cover
Contact Name
RAIDAH INTIZAR
Contact Email
raidah.intizar@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jcos@uim-makassar.ac.id
Editorial Address
Universitas Islam Makassar Jl. Perintis Kemerdekaan No.9, RW.29, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Communication Sciences (JCoS)
ISSN : -     EISSN : 26548755     DOI : 10.55638
Journal of Communication Sciences (JCoS) is an academic journal concerned with the study of mass media studies, new media studies, film studies, interpersonal communication studies, group communication studies, organization communication studies, political communication studies, public relations studies, etc.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): Oktober 2021" : 7 Documents clear
Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Wirausaha Saffanah Cake Pada Masa Pandemi Covid – 19 Di Kabupaten Maros Ayu Fitriani; Anil Hukmah
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 4, No 1 (2021): Oktober 2021
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55638/jcos.v4i1.666

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran  seperti apa yang digunakan dalam meningkatkan Volume penjualan serta Faktor apa yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan volume penjualan pada toko Saffanah Cake. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berusaha menyajikan fakta dan temuan secara mendalam melalui penjelasan deskriptif. Sumber data didapatkan melalui wawancara dan observasi terhadap sembilang orang informan utama kemudian dianalisis dengan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan jika Saffanah Cake melakukan strategi komunikasi pemasaran dengan menggunakan  Strategi  4p yaitu 1.) Product Menggunakan bahan– bahan yang berkualitas dalam pembuatan produk , 2.) Price Harga  pemasaran yang diberikan sesuai dengan kualitas  produk, 3.) Place Lokasi yang strategis menjadi daya tarik dari Saffanah Cake,  4.) Promotion Menggunakan Media Sosial sebagai tempat promosi, dalam meningkatkan volume penjualan. Dan terdapat beberapa faktor yang mendukung yaitu lokasi yang strategis, pemberian memiliki konsistensi rasa, selalu berinovasi, sales channel yang bervariasi sedangkan faktor penghambat salah satunya adanya pembatasan wilayah di beberapa tempat yang mempengaruhi strategi komunikasi pemasaran.
Pengaruh Media Sosial Akun Instagram @Jjs_Pangkepp terhadap Minat Berkunjung Followers ke Objek Wisata Pangkep Musdalifah Musdalifah; Sabaruddin Sabaruddin; Raidah Intizar Yusuf
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 4, No 1 (2021): Oktober 2021
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55638/jcos.v4i1.671

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana Pengaruh Media Sosial Akun Instagram @jjs_pangkepp terhadap Minat Berkunjung Followers ke Objek Wisata Pangkep. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survey dengan analisis data Analisis Regresi Linear Berganda menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh media sosial akun Instagram @jjs_pangkepp memberikan pengaruh positif yang kuat dan signifikan terhadap minat berkunjung followers ke objek wisata pangkep, besar pengaruh yang diberikan sebesar 61,2% dengan taraf sig. 0.000 < 0.005. Sedangkan sisanya sebesar 38,8% di pengaruhi faktor lain.
Pengaruh Terpaan Iklan Media Online Produk Wardah Terhadap Prilaku Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Makassar Yunita Prastia Dewi; Andriansyah Andriansyah
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 4, No 1 (2021): Oktober 2021
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55638/jcos.v4i1.669

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana, Pengaruh Terpaan Iklan Media Online Produk Wardah Terhadap Prilaku Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survey dan kuesioner google form dengan analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh terpaan iklan media online produk wardah terhadap perilaku mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Makassar sehingga H0 ditolak karena tidak terdapat pengaruh signifikan dan Ha diterima karena memberikan pengaruh positif yang kuat dan signifikan terhadap minat beli produk wardah, besar pengaruh yang diberikan sebesar 79,8% dengan taraf sig. 0.000<0,005. Sedangkan sisanya sebesar  20,2% dipengaruhi faktor lain.
Strategi Komunikasi Politik Tim Pemenangan Ridho dalam Pemilihan Kepala Desa Tabilaa Periode 2021-2027 Mohamad Ziat Moha; Andi Subhan; Dwi Ratnasari
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 4, No 1 (2021): Oktober 2021
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55638/jcos.v4i1.665

Abstract

Salah satu wujud demokrasi adalah pemilihan pemimpin, mulai dari calon presiden sampai  pada calon kepala desa. Pelibatan tim pemenangan memengaruhi pemilihan calon pemimpin.  Tim pemenangan perlu strategi komunikasi politik untuk memenangkan calonnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi politik tim pemenangan RIDHO dalam pemilihan kepala Desa Tabilaa periode 2021-2027. Penelitian menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memahami fenomena-fenomena di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi politik yang digunakan tim pemenangan RIDHO dalam pemilihan kepala Desa Tabilaa, ditemukan bahwa ada beberapa strategi komunikasi politik yaitu: (1) Retorika yang digunakan oleh RIDHO adalah dengan menyampaikan pesan secara langsung tentang Visi-Misi dalam membangun Desa Tabilaa; (2) Propaganda yang di maksud lebih mengarah pada cara untuk mengontrol isu-isu dan mempererat kebersamaan dan persatuan dalam tim karena tidak ada kemenenangan tanpa perjuangan; (3) Kampanye yang terdiri dari terbuka dan door to door dengan melakukan perencanaan yang matang, menyediakan komunikator, menyusun konsep kampanye 5W + 1H; dan (4) Penggunaan media massa melalui berita online. Penelitian ini menjadi bahan masukan untuk calon kepala desa dan tim pemenangan dalam menjalankan strategi komunikasi politik yang dilakukan dalam pemilihan kepala desa.
Strategi Komunikasi Pemasaran Online Shop Brand Mabello Melona Dalam Menarik Minat Konsumen Di Makassar Fahmi Adiba; Nahdiana Nahdiana; Pramudita Budi Rahayu
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 4, No 1 (2021): Oktober 2021
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55638/jcos.v4i1.668

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran berbasis online serta model strategi komunikasi yang dilakukan oleh Mabello Melona dalam meningkatkan minat pembelian produk Mabello. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berusaha menyajikan fakta dan temuan secara mendalam melalui penjelasan deskriptif.sumber data didapatkan melalui wawancara dan observasi terhadap informan utama yang kemudian dianalisis dengan metode triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan jika Mabello Melona melakukan strategi komunikasi pemasaran berbasis online dengan menggunakan media social instagram dan tiktok serta penggunaan aplikasi shopee sebagai media penjualan utama. Selain itu model strategi yang dilakukan adalah dengan menggunakan strategi perilklanan melalui instagram ads, tik tok ads, serta menngunakan endorsement dari public figure lokal dan nasional. Sementara dalam upaya promosi penjualan dilakukan dengan memberikan giveaway, diskon dan penjualan paket
Politik Uang di Pemilu Indonesia: Sebuah Tinjauan Zulkarnain Hamson
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 4, No 1 (2021): Oktober 2021
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55638/jcos.v4i1.667

Abstract

Politik uang di Pemilihan Umum (Pemilu), nasional maupun lokal, telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam perkembangan demokrasi di Indonesia. Kajian ini bertujuan mengungkapkan penyebab timbulnya politik uang di pemilu nasional maupun lokal. Kajian ini menggunakan data jurnal yang terbit dan dipilih dalam kurun waktu 2015 hingga 2019. Hasilnya kajian ini memberikan gambaran praktik jual beli suara, telah menjadi bagian yang tidak terkendali dalam pelaksanaan Pemilu, baik lokal maupun nasional di Indonesia. Pemilu nasional maupun pemilu lokal, telah terkontaminasi dengan prilaku uang. Implikasi penting kajian ialah politik uang dalam pemilu perlu segera mendapat perhatian dan solusi terbaik, karena akan menjamin kestabilan dan kualitas demokrasi Indonesia di masa depan. Metodologi yang digunakan meliputi: 1) mendefinisikan pertanyaan penelitian; 2) penentuan sumber literatur; 3) penentuan kata kunci pencarian literatur; 4) Pemilihan literatur; dan 5) mengekstrak data. Berdasarkan metodologi, hasil yang diperoleh berisi 10 makalah. Ada 10 studi yang mengangkat topik politik uang dalam pemilu, baik lokal maupun nasional, dan berbagi pengetahuan yang menjelaskan bahwa kedua komponen tersebut saling mempengaruhi. Kajian lanjutan boleh dilakukan dengan meneliti sejauh mana politik uang boleh digunakan sebagai biaya politik dalam kampanye, namun terkontrol dan tidak melanggar aturan hukum. 
Strategi Komunikasi Sosialisasi Program Generasi Berencana BBKBN Di Kota Gorontalo Miftahul Jannah Adnan; Dwi Ratnasari; Ramansyah Ramansyah
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 4, No 1 (2021): Oktober 2021
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55638/jcos.v4i1.664

Abstract

Program Generasi Berencana (GenRe) adalah program yang dibuat untuk mempersiapkan dan merencanakan remaja dalam kehidupan berkeluarga.  Dalam program ini, Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Gorontalo mempromosikan pendewasaan usia pernikahan dengan tujuan peningkatan media usia nikah khususnya bagi perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan kantor BKKBN Provinsi Gorontalo dalam Mensosialisasikan Program Generasi Berencana (GenRe) di Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif.Untuk memperoleh data penelitian menggunakan Observasi dan Wawancara dengan menggunakan Analisis Data Reduksi Data, Penyajian Data dan Kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan Kantor BKKBN berjalan sudah cukup efektif dan efisien. Tetapi masih ada beberapa kendala yang sering terjadi pada saat sosialisasi Program GenRe, dilihat dari pemilihan media komunikasi, pengkajian  tujuan pesan, dan peranan komunikator. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7