cover
Contact Name
Jurnal Swarnabhumi
Contact Email
swarnabhumi@univpgri-palembang.ac.id
Phone
+6285838336118
Journal Mail Official
jurnalswarnabhumi20@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang Telp. 0711 - 510043, Fax 0711 - 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
JURNAL SWARNABHUMI
ISSN : 25485563     EISSN : 26222701     DOI : -
Jurnal Swarnabhumi is a scientific and education journal managed and published by Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, PGRI University of Palembang
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Swarnabhumi" : 10 Documents clear
PENGARUH MEDIA BERBASIS AUDIO VISUAL (KOMBINASI SOUND SLIDE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA PLUS AL-HANNAN MUARADUA OKU SELATAN Kaita Murni; Laili Rosita
JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Swarnabhumi
Publisher : Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.866 KB) | DOI: 10.31851/swarnabhumi.v2i1.1134

Abstract

ABSTRAKMedia pembelajaran sebagai alat bantu dalam pembelajaran dikelas pada waktu guru sedang mengajar merupakan sarana penunjang yang sangat diperlukan untuk mewujudkan tercapainya proses belajar yang baik, khususnya penggunaan media audio visual pada mata pelajaran geografi kelas X. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media berbasis audio visual (kombinasi sound slide) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X di SMA Plus Alhannan Kecamatan Sindang Danau Kabupaten Muaradua OKU Selatan. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X.1 sebagai kelas kontrol dan kelas X.2 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan teknik analisis data yang dilakukan peneliti didapat nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,5 dan rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 75,42. Sehingga didapat . Dengan taraf signifikansi 0,05 dengan kriteria pengujian hipotesis (8,38> 1,70) berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media berbasis audio visual (kombinasi sound slide) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMA Plus Alhannan Kecamatan Sindang Danau Kabupaten OKU Selatan.Kata Kunci : Media sound slide, Hasil Belajar
ANALISIS DAMPAK RENOVASI KAWASAN WISATA BENTENG KUTO BESAK (BKB) TERHADAP MUNCULNYA PEDAGANG KAKI LIMA DI SEPUTARAN KAWASAN WISATA BENTENG KUTO BESAK KOTA PALEMBANG Mimin Santi
JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Swarnabhumi
Publisher : Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.834 KB) | DOI: 10.31851/swarnabhumi.v2i1.1139

Abstract

ABSTRAKMasalah dalam penelitian ini apakah ada dampak renovasi kawasan wisata Benteng Kuto Besak (BKB) terhadap munculnya Pedagang Kaki Lima (PKL) di seputaran kawasan wisata Benteng Kuto Besak (BKB) Kota Palembang Tahun 2015. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak renovasi kawasan wisata Benteng Kuto Besak terhadap munculnya pedagang kaki lima di seputaran kawasan wisata Benteng Kuto Besak (BKB) Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sumber data penelitian ini adalah person, place dan paper. Data person berjumlah 28 responden, data place dalam penelitian ini adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Sat-Pol PP dan tempat-tempat lainnya, data paper dalam penelitian ini adalah beberapa dokumentasi seperti arsif, buku, jurnal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan perkapita/bulan secara keseluruhan pedagang kaki lima di kawasan wisata BKB meningkat sebesar 71,4 % setelah tahun 2004 (setelah BKB direnovasi), dengan tingkat kesejahteraan 100% terkategori keluarga sejahtera, sedangkan dibidang pendidikan, biaya pendidikan untuk anak oleh pedagang kaki lima juga meningkat sebesar 94%. Hal ini menunjukkan kemampuan PKL dalam menentukan pilihan sekolah anak PKL sesuai dengan pendapatannya yang meningkat sebagai PKL di kawasan wisata BKB setelah direnovasi, sedangkan dampak sosial di bidang kesehatan yang dapat dianalisis adalah kategori biaya kesehatan termurah meningkat sebesar 50% dan sebagian besar pedagang kaki lima memilih berobat ke dokter dengan bantuan BPJS.Kata Kunci : Kawasan Wisata, BKB, dan PKL
HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPABUMI PADA SISWA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-KHAIR KABUPATEN BONEBOLANGO Rusiyah Rusiyah
JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Swarnabhumi
Publisher : Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.934 KB) | DOI: 10.31851/swarnabhumi.v2i1.1130

Abstract

ABSTRAKGorontalo merupakan salah satu bagian wilayah indonesia yang memiliki risiko tinggi terhadap gempabumi karena di wilayah tersebut terdapat sesar aktif. Untuk mengurangi dampak bencana gempabumi perlu adanya pengetahuan dan kesiapsiagaaan seluruh masyarakat termasuk siswa yang merupakan bagian masyarakat yang rentan terhadap bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Khair di Kabupaten Bone Bolango terhadap bencana gempabumi, (2) untuk mengetahui kesiapsiagaan siswa Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Khair Kabupaten Bone Bolango terhadap gempabumi, dan (3) untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan kesiapsiagaan siswa terhadap bencana gempabumi pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Khair Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa usia Sekolah Dasar yang ada di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Khair dengan jumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Tingkat pengetahuan siswa Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Khair Kabupaten Bone Bolango terhadap gempabumi termasuk dalam kategori tinggi. Siswa yang memiliki pengetahuan kategori tinggi sebanyak 11 siswa atau 68,8%. Tingkat pengetahuan siswa kategori sedang sebanyak 5 siswa atau 31,2%. (2) Tingkat kesiapsiagaan siswa Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Khair Kabupaten Bone Bolango terhadap gempabumi termasuk dalam kategori siap. Siswa yang memiliki kesiapsiagaan kategori siap sebanyak 11 siswa atau 68,8%. Tingkat kesiapsiagaan kategori sangat siap 4 siswa atau 25% dan siswa yang memiliki kesiapsiagaan kategori hampir siap sebanyak 1 siswa atau 6,2%. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan siswa dengan kesiapsiagaan bencana gempabumi pada siswa Taman Pendidikan Al-Qur’anAl-Khair Kabupaten Bone Bolango dengan hasil korelasi sebesar 0,850 dengan sig. atau p=0,000 (0,000<0.05).Kata Kunci: pengetahuan, kesiapsiagaan, dan gempabumi
ANALISIS PENGEMBANGAN KEBIJAKAN HUTAN TANAMAN RAKYAT (HTR) TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KALIMANTAN BARAT DAN D.I YOGYAKARTA Dony Andrasmoro; Endah Evy Nurekawati
JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Swarnabhumi
Publisher : Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.355 KB) | DOI: 10.31851/swarnabhumi.v2i1.1135

Abstract

ABSTRAKSebagai latar belakang permasalahan adalah kurangnya peran dan sosialisasi pemangku kepentingan terhadap respon masyarakat di tingkat kabupaten berkaitan sosialisasi nilai penting Hutan Tanaman Rakyat (HTR) untuk kesejahteraan masyarakat tersebut. Tujuan penelitian adalah menganalisis respon para pemangku kepentingan di Kalimantan Barat dan D.I Yogyakarta terhadap kebijakan Hutan Tanaman Rakyat (HTR) guna peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantifikasi data kualitatif. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja dengan pertimbangan tingginya potensi pengembangan kegiatan HTR, yaitu di Provinsi Kalimantan Barat dan D.I Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di D.I Yogyakarta dengan luas hutan 16.819,52 ha, khususnya mereka yang telah terlibat dalam pengembangan tanaman kehutanan memiliki minat yang tinggi untuk menjadi peserta program HTR. Sedangkan masyarakat di Kalimantan Barat dengan luas hutan lebih besar yaitu seluas 9.178.760 ha dari luas hutan di D.I Yogyakarta, kurang berminat terhadap program HTR karena masih minim sistem informasi dan hanya sedikit yang terlibat di HTR. Para pemangku kepentingan di tingkat kabupaten yang terdiri dari pihak pemerintah daerah dan swasta baik itu stakeholders merespon positif program HTR, dan mendukung terselenggaranya sosialisasi program sebagai upaya peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat sekitar hutan. Hasil analisis juga menunjukkan pemangku kepentingan di daerah sangat berperan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui HTR. Hal ini berorientasi kepada pemangku kepentingan di pusat untuk melakukan tindak lanjut terhadap aspirasi masyarakat khususnya sekitar hutan.Kata Kunci: Hutan Tanaman Rakyat (HTR), Pemerintah, Masyarakat
RELEVANSI BENTUK LAHAN DENGAN KOMPETENSI DASAR PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA DI KELURAHAN BALAI GADANG KOTA PADANG Yuaffi Nazhifa; Syafri Anwar; Afdhal Afdhal
JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Swarnabhumi
Publisher : Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (925.143 KB) | DOI: 10.31851/swarnabhumi.v2i1.1131

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran bentuk lahan di kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah, dan relevansinya dengan pembelajaran Geografi SMA di Kota Padang, khususnya di kelurahan Balai Gadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa bentuklahan asal proses denudasional dan bentuklahan asal proses fluvial yang terdapat di Kelurahan Balai Gadang, terdapat relevansinya dengan Kompetensi Dasar pembelajaran geografi SMA. Ini terdapat pada : (1) Kelas X semester 2, dengan Kompetensi Dasar yaitu menganalisis dinamika dan kecendrungan perubahan lithosfer dan pedosfer, contohnya Lereng kaki (Foot Slope), yang terdapat di RT 05/RW IX Air Dingin Kelurahan Balai Gadang. (2) Kelas X semester 1 dengan, Kompetensi Dasar yaitu menganalisis dinamika dan kecendrungan perubahan lithosfer dan pedosfer, relevansinya yaitu terdapat berbagai jenis budidaya tanaman hias, RT 01/RW IX Air Dingin Kelurahan Balai Gadang. (3) Kelas X semester 2, dengan Komptensi Dasar yaitu menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi, relevansinya yaitu DAS Air Dingin, RT 05/RW IX Kelurahan Balai Gadang (4) Kelas XI semester 1, dengan Kompetensi Dasar yaitu menjelaskan pemanfaatan sumberdaya alam secara arif, relevansinya terdapat di kelurahan balai gadang yaitu budidaya Jeruk, RT 01/RW IX Air Dingin.Kata Kunci : relevansi bentuk lahan, kompetensi dasar, pembelajaran geografi.
PENGUATAN EKONOMI LOKAL MENUJU KEMANDIRIAN DAERAH (Studi Kasus Kota Palembang) Budi Utomo
JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Swarnabhumi
Publisher : Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.678 KB) | DOI: 10.31851/swarnabhumi.v2i1.1136

Abstract

ABSTRAKKota Palembang pertumbuhan ekonominya terutama dibidang jasa (sektora tersier). Sedangkan pertumbuhan kegiatan ekonomi di sektor sekunder dengan industri pengolahan sebagai lokomotifnya. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah administrasi Kota Palembang. Analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menginterpretasikan fakta yang ditemukan di lapangan. Data yang dikumpulkan terdiri dari data sekunder yaitu kegiatan ekonomi lokal di palembang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan dari data tahun 2015, kontribusi yang cukup signifikan membangun perekonomian Kota Palembang yaitu sektor industri pengolahan dan penggalian (40,23%) yaitu industri makanan seperti empek-empek, krupuk ikan dan kemplang, juga industri tenun songket. Dalam lapangan usaha ini, industri non migas memberi kontribusi sebesar 61 %. Industri makanan dan industri tenun songket merupakan industri menengah dan kecil. Kesimpulan penelitian ini adalah wilayah di era otonomi, belumlah mengacu pada pembangunan berkelanjutan dan mempertimbangkan daya dukung wilayah, penguatan ekonomi lokal wilayah terutama pengelolaan usaha kecil dan menengah masih bersifat sektoral dan belum terpadu.Kata Kunci: ekonomi lokal, wilayah, dan kemandirian daerah
PEMANFAATAN TAMAN WISATA ALAM (TWA) PUNTIKAYU PALEMBANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK Gracya Niken Nindya Sylvia; Dede Sugandi; Wanjat Kastolani
JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Swarnabhumi
Publisher : Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.729 KB) | DOI: 10.31851/swarnabhumi.v2i1.1132

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemanfaatan Taman Wisata Alam (TWA) Puntikayu Palembang Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan metode pembelajaran outdoor study. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest pemahaman konsep peserta didik dengan memanfaatkan Taman Wisata Alam Puntikayu Palembang melalui metode Outdoor study di SMA Negeri 9 Palembang? Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain eksperimen Non-Equivalent Pretest-Posttest Design. Instrument yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan Paired Samples T-Test dengan bantuan software SPSS versi 20. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 9 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Taman Wisata Alam (TWA) puntikayu palembang sebagai sumber belajar dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik di SMA Negeri 9 PalembangKata Kunci: metode Outdoor Study, Pemahaman Konsep
PERAN INFORMASI KELUARGA BERENCANA PADA PERSEPSI DALAM PRAKTIK KELUARGA BERENCANA Badrun Munandar
JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Swarnabhumi
Publisher : Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.33 KB) | DOI: 10.31851/swarnabhumi.v2i1.1137

Abstract

ABSTRAKNegara mengalami kegagalan dalam mempromosikan Keluarga Berencana (KB) akhir-akhir ini yang diikuti oleh menurunnya pencapaian kinerja pemerintah dalam bidang kependudukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sumber informasi yang memberikan informasi KB kepada masyarakat, perbedaan persepsi menurut sumber informasi dan perbedaan partisipasi menurut persepsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sensus. Analisa data dilakukan dengan uji statistik chi-square dengan menggunakan Program SPSS versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memperoleh informasi KB melalui televisi (58,2%), serta terdapat pengaruh informasi terhadap persepsi dan partisipasi KB. Bukti adanya perbedaan persepsi menurut keterpaparan informasi, partisipasi menurut persepsi dan partisipasi menurut keterpaparan informasi secara meyakinkan dengan taraf kesalahan 5 % atau tingkat kebenaran 95%. Hal ini dikarenakan persepsi terhadap nilai anak yang berbeda-beda, sehingga keinginan punya anak lagi tidak berpengaruh terhadap partisipasi dalam praktik KB.Kata Kunci: Persepsi, Keluarga Berencana
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM KARTUN TERHADAPHASIL BELAJAR IPS TERPADU (GEOGRAFI) PADA MATERILINGKUNGAN HIDUP DAN PELESTARIANNYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BELITANG III KABUPATEN OKU TIMUR TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Wayan Sukanta; Syarwani Ahmad; Siti Asiyah
JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Swarnabhumi
Publisher : Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.394 KB) | DOI: 10.31851/swarnabhumi.v2i1.1133

Abstract

ABSTRAKPengaruh media pembelajaran film kartun terhadap hasil belajar IPS Terpadu (Geografi) pada materi lingkungan hidup dan pelestariannya kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Kabupaten OKU Timur tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh media pembelajaran film kartun terhadap hasil belajar IPS Terpadu (Geografi) pada materi lingkungan hidup dan pelestariannya di kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Kabupaten OKU Timur tahun pelajaran 2016/2017. Dalam Penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas 229 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dengan teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan tes dan dokumentasi. Dengan hasil pembuktian hasil belajar berdasarkan regresi linier sederhana yaitu = a + b X = 23,225 + 0,506 X dengan = 0,05 = 30 – 2 = 28. Dengan rata-rata hasil belajar 87,5 dikelas eksperimen dan 67,5 di kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan dengan uji t diperoleh sebesar 3,422 > sebesar 2,048. Dengan demikian 3,422 > 2,048 sehingga dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran film kartun terhadap hasil belajar IPS Terpadu (Geografi) pada materi lingkungan hidup dan pelestariannya di kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Kabupaten OKU Timur tahun pelajaran 2016/2017.Kata Kunci: media film kartun, hasil belajar, dan lingkungan hidup
FENOMENA MIGRASI TENAGA KERJA DAN PERANNYA BAGI PEMBANGUNAN DAERAH DI OKU SELATAN Monanisa Monanisa
JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Swarnabhumi
Publisher : Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.397 KB) | DOI: 10.31851/swarnabhumi.v2i1.1138

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pola migrasi tenaga kerja (migran) tujuan daerah penelitian ; 2) mengetahui dampak migrasi yang dilakukan oleh para migran terhadap tingkat kesejahteraan (welfare) serta peran migran bagi pembangunan daerah tujuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada 4 variabel independen yang digunakan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat perantau untuk melakukan migrasi, yaitu: variabel independen yaitu usia (age), pendidikan (educ), status pernikahan (maried), dan kepemilikan lahan (aset). Ada 3 variabel independen yang memiliki pengaruh signifikan terhadap niat perantau melakukan migrasi ke OKU Selatan yaitu Pendapatan (incm), Pekerjaan (JOB), dan Pengetahuan dan keterampilan (skill) pengaruh signifikan pada α = 5% terhadap niat perantau untuk melakukan migrasi, disebabkan oleh kondisi lingkungan para perantau yang berbeda-beda.Kata Kunci: perantau (migran), oku selatan

Page 1 of 1 | Total Record : 10