cover
Contact Name
Hasan
Contact Email
hasanbanjary@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
hasanbanjary@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. hulu sungai utara,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
ISSN : 26206749     EISSN : 26206536     DOI : -
Core Subject : Education,
Al Mi’yar adalah Jurnal program studi Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan (P-ISSN: 2620-6749; E-ISSN: 2620-6536) terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan tematik pada bulan April dan Oktober di Indonesia. Al Mi’yar memiliki visi menjadi jurnal nasional terakreditasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban di Kalimantan. Redaksi mengundang guru, dosen para pakar, peneliti dan akademisi untuk menginvestasikan pikirannya baik berupa hasil penelitian atau kajian mendalam sesuai disiplin yang ditekuni dalam bidang pembelajaran dan pengajaran serta penyelenggaraan pendidikan bahasa Arab yang tertulis dalam bahasa Indonesia maupun Arab.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 April 2019" : 7 Documents clear
PERAN DAN KONTRIBUSI PENERJEMAHAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TINGKAT MADRASAH ALIYAH Nur, Syahabuddin
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol 2 No 1 April 2019
Publisher : STIQ Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.976 KB) | DOI: 10.35931/am.v2i1.104

Abstract

Keperluan masyarakat terhadap perkembangan peserta didik selalu dipertimbangkan oleh pakar pendidikan dan pemerintah sebagai lembaga yang paling bertanggung jawab terhadap pendidikan. Alasan itulah mengapa kurikulum selalu berubah ubah dalam rangka menyesuaikan keperluan dan perkembangan peserta didiknya. Di Antara mata pelajaran yang merasakan dampak perubahannya adalah mata pelajaran Bahasa Arab. Adapun Kompetensi di dalam mata pelajaran Bahasa Arab yang menjadi penting untuk keperluan masyarakat di Kalimantan Selatan khususnya adalah kompetensi Penerjemahan. Dan hal inilah mengapa penulis mengangkat kajian ini untuk mengamati peran dan kontribusi penerjemahan di dalam kurikulum 2013 khususnya menelusuri keberadaan kegiatan penerjemahan di dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Metode yang penulis gunakan adalah studi kasus (case study) dengan mengamati kasus keberadaan kegiatan penerjemahan secara rinci di dalam kurikulum 2013. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa peran penerjemahan di dalam kurikulum 2013 khususnya yang tertulis di dalam KD.3.3 cukup diperhatikan, ini ditandai dengan adanya panduan kegiatan pada KD.3.3 tersebut. Adapun Kontribusi kegiatan penerjemahan cukup signifikan. Dikarenakan kegiatan ini harus dipakai oleh guru untuk memudahkan dan melancarkan proses belajar Bahasa Arab. Dan untuk para siswa kegiatan ini sangatlah berguna dimana apabila peserta didik memahami dengan baik teori penerjemahan maka tidak mustahil dia akan mempunyai keahlian itu dengan baik. Kata kunci: peran, kontribusi, penerjemahan, kurikulum 2013
علم الصرف بين النظرية والتطبيق عند القدماء والمُحْدثين Qomariah, Rafiatun Najah
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol 2 No 1 April 2019
Publisher : STIQ Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1093.958 KB) | DOI: 10.35931/am.v2i1.100

Abstract

أهداف البحث لمعرفة نظريات علم الصرف عند القدماء والمحدثين وكيف الاستفادة منها لتعليم اللغة العربية. منهج هذا البحث الذي تستعمله الباحثة هي الدراسة المكتبية. ونتائج البحث هي الصرف عند المُحْدثين هو بالصياغ، التي التغييرات فيها عن طريق السوابق أو اللواحق أو التغييرات الداخلية فيها التى تؤدى إلى تغير المعنى الأساسي للكلمة ويعرف الوحدة الصرفية بأنه أصغر وحدة ذات معنى، ومنه المورفيم لحر المتصل أو المقيد. وأما عند المتقدمين هو تغيير بنية الكلمة بحسب ما يعرض لها. ولا يتعلق التصريف إلا بالأسماء المتمكنة والأفعال المتصرفة التى لها الأصالة. تقدم الكاتبة الطريقة من طروق التعليم اللغة العربية الحديثة المناسبة بتعليم علم الصرف ليس بحفظ فقط. هي الطريقة الانتقائية بمدخل الاستقرائة، ويختار المدرس بالمواد القريبة باللغة الإندونسية حتى البعيدة.
خصائص اللغة العربية وخاصة بالمقارنة باللغة الإندونيسية (في المباني الصرفية والتراكيب النحوية والمعاني الدلالية) darman, isra hayati
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol 2 No 1 April 2019
Publisher : STIQ Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1423.749 KB) | DOI: 10.35931/am.v2i1.103

Abstract

Penelitian ini membahas tentang karakteristik bahasa Arab khususnya jika dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Melalui analisis perbandingan praktis antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia, tulisan ini dapat mempermudah para guru dalam proses pembelajaran bahasa Arab terhadap siswa Indonesia. Tujuan penelitian ini secar rinci adalah untuk membahas karakteristik bahasa Arab dari aspek morfologi, sintaksis dan semantik, lalu dibandingkan secara ringkas dengan bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan studi pustaka dengan menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Karakteristik bahasa arab dari segi morfologinya antara lain berupa fenomena isytiqaq, tashrif, shiyagh, muthabaqah fi al-siyagh (dari segi al-syakhshu, adad, nau, dan tayin). (2) Karakteristik bahasa Arab dari segi sintaksisnya antara lain fenomena irab, bentuk kalimat dan gaya bahasa yang bermacam-macam serta muthabaqah dalam susunan sintaksisnya. (3) Karakteristik bahasa Arab dari aspek semantik dilihat dari tiga aspek, pertama makna dari aspek bunyi berupa fonem, morfem, stressing dan intonasi, kedua makna dari aspek morfologi berupa taraduf, musytarak al-lafzhi dan tadhad, dan ketiga, makna dari aspek sintaksis and gaya bahasa atau pragmatik.
PEMBELAJARAN KALAM DENGAN MEDIA MUSIK (LAGU) Nurul Hikmah
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol 2 No 1 April 2019
Publisher : STIQ Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (960.205 KB) | DOI: 10.35931/am.v2i1.98

Abstract

اللغة العربيّة هي احدى من اللّغات العالميّة المهمّة لنا، في عمليّة تعليمها وجد الطّلبة المشكلات الكثيرة منها الصّعوبة في تكلّم اللّعة العربيّة خاصّة للمبتدئين. في مواجهة هذه المشكلة حلّ المعلّمون تعليم مهارة الكلام باستخدام الموسيق (الغناء). هذا البحث بحث وصفيّ والباحث هو مطبّق . يهدف هذا البحث ان توصف عمليّة تعليم مهارة الكلام للطّلبة غير ناطقين با للغة العربيّة باستخدام الموسيق (الغناء) فصل الإنسانية و الثقافية 1 في البرنامج المكثف لتعليم اللغة العربية بجامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلاميّة الحكومية بمالانج . ونتائج البحث تدلّ على أنّ استخدام الموسيق (الغناء) التي تؤخذ من الحوارات التعليمية برنين المسيق المعين يكّون عمليّة التعليم غير ملل و ريح و غير توتّر و غير رتابة و يقدر الطّلبة ان يسلط الموادّ التعليمية سهلة و سعادة. الكلمات الرئيسية : وسيلة التعليم، الموسيق(الغناء)، الكلام.
مهارات الميتامعرفية للقراءة الناقدة Hunainah M Thohir; Ade Destri Deviana
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol 2 No 1 April 2019
Publisher : STIQ Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.914 KB) | DOI: 10.35931/am.v2i1.102

Abstract

القراءة الناقدة تعني أن القارئ يطبق بعض العمليات والنماذج والأسئلة والنظريات التي تؤدي إلى زيادة الوضوح والفهم والتحليل والتحكيم والتعليق حتى كشف مشكلات جديدة أحيانا. ويتم المعلم القراءة الناقدة بمهرات الميتامعرفية وهي أربعة المكونات أي التنبؤ والتخطيط والضبط والتقويم. استخدمت الباحثة بالبحث الكيفي الوصفي الملاحظة المشتركة المباشرة. نتيجة البحث هي وينفذ المعلم العملية التعليمية لدى الطلبة في تعليم قراءات الكتب في المرحلة السادسة قسم تعليم اللغة العربية بالجامعة لعلم القرآن كلمانتان الجنوبية بمهارات الميتامعرفية للقراءة الناقدة في هيكل المقدمة والعرض والخاتمة. في العرض يوجد 4 مكونات مهرات الميتامعرفية. أنه يساعد الطلبة على تنمية مهارات التفكير وممارستها والارادة الذاتية للوصول إلى المؤشرات للقراءة الناقدة. ويفهم الطلبة الطلبة ويعرف كيفية التعليم السليم الجيد الفعال، ويعى عن صعوباتهم ونقصانهم وزياداتهم في التعليم، ويحاول ضبط الفرد في التعليم. المفردات ا الأساسية: مهارات الميتامعرفية، لقراءة الناقدة
PENGARUH MEDIA KARTU BERGAMBAR (FLASH CARD) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB Muh. Haris Zubaidillah; Hasan Hasan
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol 2 No 1 April 2019
Publisher : STIQ Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1486.019 KB) | DOI: 10.35931/am.v2i1.90

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh media kartu bergambar (flash card) terhadap penguasaan kosakata Bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan tes. Sampel terdiri atas dua unit kelas yaitu kelas eksperimen yang merupakan kelompok siswa yang diberikan perlakuan menggunakan media kartu bergambar (flash card), dan kelas kontrol yaitu kelompok siswa yang tidak diberikan perlakuan menggunakan media kartu bergambar (flash card), kelas kelas eksperimen yaitu IV D dan kelas kontrol yaitu kelas IV B. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes, dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan analisis uji-t satu pihak (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang berpengaruhnya media kartu bergambar (flash card) terhadap penguasaan kosakata Bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil uji-t menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi 0,344, yang artinya pembelajaran dengan menggunakan media kartu bergambar (flash card) kurang berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab. Walaupun demikian, nilai rata-rata hasil tes penguasaan kosakata Bahasa Arab kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (77,14 > 72,50) menunjukkan bahwa penguasaan kosakata Bahasa Arab kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.
EVALUASI PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MEDIA ONLINE DI PERGURUAN TINGGI Dony Ahmad Ramadhani
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol 2 No 1 April 2019
Publisher : STIQ Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.235 KB) | DOI: 10.35931/am.v2i1.105

Abstract

Berdasarkan data dari Effective Measure, firma yang memiliki spesialisasi dalam pengukuran statistik web, sebanyak 61,88 persen dari pengguna Internet Indonesia mengakses melalui ponsel (data tersebut penulis kutip dari situs VIVAnews). Dari sumber yang sama didapatkan informasi bahwa pengguna internet di Indonesia di tahun 2011 mencapai 39.100.000 orang (peringkat ke-8 di dunia). Dan pada tahun 2018 Indonesia menempati urutan ke 6 sebagai pengguna internet terbanyak di dunia. Jika bandingkan antara tahun 2011 dengan 2018, maka akan sangat tidak mustahil jika Indonesia nantinya akan menempati urutan di atasnya pada tahun yang akan datang. Dengan adanya data tersebut, menunjukkan dan mengisyaratkan kepada para pendidik untuk melakukan perubahan terhadap proses pembelajaran dan evaluasi yang berbasis kepada basic dan minat peserta didik agar proses evaluasi yang tadinya selalu terasa menyeramkan untuk diikuti menjadi evaluasi yang menyenangkan dan akan memberikan kepuasan terhadap peserta didik dan kemudahan dalam pemberian nilai, karena sifatnya otomatis tanpa harus melakukan pemeriksaan dan hasilnya pun akan langsung dapat dilihat oleh peserta didik setelah melakukan sending data jawaban. Terdapat banyak cara dalam pelaksanaan evaluasi berbasis online, dari media yang menggunakan kabel LAN, berbayar, maupun yang gratis. Untuk aplikasi yang dapat digunakan evaluasi secara gratis adalah google form dan google classroom, walaupun disediakan secara gratis, aplikasi ini memiliki template yang cukup beragam dan menarik. Untuk proses penilaian pun dapat ditentukan melalui pengisian point pada tiap kolom soal, sehingga setelah sending data, maka nilai akan langsung keluar dan dapat dilihat oleh peserta didik sesuai dengan point yang telah diberikan oleh pendidik ketika membuat butir tes

Page 1 of 1 | Total Record : 7