cover
Contact Name
Khoirul Muslimin
Contact Email
muslimin@unisnu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.annida@unisnu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
ISSN : 20853521     EISSN : 25489054     DOI : -
Core Subject : Education,
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam is a journal published by the faculty of da'wah and communication at Unisnu Jepara, aimed at creating and expanding innovations in the concepts, theories, paradigms, perspectives and methodologies of da'wah and communication, by publishing the results of research and other scientific papers, including the results of adaptations and books. -review related to Islamic da'wah and communication.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 2 (2022)" : 7 Documents clear
STRATEGI DAKWAH IPPNU SUKOHARJO DALAM MENGUATKAN MODERASI BERAGAMA Annisa Choirunnisa Annisa Choirunnisa; Abraham Zakky Zulhazmi
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Vol 14, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/an-nida.v14i2.3721

Abstract

Da'wah strategy is a method, tactic, tactic used in da'wah activities or activities, whose role is very decisive in the process of achieving da'wah goals. In the process of da'wah, the important thing that must be considered is the da'wah strategy. The purpose of this study was to determine the da'wah strategy used by the IPPNU Autonomous Body in Sukoharjo Regency. This study uses a qualitative method, with a phenomenological approach. Data collection techniques using interviews. The author uses books, documents, articles, journals and information from interviews to complete this research. The findings of this study include: 1) As an organization Nahdlatul Ulama (NU) uses a good strategy in carrying out Islamic da'wah. 2) The da'wah strategy used by IPPNU includes strategies in the fields of arts and culture, in the field of sports, in the field of da'wah, in the field of communication and information and cadre for its congregation. Activities carried out are daily, weekly and even yearly. The recommendation in this study is the existence of continuous research on the propaganda strategy of the IPPNU Autonomous Agency in Sukoharjo Regency and can mingle with other Muslims in carrying out their duties.
STRATEGI KONTEN @ZACO_ID DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUKNYA MELALUI MEDIA INSTAGRAM Rofifah Yumna
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Vol 14, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/an-nida.v14i2.3880

Abstract

Dengan sebutan media sosial. Media sosial saat ini banyak di gunakan untuk menyebarluaskan atau memberikan berbagai informasi, hingga kegiatan suatu produk. Saat ini banyak para pemasar yang melakukan kegiatan pemasaran atau promosi sebuah produk atau jasa melalui media sosial instagram sebagai alternatif untuk melakukan pendekatan kepada calon konsumen yang menyebabkan persaingan yang semakin ketat dalam kegiatan pemasaran produk melalui media sosial. Untuk itu, para pebisnis online shop harus pandai dan kreatif dalam melakukan strategi pemasaran agar produk yang di pasarkan memiliki keunggulan lebih dari pada produk pesaing lainnya. tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi konten yang dilakukan oleh akun instagram @zaco. id_ dalam mempromosikan produknya melalui media instagram dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah content marketing penting dilakukan untuk mengenalkan brand, content marketing lebih fokus pada produksi konten yang relevan, content marketing yang berkualitas dapat meyakinkan para calon konsumen pada brand.Kata Kunci: Media Sosial, Pemasaran Konten, Instagram
KONVERGENSI RADIO KARTINI FM JEPARA DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI MEDIA BARU suhariyanto suhariyanto; Fajriannoor Fanani; Tika Ristia Djaya
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Vol 14, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/an-nida.v14i2.3476

Abstract

AbstrakSalah satu dampak perkembangan tehnologi adalah bisa mengubah perilaku orang yang mulai meninggalkan radio analog dan beralih kepada radio digital. Perkembangan tehnologi di tandai dengan banyaknya media baru bermunculan seperti halnya cyber disitu ada internet, facebook, IG dan masih banyak lagi. Perkembangan tehnologi ini semakin maju pesat dari hari ke hari sehingga memaksa media lain harus berani bersaing dan mengikuti perkembangan tehnologi itu sendiri demi untuk eksistensi media dan menambah penghasilan media secara ekonomi. Radio Kartini Jepara (94,2 FM) adalah salah satu radio yang menerapkan konvergensi media dalam menghadapi transformasi media baru dengan memanfaatkan perkembngan media baru. Metode penelitian yang didunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori konvergensi media. Dimana teori konvergensi media berfokus pada lima proses yang mengubah media diproduksikan dan dikonsumsi. Lima proses konvergensi meliputi ekonomi, sosial, teknologi, budaya dan global. Penelitian dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara mendalam dengan beberapa Crew Radio Kartini FM Jepara, diantaranya adalah Dewan Pengawas Radio Kartini FM Jepara dan Direktur Umum Radio Kartini FM Jepara.
Strategi Promosi Pariwisata: Studi Atas Marketing Public Relation Pantai Ngebum Kendal Ahmad Anif Syaifudin
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Vol 14, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/an-nida.v14i2.3935

Abstract

Industri pariwisata pempunyai kontribusi besar dalam membangun perekonomian Daerah maupun Nasional. Pariwisata yang dikelola oleh Pemerintah Daerah maupun Swasta juga berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kabupaten Kendal merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki aneka ragam pariwisata. Salah satu objek wisata yang menjadi unggulan adalah pariwisata Pantai Ngebum. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi marketing public relations yang dijalankan oleh BUMDes Moro Bekah sebagai Lembaga Pengelola Pantai Ngebum dalam meningkatkan pengunjung ditengah-tengah persaingan destinasi wisata yang semakin massif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mempertajam analisis, maka dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Marketing Public Relations (MPR) Kotler & Keller. Terdapat beberapa temuan strategi marketing public relations sebagai hasil dari penelitian ini yaitu diseleggarakannya beberapa events yang sifatnya rutin maupun memperingati momen tertentu, publication, news, dan public service activity. Sedangkan untuk sponsorship, speeches dan identity media masih sangat terbatas eksekusinya sehingga perlu dimaksimalkan sebagai komponen strategi promosi.
STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH HUSAIN BASYAIBAN MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK @BASYASMAN00 Nafis Putri Adra'i
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Vol 14, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/an-nida.v14i2.3969

Abstract

AbstractDa'wah Communication Strategy is an overall approach related to the implementation of ideas or ideas, planning and implementing a da'wah activity with the aim of conveying messages that originate from or are in accordance with the teachings of the Al-Qur'an and Sunnah, and so that other people can do good deeds according to  with the messages conveyed.  The current presence of TikTok with the second largest monthly active users after the United States is used by da'wah activists as a medium to spread da'wah to the public as Husain Basyaiban, the owner of the account @basyasman00, also uses.  This TikTok account is an account devoted to spreading da'wah by uploading videos about Islamic teachings, prohibitions and facts that are later associated with Islamic law.  The researcher raises the following issues: 1. How is the da'wah communication strategy carried out by Husain Basyaiban on social media TikTok to the audience or mad'u through his account @basyasman00?  2. Related da'wah messages conveyed by Husain Basyaiban on his TikTok social media @basyasman00 in one of the contents.  In this study the researchers raised 2 strategies, 1. Recitation strategy, which is the transfer of da'wah messages verbally and in writing.  In this recitation strategy, the author takes the example of the content "Pinjol and Paylater Lovers" in the delivery of the message, it can be concluded that debt is a very extraordinary matter, debt is allowed, only debt is owed when it is really tight and to meet needs, not lifestyle.  2. Tazkiyah strategy, this strategy is carried out so that individual changes occur.  In this Tazkiyah strategy, the author takes as an example the content "Law in Islam, fixing prayer rugs with feet" can be concluded that fixing prayer rugs with feet goes into the chapter on adab and fixing prayer rugs with feet on or off depends on which perspective the audience takes. Keywords  Propaganda Strategy, TikTok, Husain Basyaiban
TRADISI KHATAM RAYAB PERSPEKTIF ISLAM Exsan Adde; Ilmi Hartati Arles; Akhmad Rifa'i
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Vol 14, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/an-nida.v14i2.4097

Abstract

Abstrak: Masuk agama Islam di Lembak pada Abad 18, awal mulanya dengan kitab khatam rayab berada di Desa Karang Baru/Merantau, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong. Sejarah kitab khatam rayab dalam tradisi Lembak terdapat suatu pusaka warisan leluhur sebuah Al-Qur'an kuno yang oleh masyarakat dinamakan Khatam Rayab. Sebelum masuknya Islam di Lembak dan masyarakat Lembak memakai adat bekatak sekubang dan judi sabung ayam.  Al-Quran khatam rayab merupakan sebuah tradisi yang ada di Desa Karang Baru Provinsi Bengkulu. Al-Quran tersebut digunakan untuk keperluan pemecahan sebuah masalah sehingga seorang pencuri yang ingin meyakinkan bahwa dia bukan pencuri maka diadakannya sebuah sumpah menggunakan Al-Quran khatam rayab. Sebeleum melaksanakan sumpah maka pihak dari pemilik khatam melakukan sebuah ritual sedekah punjung kuning dan mengiris kemenyan. Dalam Islam praktek seperti ini merupakan perbuatan yang dilarang dan merupakan perbuatan syirik.
Building the Brand Image of Demak as a Center for Religious Tourism Destinations through Brand Development and e-WOM Anita Septiani Rosana; Saifudin Saifudin
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Vol 14, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/an-nida.v14i2.3665

Abstract

This paper aims to investigate the factors that influence the brand image of a destination. This research examines the impact of destination brand awareness, brand quality, and e-WOM on destination brand image. The sample data used in this study were 112 respondents from 7 provinces in Indonesia. Multiple linear regression was used to test the significance of the effect of the independent variable on the dependent variable. The results of the IBM SPSS 25 test show that the destination and the quality of the destination brand can affect the destination's brand image; on the other hand, e-WOM cannot. Tour service providers can predict tourist behaviour through this paper. As for academics, this paper can be used for further research by integrating branding strategies as predictors of the destination image. Empirically this research helps improve understanding of how to communicate a brand in a destination.

Page 1 of 1 | Total Record : 7