cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
MATEMATIKA
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2002): Jurnal Matematika" : 6 Documents clear
SILINDER BERPENAMPANG AIRFOIL DARI PENJUMLAHAN DUA LINGKARAN sihwaningrum, Idha
MATEMATIKA Vol 5, No 1 (2002): Jurnal Matematika
Publisher : MATEMATIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.441 KB)

Abstract

In two dimensional nonviscous incompressible irrotational fluid flow, the equipotential lines and the streamlines can be related to the real and imaginary part of the complex function respectively.  By taking the streamlines equal to zero as the boundary fluid flows, we get several types of fluid flows such as fluid flow past a circular cylinder.  Having addition of two cylinder in a certain position result in an airfoil, it it reseanoble for asking whether addition of two equation of fluid flow past a cylinder give an equation of fluid flow past an airfoil cylinder.  This can be answer by examining  a lift from the airfoil equation. It is difficult to obtain the actual value of the lift.  To gain an understanding, we examine the change of square of the velocity in the neighbourhood of the airfoil.  Bernoulli's equation provides the connection between the pressure and the square of the velocity . Then the knowledge of the square of the fluid flow velocity gives an indication of the pressure.  Since the square of the fluid flow velocity in the neighbourhood below the airfoil is smaller than it is in the neighbourhood above the airfoil, then the pressure in the neighbourhood below the airfoil is greater than it is the neighbourhood above the airfoil.  This indicates that we have a lift from the equation of fluid flow past an airfoil in which its equation formed by summing two equation of fluid flow past a cylinder.  
IMPLEMENTASI OTONOMI DAERAH BIDANG PENDIDIKAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Suyitno, Amin
MATEMATIKA Vol 5, No 1 (2002): Jurnal Matematika
Publisher : MATEMATIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (32.455 KB)

Abstract

Genderang otonomi daerah telah ditabuh. Dampak pengiringnya juga telah mulai dirasakan. Di bidang pendidikan, paling tidak, telah mulai dikenalkan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, program akselerasi, otonomi sekolah dalam penerimaan siswa SLTP karena dihapuskannya Ebtanas SD / MI, sulitnya guru pindah ke luar kota, dan juga munculnya pahlawan pendidikan di daerah yang tidak merasa perlu melibatkan atasan atau pihak akademisi di PT. Dasar pelaksanaan otonomi daerah bidang pendidikan adalah pasal 11 ayat (2) UU No. 22 / 1999 tentang Pemerintah daerah, yang berbunyi “Bidang pemerintahan yang wajib dilaksanakan oleh Daerah Kabupaten dan Daerah Kota meliputi pekerjaan umum, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan, dll”, dan operasionalnya oleh PP No. 25 / 2000 Pasal 2 ayat (11) yang antara lain menyatakan bahwa kewenangan pusat adalah mengatur penetapan kurikulum nasional dan evaluasinya, serta penetapan standar materi pelajaran pokok. Dampak yang mungkin terjadi karena implementasi otonomi daerah bidang pendidikan, khususnya dalam pembelajaran matematika antara lain sebagai berikut. (1) Bisa muncul anggapan bahwa karena era otonomi maka pengajaran matematika mutlak di tangan guru termasuk pengaturan kurikulumnya, jelas ini perlu diluruskan. (2) Karena otonomi maka tak ada ebtanas, yang berarti guru matematika tidak perlu lagi dituntut kerja keras meraih NEM tinggi bagi anak didiknya. Akibatnya, salah satu tolok ukur kinerja guru menjadi hilang. Dalam hal ini, perlu dicari model tes yang sejenis dengan ebtanas. (3) Pemahaman yang benar tentang PP No. 25 / 2000 Pasal 2 ayat (11) yang menyatakan bahwa kewenangan pusat adalah mengatur penetapan kurikulum nasional dan evaluasinya, serta penetapan standar materi pelajaran pokok, dan guru memiliki otonomi dalam cara pembelajarannya. Jika pemahaman ini merata di kalangan guru, maka keberhasilan pengajaran matematika sekolah tak perlu dikawatirkan. Hal ini perlu disosialisasikan. Di lain pihak, kemajuan teknologi di dunia internasional semakin pesat. Agar dicapai mutu pendidikan dengan standar internasional, maka penanganan pendidikan di Indonesia perlu ditata secara nasional. Apalagi, matematika bersifat universal.
APLIKASI OPTIMASI DINAMIS DENGAN PENDEKATAN MAXIMUM PRINCIPLE PADA PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DAN ALOKASI PENDAPATAN BELANJA DAERAH Supena, Yusup; yayan, Yayan
MATEMATIKA Vol 5, No 1 (2002): Jurnal Matematika
Publisher : MATEMATIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.899 KB)

Abstract

This papers derives a applied maximum principle for dynamic system regional development progam with continous lags, i.e. systems governed by integrodifferential equations. The result show that dynamic optimization technically is powerfull analysis to show optimization of government revenue practically.
MENCARI SOLUSI PENAKSIR PARAMETER PADA ANALISIS VARIANSI DENGAN PENDEKATAN GENERAL INVERS sukestiyarno, Sukestiyarno
MATEMATIKA Vol 5, No 1 (2002): Jurnal Matematika
Publisher : MATEMATIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (40.248 KB)

Abstract

Pada model linear metode kuadarat terkecil digunakan untuk mencari penaksir koefisien parameter. Pada model linier analisis regresi akan diperoleh solusi penaksir yang unik (tunggal), karena pada matriks regresornya mempunyai rank penuh. Akan tetapi pada model linear analisis variansi akan diperoleh solusi penaksir yang tidak tunggal. Hal tersebut terjadi karena pada matriks koefisien regresornya mempunyai rank tak penuh (vektor kolom matriks regressor bergantung linier). Untuk mendapatkan solusi yang tunggal maka orang menempuh jalan menambahkan persyaratan dengan memasukkan suatu kendala. Pada makalah ini akan membahas masalah mencari alternatif solusi penaksir parameter dengan tanpa memasukkan kendala.  Dengan memilih salah satu general invers perkalian matriks regresor yang mempunyai sifat khusus dapat diperoleh suatu penaksir yang lebih baik dari pada penaksir yang diperoleh dengan memasukkan kendala.
SYARAT PERLU DAN CUKUP SUBMODUL TERKOMPLEMEN wahyuni, Sri
MATEMATIKA Vol 5, No 1 (2002): Jurnal Matematika
Publisher : MATEMATIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.643 KB)

Abstract

Dipresentasikan syarat perlu dan cukup agar suatu submodul S dalam suatu modul M atas ring komutatif dengan elemen satuan R merupakan submodul terkomplemen. Diperoleh suatu sifat bahwa jika S terkomplemen akan berakibat  bebas; dan juga jika S terkomplemen maka akan berlaku: untuk setiap x Î S  jika berlaku x = ay dengan y Î M dan  a ¹ 0 dalam R, maka haruslah y juga barada dalam M. Selanjutnya dapat ditunjukkan  kebalikannya juga benar jika M merupakan modul yang dibangun secara hingga atas daerah ideal utama R.  
METODE ELEMEN HINGGA UNTUK MASALAH SYARAT BATAS DARI OPERATOR DIFERENSIAL POSITIF sutrima, sutrima
MATEMATIKA Vol 5, No 1 (2002): Jurnal Matematika
Publisher : MATEMATIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (82.117 KB)

Abstract

The purpose of this research is to investigate numerical solutions of boundary value problems of positive differential operator by finite-element methods.  The results showed that the finite-element methods can be implemented to obtained numerical solutions of boundary value problems of second-order positive differential operator.  Moreover, rate of convergence of Ritz finite-element with Lagrange quadratic interpolation be  in the the -norm and  in the energy norm.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2002 2002


Filter By Issues
All Issue Vol 20, No 2 (2017): JURNAL MATEMATIKA Vol 20, No 1 (2017): JURNAL MATEMATIKA Vol 19, No 3 (2016): Jurnal Matematika Vol 19, No 2 (2016): Jurnal Matematika Vol 19, No 1 (2016): Jurnal Matematika Vol 18, No 1 (2015): Jurnal Matematika Vol 17, No 3 (2014): Jurnal Matematika Vol 17, No 2 (2014): Jurnal Matematika Vol 17, No 1 (2014): Jurnal Matematika Vol 16, No 1 (2013): Jurnal Matematika Vol 15, No 1 (2012): JURNAL MATEMATIKA Vol 14, No 3 (2011): Jurnal Matematika Vol 14, No 2 (2011): JURNAL MATEMATIKA Vol 14, No 1 (2011): JURNAL MATEMATIKA Vol 10, No 2 (2007): JURNAL MATEMATIKA Vol 13, No 3 (2010): JURNAL MATEMATIKA Vol 13, No 2 (2010): JURNAL MATEMATIKA Vol 13, No 1 (2010): JURNAL MATEMATIKA Vol 12, No 3 (2009): JURNAL MATEMATIKA Vol 12, No 2 (2009): JURNAL MATEMATIKA Vol 12, No 1 (2009): JURNAL MATEMATIKA Vol 11, No 3 (2008): JURNAL MATEMATIKA Vol 11, No 2 (2008): Jurnal Matematika Vol 11, No 1 (2008): JURNAL MATEMATIKA Vol 10, No 3 (2007): JURNAL MATEMATIKA Vol 10, No 1 (2007): JURNAL MATEMATIKA Vol 9, No 3 (2006): JURNAL MATEMATIKA Vol 9, No 2 (2006): JURNAL MATEMATIKA Vol 9, No 1 (2006): JURNAL MATEMATIKA Vol 8, No 3 (2005): JURNAL MATEMATIKA Vol 8, No 1 (2005): JURNAL MATEMATIKA Vol 2, No 8 (2005): JURNAL MATEMATIKA Vol 7, No 3 (2004): JURNAL MATEMATIKA Vol 7, No 2 (2004): JURNAL MATEMATIKA Vol 7, No 1 (2004): JURNAL MATEMATIKA Vol 6, No 3 (2003): Jurnal Matematika Vol 6, No 2 (2003): Jurnal Matematika Vol 6, No 1 (2003): Jurnal Matematika Vol 5, No 3 (2002): Jurnal Matematika Vol 5, No 2 (2002): Jurnal Matematika Vol 5, No 1 (2002): Jurnal Matematika Vol 4, No 3 (2001): Jurnal Matematika Vol 4, No 2 (2001): JURNAL MATEMATIKA Vol 4, No 1 (2001): JURNAL MATEMATIKA More Issue