cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Jurusan Ilmu Keolahragaan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Health,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 3 (2021): Oktober" : 9 Documents clear
Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berbantuan Video Tutorial pada Masa Pandemi Covid-19 Arke, I Gede; Wijaya, Made Agus; Parta Lesmana, Kadek Yogi
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol 9, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v9i3.39478

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran daring berbantuan video tutorial. Jenis penelitian ini yaitu  deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan jenis  survei. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner berbantuan goggle form. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran daring berbantuan video tutorial yaitu sebanyak 31 orang (44,3%) siswa  masuk dalam kategori sangat baik, 35 orang (50%) siswa masuk dalam kategori baik, 4 orang (5,7%) siswa masuk dalam kategori cukup baik, dan tidak terdapat peserta siswa kategori kurang dan tidak baik. Berdasarkan Analisa data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran daring berbantuan video tutorial menurut pendapat siswa kelas XI SMA Negeri 3 Singaraja termasuk pada kategori baik, dengan rata-rata skor 76,7, hal ini diperkuat dengan hasil wawancara peserta didik merasa termotivasi dan mudah dalam memahami materi pembelajaran dengan video tutorial. Disarankan kepada guru PJOK untuk mengimplementasikan pembelajaran berbantuan video tutorial.
Penggunaan Masker pada Saat Aktivitas Fisik di Saat Pandemi Covid-19 Wicaksono, Arif; Nurfianti, Arina
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol 9, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v9i3.39579

Abstract

Kebijakan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus covid-19 berdampak terhadap aktivitas masyarakat. Hal ini menyebabkan aktivitas fisik masyarakat berkurang dan berpengaruh terhadap kekebalan tubuh serta kesehatan masyarakat.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan masker oelh masyarakat pada saat aktivitas fisik di saat pandemic covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hal tersebut karena penelitian ini dideskripsikan menggunakan kata-kata tidak menggunakan angka. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyakarat telah menggunakan masker saat aktivitas fisik. Masyarakat dapat menggunakan masker saat melakukan aktivitas fisik dan hal ini merupakan pilihan bersifat individual yang berhubungan dengan mekanisme adaptasi individu dan bervariasi dibandingkan dengan individu lain.
Survei Pelaksanaan Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 Parta, Ida Bagus Made Arga; Kanca, I Nyoman; Dartini, Ni Putu Dwi Sucita
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol 9, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v9i3.39171

Abstract

Perubahan proses pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran daring merupakan hal yang baru.. dan tentu saja terdapat hal-hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PJOK pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini yaitu guru sebanyak 8 responden dan peserta didik sebanyak 87 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner yang dibuat dari indikator pelaksanaan pembelajaran dan disebarkan secara online di sekolah yang menjadi sampel penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kecamatan Bebandem berada pada kategori efektif untuk guru dengan persentase 50% dan persentase untuk peserta didik 71,26% yang masuk pada kategori efektif. Diharapkan agar tetap meningkatkan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik bisa melalui metode pengajaran yang berbeda atau belajar sambil bermain maupun melalui kompetensi dasarnya disederhanakan agar mudah diajarkan pada siswa.
Video Tutorial Model Permainan dalam PJOK untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 3 Kegiatanku Darsana, I Made Agus; Satyawan, I Made; Spyanawati, Ni Luh Putu; Astra, I Ketut Budaya; Parta Lesmana, Kadek Yogi
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol 9, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v9i3.39717

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video tutorial model permainan dalam PJOK untuk mendukung pembelajaran tematik pada kelas 1 Sekolah Dasar. penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah video tutorial yang berisi materi tentang pengertian, tujuan, sarana. Berdasarkan analisis data dan pembahasan didapatkan hasil yaitu ahli isi materi mata pelajaran menyatakan bahwa video tutorial model permainan dalam PJOK untuk mendukung pembelajaran tematik pada kelas 1 sekolah dasar tema 3 kegiatanku memiliki kualifikasi sangat baik, dengan presentase 96%. Penilaian ahli media pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat baik sebesar 96%. Penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat baik sebesar 95%, dan penilaian praktisi lapangan memperoleh kualifikasi sangat baik sebesar 94%. Jadi dapat disimpulkan hasil evaluasi dari keempat ahli di atas bahwa video tutorial model permainan PJOK layak atau valid. Disarankan agar guru-guru PJOK dapat memanfaatkan media ini untuk proses pembelajaran.
Model Estafet Games untuk Siswa Tunagrahita Nugroho, Agung; Lubis, Ade Evriansyah
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol 9, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v9i3.34643

Abstract

Kemampuan gerak dasar (fundamental) bagi tunagrahita harus dibentuk sejak usia dini. Salah satu bentuk upaya dan usaha untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar bagi anak tunagrahita dapat berupa Play Therapy. Dimana terapi yang diberikan melalui aktivitas bermain dapat memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dan menggembirakan, terutama pada rentang usia Sekolah Dasar (SD). Berdasarkan latar belakang tersebut, perlu dilakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan model Estafet Games untuk Siswa Tunagrahita. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research & Development. Populasi dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita yang terdaftar sebagai siswa Sekolah Dasar Luar Biasa kategori C (Tunagrahita) di kota Medan, Sumatera Utara, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Pusposive Sampling yang berjumlah 36 siswa tunagrahita. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh antara lain, berdasarkan validasi Ahli Pendidikan Luar Biasa, Ahli Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Ahli Psikologi Anak, dan Ahli Aktivitas Rekreatif, maka pada hasil uji Content Validity Ratio dan Content Validity Ratio diperoleh rerata sebesar 0,7 yang berarti bahwa model yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah dinyatakan valid, dan pada uji Alpha Cronbach terhadap aspek afektif, aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek rekreatif, diperoleh rerata sebesar 0,839 yang berarti bahwa model yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah dinyatakan reliabel. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model estafet games dapat digunakan oleh para guru pada pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Luar Biasa kategori C untuk memberikan Play Therapy pada siswa.
Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PJOK Secara Daring Br Tarigan, Kristiani Ekaristi; Wijaya, Made Agus; Dartini, Ni Putu Dwi Sucita
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol 9, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v9i3.39522

Abstract

Terlaksananya pembelajaran PJOK secara daring berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19 SMP Negeri 5 Singaraja khususnya kelas VII dan VIII. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII dan VIII SMP Negeri 5 Singaraja, dimana teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, diperoleh jumlah sampel sebanyak 233 orang peserta didik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan kategori rentanan skala. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 9 (3,86%) peserta didik dalam kategori sangat tinggi, 133 (57,08%) peserta didik dalam kategori tinggi, 86 (36,91%) dalam kategori sedang, 4 (1,72%) peserta didik dalam kategori rendah dan 1 (0,43%) peserta didik dalam kategori sangat rendah. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah minat belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK secara daring di SMP Negeri 5 Singaraja termasuk pada kategori tinggi, dengan rata-rata skor mencapai 81,62. Disarankan kepada guru untuk meningkatkan minat belajar peserta didik guna memperlancar proses pembelajaran PJOK secara daring dengan memperhatikan fator internal dan eksternal yang mempengaruhi minat peserta didik.
Analisis Hasil Pengukuran Antropometri pada Atlet Cabang Olahraga Sepak Bola Rusiawati, Ria Tri Harini Dwi; Wijana, I Ketut
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol 9, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v9i3.40841

Abstract

Manusia membutuhkan aktivitas fisik dalam upaya meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuhnya, termasuk melalui olah raga. Salah satu cabang olahraga yang banyak diminati adalah sepakbola. Pemain sepakbola harus memiliki bentuk tubuh yang ideal dan proporsional, namun sayangnya, ukuran tubuh proporsional kurang menjadi perhatian pemain maupun pelatih. Proporsi tubuh yang ideal akan memudahkan gerak dan gerakan-gerakan yang dihasilkan juga lebih terarah. Untuk mengukurnya dapat digunakan pengukuran antropometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa hasil pengukuran antropometri atlet cabang olahraga sepakbola. Penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif sederhana dengan sampel 20 orang atlet sepakbola. Data yang dikumpulkan merupakan data primer melalui pengukuran terhadap karakteristik antropomeri responden berupa Berat Badan (BB) dan Tinggi Badan (TB) dan kekuatan otot tungkai, disamping itu juga data mengenai umur responden. Hasil pengukuran dianalisis dengan perhitungan persentil X = ∑X/N, dengan indikator yang diukur adalah TB, BB, IMT, umur, dan kekuatan otot tungkai. Hasil yang diperoleh, TB rata-rata atlet adalah ideal, rata-rata BB adalah ideal, rata-rata kekuatan otot tungkai termasuk dalam katagori cukup dan rata-rata indeks massa tubuh masuk dalam katagori normal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kondisi fisik atlet cabang olahraga sepakbola Kabupaten Karangasem baik, harus dipertahankan bila perlu ditingkatkan.
Korelasi Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Kuliah TP. Pembelajaran Futsal pada Masa Pandemi Covid-19 Sumantra, Kadek Arya; Adi, I Putu Panca; Suwiwa, I Gede
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol 9, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v9i3.39269

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memicu perubahan signifikan dalam sistem pendidikan di seluruh dunia yang mengakibatkan penutupan sekolah sehingga sistem pengajaran harus beralih dari pelajaran tatap muka menjadi model yang sepenuhnya virtual. Hal ini mnegakibatkan motivasi belajar peserta didik menjadi sehingga berdampak terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif, psikomotor, dan afektif pada mata kuliah teori praktek pembelajaran futsal pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah korelasional karena penelitian ini mencari ada tidaknya hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa semester empat jurusan Penjaskes yang berjumlah 53 mahasiswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa motivasi belajar dan hasil belajar kognitif, psikomtor, dan afektif. Menggunakan metode pengumpulan data berupa penyebaran kuisioner, kajian dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji pearson correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat korelasi motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif, psikomotor, dan afektif pada mata kuliah teori praktek pembelajaran futsal pada masa pandemi covid-19 mahasiswa jurusan pendidikan jasmani dan kesehatan universitas pendidikan ganesha singaraja.
Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Evendi, Yuhendar; Wahjoedi2, Wahjoedi; Semarayasa, I Ketut
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol 9, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v9i3.32883

Abstract

Pandemic covid-19 telah membawa perubahan yang disignifikan terhadap proses pembelajaran. Dari yang belajar secara tatap muka menjadi belajar secara daring. Hal ini berpengaruh terhadap keinginan dan hasil belajar peserta didik.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap pembelajaran PJOK secara daring pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengelola data skala likert dengan 5 kategori penilain. Metode yang digunakan dalam penelitian mengunakan metode survey. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Data penelitian didapatkan dari kuisioner yang disebarkan secara online melalui google form dengan jumlah responden 144. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa persepsi peserta didik terhadap pembelajaran PJOK secara daring pada masa pandemi covid-19, berada pada kategori cukup/sedang. Disarankan agar peserta didik lebih baik lagi dalam mengikuti pembelajaran daring yang diberikan oleh guru sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang ingin dicapai.

Page 1 of 1 | Total Record : 9