cover
Contact Name
Ali Daud Hasibuan
Contact Email
alidaudhasibuan@uinsu.ac.id
Phone
+6281370870259
Journal Mail Official
al-irsyadjpbk@uinsu.ac.id
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, Kab. Deli Serdang, SUmatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
ISSN : 20888341     EISSN : 26862859     DOI : -
Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance profession as a teacher based on the four competence of a teacher. They are pedagogic, personal, social, and professional. Besides that, Al-Irsyad is also emphasize to the integration of islamic values. Al-Irsyad is published two times in a year. There are January-June edition and July-December edition. The first edition of Al-Irsyad was Vol.1, No.1, January-June Edition on 2012, but was not yet have p-ISSN and e-ISSN. Then, in Vol.5, No. 1, January-June Edition on 2015 was published in print with p-ISSN: 2088-8341. Further, Vol. 10, No.1, January-June 2020 Edition on 2020 edition publish OJS with e-ISSN: 2686-2859.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020" : 15 Documents clear
Cognitive Behavior Therapy Counseling Untuk Mengatasi Anxiety Dalam Masa Pandemi Covid-19 Linda Fitria; Neviyarni ,; Netrawati ,; Yeni Karneli
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i1.7651

Abstract

Abstract: Masa pandemi covid-19 ini menimbulkan berbagaidampak dalam segi kehidupan manusia. Salah satunya yaitu darisegi psikologis bisa membuat orang mengalami anxiety yangberlebihan. Artikel ini membahas tentang bagaimana cognitivebehavior therapy dapat mengatasi kecemasan pada masapandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah studi literatur. Cognitive behavior therapy Counseling yangterdiri dari beberapa tahap yang akan diaplikasikan dalamkonseling kelompok untuk mengatasi anxiety.Keywords: Cognitive Behavior Therapy Counseling, Anxiety.
Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Behavioral Fauziah ,; Prayitno ,; Yeni Karneli
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i1.7657

Abstract

Abstract: Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui strategi dan upaya meningkatkan kesiapan belajar siswa melalui pendekatan Behavioral. Metode penelitian ini menggunakan penelitian berbasis literatur atau studi pustaka. Hasil pembahasan adalah meningkatkan kesiapan belajar siswa dapat dilakukan melalui pendekatan behavioral, pendekatan ini bertujuan bahwa aksi, pendidikan, dan pembelajaran dipandang sebagai inti dari terapi. Siswa mempelajari perilaku baru (adaptif) untuk menggantikan perilaku lama (maladaptif) sehingga siswa mendapatkan cara bertindak yang sehat dan konsruktif. Teknik yang digunakan adalah pengkondisian operan. Prinsip utama pengkondisian operan adalah penguatan positif, penguatan negatif, kepunahan, hukuman positif dan hukuman negatif. Hasil dari konseling adalah untuk meningkatkan perilaku target, yaitu siswa siap menerima pelajaran baru dalam proses pembelajaran.Keyword: Belajar, Kesiapan belajar,  Pendekatan Behavioral.
Konseling: Kebiasaan Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19 samsul rivai harahap
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i1.7639

Abstract

Kondisi Pandemi Covid-19 yang terjadi membuat pemerintah memberlakukan belajar daring/ belajar dari rumah. Siswa dituntut harus mampu beradaptasi dengan keadaan yang baru. melalui berbagai jenis layanan konseling dapat membantu siswa dalam meningkatkan kebiasaan belajar selama masa pandemi covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kebiasaan belajar siswa di rumah dimasa pandemi covid-19. Hasil yang diperoleh adalah bahwa kebiasaan belajar siswa berada pada kategori sedang sebesar 66,7%. Layanan konseling yang dapat diberikan dalam membantu meningkatkan kebiasaan belajar siswa antara lain konseling individual melalui konseling online dan layanan konsultasi bagi orangtua siswa. 
Pendekatan Teknik Johari Window dalam Menangani Kesulitan Belajar Siswa Di SMP Al-Hidayah Medan Ira Suryani; Muhammad Syukron Siregar
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i1.7652

Abstract

Abstrack: The problem in this study is the condition of learning difficulties experienced by students with research subjects of Medan Al-Hidayah Middle School students. This study aims to determine the implementation of the johari window engineering approach in dealing with student learning difficulties in Al-Hidayah Middle School Medan. This study used a qualitative method with the subject of the research counseling guidance teacher and 3 students of Al-Hidayah Medan Middle School. This study gives meaning that through the johari window technique approach can find out how the factors causing learning difficulties are either observed or experienced by students. The conclusion was proven through the results of observations and interviews obtained from 3 students and BK teachers. The result is students can provide an explanation of the level of learning difficulties experienced by students after being given a student approach shows a better attitude towards the approach that has been given by the teacher for guidance and counseling in overcoming student learning difficulties.Keywords: johari window technique, learning difficulties
Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Pada Pondok Pesantren Raudhatul Hasanah Paya Bundung Medan Purbatua Manurung
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i1.7952

Abstract

Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui strategi dan upaya meningkatkan kesiapan belajar siswa melalui pendekatan Behavioral. Metode penelitian ini menggunakan penelitian berbasis literatur atau studi pustaka. Hasil pembahasan adalah meningkatkan kesiapan belajar siswa dapat dilakukan melalui pendekatan behavioral, pendekatan ini bertujuan bahwa aksi, pendidikan, dan pembelajaran dipandang sebagai inti dari terapi. Siswa mempelajari perilaku baru (adaptif) untuk menggantikan perilaku lama (maladaptif) sehingga siswa mendapatkan cara bertindak yang sehat dan konsruktif. Teknik yang digunakan adalah pengkondisian operan. Prinsip utama pengkondisian operan adalah penguatan positif, penguatan negatif, kepunahan, hukuman positif dan hukuman negatif. Hasil dari konseling adalah untuk meningkatkan perilaku target, yaitu siswa siap menerima pelajaran baru dalam proses pembelajaran.
COVID 19: SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA Ade Chita Putri Harahap
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i1.7646

Abstract

pandemi covid 19 yang sedang melanda dunia termasuk Indonesia membuat pemerintah mengambil keputusan untuk melakukan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) dengan meminta masyarakat untuk tetap berada di rumah (stay at home) termasuk proses pembelajaran/perkuliahan. Peraturan tersebut dibuat agar memutus mata rantai penyebarab covid -19. Proses perkuliahan yang dilakukan secara daring atau online secara tidak langsung membuat mahasiswa beradaptasi dengan proses pembelajaran yang baru. Mahasiswa dituntut untuk bisa melakukan pengaturan diri dalam belajar (self regulated learning) pada masa covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa BKI Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self regulated learning mahasiswa BKI berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar 71,7%, kategori tinggi 17,5% dan kategori rendah 10,8%. Hal ini menunjukkan bahwa masih perlu adanya adaptasi belajar bagi mahasiswa selama masa pandemi dan perlu adanya pengaturan diri dalam belajar (self regualted learning) yang baik pada dirinya.
Strategi Guru BK dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Binjai Nun Zairina
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i1.7653

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to describe the strategy of BK teachers in improving student learning achievement in class IX MAN 1 Binjai City. The method used in this research is qualitative. The subjects of this study were BK teachers who had performed services that discussed improving student learning achievement. The instrument used was interviews that were collected and collected data related to research. Based on the results of research and data analysis, it can be concluded that the learning achievement of IX grade 1 MAN Binjai City is already quite good, there are only a few students who still have low learning achievement. The cause is the problem of students 'self-awareness for learning and students' inability to use several subjects. Guidance and Counseling Teacher strategies in improving student achievement in class IX MAN 1 Binjai City is a place to find students and fun that makes schools easier for BK teachers to find out which helps students. Next, a discussion and analysis of needs / students is carried out, then a program is compiled in the form of an RPL (Service Implementation Plan), then service implementation. Finally given an assessment or evaluation that is useful to know where an activity has been obtained and how the benefits have been done before. The inhibiting factors in the implementation of the guidance and counseling strategy in class IX MAN 1 Binjai City are lack of service delivery time, parents who are less supportive of service activities, and students who have no self-awareness to learn and no one wants to be changed.Keywords: BK Teacher Strategy In Improving Student Learning Achievement
Peran Keteladanan Guru Dalam Membentuk karakter Disiplin Siswa SDN No.139/I Sungi Buluh Sri Heni Hartika Tika
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i1.6452

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran model guru dalam membentuk. karakter kedisiplinan siswa SDN No.139 / I Sungai Buluh. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah SDN No.139 / I Sungai Buluh, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang hari, Provinsi Jambi dengan sumber data yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data digunakan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa peran guru juga merupakan panutan yang baik bagi siswa. Guru tidak boleh memberikan hukuman berat tetapi harus menjadi hukuman edukatif.Kata kunci: Guru, Model dan Disiplin AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran keteladanan guru dalam membentuk. karakter disiplin siswa SDN No.139 / I Sungai Buluh.Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tempat penelitian di SDN No.139 / I Sungai Buluh, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang hari, Provinsi Jambi dengan sumber data terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data yang digunakan melalui pengumpulan data, reduksi data, data penyajian, dan verifikasi atau penyelesaian kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat memberikan kesimpulan tentang peran guru juga sebagai teladan yang baik untuk peserta didik nya. Guru tidak bisa memberikan hukuman yang berat tetapi harus dihukum yang mendidikKata Kunci: Guru, Keteladanan, dan Disiplin
Deskripsi Kebahagiaan Belajar Mahasiswa BKI Pada Masa Pandemi COVID-19 Abd. Aziz Rusman; Fauziah Nasution
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i1.7649

Abstract

Abstract: Masa pandemi covid-19 merubah banyak aspek kehidupan,termasuk di dalamnya dunia pendidikan. Mahasiswa sebagai pesertadidik di perguruan tinggi mengalami dampak dalam proses pembelajaran.Penelitian ini berupaya mendeskripsikan kebahagiaan belajar mahasiswaBKI masa pandemi covid-19.Penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif. Sampel berjumlah 191 orang mahasiswa. Instrumen yangdigunakan agket. Teknik pengambilan data melalui googleform yangdibagikan kepada seluruh responden. Data dianalisis dengan datadeskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) sebanyak 1,05%kebahagiaan belajar berada pada kategori tinggi, 95,29% berada padakebahagiaan belajar sedang, dan sebanyak 3,66% kebahagiaan belajarmahasiswa berada pada kategori rendah; 2) Kebahagiaan belajarmahasiswa semester II 1,49% tinggi, 67,02% sedang, 2,09% rendah.Semester IV, 0,00% tinggi, 95,52% sedang, 2,99% rendah. Semester VI,0,00% tinggi, 94,29% sedang, 5,71% rendah. 3) Kebahagiaan belajarmahasiswa laki-laki 0,00%tinggi, 100% sedang, dan 0,00% rendah.Kebahagiaan belajar mahasiswa perempuan 1,17% tinggi, 94,74%sedang, dan 4,09% rendah.Keywords: Kebahagiaan, belajar, pandemi
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebahagiaan Belajar Mahasiswa di Masa pandemi Covid-19 Ali Daud Hasibuan
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i1.7654

Abstract

Abstract: Kebahagiaan mahasiswa dalam belajar perlu diperhatikan untuk mendapatkan ahsil belajar yang memuaskan. Masa pandemi Covid-19 telah merubah banyak aktivitas mahasiswa dan mengakibatkan tidak bahagia dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan belajar mahasiswa di masa covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode jejak pendapat yang dilakukan melalui pembagian angket menggunakan google form. Sehingga mahasiswa bebas menyampaikan pendapat dan pengalamannya. Data yang diperoleh ditabulasi dan dikategorikan, kemudian dianalisis dan disajikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar mahasiswa dilakukan melalui media Whatsapp, e-learning, zoom, dan calss room. Sebagian mahasiswa mendapatkan dampak positif karna dapat menyampaikan pendapat lebih percaya diri secara online dibandingkan di depan kelas. Sebagian lainnya merasa tidak nyaman. Faktor yang membuat mahasiswa bahagia belajar adalah kedekatan dengan keluarga, hemat pengeluaran, dan mendapatkan banyak waktu luang.Keywords: Kebahagiaan, belajar, pandemi

Page 1 of 2 | Total Record : 15