cover
Contact Name
Marfin Lawalata
Contact Email
marfin.lawalata@faperta.unpatti.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
agrilan@faperta.unpatti.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan
Published by Universitas Pattimura
ISSN : 23025352     EISSN : 25497677     DOI : -
Core Subject : Agriculture,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2022): AGRILAN : JURNAL AGRIBISNIS KEPULAUAN" : 7 Documents clear
PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN PERFORMANCE EXPECTANCY TERHADAP NIAT BELI TENERA DENGAN THEORY PLANNED OF BEHAVIOR (TPB) Abednego Suranta Karo Sekali; Indira Natalia Panjaitan
Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan Vol 10, No 1 (2022): AGRILAN : JURNAL AGRIBISNIS KEPULAUAN
Publisher : Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/agrilan.v10i1.1339

Abstract

Produksi kelapa sawit relatif masih rendah disebabkan penggunaan bahan tanam yang buruk. Faktor pengunaan bahan tanam merupakan peran penting. Untuk meningkatkan produktivitasnya maka dibutuhkan bahan sawit bermutu tinggi seperti tenera. Oleh karena itu petani perlu didorong untuk mengadopsi tenera untuk meningkatkan produktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan bibit tenera kelapa sawit pada perkebunan rakyat di Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS (Structural Equation Modeling). Kesimpulan penelitian antara lain performance expectancy, persepsi harga, dan sikap  tidak berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli. Sementara itu norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli.
ANALISIS KELAYAKAN USAHA TERNAK SAPI DI KECAMATAN WAEAPO KABUPATEN BURU Abidin Abidin; Marcus J Pattinama; Leunard O Kakisina
Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan Vol 10, No 1 (2022): AGRILAN : JURNAL AGRIBISNIS KEPULAUAN
Publisher : Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/agrilan.v10i1.1363

Abstract

Kelayakan usaha ternak sapi skala kecil tersebut dan (3) Strategi pengembangannya jika layak dikembangkan. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling dengan  memilih empat desa yakni Waenetat, Waekasar, Waekerta dan Waetele  di Kecamatan Waeapo. Jumlah responden sebanyak 75 orang dengan item karakteristik  umur, tingkat pendidikan, beban tanggungan serta lamanya berusaha ternak. Karakteristik dapat mempengaruhi seseorang dalam hal mengadopsi suatu inovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha sampingan ternak sapi menguntungkan karena setiap tahun ada peningkatan pendapatan dan layak dikembangkan. Untuk mengembangkan usaha ternak ini diperlukan strategi yang tepat yaitu meningkatkan mutu bibit unggul, menjamin permintaan daging tinggi dan  harga sapi tinggi, memperbaiki sistem pemeliharaan (tradisional), memperkuat relasi dengan pedagang, memperluas pemasaran untuk mengantisipasi munculnya persaingan, sekaligus mencegah penjualan sapi illegal, transportasi lancar memudahkan  jaringan pasar dan kerjasama antara pedagang  dan  kelompok peternak, mengatasi tenaga kerja yang tidak terampil. Strategi ini akan mencegah munculnya penyakit sapi dan berkurangnya populasi sapi.
PENGARUH JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN KEMITRAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PRODUKSI KOPI BUMDES BUANA MEKAR Sendy Dewi Fifiyanti; Yusuf Muhyidin; I Putu Eka Wijaya
Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan Vol 10, No 1 (2022): AGRILAN : JURNAL AGRIBISNIS KEPULAUAN
Publisher : Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/agrilan.v10i1.1466

Abstract

Adanya jiwa kewirausahaan dan kemitraan pengurus dan pengelola BUMDes Buana Mekar dapat berupaya mengembangkan dan memajukan secara berkelanjutan potensi lokal Desa Buana Mekar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh jiwa kewirausahaan dan kemitraan terhadap keberhasilan usaha produksi kopi BUMDes Buana Mekar secara bersama-sama, individu, dan besarnya tingkat jiwa kewirausahaan, kemitraan dan keberhasilan usaha. Penelitian dilaksanakan di BUMDes Buana Mekar Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru. Sampel ditetapkan dengan cara disproportionate stratified random sampling total sebanyak 44 responden. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji F, uji T dan MSI. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh jiwa kewirausahaan dan kemitraan terhadap keberhasilan usaha diperoleh Sig. < 0,05 sehingga H1 diterima. (2) Terdapat pengaruh jiwa kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha diperoleh Sig. < 0,05 sehingga H2 diterima dan terdapat pengaruh kemitraan terhadap keberhasilan usaha diperoleh Sig. < 0,05 sehingga H2 diterima. (3) Tingkat jiwa kewirausahaan (103,981), kemitraan (70,636) dan keberhasilan usaha produksi kopi milik BUMDes Buana Mekar (27,780) tergolong tinggi.
EFISIENSI PEMASARAN RUMPUT LAUT (Eucheuma cottoni) DI DESA WULLA KECAMATAN WULLA WAIJELU KABUPATEN SUMBA TIMUR Apliani Mbangi; Elfis Umbu Katongu Retang; Elsa Christin Saragih
Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan Vol 10, No 1 (2022): AGRILAN : JURNAL AGRIBISNIS KEPULAUAN
Publisher : Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/agrilan.v10i1.1483

Abstract

Rumput laut merupakan salah satu komoditas unggulan dalam sektor perikanan. Distribusi komoditas rumput laut antara produsen dan konsumen tidak bisa dilakukan secara langsung dikarenakan terpencarnya lokasi produsen dan konsumen, maka dibutuhkan lembaga pemasaran untuk menghubungkan petani rumput laut dan konsumen akhir. Oleh karena itu, perlu diketahui sistem pemasaran yang digunakan dilihat dari saluran, margin, dan efisiensi pemasaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui saluran, margin, dan efisiensi pemasaran. Penelitian ini dilakukan di Desa Wulla Kecamatan Wulla Waijelu Kabupaten Sumba Timur. Pemilihan lokasi dipilih secara sengaja dengan pertimbangan bahwa DesaWulla merupakan salah satu sentra komoditas rumput laut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis secara deskriptif dan analisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 pola saluran pemasaran di Desa Wulla yaitu: petani-pedagang pengumpul-pedagang besar-pabrik Surabaya, petani-pedagang pengumpul-pabrik (PT Astil), dan petani-pabrik (PT Astil). Adapun nilai margin dan efisiensi pemasaran dari setiap lembaga pemasaran yaitu: saluran pemasaran I nilai margin pemasaran Rp. 3000/kg dengan efisiensi pemasaran 4,78%, saluran pemasaran II nilai margin pemasaran Rp.2000/kg dengan efisiensi pemasaran 2,85% dan saluran III nilai margin pemasaran 0 dengan efisiensi pemasaran 1,66%. Dari perhitungan nilai efisiensi pemasaran saluran pemasaran III merupakan saluran paling efisien dengan nilai margin 0 dan nilai efisiensi 1,66%.
ANALISIS SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN CABAI (Capsicum annum L) DI PASAR TRADISIONAL GEMBA DESA WAIMITAL KECAMATAN KAIRATU KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT Ode Rista Judin; Natelda R Timisela; Maisie T. F. Tuhumury
Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan Vol 10, No 1 (2022): AGRILAN : JURNAL AGRIBISNIS KEPULAUAN
Publisher : Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/agrilan.v10i1.1234

Abstract

Komoditas hortikultura yang memiliki prospek di masa depan adalah sayuran. Kebutuhan masyarakat terhadap sayuran akan terus meningkat seiring dengan pertambahan penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran dan marjin pemasaran sayuran komersial serta menganalisis saluran dan marjin pemasaran komoditi cabai. Metode pengambilan sampel ditentukan secara sengaja yaitu petani sebanyak 30 orang, pedagang pengumpul sebanyak lima orang dan pedagang pengecer sebanyak enam orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua saluran pemasaran, pertama dari petani ke konsumen akhir, dan kedua dari petani ke pedagang pengumpul, pedagang pengumpul ke pengecer dan pengecer ke konsumen akhir. Marjin saluran pemasaran pertama adalah Rp. 25.000. Marjin pada saluran pemasaran kedua adalah Rp. 5000. Farmer’s share tertinggi pada tingkat petani adalah pada saluran pemasaran I yaitu sebesar 94,5 persen. Farmer’s share untuk saluran pemasaran II adalah sebesar 60 persen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua saluran pemasaran sudah efisien karena efisiensi pemasarannya sudah lebih dari 50 persen.
ANALISIS INTEGRASI HARGA KOPI DI TINGKAT PRODUSEN INDONESIA DENGAN HARGA KOPI USA Dian Galuh Pratita
Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan Vol 10, No 1 (2022): AGRILAN : JURNAL AGRIBISNIS KEPULAUAN
Publisher : Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/agrilan.v10i1.1486

Abstract

Kopi merupakan komoditas strategi bagi Indonesia sejak puluhan tahun silam. Hadirnya kopi di Indonesia tidak lepas dari peran bangsa asing di masa colonial. Hingga saat ini perdagangan kopi di berbagai negara terus dilakukan. Salah satu pangsa pasar utama kopi Indonesia adalah di USA. Oleh karena itu keragaan atas performa ekspor kopi Indonesia sangat perlu untuk dilakukan. Harga dipandang sebagai salah satu penentu pengambilan keputusan dalam perdagangan kopi. Pada penelitian ini akan dianalisis integrasi harga kopi robusta di Indonesia dengan harga kopi di pasar USA. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah ECM dengan menggunakan data periode 1991 hingga 2019 yang berasal dari ICO, BPS, Kementerian Pertanian Indonesia. Berdasarkan hasil yang diperoleh, diketahui bahwa harga kopi robusta yang berlaku di Indonesia memiliki hubungan yang signifikan dipengaruhi oleh harga kopi robusta di tahun sebelumnya. Selain itu, harga kopi robusta di Indonesia pada periode t juga dipengaruhi secara signifikan oleh harga kopi robusta di pasar USA. Oleh karena itu, melalui penelitian ini dapat dipastikan bahwa pasar USA memiliki peran yang cukup besar dalam penentuan kebijakan kopi di Indonesia.
STRATEGI PENGEMBANGAN MADU HUTAN DI DESA HIAY KECAMATAN WETAR KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA Semuel F Rupilu; August E Pattiselanno; Eddy Ch Papilaya
Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan Vol 10, No 1 (2022): AGRILAN : JURNAL AGRIBISNIS KEPULAUAN
Publisher : Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/agrilan.v10i1.1336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pengembangan madu hutan di Desa Hiay Kecamatan Wetar Kabupaten Maluku Barat Daya.  Populasi dalam penelitian ini yaitu pemburu madu hutan dengan jumlah sampel sebanyak 31 orang.  Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT.  Hasil penelitian menunjukkan total produksi madu dalam 1 tahun di desa Hiay pada 31 responden adalah 3.360 Liter  dimana rata – rata  produksi per responden dalam 1 tahun adalah 108,39 Liter. Dari sektor pertanian madu memberikan kontribusi pendapatan sebesar 16.26 persen.  Mengacu pada Matriks IFAS dan Matriks EFAS serta penentuan grand strategi, diperoleh peta posisi kekuatan pengembangan madu hutan di Desa Hiay Kecamatan Wetar berada pada kuadran I, yaitu kondisi yang sangat baik untuk pengembangan  madu hutan dimana kekuatan dengan memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus terapkan dalam kondisi ini adalah dengan strategi kekuatan  manfaat madu sebagai obat herbal  dengan memaksimalkan peluang meningkatnya kebutuhan Madu.

Page 1 of 1 | Total Record : 7