, membuat nama merek dan memiliki ketrampilan inovasi produk. Kata kunci: ketrampilan entrepreneurship, manajemen keuangan, pemasaran
PEMANFAATAN BAHAN MAKANAN SEDERHANA MENJADI GIZI SEIMBANG Sitoayu, Laras
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractNutrition knowledge influence to attitude and behavior in choosing food and then can have an effect on nutrition condition of individual concerned. Nutrition knowledge has an important role in the formation of eating habits someone, because it can affect a person in choosing the type and amount of food consumed. A person who is based on good nutrition knowledge is expected to pay attention to the nutritional condition of each food consumed. Unhealthy eating habits in choosing foods can also have an impact on the nutritional status of a person. Nutritious food is not an expensive and tasty food, but it is nutritious and balanced. This activity is one of AMBARAWA FIKes - Ayo Mengabdi Bersama Mahasiswa Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKes), with topic "Optimizing Urban Farming for the realization of Health & Welfare to the community". The purpose of this activity is to socialize the importance of the application of balanced nutrition in everyday life by utilizing simple foodstuffs, especially to housewives in the form of giving counseling. A total of 87 housewives in Kelurahan Kedaung Wetan attend and follow this activity well. Such activities are important every year with different target targets, so that the socialization of the use of simple food ingredients into balanced nutrition can be achieved well. Keywords : nutrition, balanced, housewise  AbstrakPengetahuan gizi seseorang berpengaruh terhadap sikap dan perilaku dalam memilih makanan dan selanjutnya dapat berpengaruh pada keadaan gizi individu yang bersangkutan.Pengetahuan gizi mempunyai peranan penting dalam pembentukan kebiasaaan makan seseorang, karena dapat mempengaruhi seseorang dalam memilih jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi. Seseorang yang didasari dengan pengetahuan gizi yang baik diharapkan dapat memperhatikan keadaan gizi setiap makanan yang dikonsumsinya. Kebiasaan makan yang tidak sehat dalam memilih jenis makanan juga dapat berdampak pada masalah status gizi seseorang.Makanan yang bergizi bukanlah suatu makanan yang mahal dan enak rasanya, namun yang bergizi dan seimbang.Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan AMBARAWA FIKes – Ayo Mengabdi Bersama Mahasiswa Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKes), dengan topik “Optimalisasi Urban Farming Demi Terwujudnya Kesehatan & Kesejahteraan kepada masyarakat”.Tujuan kegiatan ini adalah mensosialisasikan pentingnya penerapan gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan bahan makanan yang sederhana khususnya kepada ibu rumah tangga dalam bentuk memberikan penyuluhan. Sebanyak 87 ibu rumah tangga di Kelurahan Kedaung Wetan hadir dan mengikuti kegiatan ini dengan baik. Kegiatan seperti ini penting dilakukan setiap tahun dengan target sasaran yang berbeda-beda, sehingga sosialisasi pemanfaatan bahan makanan sederhana menjadi gizi seimbang dapat tercapai dengan baik. Kata kunci : gizi, seimbang, ibu rumah tangga
LITERASI MEDIA ONLINE PADA WARGA KELURAHAN DURI KEPA JAKARTA BARAT Sumartono, Sumartono
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractCurrently the mass media undergoes a very rapid development, both in the technology or information, Increasing the media gives influence to the consumers of media, not just a positive influence but also negative influence. Students as academics need to be prepared with the ability to use media literacy media intelligently and effectively. This research is intended to find out the level of literacy Esa Unggul University student, so it can be used as a foundation in making literacy education programs in the media. This outreach program aims to educate people in Duri Kepa, RT.011 RW.007, West Jakarta with a topics such as how to use gadget in a good way, users get along in social media, some tips on avoiding hoaxes, how to online shopping savely, and avoid pornography.  Keywords: media literation, public education, social media AbstrakSaat ini media massa mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik dari sisi teknologi maupun informasi. Peningkatan media tersebut memberikan pengaruh yang besar terhadap konsumen media, tidak hanya pengaruh positif namun juga pengaruh negatif. Mahasiswa sebagai akademisi perlu dipersiapkan dengan kemampuan literasi media agar mampu menggunakan media dengan cerdas dan efektif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi media mahasiswa Universitas Esa Unggul, sehingga dapat digunakan sebagai landasan dalam membuat program pendidikan literasi media. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi warga kelurahan Duri Kepa, wilayah RT. 11, Jakarta Barat mengenai pengguna gadget yang baik, bergaul di media social, kiat menghindari hoax, belanja online yang aman, menghindari pornografi. Kata kunci: media literasi, edukasi masyarakat, media sosial
PENINGKATAN KESADARAN SANTRI TERHADAP PERILAKU GHASAB DAN PEMAKNAANNYA DALAM HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF Ernawati, Ernawati; Baharudin, Erwan
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThe behavior of the ghasab is generally said to have entrenched the environment of boarding school, it implies that the act of using the property of others illegally for self-interest has often happened and both the students, teachers and administrators have considered this as something normal and common in their environment, can not be separated from one of them is students of Al-Mansyuriyah boarding school. The purpose of this activity is to give full understanding to students to reduce, eliminate and even break the chain of ghasab culture in environment of boarding school and also remind every ghasab behavior never justified in the teachings of Islam and also the rule of law in our country. Method of implementation of this activity through presentation, lecture, and reciprocal interaction between students with sources for 30 minutes in the hall of boarding school Al-Mansyuriyah. The result of this activity is the absorption of understanding about the impact of ghasab behavior, either from the meaning of Islamic law as well as state law and also the long-term impact of ghasab behavior for the character formation in the future. Keywords: students, ghasab, boarding school AbstrakPerilaku ghasab secara umum dikatakan sudah membudaya dilingkungan Pondok Pesantren, hal ini mengandung pengertian bahwa tindakan mempergunakan milik orang lain secara tidak sah untuk kepentingan sendiri sudah sering terjadi dan baik para santri, ustadz maupun pengurus pun sudah menganggap hal ini sebagai sesuatu yang wajar dan umum terjadi di lingkungan mereka, tidak terlepas dari salah satunya yaitu santri Pondok Pesantren Al-Mansyuriyah. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman sepenuhnya kepada santri untuk mengurangi, menghilangkan bahkan memutuskan mata rantai budaya ghasab dilingkungan asrama pesantren dan juga mengingatkan kembali setiap perilaku ghasab tidak pernah dibenarkan dalam ajaran agama Islam dan juga peraturah hukum di negara kita. Metode pelaksanaan kegiatan ini melalui presentasi, ceramah, dan interaksi timbal balik antara santri dengan narasumber selama 30 menit di aula Pondok pesantren Al-Mansyuriyah. Hasil kegiatan ini adalah adanya penyerapan pemahaman tentang dampak yang ditimbulkan dari perilaku ghasab, baik itu dari pemaknaan hukum Islam maupun hukum negara dan juga dampak jangka panjang perilaku ghasab bagi pembentukkan karakter dikemudian hari. Kata kunci: santri, ghasab, pesantren
REKOMENDASI KEBIJAKAN ASURANSI DI PT.”X” Dewanto, Dedy
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractOne of the tasks of community service is to perform consultation to enterprises available in the community. This writing is based on consultation to PT.”X”, which owns electricity supply business. The role of electricity as the main energy source for all human activities is vital. So important is the role of electricity as energy source, causing all important activities in life can be stopped, interrupted or delayed when power outages, resulting in lossess in various aspects of  life. The loss aspect that has always been the main benchmark of staakeholders is the economic loss. Therefore ensuring the availability of electricy is very important. There are two main points of concern: availability and continuity of power supplies.In terms of availability of power supplies, Government continues to seek sufficient national electricity supply, through various power generation projects. Similary, in the context of risk management, one option is to do risk transfer mechanism, ie move the risk to insurance company. Risk transfer mechanism plays an important role, especially when facing Act of God, such as earthquakes, tsunami, flood, lightning, rain, etc, and the existence of events out of control (sudden and unforseen damage). Therefore this writing intended for the creation of insurance policies of PT. “X”. The method of this community service using consultation based on strategic management model for strategy and policy in insurance matter , applying internal and external data, as well some discussion to take conclusion and decision. The strategic management model for strategy and policy combined with key production factors, value chain analysis, and risk appetite PT.”X”, resulting insurance policy containing recommendations priority needs and types of insurance for the objects.  Keywords: electricity, supply, continuity  AbstrakSalah satu tugas  pengabdian masyarakat adalah melakukan konsultansi pada perusahaan yang terdapat dalam masyarakat. Penulisan ini didasarkan pada konsultansi pada PT.”X” yang memiliki bisnis di bidang penyediaan listrik. Peran listrik sebagai sumber energi utama bagi seluruh aktifitas kegiatan manusia sangatlah vital. Begitu pentingnya peranan listrik bagi sumber energi, menyebabkan semua aktifitas penting dalam kehidupan bisa terhenti, terganggu atau tertunda bila listrik padam, sehingga timbul kerugian di berbagai aspek kehidupan. Aspek kerugian yang selalu menjadi tolok ukur utama para pemangku kepentingan adalah kerugian ekonomi. Oleh karenanya memastikan ketersediaan listrik sangatlah penting. Ada dua hal pokok yang menjadi perhatian utama yaitu: ketersediaan pasokan listrik dan kontinuitas pasokan listrik. Dalam hal ketersediaan pasokan listrik, Pemerintah terus mengupayakan kecukupan pasokan listrik nasional, melalui berbagai proyek pembangkit tenaga listrik. Dari sisi kontinuitas pasokan listrik, PT.”X” berkepentingan untuk melakukan routine maintenance pada pembangkit listrik, termasuk transmisi dan distribusi. Demikian juga dalam konteks manajemen resiko, salah satu pilihannya adalah melakukan risk transfer mechanism, yaitu memindahkan resiko ke pihak perusahaan asuransi. Risk transfer mechanism memegang peranan penting, khususnya bila menghadapi Act of God, seperti gempa, tsunami, banjir, petir, hujan, dan sebagainya, dan adanya kejadian di luar kendali (sudden and unforeseen damage). Oleh karenanya penulisan konsultansi ini ditujukan untuk pembuatan kebijakan di bidang Asuransi bagi PT. “X”. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat berupa konsultansi berbasis model manajemen stratejik pada strategi dan kebijakan perusahaan di bidang asuransi, dengan menggunakan data internal dan eksternal serta berbagai diskusi untuk mengambil kesimpulan dan keputusan.Model manajemen stratejik untuk strategi dan kebijakan, dipadukan dengan faktor utama produksi, analisa rantai nilai dan risk appetite PT. “X”, hasilnya berupa kebijakan asuransi berisikan rekomendasi prioritas kebutuhan asuransi dan jenis produk pada obyek asuransi. Kata kunci: listrik, pasokan, kontinuitas
PENERAPAN SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI PENDUKUNG PELAYANAN PENDIDIKAN “TEKNIS DAN ADMINISTRATIF PERPUSTAKAAN BERBASIS DIGITAL” Malabay, Malabay
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractImplementation of Community Service at Secondary School in Tanjung Duren Barat III No. 1 Jakarat, precisely Yayasan Pendidikan Al Chasanah aims to share knowledge or transfer knowledge about the implementation of computer-based information system as a support of education services to Teachers and Education Staff to understand and be able to develop learning according to their needs. Specific targets to be achieved are the understanding and ability to implement computer-based information system as a supporter of education services at Yayasan Pendidikan Al Chasanah in order to be able to adjust from the demands and needs of the business world and industry, as supporter and source of extension libraries are also provided on the technical and administrative side digital-based libraries. The method used in the form of counseling with practical delivery through the transfer of knowledge and serving the role and function of libraries to improve education services so that really can be accepted and increase the essence of knowledge and skills of Teachers and Education Staff. Keywords: education service, information system, library administration AbstrakPelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat di Sekolah Menengah di wilayah Tanjung Duren Barat III No. 1 Jakarat, tepatnya Yayasan Pendidikan Al Chasanah bertujuan untuk berbagi pengetahuan atau transfer knowledge mengenai penerapan sistem informasi berbasis komputer sebagai pendukung pelayanan pendidikan kepada Guru dan Staf Pendidikan agar memahami dan berkemampuan untuk pengembangan pembelajaran sesuai kebutuhannya. Target khusus yang ingin dicapai adalah pemahaman dan kemampuan untuk menerapkan sistem informasi berbasis komputer sebagai pendukung pelayanan pendidikan di Yayasan Pendidikan Al Chasanah agar mampu menyesuaikan dari tuntutan dan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, sebagai pendukung dan sumber pustaka penyuluhan diberikan juga pada sisi teknis dan administrasi perpustakaan berbasis digital. Adapun metode yang digunakan berbentuk penyuluhan dengan penyampaian yang praktis melalui transfer ilmu dan sajian peran dan fungsi perpustakaan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan sehingga benar-benar dapat diterima dan menambah esensi pengetahuan dan keterampilan Guru dan Staf Pendidikan. Kata kunci: pelayanan pendidikan, sistem informasi, administratif perpustakaan
LITERASI MEDIA DIGITAL DI KOMUNITAS VIDEOGRAPHER “LINKPICTUREID” Abdullah, Ahmad Zakki; Ayuningtyas, Fitria; Uljanatunnisa, Uljanatunnisa
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractVarious phenomena due to digital media to form a very dynamic user behavior lately. In Indonesia, the legal basis of the ITE Law covers a very narrow and unclear discussion of which of the permissible and unauthorized signs are allowed. This situation is due to the gap between social development with the digital media in everyday life in society. References on the use of digital media is certainly very broad, such as the use for socializing, preaching, announcement, opinion sharing, association, discussion and so forth. In optimizing the use of media certainly needed a socialization and counseling "Literasi Media Digital" in the Community Videographer "LinkPictureID" based creatively. This literacy focuses on millenial generation with focus and locus references, on the scope of production. The interpretation of the locus coverage of the videographer community is called "LinkPictureID" because of the rapidly growing digital video content, and focuses on content content in content processing that explores creative value. The importance of literacy in socialization and counseling is done because videographer usually only understand the application of technical level and do not understand the application of management level or creative value planning. Management is no less important in the implementation of digital media so as to make attractive marketable video products. In the implementation of this literacy participants are expected to optimize the video in digital form and marketed through video channels with google adsense system management as revenue.  Keywords: literacy, media, digital Abstrak Berbagai fenomena akibat media digital membentuk perilaku pengguna yang sangat dinamis belakangan ini. Di Indonesia, dasar hukum UU ITE mencakup bahasan yang sangat sempit dan kurang jelas mengenai rambu-rambu mana yang diperbolehkan dan mana yang tidak diperbolehkan. Keadaan ini dikarenakan oleh kesenjangan antara perkembangan sosial dengan kaedah media digital pada keseharian di masyarakat. Rujukan mengenai penggunaan media digital tentu sangat luas, seperti penggunaan untuk bersosialisasi, pemberitaan, pengumuman, berbagi opini, pergaulan, diskusi dan sebagainya. Dalam mengoptimalkan penggunaan media tentu diperlukan sebuah sosialisasi dan penyuluhan “Literasi Media Digital” di Komunitas Videographer “LinkPictureID” berbasis kreatif. Literasi ini berfokus pada generasi millenial dengan acuan fokus dan lokus, pada cakupan produksi. Penafsiran cakupan lokus pada komunitas videographer bernama “LinkPictureID” karena peminatan video di media digital yang semakin pesat, serta fokus pada bahasan konten dalam pengolahan isi yang menggali nilai kreatif. Pentingnya literasi dalam sosialisasi dan penyuluhan ini dilakukan karena videographer biasanya hanya memahami aplikasi tingkat teknis dan tidak paham aplikasi tingkat manajemen ataupun perencanaan nilai kreatif. Manajemen tidak kalah pentingnya dalam implementasi media digital sehingga dapat membuat produk video menarik yang dapat dipasarkan. Dalam implementasi literasi ini peserta diharapkan dapat mengoptimalkan video dalam bentuk digital dan dipasarkan melalui kanal video dengan manajemen sistem google adsense sebagai pendapatan. Kata kunci : literasi, media, digital
PELATIHAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NON-VERBAL EFEKTIF ANTARA DOKTER, PERAWAT, PASIEN, DAN KELUARGA PASIEN DI RUMAH SAKIT JIWA DR. SOEHARTO HEERDJAN JAKARTA Bugi, Bugi Satrio
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractIntroduction: In relation to efforts to improve the educational process and information provided to patients and families of the sand, it is necessary to improve the skills and skills of hospital staff about effective verbal and non-verbal communication between physicians, nurses, patients and families. does not include all staff who provide education, where the requirements of educators must follow effective and certified communication training. Activity Objective: to provide theoretical and practical knowledge to educators on how to establish effective verbal and non-verbal communication between physicians, nurses, patients, and the families of patients at Dr. Soul Mental Hospital. Soeharto Heerdjan Jakarta. Method of Implementation: This activity is conducted in 4 (four) sessions, namely: 1) Pre-test by giving questionnaire to audience related to effective communication, 2) delivery of verbal and non verbal communication materials effective, 3) Effective communication practice (Role Play - Simulation), and 4) Post-test by giving the audience an effective communication-related kusioner. Results: Educational personnel of Dr. Mental Hospital. Suharto Heerdjan Jakarta is able to provide health education and communicate well, accurately, clearly, completely, accurately, and can be understood by the recipient (communicant) thereby reducing errors and improving the improvement of health services for patients and between officers in the hospital. Keywords: effective verbal and non-verbal communication, educator, health education AbstrakPendahuluan: Sehubungan dengan upaya peningkatan proses edukasi dan informasi yang diberikan kepada pasien dan keluarga pasirn, diperlukan peningkatan kemampuan dan keterampilan petugas rumah sakit tentang komunikasi verbal dan non-verbal efektif antara dokter, perawat, pasien, dan keluarga pasien di Rumah Sakit Jiwa Dr.Soeharto Heerdjan Jakarta. Pelatihan komunikasi efektif yang sudah dilaksanakan sebelumnya belum mencakup seluruh staf yang memberikan edukasi, dimana persyaratan tenaga edukator harus mengikuti pelatihan komunikasi efektif dan bersertifikat. Tujuan Kegiatan: memberikan pengetahuan secara teori dan praktikal kepada tenaga edukator tentang cara menjalin komunikasi verbal dan non-verbal efektif antara dokter, perawat, pasien, dan keluarga pasien di Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta. Metode Pelaksanaan: Kegiatan ini dijalankan dalam 4 (empat) sesi, yaitu: 1) Pre-test dengan memberikan kuisioner kepada audiens terkait komunikasi efektif, 2) Penyampaian materi komunikasi verbal dan non-verbal efektif ,3) Latihan komunikasi efektif (Role Play – Simulasi), dan 4) Post-test dengan memberikan kusioner kepada audiens terkait komunikasi efektif. Hasil: Tenaga edukator Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta mampu memberikan pendidikan kesehatan dan berkomunikasi dengan baik, tepat, jelas, lengkap, akurat, dan dapat dipahami oleh penerima (komunikan) sehingga mengurangi kesalahan dan peningkatan perbaikan pelayanan kesehatan bagi pasien dan antar petugas di rumahsakit. Kata kunci: komunikasi verbal dan non-verbal efektif, tenaga edukator, pendidikan kesehatan

Page 1 of 2 | Total Record : 19


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 03 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 11, No 5 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 11, No 4 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 11, No 01 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 10, No 05 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 10, No 04 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 10, No 03 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 10, No 02 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 10, No 01 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 9, No 05 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 9, No 04 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 9, No 03 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 9, No 02 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 9, No 01 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 8, No 05 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 8, No 04 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 8, No 03 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 8, No 02 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 8, No 01 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 7, No 04 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 7, No 03 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 7, No 02 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 7, No 01 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 6, No 4 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 6, No 3 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 6, No 2 (2020): JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT ABDIMAS Vol 6, No 1 (2019): JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT ABDIMAS Vol 5, No 4 (2019): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 5, No 3 (2019): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas More Issue